Lupa Sedang Puasa

Ada kejadian lucu yang pernah terjadi padaku waktu di bulan puasa beberapa tahun yang lalu dan ampe sekarang mash ku ingat. Ceritanya, ibuku waktu itu mau masak pecel buat buka puasa dan aku diminta buat numbuk kacang buat dijadiin bumbu pecel tersebut.

Kebiasaanku sejak dulu kalo disuruh numbuk kacang pake lesung oleh ibu pasti deh kucicipin dikit kacangnya. Begitu juga waktu itu, seleraku tergelitik untuk mengambil beberapa butir dan memasukkannya ke dalam mulut. Ketika kacang udah masuk ke dalam mulut, aku ngerasa kok rasa kacang ini rada aneh yah gak kayak biasanya, dan ternyata eh ternyata pada saat itu aku baru sadar, bukan rasa kacangnya yg aneh, tapi aroma mulutku yang emang aneh akibat sedang puasa. Langsung saja aku lepeh kacang itu dan berlari ke kamar mandi buat kumur-kumur dikit hehehe…

Aku ingat kata pak ustadz dulu, kalo kita lupa sedang puasa hingga termakan sesuat, segeralah kumur-kumur dan lanjutkan puasanya maka puasanya sah. Itu juga dengan catatan kalo kita emang beneran lupa, bukan karena disengaja.

Ada satu kejadian lucu lagi yang dialami oleh adikku. Ketika awal bulan puasa, adikku bangun sahur dan selesai makan dia gak langsung tidur, dia tunggu hingga tiba waktunya buat sholat subuh. Ketika masuk waktu sholat subuh, adikku dan seorang temannya pergi ke mesjid buat sholat. Ketika itu, adikku dan temannya masih abg jadi mereka janjian buat olahraga pagi seperti biasanya kalo di awal bulan Ramadhan banyak abg yang berkeliaran subuh-subuh. Ada yang beneran olahraga ada juga yang iseng dan ada juga yang cuma pengen cuci mata. Nah, adikku niatnya waktu itu yah iseng aja, soalnya aku tahu dia gak pernah olahraga pagi sebelumnya.

Usai sholat adikku dan temannya berpisah untuk menuju ke rumah masing-masing setelah janjian bahwa temannya bakal jemput adikku di rumahku. Setelah meletakkan sajadah dan mukena pada tempatnya semula, adikku duduk di teras rumah menunggu kedatangan temannya tadi. Tak lama terlihatlah temannya datang dengan lenggang kangkung sambil mengunyah kue yang dia bawa dari rumahnya.

Adikku terkejut bukan main, “nih anak gak puasa kali yah, kok pagi-pagi gini udah ngunyah kue?” pikir adikku. Ketika temannya tiba di depannya adikku segera bertanya ke temannya yang bernama Mitha itu, “lho mith, kamu gak puasa yah.” Si Mitha terkejut dan langsung membuang kue yang ada di mulutnya sambil tersenyum kecut karena malu hehehe…

Kejadian kayak gini sering banget terjadi dan sudah banyak orang yang pernah mengalaminya. Aku yakin pembaca juga mungkin pernah mengalaminya. Jika kamu punya pengalaman serupa, boleh dunk kita berbagi cerita di sini sekedar share aja nih kali aja ada manfaatnya. Silakan tuliskan pengalaman kamu yang luc, unik dan menarik biar tambah seru ok…?

26 Tanggapan

  1. Lupa biasanya nyebelin. Tp lupa yg satu ini, buat banyak orang menyenangkan: LUPA SEDANG PUASA.
    Jadi, bisa makan-minum tanpa ngebatalin puasa.
    Tp yg sering sih, LUPA KALAU KITA DIWAJIBKAN PUASA.

  2. pernah,tapi saya lupa gimana critanya

    *lagi inget-inget*

  3. @ nesia
    yup, kalo beneran lupa seh itu namanya rejeki, tapi kalo pura2 lupa atau awalnya lupa lalu ingat cuma karena nanggung yah diterusin aja, itu namanya batal dunk hihihi…. Btw apa bener puasa itu wajib? aku kok lupa yah hahaha😀

    @ baliazura
    wah terkontaminasi ama nesia nih, jadi terkena syndrome lupa deh hahaha😀

  4. met puwasa ya…
    mohon maaf… Siw lagi sibuk TM…jadi ndak bisa komen…😎
    :mrgreen:

  5. wwekekekekekeke…..

    Salam kenal Om…

  6. dapat rizki dari Allah swt tuh..
    tapi jangan keterusan/keenakan..😉

  7. @ chiw
    met puasa juga chiw, gak bisa komen untuk sementara juga gpp kok, makasih udah mampir

    @ mamat
    lam kenal juga mat, makasih udah mampir, ntar deh aku main ke blogmu

    @ orido
    iya tuh, kalo dikit namannya rejeki kalo kebanyakan malah jadi batal puasanya yah khan hihihi…😀

  8. hehehe masih lupa aja…🙂

  9. whahaha..iya tuh saya juga sering begitu… rezeki kata mamah say mah :d

  10. @ caplang
    yah maklumlah, masih di awal puasa khan

    @ della
    rejeki bila kita tak meneruskanya, kalo diteruskan yah batal puasanya😀

  11. huhuhu..kl gw sih sering pengen lupa, dan pengen ga sengaja minum di hari terik dan panas..tp inget mulu kl lagi puasa! duh ampyun, emng kurang tebel iman hahahaha😀

  12. sama ama komen diatas…
    pengennya lupa, tapi kok selalu inget ..

    belum pernah gitu, udah makan sepiring sama teh botol sekerat trus baru inget..
    padahal khan lumayan tuch..hehehe

  13. @ lei
    kamu gak ditakdirkan punya rejeki yang oke kali lei hihihi…😀

    @ sez
    kalo udah sepiring nasi dan sekerat teh botol mah yang didapat bukan cuma batal puasa, tapi juga kenyang plus kembung, bayangin aja sekerat teh botol…? emang sanggup sez nampung teh botol sekerat tuh perut lo…

  14. pak, pe-er yah dsini

    sapa tau lupa puasa trus ga sengaja minum teh botol satu kerat😀

  15. yahhhh peernya udah keduluan teh lei😦 ke siapa atuh ya?

  16. @ lei
    yah dikasih pe er juga akhirnya, sory yah ntar agak lama deh ngerjainnya hehehe…😀

    @ della
    hahaha… keduluan yah del, kesian deh lo hahaha…😀

  17. kalau anak saya ikut sahur, tapi jam 12 siang buka lagi, lalu melanjutkan puasa lagi..afdol nggak ? he he

  18. sepupu gw juga waktu masih kecil dulu gitu, ikut sahur, tapi tiap ada bedug adzan dia makan trus puasa lagi, katanya ini namanya puasa bedug😀

  19. Kalo lupa rezeki tuh, dilupa2in baru…

    met puasa ya tetanggaku!

  20. dulu prnh jg kejadian lupa gitu..
    biasa-a kalo lg sibuk bwt kue utk lebaran..
    hehehe, ni mulut pengen-a ngunyah mulu..
    gak inget kalo lg puasa..:mrgreen:

  21. @ meiy
    yah kalo bisa seh jgn dilupa-lupain dunk. Meiy link km aku masukin disini yah

    @ deethalsya
    emang begitu deh kalo dah masuk musim lailatul bakar😀 liat kue enak pencernaan bawaannya mau operating mulu. Btw ini tulisan deetha apa lsya seh

  22. untuk sekarang dan wktu yg tdk terbatas..
    yg komen pastinya>> deetha bang…
    lsya mah masih ngumpet tuh..:mrgreen:

  23. @ deethalsya
    lsya ngumpet dimana tuh, cariin dunk (petak umpet kali)😀

  24. halah…bilang aja kamu laper…jadi sekalian nyicip…:mrgreen:

    *ditimpuk empunya blog*

  25. hari ketiga atau keempat puasa, aku tak sadar merokok. siang itu aku sedang menulis di komputer. secara spontan tanganku meraih rokok dan mancis di meja. kuhisaplah dalam-dalam. nikmat minta ampun, sambil jemariku terus menulis. sampai habis.

    pas mau matikan puntungnya di asbak, aku terhenyak. astaga, aku lagi puasa!

    “takut” dihajar sama bini, aku diam saja dan tidak menceritakan peristiwa itu. tapi aku tetap menjalankan puasaku hingga sore harinya. “ampunkan aku ya KHALIK…,” batinku. waktu berbuka, seperti biasa kusantap kolak pisang, lalu merokok lagi.

    cemmana itu laeku?

  26. 😀 lae jarar ini ada2 saja, kalo itu emang beneran lupa yah gpp, tapi kalo itu karena di sengaja yah batal lah puasanya, gak usah khawatir, Tuhan itu maha segalanya, termasuk maha memaafkan dan maha maklum, jadi kalo emang beneran lupa Tuhan pasti memakluminya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: