Apalah Arti Sebuah Nama

Temenku yang namanya Deni, pernah cerita tentang sebuah nama yang teramat aneh menurut pendengarannya yang didengarnya waktu disebutin ama petugas penerima pembayaran rekening listrik ngabsenin orang-orang yang mau bayar tagihan rekening listrik. Nama tuh orang bisa bikin semua orang merasa aman dan terlindungi.

Nama tuh orang adalah “Superman Karo Sekali.” Aku ngakak gak berenti lima menit denger si Deni nyebutin nama itu. Karo Sekali itu adalah marga bagi orang Batak Karo. Baru tau aku ternyata Superman tuh dilahirkan dan berdomisili di Medan.😀 Atau ini adalah copyan Superman ala USA berkat teknologi cloning. Gak tau deh, tapi yang jelas si Superman Pede aja tampil ke depan dan langsung membayar tagihan rekeningnya.

Semua mata tertuju padanya saat itu dan semua orang reflex tertawa ketika mendengar namanya disebutin ama petugas penerima pembayaran tagihan itu. Tapi si Superman cuma cengengesan aja waktu maju dan membayar tagihannya seperti tak terjadi apa-apa.

Memang seh orang Batak Karo sering sekali memberi nama anaknya tergantung dari apa yang dia lihat saat anaknya lahir. Jadi jangan heran kalo ada tomat sebiji yang beratnya sampai 65 Kg di Medan, karena itu pasti si Tomat Tarigan. ^_^😀 Buat rekan-rekan bloger yang pernah tahu ada nama lain yang menurut rekan-rekan gak kalah aneh ama nama di atas coba sebutkan, mungkin ini bisa menjadi referensi bahwa gak cuma warga Batak Karo aja yang punya nama yang rada aneh buat orang lain.

Mohon maaf kepada warga Batak Karo bukan maksudku merendahkan warga Batak Karo, tulisan ini hanya sebagai bahan refrensi bahwa sebenarnya gak cuma warga BatakKaro aja yang punya nama yang bisa memancing syaraf seseorang untuk tertawa, tapi masih banyak orang lain juga punya nama rada aneh, atau bahkan lebih aneh. Apalah arti sebuah nama…

24 Tanggapan

  1. Ahuahuahauahau namanya superman??? pake kancut di luar juga gak? *hush*

  2. @ chielicious
    hahaha… namanya beneran superman, tapi dia gak pake kancut di luar, atau mungkin gak pake kancut sama sekali😀

  3. Aku pernah dengar, tahun 80-an, ada dua mahasiswa asal Kabanjahe, kos satu kamar di Bandung. Nama mereka: BAHAGIA Sebayang dan DERITA Ginting. Pasti asyik. Setiap detik kehidupan, ada keseimbangan. He-he-he…

  4. *hush* nama itu khan doa lho..
    siapa tau, waktu namain anaknya si nyokap berharap anaknya bisa irit daleman.. hihihihi

  5. @ Suhunan Situmorang
    Kalo gitu, selalu bertolak belakang dunk dua orang itu, yang satu ketawa mulu yang satu lagi nangis mulu dunk hihihi…😀

    @ isez
    Kalo mo irit daleman mah gak usah pake nama itu juga bisa, coba aja daleman gantinya sebulan sekali, pasti irit hihihi (asal gak kurapan aja)😀

  6. Aku punya temen, namanya, maaf ya…
    “KONDOM BOCOR BUATAN CHINA”.

  7. hahaha, namanya mirip nama orang indian yah, orang Indian khan namanya sering aneh-aneh gitu deh😀

  8. aku termasuk yang tidak percaya bahwa nama menunjukkan watak maupun kepribadian orangnya. dengan kata lain, aku setuju ungkapan “apalah arti sebuah nama”.

    berapa banyak pencuri, pembunuh, pemerkosa, bahkan koruptor dalam berita-berita koran dan tivi yang namanya … muhammad.

    ketika tinggal di maluku, palembang, dan padang, aku punya sejumlah kawan perempuan bernama fitri. tentu saja aku tak perlu jelaskan apa makna fitri. tapi simsalabim, kawan-kawanku bernama fitri itu adalah … dan …. ah, tak usah kulanjutkan.

    nama tak ubahnya seperti baju, seperti pembungkus, seperti jilbab, seperti jubah bernama toga bagi hakim atau pendeta. ia cuma kemasan. apa yang di dalamnya belum tentu sebagus kemasannya.

    aku bernama jarar. istriku bernama denny. kedua nama itu tak punya makna apapun bagi kami, kecuali agar mudah saja bila orang hendak memanggil kami.

    anak pertamaku bernama adil, dan dia mati ketika bayi. anakku yang lain bernama gibran dan nadya; dan aku tak punya maksud apa-apa memberi mereka nama itu.

    alangkah hebatnya manusia bila dengan memberi nama bagus saja lantas seseorang menjadi baik.

    lae, namamu di blog ialah whitegun kan? apakah lantas berarti kau seorang penjahat berpistol? tetap saja kau seorang kawan yang baik bagiku.

  9. @ ayah i-bang
    Bener lae, apalah arti sebuah nama, kemasan bisa saja rusak tapi isinya masih bisa tetap baik khan. Tapi jika aku memang seorang penjahat berpistol, apakah aku tetap kawan yang baik buat lae Jarar?

  10. “apalah arti sebuah nama” sebenarnya tidak berlaku nagi masyarakat Karo. Nama sangat penting seperti juga marga yang selalu dipakai oleh masyarakat Karo, untuk membuat nama biasanya butuh beberapa minggu, nulan bahkan beberapa tahun setelah si anak lahir. Pemberian nama dilakukan dengan upacara khusus dan ada aturan-aturan adatnya. Tetapi sekarang hal itu tidak lagi dilakukan karena orang karo sekarang ini mulai ikut-ikutan membuat nama anaknya tanpa arti atau yang tidak mereka mengerti seperti Michael, Andi dsb, ada juga teman saya namanya Widodo Ginting.
    Tak kenal maka tak sayang kata pepatah tua, sesungguhnya pemuatan nama tidak dilakukan berdasarkan apa yang dilihat atau kejadian pada saat anak lahir, kalaupun kejadian saat lahir digunakan sebagai nama maka hal itu disebabkan karena memiliki makna yang akan perlu diingat.
    Nama-nama seperti Meja, Senjata dsb punya makna bagi keluarga. Misalnya anak yang bernama Meja karena anak ini diharapkan kelak dapat mempersatukan keluarga yang sedang retak (seperti berkumpul/duduk satu meja) atau abang saya bernama Senjata Rumah Karo Pelawi, nama ini diberikan oleh pihak keluarga yang disebut “anak beru” karena tugas anak beru adalah membantu dan melindungi “kalimbubu-nya” yang dari keluarga Rumah Karo.
    Oleh sebab itu pada masa lampau nama sangat bermakna bagi Orang Karo, itulah kekayaan budaya kita Budaya Indonesia yang kita cintai.
    nah kalau nama saya sendiri mirip dengan nada dering hp ya..? wah nggak ada hubungannya, tahun 1976 belum ada HP. kalau nama saya diambil dari nama yang diberikan “seseorang” dalam mimpi nenek saya.

  11. @ rinton
    maaf kalau saya salah mengartikan adat kebiasaan warga karo, tapi anda benar, setiap orang memberikan nama bagi anaknya pasti dengan maksud tertentu. yah negeri kita memang kaya akan kebudayaan, asal jangan salah diartikan, bisa-bisa kekayaan kebudayaan membuat kita jadi saling berbeda.

  12. Baskoro artinya Matahari, lho?. kekekek

  13. kalau SUPARMAN gimana?

  14. pasti gak ada yang namanya CHUI LAN TAI….kekekek,….sekilas mirip nama Cina,…tapi ada yang berani pake nama ini di daerah Jawa gak?

  15. @ wedulgembez
    masa seh baskoro artinya matahari? dari bahasa mana tuh bro
    kalo suparman pasti orang jawa, soalnya gak ada orang inggris namanya suparman khan😀
    emangnya kalo di jawa tuh nama kenapa bro?

  16. di Jawa nama pasti berarti

    Ya itu tadi contohnya :

    Baskoro = Matahari
    Bayu = Angin
    Samudro = Laut
    dan lain-lain,….Lha kalo CHI LAN TAI artinya ….Cuilan (secuil) Tai (ya tai…tai kucing, manusia dll)….hehehe

  17. (kOREKSI)

    di Jawa nama pasti berarti

    Ya itu tadi contohnya :

    Baskoro = Matahari
    Bayu = Angin
    Samudro = Laut

    dan lain-lain,….Lha kalo CHUI LAN TAI artinya ….Cuilan (secuil) Tai (ya tai…tai kucing, manusia dll)….hehehe

  18. 😀 itu tho maksudnya😀 oke banget komennya, thanks udah mampir

  19. William Shakespeare mengungkapkan “apalah arti sebuah nama”. Aku setuju banget dengan ungkapan itu. Sebab menurutku, nama tak akan dapat mewakili apa-apa dari kepribadian seseorang. Nama hanyalah panggilan yang membedakan antara si A dan si B. Bahkan jika tak mengenal namanyapun orang-orang masih bisa mengenali sosok seseorang lewat apa yang telah hasilkan selama hidupnya. Prestasi yang udah dia toreh, maupun hal-hal jahat yang udah dia perbuat.
    Dalam mengartikan sesuatu mamang tak baik jika terlalu ekstrim. Seperti halnya nama. Pengertian yang selama ini kita dapati adalah pengertian secara luarnya saja. Secara harfiah nama adalah identitas dan itu sangat penting (memang penting). Nama juga adalah doa. Namun jika menelusuk lebih ke dalam, nama tak ada kaitan sama sekali dengan identitas seseorang. Nama hanya sebatas eksistensi satu orang terhadap orang yang lainnya. Dan jika di pandang sekilas, kesan yang ditimbulkan memang sangat krusial. Dengan kata lain, apalah arti sebuah nama, sebab yang jauh lebih penting dari semua itu adalah apa arti dari perjalanan hidup kita ini, dan apa yang sudah kita hasilkan untuk dijadikan kebanggaan……..

  20. Ada temen bapakku, kerja di jogja, namanya “Wah Sopo Nyono”, kalau diindonesiain artinya “Aduh Siapa Mengira” :)).

  21. ok pengen ikut nimbrung di arena dialog kamu semua aje deh
    n mejuahjuah

  22. ada temen yang namanya “SLAMET DOA SUPRENGKI”

  23. haahaha ada yang namanya
    edi SILITonga
    IGA mawarni
    ermy KULIT
    bob TUTUP OLI

  24. ane pernah dengar nama orang tuanya temennya tante ku,, pak martabak…….enak tuh kali ye gan???????/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: