Fakta Dibalik Peristiwa G 30 S PKI (versiku) bag 3 (Habis)

Aksi beberapa elemen masyarakat ini di awali dengan aksi yang digelar oleh mahasiswa yang menamakan dirinya Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). Gerakan mahasiswa ini juga diikuti oleh elemen masyarakat lain seperti Kesatuan Aksi Guru Indonesia (KAGI), Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI), dan lain-lain.Aksi-aksi inilah yang kemudian memicu pecahnya revolusi di negara ini. Semakin lama situasi negara semakin memburuk.

Situasi ini akhirnya yang memaksa tiga orang Jendral yaitu Letjen (yang baru naik pangkatnya) Soeharto, Brigjen Amir Machmud dan Brigjen M Yusuf untuk menemui presiden dan memaksa presiden agar segera memenuhi tuntutan rakyat. Tritura harus dipenuhi jika presiden ingin mengembalikan situasi negara ke arah yang kondusif.
Soekarno menolak memenuhi tuntutan rakyat. Soekarno tahu bahwa ini semua hanya kerjaan Soeharto yang memfitnah PKI sebagai pemberontak. Soekarno tahu betul, tidak mungkin PKI berkeinginan untuk menggulingkannya namun Soekarno tidak memiliki bukti yang otentik atas pernyataannya tersebut. Soekarno tahu bahwa aksi yang dilakukan oleh PKI dengan nama G 30 S PKI hanya bertujuan untuk menumpas rencana kudeta militer yang akan dilakukan oleh sekelompok perwira tinggi yang menamakan dirinya Dewan Jendral.

Setelah gagal untuk memaksa presiden memenuhi tuntutan rakyat, ketiga jendral tersebut berinisiatif membuat sebuah surat perintah atas nama presiden. Isi surat perintah yang diberi nama Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) hingga kini hanya diketahui oleh hanya 4 orang, ketiga jendral tersebut dan Soekarno, namun karena tiga diantaranya kini telah meninggal dunia, maka kini hanya tertinggal satu lagi saksi sejarah yaitu Soeharto. Sayang, Soeharto pun tidak ingin rakyat Indonesia tahu apa isinya, maka dia lenyepkan supersemar yang asli dan buat sebuah surat perintah yang palsu seperti yang kita tahu belakangan ini melalui buku yang kita miliki ketika kita masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

supersemar.jpg

Teks Supersemar yang palsu, sedangkan yang asli, hingga kini tidak ditemukan bangkainya

Supersemar yang telah rampung dibuat diserahkan kepada Soekarno untuk ditandatangani, namun Soekarno menolak untuk menandatanganinya. Soekarno tidak mau membubarkan PKI namun juga tidak mempunyai alasan yang kuat atas kehendaknya tidak ingin membubarkan PKI. Sementara rakyat telah didoktrin oleh Soeharto bahwa PKI telah melakukan pengkhiatan terhadap negara dan ingin menguasai negara ini dan menjadikannya negara berfaham Komunis.

Menurut pengakuan dari seorang kakek tua tak lama setelah Soeharto lengser, bahwa dulu ia bekerja di Istana Merdeka. Tugasnya adalah mengantarkan minuman buat presiden. Pada saat ketiga jenderal itu sedang berada di ruang kerja presiden, sang kakek memasuki ruangan dengan maksud ingin mengantarkan minuman bagi presiden dan ketiga tamunya. Terkejutlah ia saat melihat presiden sedang menandatangani sebuah surat yang diyakininya sebagai supersemar di bawah todongan Pistol.

Pada saat sang kakek mengungkapkan kisah ini, Jendral M Yusuf masih hidup, maka ia diwawancarai oleh kru TV sehubungan dengan pernyataan sang kakek. Karena M Yusuf berada pada posisi netral maka ia yang diwawancarai. Tapi sayang, saya sangat yakin bahwa fakta yang diungkapkan sang kekek benar adanya, tapi demi menyelamatkan sejarah yang sudah terputar balik dan tak mungkin diubah lagi, maka Jenderal M Yusuf membantah bahwa presiden menandatangani supersemar di bawah todongan pistol. Tapi saya yakin dan sangat percaya, Jendral M Yusuf yang kala itu sudah pensiun membantah hal itu karena ia sadar, jika ia bongkar rahasia ini, maka terbongkarlah semua fakta sejarah dan Indonesia kembali terombang ambing dalam keraguan. Mana yang benar? Sejarah versi Soeharto atau M Yusuf.

Akhirnya supersemar ditandatangani oleh Soekarno, namun supersemar tidak ditujukan kepada Soeharto. Hal ini membuat Soeharto panas, entah dengan cara apa, Soeharto berhasil melenyapkan surat itu dan membuat pernyataan palsu dengan mengatakan bahwa supersemar ditujukan kepadanya untuk memegang tampuk pimpinan TNI untuk sementara dan mengembalikan stabilitas nasional.

Dua langkah Soeharto berhasil. Maka berpedoman pada surat perintah palsu yang dibuat oleh Soeharto sendiri, ia mulai bergerak dan membubarkan PKI serta antek-anteknya. Sebagian besar masa pendukung PKI, Gerwani dan berbagai organisasi massa lain bentukan PKI dibantai secara masal, sebagian lagi dipenjara. Ini dilakukan untuk menghilangkan jejak sejarah agar semua kebusukan yang dilakukan oleh Soeharto tidak terungkap. PKI dijadikan kambing hitam karena memang PKI pernah melakukan percobaan kudeta di tahun 1948. Ini dijadikan alasan bagi Soeharto untuk semakin menjatuhkan PKI.

Setelah PKI dibubarkan, dengan wewenang palsunya Soeharto menyatakan bahwa PKI adalah Partai terlarang di Indonesia karena bertentangan dengan Pancasila yang merupakan ideologi bangsa Indonesia.

Pidato pertanggungjawaban Soekarno dalam Sidang Umum MPRS tahun 1968 ditolak oleh MPRS. Semua dipicu dari lambatnya Soekarno membubarkan PKI dan menjawab Tritura. Setelah itu dipilihlah seorang penjabat presiden hingga masa kepemimpinan Soekarno berakhir. Pada saat itu memang tak ada pilihan lain, Soeharto menjadi satu-satunya orang yang paling pantas memegang jabatan itu. Soekarno (mungkin sumpah-presiden.jpgdengan berat hati) menyerahkan kekuasaan pemerintahan kepada Soeharto. Sejak saat itu Soeharto resmi memegang jabatan sebagai Presiden RI melaui TAP MPRS No XLIV/MPRS/1968 dan berkuasa selama 32 tahun hingga akhirnya digulingkan juga dengan cara yang sama seperti ia berusaha menggulingkan Soekarno pada tahun 1968.

Soeharto ketika diambil sumpahnya pada pelantikan dirinya sebagai presiden kedua RI

About these ads

413 Tanggapan

  1. mantap ketiga tulisanmu ini, lae.

    aku pun cenderung yakin pada pengakuan kakek pelayan bung karno itu: bahwa supersemar diteken di bawah ancaman dan pemaksaan.

    tapi itulah, siapa lagi saksi sejarah yang mau meluruskan ini secara resmi dan terbuka?

    • aku juga punya paman,yang bertempat di tasikmalaya
      keluarga dari ibuku smuanya PKI dan paman ku yg termasuk pejuang PKI dia tahu benar smua tentang kronologis waktu itu..
      paman ku bercerita bahwa pembunuhan di film G 30 S PKI itu smuanya tdak bnr yg telah di bunh adalah keluarga PKI samapai ke akar2nya…
      dan untung’y paman aku dan kakek aku tdak di bantainya hanya saja d jadikn tahanan politik dan di penjara di dua tempat berbeda..
      kakek aku di nusakambangan
      dan paman aku di pulau buru di irian….
      keinginan ku hanya satu bukalah kbnran yg sebnarnya bahwa katanya pembunuhan itu lbh dari 20 juta org yg tak bersalah karena terhasutnya bahwa PKI itu bersalah, kata pamn aku dia pngen bercerita banyak tentang PKI
      terimakasih wasalm

      • waduk sia bajingan

      • trus, jadi PKI kata loe “pejuang” ?? Bangsat loe !!!. Pejuang versi apa yg tidak mengakui adanya Tuhan ?? Berita rekayasa sejarah oleh suharto bukan berarti ikut menghapus kesesatan PKI. Ingat itu ! PKI tetaplah PKI…partai tak bertuhan….dan jelas2 bertentangan dengan ideologi negara Pancasila….Indonesia adalah negara yang beragama, tidak ada tempat buat komunis disini !! paham loe ??? dasar ‘tatan”…setan loe !!

      • aduh, apa gunanya sih pake kata2 kotor?

      • @Aditya…Komunis Cina dengan komunis Indonesia bertentangan…Komunis yg tertera dlm negara Indonesia menganut faham Komunis Sosialis…semua yg terdapat dalam organisasi nya memili Tuhan….anda salah menafsirkan…pelajari sejara indonesia….Kakek saya latar belakang PKI, tpi bliau tdk mlupakan ALLAH SWT…

      • hai,tatan…salam kenal ..aku sangat tertarik dgn kisah tragedi berdarah yg sampai sekarang tetap tak terjawab kebenarnya,,, saya sangat butuh saksi sejarah dari siapapun tentang tragedi Gestapu,,banyak yg salah tangkap,,,status sosial yg di kebiri,,, sungguh ironis kejadian itu

    • keterlibatan soeharto tidak bisa dibuktikan dari awal (perencanaan gerakan,dsb).soeharto baru muncul stelah peristiwa 30 september.itupun atas restu nasution, salah satu jenderal yang berhasil selamat.logikanya, klo soeharto dalangnya, nasution ga mungkin berkawan dgnnya. soekarno pun misalnya tahu, psti langsung akan memecatnya. bagaimana dgn soekarno?setelah membaca buku “soekarno file” karangan anthony dacke (maaf klo salah tulis), seorang penulis yg bukunya di zaman orba dilarang, justru menunjukkan bhwa soekarno secara tdk lngsung terlibat dalam kematian jendral2 tersebut. saya sempat terpikir akan kebenaran versi itu, melihat bagaimana sikap soeharto dan AD yg begitu berani melawan soekarno. soekarno pun seakan tak berdaya, dia seperti takut, suatu rhasia besar akan terungkap. tapi secara jujur, saya yakin PKI lah yang bermain. banyaknya org2 yg ngomong perlu adanya pelurusan sejarah sebenarnya hanya disampaikan oleh bekas2 anggota PKI/keluarganya yang hendak memperbaiki citra mereka. Nasution dan Soeharto menyampaikan dalam buku “Dua Jenderal Besar Bicara G30S/PKI” agar kita mewaspadai setiap gerakan laten komunisme di Indonesia, tdk mudah terpengaruh propaganda.salam.

      • sok tau lo

      • ya jelas gak bisa di buktikan…semua dia yang bungkam…nah klo sekarang udah bebas bicara juga percuma…manuasianye udah jadi bangke

      • Yang kita bisa untuk saat ini ,,,,adalah membayangkan …sesuatu yg belum atau tdk terjadi ….yaitu…apa bayangan yg ada di benak kita …jika partai komunis indonesia berkuasa …pada saat itu ….!?…hingga pada saat ini …..jelasnya ..negara2 yg menganut sistem komunisme ..saat ini bisa kt lihat …bagaimana kondisinya …!?

      • @uqovt : loe yang sok tau !! mikir donk pake akal sehat. Loe punya tuhan ga ? beragama ga ? PKI itu jelas2 sesat !! Tak mengakui adanya Tuhan dan ini sangat tidak sejalan dengan ideologi Pancasila sila pertama ! Kalo lo bukan orang indonesia, gw maklum…tapi jika sebaliknya, jelaslah bahwa loe goblok dan otak loe cetek. Terlepas sejarah siapa “dalang” dan “korban” yg diperdebatkan, yang sudah pasti dan jelas adalah bahwa PKI itu terlarang – karena tidak mengakui Tuhan !! Indonesia bukan tempatnya !!! Ngerti loe, bangsat !!

    • kalau ada pertanyaan apakah soeharto pantas di maafkan…????bagai mana dengan PKI…????apakah mereka juga pantas di maafkan atas perbuatannya mengeksekusi 7 jendral…yang belum tentu bermaksud membuat negara ini hancur….!!!!

      • yang bunuh 7 jendral semua tentara yang diperintah oleh SOEHARTO

      • hei Rocky anjing….seenaknya aja loe bikin opini ! Seorang sejarawan Taufik Abdullah saja tidak berani mengeluarkan statement…nah loe, kutu babi parasit aja pake sok tau….dasar goblok…mending loe diem ajah njing !!

    • aku pun setuju,,,, ku rasa gejolak politik saat itu panas sekali,,dan terjadi fitnah,,, yang menyebabkan tergulingnya masa sukarno,,,, dilihat kenyataanya masa bapak proklamator menginginkan ideologi bangsa nya sendiri berubah kan tidak mungkin,,,,, saya rasa itu secuil dari sebaikan besar kebohongan kebohongan soeharto

    • Setiap kehidupan dunia ini telah,allah tuliskan.dan telah..terulis sebelum dunia ini di jadikan..allah menciptakan khalifah di muka bumi ini untuk berkuasa.dan berperang..tinggal kita manusia yg memilih..jalan mana yg harus kita pilih,saya lihat..kisah di atas..begitu tertarik tentang nasib..negara kita..ini..labat launpun semuanya akan terbongkar..insya allah..tuhanlah yg maha tau yg akan menegur..manusia..untuk bercerita tentang..kejujuran…insya allah amin..saya berharao.dan..berdoa..

      • ammiinn…. entah kapan kebenaran akan terungkap….
        hampir seua orang yg terlibat dalam peristiwa itu sudah tidak ada seiring bergantinya masa dan usia yg semakin menua….
        dan kisah itu mungkin hanya akan menjadi sebuah rahasia antara suharto dan sukarno…
        dari ku pribadi lbih percaya terhadap sukarno, karena secara tdk langsung, dia lah yg telah mendirikan negara ini.. tanpa adanya usaha dari nya tdk akan ada indonesia merdeka..
        mungkinkah seorang yg membangkitkan sebuah negara dr keterpurukan dlm jajahan berusaha menghancurkan nya dan menyia2kan usahanya???????????/
        sedang suharto?????? orang yg merasa tdk dianggap dan sama sekali tdk penting bagi negara?????

      • “dan masih bersyukurlah kita Muslimin & muslimah masih di jadikan kafilah di negara Indonesia ini, apa jadinya kalau Islam lah yang di bantai karna Islam bertuhan , juga agama2 lain. hindarilah guncingan indifidu dan dendam pribadi, logika dan akalah yang harus di gunakan, apalagi Islam …SOLAT ISTIKHOROH lah…”

  2. gua gak percaya sama elo. lu bohong

    • Gak ada bukti, gak ada saksi, gak ada yang berani ungkap sama juga bohong.

    • orang yang berpikir normal,berpikir logis,sudah barang tentu akan meragukan cerita atau dongeng sejarah di zaman SD tentang tragedi 1965….terlalu banyak kebohongan tentang tragedi 1965……aku sangat yakin….yakin sekali…..kalau apa yang diceritakan selama ini oleh sejarah versi orde baru adalah BOHONG…..BOHONG besar….lalu mana yang benar???aku juga tidak tahu…tapi aku sangat yakin sekali..bahwa AMERIKA SERIKAT-lah yang mengotaki tragedi ini….mereka sangat tidak menyukai sukarno…karena sukarno lebih dekat ke blok timur…bahkan sukarno di awal 1960-an menyatakan keluar dari PBB dan melakukan ganyang malaysia (boneka inggris yang nyata-nyata merupakan sahabat amerika serikat).indonesia adalah negara besar,dengan potensi yang sangat besar.tentu amerika serikat akan takut sekali seandainya indonesia ini menjadi kekuatan komunis yang baru…jadi sebelum semua ketakutan ini menjadi nyata….maka mereka membuat langkah dulu….dan sekali lagi aku yakin ….bahwa suharto tahu betul bagaimana tentang kebenaran tragedi 1965…tq

      • buku apa yg pernah anda baca?bisa ditunjukkan keterlibatan soeharto trhadap gerakan (perencanaan,dsb).bagaimana dgn rapat2 politbiro pki?kesaksian seorang polisi yg tertangkap di lubang buaya, tapi berhasil lolos?

    • bohong gmana maksdnya

    • yah yah bagus kita terus tengok kebelakang sementara
      masik banyak rakyat kita yang masik ter tindas
      dengan adanya sistem konterak kerja apa ka se suhai dengan uud 1945
      apa arti kemerdekahan kalau masik ada sistem konterak seperti jaman
      penjajahan belanda itu makama kunsitusi ,apa tidur kalau cakap uud 1945 cukup pandai sementara rakyat susu bukannya di perjuhangkan
      nasipnya apa ka… m k …tidur

    • YG jelas kita semua bersyukur pd Tuhan dan terimakasih atas jasa Pak Harto yg dgn berani dan tegas membubarkan PKI. Kalau tidak, kita gak bisa membayangkan apa jadinya Indonesia ini jika PKI masih ada. Buktinya sekarang banyak bermunculan anak/cucu PKI yg jadi Provokator dgn menggerakkan DEMO di-mana2 serta ber buat Anarchis, merusak fasilitas umum.

  3. @ Gibran’s
    Ya, gak ada saksi sejarah yang berani buka mulut secara resmi, ada yang kuatir mengubah sejarah, ada yang takut sama Soeharto walau udah gak berkuasa lagi tapi masih punya kuku yang sangat tajam.

    @ asiana
    Gak baca dari awal yah, diawal khan udah aku bilang kalo ini semua versiku tanpa mengurangi rasa hormat terhadap versi lain yang mungkin lebih memiliki bukti otentik akan kebenarannya.

    • klw emang ada bukti n saksi,buktikan d forum umum,jangn d belakang,orang2 ngga bakaln percaya,n jangn jd propokator d belakang layar,klw dah bener baru keluwar klw blm ngga berani keluwar

      • lo tau negara ini banyak antek2 suharto?dah jelas biang kerok nya suharto.lo masi goblok mau di tipu,org yg dh mati

  4. Lagi lagi saya ingin sekedar berbagi soal komunisme. Boleh kan???

  5. Saya cenderung yakin bahwa PKI tidak memberontak justru soeharto yang memberontak dengan kudeta merangkaknya. PKI setia dengan bung karno, G30S adl gerakan yang didalangi soeharto dengan mengandalkan untung sebagai komandan G30S.

    • tgl 30 september ayah saya adalah pedagang .pas jam oo.30 antara sukabumi dan bogor banyak pemuda PR yang berjaga di jalan , kalau itu memang bukan kerjaan pki kenapa pemuda rakyat bersiaga di will jawa barat padahal alat komunikasi pada waktu itu sulit, berarti gerakan telah di rencanakan dan kalau melibatkan PR dan GERWANI berarti PKI

      • saksi hidup pada waktu itu masih banyak…trutama yg telah membunuh jendral2…selain itu Nasution kan jg msih hidup pd waktu itu…

    • Lu anak PKI ya……………….. belain amat, sejak berdirinya bangas ini PKI udh emang bangsat

      • @ rebo wage : pangkal permasalahannya adalah bukan pada belain PKI atw tidak, semua ini demi kebenaran masa lalu yg gak jelas..!. namun jika dikaji ke belakang mengenai sejarah cikal bakal berdirinya PKI yg mana dibidani oleh para tokoh syarikat dagang islam, maka jika melihat kekejaman PKI dan tuduhan bahwa PKI adalah atheis, sangat sangat diragukan kebenarannya. tidakkah kamu banyak belajar sejarah…?? tidakkah kamu berfikir bahwa soeharto adalah antek Amerika yang saat itu sungguh sangat ketakutan dengan kekuatan PKI saat itu, sehingga dia melakukan permainan politik yang sungguh sangat busuk dengan memfitnah PKI..?

      • lo yag gak tau ideologi berbangsa..sekolah lo lulusan apaan..gak punya TV yeee

    • GOBLOK KAMU ANAK PKI JUSTRU PKI YANG KEJAM MEMBUNUH SIAPAPUN TOKOH AGAMA DAN APARAT NEGARA DASAR GAK PUNYA TUHAN KAMU MATINYA DIBAKAR API NERAKA DI HIDUPUN LAGI TRUS DIBAKAR SAMPAI PIPIS……HE HE HE PKI LU

  6. disini saya tidak membela siapa-siapa…
    tapi yang jelas kepemimpinan suharto banyak keberhasilan yang telah di capai indonesia. contoh katanya indonesia negeri yang subur makmur dan paling luas di asia tenggara, tapi kenyataanya beras aja impot ama negara tetangga, jaman suharto enggak impor mas.

    • kalau anda berpikir itu berarti SALAH BESAR. Suharto mensejahterakan rakyatnya, tapi menginjak kaum lain, kita lihat hasilnya bagaimana proses pembodohan masyarakat marjinal (petani) yang hingga sekarang tidak beranjak kesejahteraannya. mereka berpikir lebih baik menjadi kaum industrialis daripada petani yang selalu hidup miskin. Inikah yang disebut keberhasilan pembangunan??

      • jgn sok tau,,saya kluarga petani,,toh tau internet n berpendidikan..n kami jg makmur..

      • th 50 kluarga kami miskin-than 1985 kami sejahtera thn sekarang kami miskin lagi ,sok tau kamu sya sudah 68 tahun merasakan arti pembangunan , saya adalah anak petani ……yang jadi kuli pabrikan itu seperti kamu

      • sekarang udah beda pak zaman nya…dulu para petani hidup sejahtera d tangan eyang soeharto…setelah eyang soeharto lengser apa bukti nya…tambah parah aj negara kita…petani bnyak ngeluh…seharus nya nyadar dong klo negara kita maju dan disegani oleh negara2 luar oleh kepemimpinan soeharto…

    • Tapi utang jadi makin banyak………….

      • Ayah saya ketika itu sebelum & setelah Gestok sebagai pedagang keliling pd malam hari di sekitar daerah Lubang Buaya; sering melihat kegiatan2 yg dilakukan oleh sekelompok orang pria & wanita. – – Apa yg digambarkan dlm film P.G30-S/PKI memang seperti itu. Kalau ada pihak2 yang ingin ngorek2 sejarah, pro aktif dong! Temui para saksi sejarah termasuk anak keturunannya. Mumpung mereka masih banyak yang hidup. Jangan hanya mengira-ngira berdasarkan selera. Para purnawirawan TNI yang tau peristiwa itu tolong dong bantu.

      • betuul bro

      • hidup pak harto….aku adalah anak petani..atas jasa pak harto kami dapat hidup makmur jaman pemerintahan pak suharto tapi sekarang apa yg terjadi.orang pada pinter jadi indonesia jadi keminter….terus rakyat dibodohi oleh para koruptor yang pinter…gak kayak jamanya soeharto orang yg korupsi ditembak mati.biar bibit2 koruptor musnah dari muka bumi pertiwi indonesia…

    • negara kita emang subur,tapi bkn suharto yg buat,melain kan alam, n dl kita gk impor beras karena masi kaya.n sekarang ini dah banyak utang,karena kerakusan anak2 nya suharto.jd mau gk mau.utang lo n impor beras.karena gk ada uang??ok

      • BETUL….BETUL…BETULLL….. ngapain didebatkan itukan dah luamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa bnget kejadianya….jadi wahai semua manusia ,,,ni negara dah merdeka coyyyyy….yg lalu biarlah berlalu….jangan didebatkan sukarno sama suhartokan dah jadi 1 alam ….disana mereka ketemu ..biar di kelarin sendiri mana yg benr mana yg salah ..

    • betul bnget tu yas…bnyak perubahan yg telah d lakukan oleh pak harto…kita seharus nya bersyukur…selain itu negara kita jg sempat di segani oleh negara2 luar…

      • bukan di segani…mereka itu antek2 soeharto dalam meperluas budaya imperialis dunia iternationlal\ OOOONNNN

    • betul bnget tuch….saya setuju…

    • ya tapi belangsaknya sekarang….gajah mati meninggalkan gading..si monyet mati meninggalkan utang

  7. masih merupakan misteri tentang bagaimana sejarah di negara ini.Pun itu tentang KOMUNISME…
    kita harap sebagai WNI yang sangat menghargai sejarah negara, mendapat kebenaran tentang fakta siapakah sebenarnya negara ini…
    bukan sekedar sejarah tanda tanya dari bangku sekolahan…

    • saya akui,kepemimpinan pak harto.banyak kemajuan,klo di bilang dia mmbodohi kaum petani? z rsa tdk juga, buktixa kami,di transmigrasikan,pembangunan nya juga oke, z salut dgn pak harto,,, trima kasih,,,,krn klo bukan krn dia,blm tntu,kami seperti sekarang ini.

      • adalah sebuah ironi tatkala sepenggal peninggalan dari seorang tua yang “pura-pura pikun” dan pada akhirnya segala fakta dan bukti ikut terkubur dalam “kebisuan” yang hanya terdengar oleh orang-orang yang memiliki “pendengaran” kejujuran.

      • iya…betul bnget….lgian hnya sgelintir org aj yg gx suka ma eyang soeharto…dan itu pun karna mereka smua iri trhadap kberhasilan ke pemimpinan eyang soeharto…

      • “KAMI” berarti kmu dan segelintir keluargamu…bukan yg lain

  8. @ farid
    Linknya udah di hapus tuh rid

    @ frans
    yup, ada sebuah kepentingan yg buat soeharto mau mendalangi peristiwa itu sebagai orang dibelakang layar

    @ ilyas
    jaman khan tetap bergerak yas, dulu kita swasembada pangan, sekarang di swasembadain orang, tapi juga mungkin itu pengaruh dari pergerakan jaman, atau siapa tahu kalo sebenarnya beras kita banyak, tapi ditimbun oleh keluarga cendana sebagai sikap protes dan sakit hati kepada tanah air yang lupa pada jasa soeharto

    @ tika
    rada sulit membuka fakta sejarah tic, soalnya para saksi sejarah udah pada meninggal, jadi rada sulit mengumpulkan data otentik tentang sejarah yg satu ini, semuanya sudah terputar balik dan gak tau lagi mana yg benar dan mana yg salah

    • gak sulit koq…fakta sejarah G30s udah terungkap dari dulu sebenernya.. tapi di bungkam dengan kediktaoran sang dalang pembuat cerita

  9. jgn takut mengubah sejarah mas, mgkin masih bernafasnya suharto membuat para saksi sejarah takut mengungkap fakta, tp apakah harus menunggu dia meninggal dulu

  10. saya setuju sama tulisan kamu. saya rasa juga otak di balik ini adalah soeharto. who else ? yang jelas saya yakin soeharto bukan orang baik.

  11. @ saksenengku
    soeharto padahal udah tua, gak mampu ngapa-ngapain lagi tapi tetep ditakuti yah, soeharto atau kaki tangannya yang ditakuti sebenarnya?

    @ nayala
    mungkin bukan soeharto otaknya, tapi dia mengetahui dan punya kepentingan jika PKI berhasil menggulingkan usaha kudeta dari dewan jendral, itu sebabnya walau dia tahu tapi dia diam saja

  12. andapun mengakui kehebatan soekarno bukan?
    saya kurang yakin apa hanya karena soekarno ditodong dengan sepucuk pistol lantas dia mau menandatangani surat yang bertentangan dengan ideologinya? saya yakin bahwa orang besar seperti soekarno akan lebih baik mati daripada harus mengorbankan ideologinya lain halnya jika yang ditodong adalah keluarga dari soekarno. jadi mungkin pernyataan dari pak tua tersebut masih mungkin salah. no offense dalam tulisan dan maaf sebelumnya. terima kasih. tetap menulis dengan merdeka bung….

    • analisanya sip.
      saya setuju mas…

    • sangat betul…masa presiden d todong pistol takut,,,sedangkan para jendral aj yg di todong bnyak senjata siap mati demi mempertahankan negara ini…brarti presiden kita itu pengecut donk…??gx mungkin seorang panglima besar seperti soekarno takut sama sebuah pistol…haha…

    • Kl soekarno tdk tanda tangani surat itu,mk beliau kuatir akan terjadi perang saudara,bagi soekarno idiologi itu tdk lbh penting drpd keselamatan rakyatnya.

  13. Soekarno bukan menandatangani surat yang bertentangan dengan ideologinya, dia bersikeras menolak menandatangani supersemar pada awalnya karena dia tahu siapa yang salah dan siapa yang benar dalam kasus G 30 S PKI. Soekarno dekat dengan PKI bahkan dia juga pendiri Nasakom, apakah PKI ibarat kacang yang lupa kulit hingga tega menggulingkan Soekarno? Justru gerakan itu dilakukan PKI untuk menyelamatkan posisi Soekarno dari kudeta Dewan Jendral. Saya yakin pernyataan pak tua itu benar, sebab selama 23 tahun Soeharto berkuasa, pak tua itu hanya bungkam karena takut, begitu soeharto lengser dia langsung angkat bicara di depan pers. Kalo memang dia bohong mengapa harus menunggu begitu lama untuk sekedar bikin sensasi?

    • kalo sukarno takut oleh sepucuk pistol berarti sukarno yang saya banggakan bukanlah seorang pemimpin besar tapi pemimpin penakut . ah nyeseel saya mengagumi beliau.atau ….saksi nya yang bohong besar

    • d ralat (23 tahun)….soeharto memimpin negara kita 32 tahun cuy…klo begitu kmu trmasuk aliran PKI donk yg gx berdasarkan pancasila & tidak beragama…wajar2 aj lah klo itu pndapat loe…hahay

    • salam kenal mas whitegun, secara iseng2 saya menemukan tulisan mas ini, sedikit sya tambahkan mengenai penodongan senjata tersebut, saya ingin mengomentari menurut buku yg baru saya baca karangan JULIUS POUR – judul ” Gerakan 30 September…. tidak ada yg namanya penodongan senjata pada waktu penandatanganan SUPERSEMAR tersebut dan itu diperkuat dengan penjelasan dari pengawal pribadi Bung Karno AKBP Mangil Martowidjojo yg pada waktu itu berpangkat Komandan Detaseman Kawal Pribadi (DKP) Resimen Tjakrabirawa. Beliau menjelaskan tentang kedatangan 3 Jendral besar yg bernama Mayor Jendral Basuki Rahmat, Brigadir Jendral M. Yusuf, dan Brigadir Jendral Amirmachmud. Yg selanjutnya terlahirlah SUPERSEMAR. Jd sangat tidak mungkin penandatangan Supersemar di bawah ancaman senjata, karna pada waktu itu dimanapun Bung Karno berada selalu didampingi oleh DKP presiden. Tp ada keanehan dalam Supersemar yg selama ini beredar di masyarakat yaitu pada penulisan tempat dan tanggal surat itu dikeluarkan. Menurut Attachment mas whitegun diatas jelas tertulis Djakarta, 11 Maret 1966. Padahal penandatanganan Supersemar dilakukan di Istana Bogor. —— Dan untuk selanjutnya, apabila agan-agan mau tau secara detil mengenai peristiwa 30 september 1965 sampai terlahirnya Supersemar, coba deh kita baca buku terbitan Kompas september 2010, karangan JULIUS POUR – judul ” Gerakan 30 September ” nanti baru kita bahas, biar tidak terjadi kesalahpahaman. Karna menurut saya sebagai seorang warganegara yg baik adalah yang dapat menghargai semua perjuangan para pahlawannya dan mengetahui sejarah bangsanya.

      salam putra bangsa,

  14. Bro, lu nglotok jg dengan “ideologi lama bungkus baru”. Top top top….!

    kupas yang lain dong. NII/TII, Persemesta, NU ato Muhammadyah ato apakek…
    (buku sejarah khan banyak yang modifikasi, mgkin aja lu punya sumber data lain yg tdk terekspose)
    Khan banyak tuh pergerakan dari 1900 sampe sekarang.
    minimalnya sejarah pergerakan yang dahulu adalah grass root (apa yang terjadi sekarang adalah dari masa lalu)

  15. @ denprazt
    Wah kalo harus ngupas yang lain gw harus cari refrensi dulu nih, ok deh ntar yah gw coba kupas yang lain terutama sisi-sisi lain yang tidak terekspose ok…?

  16. saya sangat kecewa atas beberapa komentar yang seakan-akan gak percaya bahwa sejarah yang selama ini kita pelajari adalah salah, bahkan membenarkannya.Dari hasil pantauan saya selama ini tentang kasus 65-69,saya sangat yakin dan membenarkan bahwa pernyataan anda benar dan tepat,kenapa saya sangat yakin bahwa apa yang terjadi pada saat itu benar, memang jaman suharto,indonesia seakan baik sekali,tetapi kita tidak tahukan dibalik itu gimana,memang tidak ada impor beras atau yang lainnya, tapi perlu diingat hutang negara yang triliunan itu datang dari mana,datang dari jaman suharto kan ,jaman korupsi juga,memang kita tahu korupsi sudah ada sejak jaman dulu, tetapi kita tahu yang paling besar korupsi jaman siapa? jawabannya adalah jaman suharto, kenapa seolah-olah Indonesia tu diam saja,apalah hebatnya suharto itu???????,tak tahu balas budi,demi diri sendiri rela berbuat apa saja, jaman sudah berubah, ini bukanlah jaman si harto itu lagi,jadi marilah yang tahu sejarah sebenarnya, marilah sama-sama kita menguak kembali apa yang sebenarnya terjadi pada kala itu,tidak perlu takut apa yang kita utarakan kalau memang itu benar adanya,katakan sejujur-jujurnya,negara kita tidak mungkin terus menerus dibohongi,kalaupun ada yang tidak senang,biarlah toh percuma apa yang akan dia lakukan hanyalah akan membawa negara ini ke tempat yang paling hancur, memang dia berkuasa di dunia ini,tetapi kalau dia sudah meninggal pasti langsung akan ke neraka,biarpun dia itu haji sekalipun atau petinggi-petinggi agama,kita tahu pribahasa MEMFITNAH LEBIH KEJAM DARI MEMBUNUH, jadi buat yang tahu betul kisah sejarah ini, tidak perlu takut lagi,karena mengatakan yang benar sejujur-jujurnya itu besar pahalanya dimata Allah,kenapa saya begitu optimis bahwa apa yang di kemukakan suharto adalah salah,itu karena saya juga sudah mencari info kesana kemari tentang peristiwa ini dari saya masih duduk di bangku smp sampai saya sudah bekerja sekarang, dan yang lebih menguatkan pernyataan saya adalah setiap saya wawancara dengan pihak yang tahu tentang sejarah ini, semuanya mengatakan bahwa suharto hanya pembohong belaka, apa yang suharto kemukakan hanya untuk menutupi semua kesalahannya dimasa lalu.sekian semoga kita dapat mengetahui sejarah yang sebenarnya,bukan semoga tetapi HARUS

  17. sekarang saya mau bikin sekripsi nich, jadinya tulisan mas sangat berguna bagi saya. thx banget ya mas…

    tapi saya mau minta tlg nich, kalo ada bahan-bahan lagi tlg infokan ke saya ya…
    karena itu sangat membantu buat saya untuk membuat skripsi…
    tlg hub 081573042232

    mas punya gak info tentang:
    1.bagaimana PKI saat itu melakukan recruitmen atau mengajak masyarakat untuk bergabung…?

    2.siapa yang mensponsorinya…

    3. masih ada gak sampai sekarang saksi2nya…

    4. apakah saya boleh tau, supaya saya dapat melakukan wawancara bwt skripsi…

    thx bgt mas

  18. @ hendry
    makasih mas, komennya sangat membantu, memang disini aku coba mengungkap berdasarkan dari apa yang pernah aku baca (bukan cerita bohong dari buku sekolah lho) tentang kejadian2 dibalik layar peristiwa berdarah itu juga dari hasil diskusi dengan orang-orang yang juga sedikit banyak tahu tentang peristiwa itu. Ini mungkin dapat dikatakan daftar dosa soeharto di masa orde lama, kalo dosanya di masa orde baru dapat anda baca di sini Mungkin bisa menambah refrensi anda.

    @ fahreza
    wah saya jadi tersanjung dibilang tulisan saya sangat berguna buat skripsi mas fahreza *tersipu mode on* tapi saya kurang bisa memberi bantuan atas apa yang anda minta selanjutnya karena saya gak punya cukup refrensi tentang yang anda tanyakan itu. Tapi nomor hp anda akan saya simpan dan anda akan saya hubungi jika suatu saat nanti ada yang mungkin dapat membantu anda menyelesaikan skripsi anda. terimakasih atas komennya.

    • Waaalaaah mas…dari awal sy bertanya namanya sang kakek dalam tulisan anda saja tidak di sebut, ternyata referensinya belum cukup tooohhh……, atau hanya seingatnya saja.
      Hati2 mas sebagai orang yg beragama, kalau anda beragama…ini bisa disebut fitnah. Apapun itu kalo memang bisa di pertanggung jawabkan , silahkan saja di perdebatkan. tapi kalo tidak, bisa multi tafsir nantinya..salah2 anda dicap sebagai anak keturunan PKI yang sedang mencari pembenaran. Terima KAsih..!!

  19. Saya ingin tau strukur organisasi PKI di indonesia dan perkembangan PKI di Sumatera Barat untuk skripsi saya.kalau ada yang mau membantu saya sangat berterimakasih sekali,karna ini demi kebenaran dalam sejarah.

  20. emang seeeee.itu kan dulu tapi kalau di pikir2 enak juga waktu versi kong harto. semua srba miring .murah meriah.tuh ngak kaya sekarang serba naikk…..ga tanggung2 naiknya …….ampe.selangiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit

    • kata datuk saya swaktu masih hidup d zaman soeharto…soeharto adalah seorng prajurit yang disiplin yg berasal dari kluarga miskin…jasa soeharto tidak sebanding dng kesalahan dia…bnyak yg pak harto korbankan demi negara ini…seharus nya kita liat ke belakang apa yg d lakukan oleh pak harto…jng hnya bisa saling menyalahkan…

    • Waktu jamannye Chang Harto, yang diutamain dulu adalah program PEREKONOMIAN, PERTANIAN & Infra Strukturnya, PENDIDIKAN, Pengendalaian Laju Pertumbuhan Penduduk. di berbagai pelosok dibangun Sekolah2 Inpres juga Puskesmas, pengadaan guru besar2an biaya sekolah murah meriah, sampe2 naik bis kota aja u pelajar/mahasiswa dimurahin. Cabang2 Ekonomi untuk hajat orang banyak dikuasai negara & disubsidi tanpa teriak2 dilayar TV. Setelah Suharto lengser, biaya untuk pupuk pertanian, irigasi, PAM & PLN dll muahal banget. Masuk SD negeri aja yang katanya gratis hrs siap dana 500rb – 1 juta rp, ini terutama di daerah2 pinggiran Jakarta (hsl survei). – – Kelebihan sekarang adalah tumbuh kembangnya Demokrasi dan kesejahteraan para Elit Politik yang tidak sedikit mengeruk dana APBN/APBD.

    • yeee sekarang serba naik ya karna dulu lo pada dikasih murah….dari mana bisa murah..???ya karna dulu setengahnya boleh ngutang..nah sekarang lo pade bayar deh tuh utang2 yg dulu

      • murahnya sellaaannngggiiitttt tp uuttaannggnyyaaaaa selaaanngggiiitttttt jugaaaaa!!!!
        nmanya jg orang cari muka… y gtu… sok2 berkorban utk rakyat..
        mementingkan pertanian pendidikan dll,
        TOOPPPPPEEEENNNGGGGGGG!!!!!
        wariissaannnyyaa cm uuttaanngggggg…. presiden selanjutnya hanya jd korban limpahan topeng suhartooo dgn hutang yg menggunuunnggg….

    • tapi utang negara makin meningkat, krismon juga awalnya muncul pas jaman jabatan kong harto, trus juga munculnya korupsi.
      bener gag? heheee

  21. @ Deo
    wah nampaknya deo pengen jadi ahli sejarah nih yee… tapi boleh juga bro, teruskan usahamu dan luruskan sejarah, jangan bohongi publik dengan cerita bohong yang cuma dipercayai anak kecil.

    @ panji
    iya seh murah tapi masa itu belum berubah, kita tetep meneruskan masa di mana pemerintahan hindia belanda masih menguasai nusantara, kita tetep terjajah, biar lo gak ngerasa terjajah, segala kebutuhan lo di murahin, kalo perut lo tenang, pikiran juga tenang, gak bakal deh ribut2 soal terjajah, tul gak

    • gx juga ah….loe sok tw…emng loe da lahir ap d zaman itu???klo gx tau apa2 jng asal ngomong dech…itu yg nama’y fitna….

  22. PKI? NGGAK AH! SOEHARTO? JUGA NGGAK AH.. AK PILIH SBY SAJA..HIDUP SBY!

  23. hmmm bagus banget tapi ya itu memang versikamu.
    tapi entah apakah tulisan itu dibuat berdaarkan metodologi penulisan sejarah. jujur aku penasaran dengan versi sebenarnya. tapi seolah-olah versimu memberi kesan PKI itu sah-sah saja. dan tidak berbahaya.
    padahal ada bukti juga kaum muslim banyak yang jadi korban atas gerakan komunis ini.

    -Hanya Allah Maha TAhu tentang segalanya-

    semoga kita tidak terlalu terpaut dengan masa lalu dan lupa membangun masa depan.
    semoga pencarian kebenaran sejarah bangsa ini tidak dipolitisi sebuah ideologi.

    • saya stuju…hanya ALLAH yg maha tau….
      loe jg benar klo PKI itu sah2 aj bisa berbahaya….karena PKI itu kan kaum KOMUNIS dlm artian (Sama Rasa – Sama Rata)…yg arti nya klo istri aq, istri kmu jg…emng kmu mau istri kmu jd istri orng juga???ihh…gx bnget dech…

      • Ah, pikiran lho terlalu sempit! Ngaco!
        Yang gwe tau dari mantan tapol PKI, bukan masalah tukar pake istri. Yg bener adalah kaitannya dlm hal perekonomian dan kesejahteraan rakyat; itu dikuasai dan dikendalikan oleh negara (konsep sosialis); sehingga tidak terjadi kesenjangan sosial yg terlalu tajam. Kalo sekarang ini negara kita rupanya menggunakan konsep “Kapitalis” (serba uang). Akibatnya, yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin. Saya lebih setuju sistem ekonomi negara kita mengacu kepada pasal 33 UUD ’45. Demokrasi kita kembali ke Pancasila sila ke-4, shgg tdk terlalu memakan anggaran yg amat besar.

  24. @ javaraditya
    hidup sby! hehehe… :D

    @ aang
    gerakan komunis di Indonesia memang banyak memakan korban, tapi sistem pemerintahannya yang menggunakan azas pemerataan khan cukup bagus apalagi di negara kita yang sekarang terjadi kesenjangan antara si kaya dan si miskin. Tidak selamanya komunis itu buruk, kelemahanya hanya dia tidak mengakui keberadaan Tuhan.

    • wajahmu g enk dilihat

    • udah tau dia gx punya tuhan masih juga di bela….maka dari itu PKI itu gx pernah mikir perasaan orng…yg mereka pikir cm ksenangan…masa kitab suci al-qur’an d sobek2…jd wajar aj lah klo PKI itu harus dberantas..loe gx ad tuhan y???wajarrrrrrrrrrrrr……………..hahay…

  25. gw jg percaya tuh supersemar ud dpalsuin..trus gw punya tmen anak kluarga sukarno ktny sukarno itu diracunin am suharto malah.tapi blom tau pasti bnerny si.trus gw nntn tv td pagi ktny jg gtu 30 spki itu ktny ga disiksa segitu parahnya menurut pengakuan yg mengotopsi jenazah pahlawan.ga ad tu titidny dipotong ama mata dicongkel.itu cuma isu ny suharto aj buat nurunin sukarno yg lg sakit trus ngedoktrin masyarakat pake omongan2 g 30 spki ny itu…

    thx.

  26. @ diego
    kalo soal diracunin, aduh gak berani membenarkan soalnya harus ada bukti otentik dulu khan. tapi kalo soal doktrin tentang kekejaman PKI emang ada, sebenarnya emang kejam, tapi gak sekejam yang di film itu lho…

  27. mas, anda memasang peran “Pak Tua” untuk mengungkap fakta. Kalau dalam ilmu jurnalis ini nggak akurat cz sumbernya “nggak jelas”. So itu sama aja dengan sampeyan cerita profil gendruwo tapi sumbernya dari “konon katanya”. Buat yang mau menjadikan rujukan skripsi dijamin nggak lulus deh he he. Ini sejarah bung, jangan main-main lho. Kalau anda bilang Bung Karno gentar dengan ancaman pistol untuk menandatangani SUPERSEMAR, wah itu namanya melecehkan beliau bung (Pasti kalau ketahuan, simpatisan SOEKARNO marah besar). So pesan saya, kalau mengupas sejarah “DATA HARUS AKURAT & OYEKTIF”.

  28. njenengan meniko pripun to kang. kok nggak bisa membedakan benci sama pak Harto dengan cerita sejarah. Kalau cerita yang slow aja. Coba peristiwa madiun 1948 juga dijadikan rujukan, “who is the actor”. Itu juga jamannya bung Karno lho, apalagi ditengah perjuangan bangsa Indonesia membebaskan diri dari penjajah. Karena ada kaitannya, itu jangan disembunyikan lho. Buat generasi muda, cerita yang seperti ini jangan ditelan mentah-mentah karena “eforia kebencian” pada Suharto. Cz sejarah harus pada porsi balance berdasarkan data dan fakta yang “akurat” (mas arbi, saya setuju dengan njenengan). Lha ini cerita njenengan kok bernada tendensius gitu, jangan-jangan anda ………………

    • yupzz…btul kata mbah n mas arbi…ungkap semua sejarah yg prnah ad jng hanyak mengulas tntang kbencian pak harto doank….mbah bejo aj curiga ma penulis..apa lg saya mbah….mungkin dia sisa2 orng PKI kali mbah…hahahahay. . . . .

    • Setuju mbah…..lahh penulisnya sendiri belum cukup referensi, dia bilang sendiri. Sementara ini sejarah looh…bukan cerpen. Masa disamain…??, Apa bukan fitnah ini jadinya

  29. iya nih, kok berani bilang ini palsu. Kalau yang asli udah ketemu, baru bilang ini palsu. Emangnya udah dites ? Kok tandatangan bung Karno sama dengan yang di teks proklamasi. Padahal bila emang “ditodong pistol” anak kecil aja tau kalau “gemeteran”, so pasti tanda tangannya ya agak “penceng-penceng” gitu.

  30. @ arby
    Sejak awal tulisan ini aku dah mengatakan kalau ini adalah versiku tanpa mengurangi rasa hormat terhadap versi lain yang lebih akurat dan memiliki bukti otentik akan kebenarannya, selain itu tulisan ini juga berdasarkan dari beberapa fakta yang ku yakini kebenarannya lalu kutarik kesimpulan hingga inilah hasilnya. Mungkin tulisan ini banyak salahnya tapi kuyakin tidak 100% salah jadi kalau mau tau aslinya silakan baca versi lain yang kumaksud itu, jangan baca ini. Aku juga tidak pernah memaksa seseorang mengutip tulisan ini untuk dijadikan rujukan skripsi.

    @ Mbah bejo
    Sekali lagi, ini versiku. Aku tidak mengatakan inilah fakta sebenarnya. Terimakasih udah membaca tulisanku, tapi jangan juga dijadikan rujukan dan ditelan mentah-mentah karena ini cuma versiku bukan fakta sebenarnya, kalo mau cari cerita sebenarnya, silakan baca versi lain yang lebih akurat dan memiliki bukti otentik sebab selama ini banyak sekali versi tapi kita tidak tau mana yang paling akurat. jangan-jangan saya… (apa maksudnya?)

    @ roni
    Ketika kita diwajibkan menonton film G 30 S PKI dulu kita juga dapat melihat bahwa Soeharto adalah seorang perwira tinggi berpangkat Mayjen yang tidak terlalu diperhitungkan ketika itu. Beliau hanya menjabat sebagai Pangkostrad, sebuah jabatan yang kurang dipandang. Selain itu ada sejumlah jendral di sekitar Soekarno yang lebih memiliki jabatan penting dan lebih tinggi dari Soeharto, jadi wajarkah jika Supersemar di serahkan ke Soeharto? Apakah Supersemar itu asli? Saat ini hanya Soeharto dan Tuhan yang tahu.

    • klo bukan fakta sebenarnya jng di buat donk…itu sama aj fitnah….sama bener kayak PKI yg suka fitnah…hahahay…

  31. Sepertinya didikan orde baru (baca : soeharto) sudah mendarah daging pada diri mbah bejo dan roni.

    Kasihan mereka….

    to Dion, nice job!

  32. @ ivendaz
    thanks buat komen dan kunjungannya di blog ini kawan, salam kenal yah

  33. PKI harus dimusnahkan!!!!! bila perlu bantai sampai keakar-akarnya!!!!! gue orang penggagum cendana!!!!

    apapun yang kalian katakan aku tetap kagum sama Pak harto…

    jangan sokkk lu, !!! lu semua tuh sebenernya Orba (Orang Bau)

    Gue nih yang suatu saat akan tetap memegang idiologi Pak Harto…..

    kita buktikan aja nanti!!!!!!

    • sifat sifat penggemar soeharto:
      1. suka membantai/membunuh tanpa mempertimbangkan apakah itu benar/salah
      2 berpikiran egois dan rendah moral
      3 kebanyakan pada tak berprikemanusiaan
      4 suka bicara kasar dan kotor
      5 berpikiran pendek dan bodoh
      6 suka korupsi
      7 munafik
      soeharto = soeka harto todokan

      • ciri-ciri orng PKI :
        1. suka fitnah
        2. tidak beragama
        3. jelek2in org lain
        4. egois, selalu mau menang sendiri
        5. keji
        6. tidak beradab
        7. munafik
        8. tidak punya prikemanusiaan
        9. sok tau
        10. mudah ngambil keputusan tanpa pikir panjang n bukti

        orng yg tak beragama itu lah orng yg bodoh dan mudah d pngaruhi….kayak loe….hahahahahahay…..

  34. kita tungguin tanggal mainnya mas!

  35. tunggu aja lagi sebentar, setelah suharto mati pasti semua akan ketahuan

    • tp sekarang,pemimpin kita,zama aja dgn -PKI, haxaaaaaa,berkedok wakil rakyat,,,,,,,ituuuuuu,tikus2 berdasiiii.

      • pada dasarnya semuia manusia tidak ada yang sempurna dan kesempurnaan itu hanya milik allah semata, siapapun di manapun keberadaan manusia selalu dalam kekurangan dan yang mungkin sudah kaya aja masih pada kurang apa lagi kita, cuma kalau orang seperti kita kan ga punya jabatan seandanya aja kita jadi apa sdh pasti ada yang kita tuju oke broooo… di dunia ini sdh kettutup dengan kemunapikan, sekarang mah masing2 sajalah toh mengomentari orang ga dapet pahalaaa. mendingan giling tasbihhhh.

  36. Sungguh menerik jika ada yang memancing posting argumen saya lebih cerdas! sayang tidak ada mental perdebatan yang kalian hasilkan secara signifikan.

    Mari saya jelaskan sedikit kenapa saya tetap berkeyakinan bahwa pak Harto sudah benar menjalankan amanah rakyat Indonesia-UUD 1945 dan Pancasila.

    pertama: Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang banyak memiliki kultur masyarakat sosial yang berbeda.

    Indonesia merupakan negara yang baru dan masih muda untuk menerima demokrasi ala Barat.

    Perlu stabilitas dan keamanan dalam membangun Ekonomi.

    Secara menyeluruh, dapat kita lihat.. negara dengan berbagai etnis, budaya, kultur sosial dan lain-lain perlu kesepakatan bulat mengenai dasar negara sebagai pedoman yaitu UUD 1945 dan Pancasila tentunya. Dengan demikian satu suara yang utuh tersebut, sebagai landasan bulat tentang kesepahaman. Wajar jika melenceng dari UUD 1945 dan Pancasila. Apakah dari kelompok, etnis tertentu dan agama dalam wilayah Republik Indonesia perlu di berangus dan dihabisi…sampai keanak cucunya!!!!

    Selanjutnya, Demokrasi yang kita pamahi sekarang adalah demokrasi kebablasan- jaring-jaring agen imprealisme barat lewat LSM dan ormas-ormas lainya telah mengacak-acak tatanan negara dan kerahasiaan negara. Pantas jika salah satu pentolan LSM perlu diracun sampai matiiii…..
    Demokrasi perlu penataan mental masayarakat lebih cerdas dan mandiri… jaman pak Harto Replita sebagai rancangan perekonomian sosial sudah pas… cuman sayang kita belum bisa sabar untuk lebih menata diri dalam memahami setiap situasi….

    Keamanan dan stabilitas negara memang menjadi kunci utama untuk membuat setiap gerakan ekonomi terkendali..sehingga masyarakat lebih aman dan sentosa dalam menjalankan setiap aktifitas mereka.

    Mungkin, ini sebagian kecil yang saya ungkapkan. Karena isi kepala kalian tentu berbeda-beda untuk memahami tulisan saya.!!!!!!!!!!!!!!!

    untuk mas inisial onsuw!!! ketahuan apa mas? jangan salah sekarang umur saya 24 tahun. jika saya diberi umur panjang saya dan teman-teman saya akan memperbaiki segala teori dan idioligi pak Harto yang kami pahami….

    jika mas cerdas secara pendidikan dan pergaulan, tolong ajari saya untuk menanggapi tulisan ini!

  37. saya dan anak2 yang lain yaaaaaaaaaaa gitcu deeeeeeeeehhhhhhhh
    cepek deeeeeeeeeee…
    hehheheeheehe……..^_^

  38. @ Onsum
    bisa jadi pendapat anda itu ada benernya, kalo pak harto udah mati trus ketuan deh belangnya hihihi…

    @ wayan tang adimawan
    komen anda ini terlalu mengungkapkan semua kebaikan pak harto tanpa pernah berfikir tentang keburukannya, jika pak harto masih memimpin negara ini tentu apa yang anda katakan sangat berguna untuk menambah isi kocek tapi tidak di jaman sekarang, apakah juga anda tau kalo pak harto masih memimpin, berapa banyak perusahaan di bawah pimpinan keluarga cendana yang akan memonopoli bisnis di tanah air ini?

    @ Marhycha
    gitchu deh apaan nih, capek deeeehhhh mikirnya… hihihi… :D

  39. ha,ha,ha,…………………………………!!!!!
    cara pandang seperti ini yang perlu dibuat garis batas yang tebal. Terlepas dari citra pak harto dimata masyarakat, yang banyak dikatakan negatif!!

    capek deeeeeh………………. juga saya mengajak anda adu argumen bila kemampuan anda menanggapi posting saya sebatas ini……he,he,he……

    mas pikiran sampean kok sebatas diuiit aja!!! anda miskin ya?

    saya tidak munafik, jika perlu uang, kekuasaan dan kehormataan..eeeehh prempuan manis juga he,he!!!!

    Namun disini saya mengajak anda membedah dan mengkritisi pola pak harto dalam memimpin negara dibandikan dengan sekarang? bukan bicara berapa keluarga cendana memonopoli bisnis di tanah air ini! Ngapain saya harus peduli!!!! Tuhan masih memberikan pikiran dan fisik yang sehat kepada saya untuk bekerja dengan hasil keringat sendiri.

    mas satu hal yang membuat saya selalu mensyukuri dan bahagia dalam hidup ini, sebagai manusia saya masih punya perinsip. Jaman boleh berubah namun keyakinan tetap dijalankan… begitulah keyakinan saya terhadap pola kepemimpinan pak harto!!! dibadingkan sekarang yang kehormatan negara kita terijkak-injak oleh negara tetangga macam Malaysia!

    seburuk apapun, kita harus hormati pimpinan jagan bicara kejelekan tapi melupakan jasa-jasa beliau semasa menjabat..

    Mas, apapun alasannya, dalam satu titik kesimpulan anda benar sayapun tidak salah….!!!!

    Siapapun yang ada, saya memohon maaf jika kata dan bahasa saya kurang berkenaan dihati! jika kalian main-main ke Bali silakan E-mail saya : tang_adimawan@yahoo.com HP 081916535444

    Salam kenal semua!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • @ wayan > smua yg kmu bilang itu bnar bnget…seharus nya kita sbagai pnerus bangsa harus saling mnghormati n menghargai stiap pemimpin…siapa pun itu pemimpin nya…kita punya tuhan…kita mmpunyai keyakinan…tp gx tau juga ya klo yg penulis….PKI kan gx beragama…hahahahahahahayyy. .. . . … .

  40. @ wayan tang
    syukurlah kalo anda masih berfikir untuk bekerja mencari uang dengan tenaga dan fikiran sendiri, bukannya mengandalkan kekuasaan yang kebetulan masih ada di tangan seperti putra putri tokoh pujaan anda itu. tak ada kata yang menyinggung, komen pedas adalah hal wajar, setiap orang bebas mengutarakan pendapatnya dan itu dilindungi undang-undang.
    kapan2 kalo saya ke bali saya akan coba hubungi anda. Eh, gak tertarik baca post saya tentang bom bali I? anda khan di bali…

    • yee….malah bahas yang lain….gx bisa ya jawab posting wayan ???da tau kemampuan cetek…brani2’y bikin kayak gitu….jngan mengalihkan pertanyaan donk….TEGAS dikit jd cwok…

  41. anda semua mungkin sudah ada yg tahu tentang ‘building nation’-nya sukarno. dia bukan orang bodoh, tp jg bukan orang sakti. orang yg punya impian besar tp memiliki keterbatasan, manusiawi. apalagi orang2 yg dulu berada d dekat dia semakin hari semakin menjauh satu demi satu, hanya karena perbedaan prinsip tentang ‘cara menjalankan’ negara baru, hanya karena mana yg lebih diprioritaskan, ekonomi atau politik global. dan anda tahu benar kenapa dulu nama sukarno mendunia, bahkan sampai eisenhower terusik oleh apa yg dipikirin oleh sukarno mengenai ke arah mana nantinya bangsa ini dibawa ke percaturan dunia. artinya musuh dia bukan hanya di dalam selimut, tp jg di luar kamar.

    building nation, kurang lebih artinya bagaimana membangun bangsa yg (sangat) besar ini supaya memiliki karakter yg kuat. karakter kuat di sini saya ambil contoh antara ayam dan bebek, sukarno ingin membawa bangsa besar ini menjadi seperti bebek, bebek klo terbang berkelompok selalu membentuk formasi, bentuk formasi tanda panah, bahkan ketika anda menembak formasi itu, mereka selalu membelah dua tetap berbentuk formasi tanda panah. bandingkan dengan ketika anda memasuki kandang ayam ayam, mereka berkelompok tapi terpecah belah, mencari makan sendiri2, semrawut, chaos.

    terjawab pertanyaan kenapa ada sebutan presiden seumur hidup, bahkan umur beliau saja tidak cukup untuk mewujudkan impian itu. belum lagi hambatan orang2 di luar dia yg tidak ‘sepaham’ dengan dia. memang selama ini ada yg benar2 memahami pikiran seperti itu?

    dan ketakutan dia akan bangsa ayam sekarang benar2 terjadi oleh kita, anak kita, dan generasi selanjutnya yg memegang status bangsa indonesia. mengaku berbudaya tapi sama sekali tidak berbudaya, bahkan sebagian dari kita sudah kehilangan rasa sebagai manusia yg memiliki kesadaran.

    tentang kiri atau kanan, itu hanya topeng belaka. orang yg memiliki cara berpikir seperti sukarno terlalu bodoh untuk ber-kiri atau ber-kanan, karena memang impian dia jauh lebih pintar daripada itu. sebutan kiri hanya dari orang2 kanan, dan sebutan kanan hanya dari orang2 kiri. dan sukarno sengaja bertopeng kiri hanya utk menjauhi kanan, hanya karena tidak ingin menjadi rantai makanan paling akhir di dunia, anda sadar kan asia dulu menjadi ‘santapan’ barat (bahkan sampai sekarang). terjawab mengapa dulu dia berjuang membentuk negara-negara KTT nonblok. berusaha menjadi contoh negara2 yg baru merdeka tapi PR sendiri belum terselesaikan.

    jd, siapapun yg menjatuhkan sukarno, dia tidak mungkin bekerja sendiri. dan yang lebih penting adalah bukan masalah yang memberontak itu siapa. atau, saya, anda, dia, kalian, mereka lebih memfavoritkan siapa. lebih berharga kalau kita membicarakan sejarah dengan memahami ide-ide yg memperkaya sejarah itu sendiri. dan pecayalah, kita semua bisa belajar banyak dari itu semua.

    semoga kita tidak benar2 menjadi rantai makanan yg paling terbawah (sudah paling, terbawah pula…

  42. @ rommel
    coment yang luar biasa. anda sepertinya memahami jalan pikiran soekarno. saya sependapat dengan anda. soekarno sengaja memilih topeng kiri hanya untuk menjauhi kanan. di antara kiri dan kanan, beliau malah membentuk tengah. sebuah cara berpikir yang luar biasa menurut saya, sayang tak banyak yang dapat memahami jalan pikirannya kala itu karena soekarno memiliki cara berpikir yang lebih maju dari barat, sementara yang lainnya masih ketinggalan jauh di bawah barat, terang aja banyak yang gak setuju dengan cara kerjanya karena pikiran mereka gak nyampe ke situ. sayangnya program beliau belum sempat terselesaikan namun beliau keburu dipanggil penciptanya

  43. terusik juga saya tentang komen anda masalah cara pandang sukarno melihat posisi bangsa-bangsa di Asia.

    anda membandingkan ayam dengan bebek? kalau saya cendrung membandingkan kambing dengan kerbau! dimana, saya umpamakan kerbau adalah sukarno, dan kambing adalah orang-orang disekitarnya.

    Mungkin sudah usang kita membicarakan NASAKOM, dimana element tersebut dijadikan dasar dalam perjuangan sukarno membentuk kekuatan bangsa. Namun, sayangnya Komunis didalamnya kurang membumi melihat persoalan bangsa ini secara merata.

    jadi komen anda tentang Sukarno, sungguh ironi, Pak….
    sukarno hanya orang pidato…lebih dari itu, secara taktik dan strategi, siapa yang tidak kenal bung hatta, syarir, tanmalaka, dll yang saya kira lebih bisa mengmbek dengan benar dibanding sukarno..tetapi jaman itu memang masyarakat membutuhkan pemimpin yang mampu secara lantang urat tegogorokannya ber jam-jam bicara ditengah lampangan.

    pak…..
    sukarno lupa akan pembangunan kekuatan ekonomi…dia terlalu bereforia dengan idiologi. jadi begini deh….hasilnya..hi.hi.hi..

    makanya pak……..
    jangan lihat dari satu sisi, mungkin bacaan anda masih sebatas itu…wajar jika saya hanya komen sebatas ini. karena isi kepala saya tentu berbeda dengan anda…….

    • batok kepalamu itu….wei lu jangan asal ngomomg…baca buku sejarah tentang Soekarno sebanyak mungkin baru lu berhak protes Presiden Soekarno….tanpa Presiden Soekarno kita semua masih menjadi budak bangsa jepang…lu tahu ngak…..stupid lu..

  44. hihihi lucu jg saya dipanggil pa…

    mungkin isi kepala saya memang berbeda dgn anda, karena saya masih muda. mungkin bacaan saya hanya sebatas ‘itu’, karena memang profesi saya jauh berbeda dari ‘itu’. dan komentar saya jg bukan mengatakan benar atau salah, karena bukan pembenaran.
    tp yg jelas mata saya normal (walaupun agak sedikit minus) utk membaca ‘pergulatan’ politik di blog ini yg semakin menuju info-tainment. komentar yg saya tulis hanya berusaha menghidupkan sebatas ide positif salah satu tokoh yg ‘digosipkan’ di sini, karena memang saya tidak kenal langsung siapa itu sukarno, hatta, syahrir, tan malaka (bahkan makam tan malaka saja sampai skg belum ada yg tahu keberadaannya). dan untuk melengkapinya, mungkin ide2 anda tentang beliau2 di atas bisa dihidupkan disini untuk lebih memperkaya kepala saya atau yg lainnya jg, lebih bagus lg kalau kita sampai berkata..”oooh ternyata sejarah bangsa kita isinya bukan hanya sebatas ‘itu'”. atau bukan hanya untuk mendapat a, b, atau c setelah itu dilupakan lg dgn tidak mengambil sesuatu apapun dari ‘itu’. kalau anda berbicara tentang ‘ironi’, ini sebenarnya yg pantas disebut dgn ironi.

    kasihan bangsa kita.

  45. Seru….. pintar….
    Cara berpikir dan hati Rommel masih di atas angin. two thumbs up.

  46. Saya tidak terlalu tertarik dengan Soekarno maupun Soeharto. Suka ataupun tidak mereka berdua adalah pemimpin. Entah jasa ataukah petaka yang mereka bawa merekalah yang telah Indonesia pilih. Itulah faktanya.
    Lain halnya dengan kejahatan kemanusiaan. Dalam topik kali ini tersimpan kejahatan yang amat mengerikan. Fitnah dan pembantaian. Bayangkan jika anda lahir pada kelompok yang kalah, lalu seumur hidup dihukum tanpa tahu apa kesalahan yang pernah anda buat. Apakah itu karma? Kalau memang begitu kita sebut saja penderitaan Indonesia sekarang ini sebagai kesalahan bangsa ini sendiri. Semua manusia lahir dan hidup di dunia ini sebenarnya untuk apa? Membuat kerusakan? Berperang? Ataukah saling membunuh? Kalau saya ingin hidup damai, maju, dan menikmati kehidupan. Memang terkadang nafsu membunuh itu tiba-tiba muncul….
    Apapun ideologinya marilah kita buktikan dengan membangun negeri ini dan menyejahterakan masyarakat. Janganlah pembunuhan dan kekejaman itu terjadi lagi karena rasa berbeda dan karena kita merasa paling pantas hidup dengan memangsa orang lain.
    Apakah itu Komunis ataukah Nasionalis, Soeharto ataupun Soekarno, apalah gunanya kalau cuma menyengsarakan rakyat. Semua paham itu lahir dari para pencetusnya dengan tujuan apa? Apakah untuk menimbulkan kengerian dan teror?
    Tragedi G30S adalah cermin rakyat Indonesia. Itulah kita. Suka atau tidak, seperti itulah wajah kita. Itu pembantaian, penindasan. Kita semua tahu korbannya. Rakyat.
    Kakek kami bercerita waktu itu kali Brantas penuh mayat, dekat komplek kami juga pernah jadi tempat pembantaian. Siapakah mereka? Korban PKI atukah PKI? Jumlah mereka tidak sedikit. Apa salah mereka sampai harus dibunuh begitu kejam dan dibuang seperti sampah? Apakah ada yang bilang pemandangan seperti itu indah?
    Padahal semua orang bilang kalau Jepang yang sedang berperang itu kejam. Pada kenyataannya manusia kita bisa memperlakukan saudara, teman, tetangga yang dulu pernah sama-sama berjuang dengan kejam karena beda paham, bukan karena terpaksa karena kondisi perang.
    Dahulu itu nasib mereka, lalu apa sekarang kita yakin nasib serupa tidak akan terjadi pada kita di negeri ini? Lihatlah Burma. Seperti itu perlakuan sebuah negara pada rakyat. Lalu adakah yang mengatakan para biksu itu pantas mati karena Myanmar aman-aman saja dengan Junta maka prodemokrasi itu dianggap hanya akan membawa negeri tersebut pada kekacauan?
    Saya tidak tertarik bandingkan Soeharto dengan Soekarno. Kenapa tidak kita bandingkan Soekarno dengan Washington atau Soeharto dengan Mahathir?
    Negeri ini masih beruntung karena rakyat masih mampu menurunkan keduanya, artinya negeri ini masih dimiliki oleh rakyat.
    Saya hanya berharap negeri tempat saya dilahirkan ini bisa maju dan sejahtera seperti Jepang atau Singapura atau Korea dimana manusia bisa hidup sebagai manusia siapapun pemimpinnya. Untuk apa pemimpin yang menggiring rakyatnya kepada kehancuran berkepanjangan betapapun indah slogan yang diucapkannya.

  47. saya bermimpi suatu hari pulang ke tanah air, dimana saat itu rakyatnya benar2 diperlakukan sbg manusia seutuhnya…

  48. Tiap kali saya lewat Jakarta yang konon semakin modern itu, perasaan saya terenyuh ketika melihat manusia kita. Sebagian mereka begitu kumuh, miskin, dan tampak menderita sementara gedung-gedung pencakar langit angkuh menjulang tinggi dan mobil-mobil mewah lalu-lalang. Walau hanya sebentar rasanya seperti di neraka. Entah kenapa seperti itu. Kita semua berharap pada perbaikan dan masa depan yang indah. Apalah manfaat ideologi indah kalau tidak diterapkan.
    Seorang nenek yang sudah pikun tanpa sadar pernah berguman, “jaman Belanda dulu lebih enak.” Tentu bukan karena dia ingin dijajah, tapi kata-kata itu mungkin muncul dari perasaan dia yang sebenarnya.
    Tanpa berniat provokasi, tapi memang kebanyakan fasilitas yang Belanda bangun ternyata berperan besar pada perkembangan negera ini setelah merdeka. Mulai dari jalan raya, saluran irigasi, jalur kereta api, gedung pemerintahan, dan masih banyak lagi termasuk pondasi mereka di bidang hukum dan administrasi. Entah kenapa sampai penjajah bisa dirasa lebih membawa manfaat pada negeri ini daripada orang sendiri.
    Terlalu sibuk berdebat soal ideologi dan lupa pada cita-cita kemerdekaan sampai-sampai merasa perlu saling membunuh antar saudara seperjuangan…. apakah itu sifat manusia kita?

  49. Di batavia, belanda gemar menanam pohon. Di jakarta, orang kita gemar menebang pohon.
    Loh mas Dion? Fakta di balik G 30S PKI-nya ternyata pohon.

  50. … apa dia baik-baik aja?
    Jangan-jangan…..
    Hehe, ~hii….~ sebenernya tulisan macem gini masih aja berbahaya buat orang dalam negeri.
    Sori ya Om, saya jadi menyimpang nih, terhanyut….

  51. @ wayan tang adimawan
    saya kurang setuju kalo km bilang bahwa soekarno hanyalah orang pidato, sebab menurut saya strategi politiknya terhadap percaturan dunia sangat luar biasa, ini juga bagian dari strategi. Strategi khan gak melulu harus di cetuskan dalam perang, kalo urusan ekonomi mungkin soekarno memang harus belajar banyak dengan Hatta, sedangkan untuk menjalankan roda pemerintahan dalam percaturan dunia, hatta harus belajar banyak dengan soekarno, hanya pada masa itu pemikiran manusia masih jauh dibawah soekarno makanya banyak yang gak setuju dengan idenya padahal kalo obsesinya tentang bagaimana nantinya negeri ini mungkin semua akan setuju, hanya saja perlu waktu agar mereka pada masa itu dapat memahami jalan pikiran soekarno.

    @ rommel
    Di jaman soeharto dulu apa kita tak pernah melihat kesenjangan itu ada di jakarta? sebenarnya kita melihatnya namun karena perut selalu terisi dengan bahan pangan yang serba murah, yah pikiran tenang dan tak terusik dengan pemandangan yang sebenarnya bikin mata sakit itu. itu juga yang ada di pikiran soeharto, yang penting kasih aja rakyat itu kenyang, kalo mereka kenyang tak akan terpikir bagi mereka untuk membuka daftar dosa saya yang sebenarnya lebih banyak dari jumlah rakyat indonesia seluruhnya hingga yang tinggal di luar negeri sekalipun.

    @ ңựתּ
    gak tau gimana caranya baca nama kamu hihihi… tapi saya kurang setuju kalo anda mengatakan bahwa pemimpin dalam hal ini soeharto adalah pemimpin yang dipilih oleh indonesia sebab selama 32 tahun soeharto memimpin indonesia belum pernah sekalipun diadakan pemilihan umum untuk memilih calon presiden dan wakilnya secara langsung dan soeharto selalu dipilih oleh orang2 yang ngakunya wakil rakyat yang tak pernah sekalipun perduli dengan aspirasi rakyat. Artinya yang memilih soeharto bukan rakyat melainkan para wakil rakyat itu tanpa pernah perduli dan berpikir apa mereka sudah cukup menyampaikan aspirasi rakyat. Pada awalnya rakyat diam dengan cara kepemimpinan soeharto karena rakyat kenyang jadi otaknya juga tak berpikir sampai ke situ namun cepat atau lembat toh rakyat akan tersadar juga dari tidur panjangnya dan tersadar bahwa sebenarnya walau bahan pangan murah namun apa yang mereka inginkan tak pernah terpenuhi, sementara para wakilnya di kursi empuk dan gedung megah di MPR tak pernah menyampaikan kepada para pemimpin tentang apa yang mereka kehendaki, lembaga tertinggi negara itu pada masa itu berada di bawah lembaga tinggi negara dalam hal ini presiden sehingga apa kata presiden mereka hanya akan mengatakan satu kata “setuju”. gimana mau menyampaikan aspirasi rakyat wong waktu sidang yang disiarkan langsung di TV pemerintah aja mereka terlihat jelas sedang tidur dengan mulut ternganga dan ludah yang sudah mulai mengalir keluar melalui sela bibir, itukah demokrasi? Demokrasi cuma praktek politik yang diajarkan barat terhadap dunia walau pada prakteknya demokrasi bukan jalan yang terbaik, sudah waktunya bangsa ini tersadar akan keburukan demokrasi yang juga sebenarnya dibenci soekarno, itu sebabnya dikenal kalimat musyawarah untuk mufakat dalam UUD 1945 karena soekarno sangat membenci praktek demokrasi yang diajarkan barat.

  52. hihihi, maklum nama samaran….
    Begini, yang Indonesia pilih maksud saya bukan berarti yang rakyat pilih, tetapi orang yang sudah jadi pemimpin apapun caranya. Apa bisa diingkari? Ketakutan mereka yang sudah mengijinkan Soeharto itu berkuasa sekalipun tidak sesuai keinginan mereka. Mereka nurut aja. Tapi apa anda tega mengatakan rakyat kita begitu penakut atau terlalu bodoh untuk menentukan nasib? Bukankah ada semboyan “Merdeka ato mati” yang terkenal itu? Atau ada yang merasa tertipu? Hmm… misalnya seorang wanita sudah terlanjur menikah dengan seorang hidung belang yang ngaku masih bujangan tapi ternyata punya istri lima. Apa ketika wanita itu bisa sadar dia tertipu lalu status pernikahannya lenyap dan tiba-tiba hidung belang itu bukan suaminya lagi?
    Sekalipun karena takut toh apapun alasannya pada kenyataannya dia telah memimpin. Kalau dia bilang negara ini mesti berhutang ke luar negeri maka kita semua yang mesti bayar. Sebab itulah apa yang dia timbulkan, dampaknya kita rasakan semua bersama.
    Maksud saya rakyat memilih takut atau diam, dan memilih takut atau diam itu sama saja membiarkan Soeharto terpilih walaupun dalam hati bilang tidak. Mungkin anda ingin bilang membiarkan dia terpilih berbeda dengan dia dipilih orang. Ya memang, tapi untuk ini hasilnya sama saja. Dalam konsep Musyawarah untuk Mufakat pun anda tidak bisa bilang, “saya gak milih dia koq, ngapain saya mesti repot, kan kemarin saya diem aja.”
    Segala akibatnya adalah karena kita semua, karena kita membiarkan semua terjadi tanpa berbuat cukup untuk merubahnya maka semua dampak akibatnya adalah tanggungjawab kita semua, bersama-sama, sebagai sebuah kesatuan. Kenyataan yang pahit. Kecuali anda pergi dan benar-benar keluar dari Indonesia itu lain lagi.

  53. I think I’ve understood why then.

  54. wallahu alam

    Tidak ada salahnya meributkan sejarah…..Kita seperti ini karena sejarah juga..siapa yang salah? tidak ada…yang salah adalah mereka yang sekarang korupsi hingga membuat anak2 kita tidak bisa sekolah karena biaya mahal . Thats it

    Mau dibawa kemana, negara kita tercinta???sekarang tugas kita.

  55. @ allen
    nah… sekarang dah ngerti khan… yah gitu deh…

    @ ardietna
    tugas kita menjadi berat karena harus membawa negara yang sudah sangat sekarat bahkan tak mampu lagi untuk berjalan dengan baik. Ini semua karena ulah orang-orang yang kamu sebutkan di atas dan kita sebagai generasi muda yang harus memikul akibatnya. Memikul negara yang sudah sekarat…

    • raimu mikir negara mana kuat njing anjing dion….pki lu ya..datang ke madiun gw batai buat tumbal..jancok asu..

  56. Mas sampeyan bikin versi baru tentang G 30 S PKI, yang didasari analisa sejarah yang anda yakini.
    Saya juga punya analisa tentang negara kesatuan kita ini, di dasari fakta sejarah dan ada kemungkinan akibatnya akan terjadi di masa yg akan datang.
    Gini aja ya kesimpulannya, menurut saya orang Kalimantan, Soekarno itu sebenarnya Penjajah dan Penjarah.

  57. yagn berpendapat bhw di jaman soeharto lebih indah hidupnya drpd jaman skrg ini adl pernyataan BODOH !!!
    apa tidak liat bhwa pembangunan yg dijalankan oleh soeharto merupakan konsep pembangunan yg licik??
    Indonesia punya uang utk membangun karena BERHUTANG kepada negara2 Barat yg pnya duit melimpah!
    dan berkat didikan USA & Sekutunya, Soeharto menjalankan pembangunan di indonesia “berkat arahan” para “mentornya”…
    terbukti dari bebrapa kekayaan alam kita “digadaikan” kepd pihak Barat spt sumber minyak, gas, emas, permata, timah, bauksit, batubara, kayu dan lain sebagainya…
    dan imbalannya, Soeharto dpt dana pembangunan dan “ambil beberapa” utk komisinya Soeharto..
    yg konon “komisinya” dikumpulkannya smp 400 trilyun !!!! Gilaaa…….
    terbukti kan klo Soeharto itu “boneka kesayangannya” pihak Barat !!!
    dan klo ada yg bilang dulu kita ga perlu impor beras, gula, BBM… SALAH BESAR!!!!
    kita mengimpornya dan rakyat tdk tau…
    hanya diberikan slogan2 palsu SWASEMBADA BERAS yg berhasil, bullshit !!!
    mending skrg, ketahuan kalo kita memang negara miskin yg lagi merangkak dan ternyata SBY-JK mulai memperlihatkan keberhasilannya dalam menutup hutang dr CGI dan Bak Dunia yg dipinjam pd saat rezim orde baru.. Congrats !!!

    • betul….memang gitulah jaman pak soeharti….kekayaan negara cuma hasil pinjaman luar negeri/ imf……pak soeharti memang cukup kurang ajar…….

  58. gak mungkin sukarno takut ama todongan pistol…
    pada saat nasution menodong pistol pada sukarno …
    dia langsung gemetar sampe pistolnya lepas…
    krn sukarno punya karisma yang sangat dasyat…..

    boong loeee….

  59. cerita yg kmu bikin gk ada bukti yg konkrit..
    yg nulis cerita udah lahir blom wktu supersemar kluar??

    -bagaimanapun kita harus menghargai jasa pak harto dalam memimpin negara ini…jgn bisa nya cma demo sana-sini tapi gk tau tujuan
    -yang nama nya partai komunis dilarang keras di negara indonesia yg tercinta ini…trutama dalam sila pertama “Ketuhanan yang maha esa”
    -sebenar nya tindakan pak harto juga ada benar nya…dengan menawan para antek2 PKI
    -Sebab klo para anggota2 komunis trsebut bebas berkeliaran di masyarakat…di takut kan akan timbul benih2 baru komunisme(coba nonton film harun yahya “bahaya komunisme”)

    oleh sebab itu saya mengancungi jempol buat 2 pemimpin negara kita ini:
    -Bung karno sebagai pendiri negara RI..dengan semboyan berdiri di atas kaki sendiri(“Go to hell with your aid”)

    -Pak harto sebagai bapak pembangunan…sudah 32 tahun berkuasa di negara RI,,,harga murah2,negara aman gk bnyk perusuh dan pendemo

    PENGEN BALIK KE MASA LALU NIH,,,cba klo ada mesin waktu milik doraemon

    coba liat negri kita yg sekarang ini…siswa,mahasiswa,ormas2,dll….semua nya pada demo minta inilah minta itulah..tmn2 skalian tolong hargai hasil kerja pemimpin negara kita

    BANGSA YANG MAJU ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA2 PARA PAHLAWAN NYA

    Pak harto juga bakal termasuk dalam daftar para pahlawan di negri ini…kita doain az kesembuhan pak harto yg krisis di usia nya yg renta ini…amin

    • sifat sifat penggemar soeharto
      1 berpikiran egois,pendek dan stupid
      2 tidak tahu malu
      3 tidak mempunyai pengetahuan yg dalam
      4 sopan = sok pandai
      5 suka membunuh dan bicara kasar dan kotor
      penggemar soeharto pada dasarnya bloon semuanya. tanpa perjuangan Presiden Soekarno untuk negara Indonesia…soeharto masih adalah sebongkah taik yg ada toilet……

      • bukan soekarno yg memperjuangkan negara kita….tetapi smua rakyat indonesia yg memperjuangkan itu semua…dengan doa dan semangat,,indonesia bisa merdeka…tanpa rakyat indonesia tidak akan merdeka…
        ingat…manusia tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain….orng bodoh karena dia tidak punya agama dan keyakinan….sperti PKI itu…..

    • kamu betul betul hanya sebongkah taik dan sampah bangsa Indonesia. wa rasa makanan lu tiap hari adalah cacing,kodok dan sampah dan air di parit…..beraninya engkau menghina Presiden Soekarno…..memang penggemar soeharto tidak mengenal budi dan tdak berprikemanusiaan. jasa Presiden Soekarno untuk negara ini terlalu besar sudah.Presiden Soekarno adalah orang yg paling mencintai negar Indonesia…..sayangnya Indonesia muncul penghianat rendahan—soeharto = soeka harta todokan

  60. saya ma ngomong, bahwa suharto itu punya effect yang luar biasa hitam alias memelaratkan rakyat sampai sekarang, memang pada zaman suharto semua lancar, baik secara ekonomi. Tapi, sekarang, timbal baliknya ke negara, utang banyak, orang maiskin tambah buanyak.
    maklum, jaman suharto itu adalah jaman korupsi. liat aja anaknya…
    kalo YM. SOEKARNO, secara kasat mata, saya menilai adalah orang cerdas, dan tulus.

  61. ya intinya yang mendukung soeharto adalah orang2 yang mempunyai pikiran picik dengann soeharto. mungkin juga banyak utangnya juga sama seperti soeharto. tapi ya sejarah tinggal sejarah..cuma Tuhan yang tahu. tapi gw setuju banget sama tulisan ini. emg bener..kita tunggu aja tanggal mainnya sampai semuanya terungkap. tapi coba tuh untuk yang dukung soeharto, boleh dibantu bayar utangnya. mungkin jual rumah, atau jual mobil hmm..jual diri mungkin… hehehe… ditunggu ya bayar utangnya. kasian tuh soeharto banyak utangnya.

  62. @dian

    Setiap pemimpin, punya strategi masing-masing dalam membangun bangsanya untuk mencapai kemakmuran yang diidam-idamkan. Namun, kalau kita melihat nilai perbandingan tersebut, tentu kita harus menakar dengan objektif setiap nilai yang mereka hasilkan selama memimpin negri ini. soekarno, memang benar dia yang telah membawa bangsa ini merdeka, tapi sangat disayangkan dia buka Nasionalais, tapi Ultra nasionalis yang merupakan implementasi dari Fasis. Kalau banyak orang bilang Pak harto diktatur, nih Sukarno 1000x lebih diktaktur, membuat diri menjadi president seumur hidup, seenaknya membubarkan MPR, dll..dan jangan salah dalam salah satu bukunya dia ngaku-ngaku keturunan raja…gilaa…padahal, (maaf) ibunya di Bali orang biasa, yang berusaha disejarahkan menjadi Dewa Ayu (keturunan kasta tertinggi dlm masyarakat Bali) Ironi memang,,,,????
    berbeda jauh dengan Pak Harto, sebagai rakyat kecil yang mengakui dirinya keturunan petani miskin, hidup dalam kemelaratan, dan mempunyai jiwa besar dalam dirinya. Disini saya katakan, selama ini kita salah memahami demokrasi yang kita ciptakan. Jagan demokarsi ala amerika, australia, dll kita paksakan disini..dalam bukunya, Pak Harto mengatakan, demokrsi yang baik akan terjadi apabila masyarakat sudah dalam tarap ekonomi yang mampan. makanya Pak Harto rencanaya membuka kran perubahan secara gradual.
    Jika pak Haro disalahkan dalam hal ini, saya kurang sependapat. Pada saat itu negara mana yang tidak ditimpa krisis ekonomi..Malaysia, thailand, Jepang, hampir seluruh negara Asia. Karena itu mari kita lihat kepemimpinan pak harto dengan kaca mata objekti.
    Mengenai desas-desus selama ini terjadi untuk memaafkan kesalahan-kesalahan Pak Harto, saya juga kurang sependapat..apa yang perlu dimaafkan? seharusnya kita sebagai bangsa berterimaksih kepada Pak Harto atas jasa-jasanya.
    Edaan memang…cara panda sgelintir masyarakat kita, Maka dari itu saya sarankan kepada kawan-kawan yang ada dalam blog ini, coba baca dengan teliti, buku mengenai Pak Harto, pahami dan resapi agar tidak berpikiran sempit dalam memandang stiap ada berita yang datang…dalam falsafah Pak Harto bilang…(Jangan heran, Jangan kaget, dan jangan mentang-mentang) Sampai hari ini, saya tetap berkeyakinan, pandangan dan pikiran Pak Harto amat luhur..dan saya salah satu anak muda yang akan tetap menjaga pikiran-pikiran beliau! yang baik kita pakai yang kurang bagus kita tinggalkan.

    Semoga Negara ini Lebih Maju dan Makmur dihari mendatang..!!!!!

    Buat mas @donny….mas saya sih punya uang..jarang ngutang..malah saya seneng memberi kepada siapapun. tapi untuk mas lagi dipake untuk keperluan lain…he..he…maklum sih ternyata di blog ini ada PENGEMIS numpang lewat….ha.ha.ha….

    • harap kamu sadar kalau bicara…..kamu boleh membela soeharto tapi anda tidak boleh menghina President Soekarno……Sebab President Soekarno mempertaruhkan seluruh harta dan nyawa demi negara dan bangsa Indonesia…

      • sekali lgi…bukan soekarno yg mempertaruhkan negara ini…tetapi RAKYAT….tanpa rakyat soekarno tidak bisa apa2….

  63. eh….mas Dion…keliatan kalau kamu bener bener benci sama Pak.Harto! Sebenarnya kamu siapa? mentang-mentang ada kebebasan untuk menulis dan bersuara seenaknya kamu tulis tentang seseorang!
    Eh, Nabi aja punya salah gimana manusia biasa?! Rumah tangga adalah negara kecil aja bisa cerai berai dan ada kesalahan yang diperbuat kedua belah pihak ataupun pihak keluarga! Kamu sendiri apa sudah bisa ngelihat punggungmu sendiri ( tanpa media apapun!)udah bisa seenaknya mencela orang!!!!!!!!!!!!!! kamu gak bisa menilai diri kamu sendiri tapi orang lain yang nilai!!!! jelas Pak Harto juga banyak baiknya!dan Pak.Karno juga banyak jasanya.Mental bangsa bisa rusak dengan membaca tulisan kamu!!!! Sajikan fakta!!! Sampai hari ini gak ada bukti2 yang konkrit tentang semua tulisan kamu!!!!! dimana mana pada jadi pengekor!!! Dasar munafik!!!!!!!!!!!!!Gak ada pendirian!!!Pada takut !!!Dukung Reformasi!ini yang namanya Reformasi??????????????mana Pemimpin yang ada sekarang mampu menyetabilkan ekonomi yang seperti Pak.Harto lakukan?
    Emang waktu Pak Karno turun gak ninggalin hutang yang besar juga pada zaman itu!!!!!!!!!!!!!!! Selalu ada hutang negara untuk membesarkan negara dodol!!!!!!!!! Kalau ketahanan disektor militer kuat keamanan dan kesetabilan dalam negripun bisa terkontrol dengan baik!!!! Ayo tunjukkan kebolehan kamu dengan reformasimu!!!!!!!!!!! yang ada malah pemikiran yang tidak mendasar!!!!!!!!

  64. rasanya tulisan ini ……hanya dibuat oleh orang bodoh ! dan diyakini oleh orang orang yang lebih bodoh !

  65. Setuju mas………. Emang tulisan dibuat oleh orang yang terlalu bodoh untuk membuatnya

    • siiippp…..tul bnget….bodoh karena gx punya keyakinan dan agama….kayak PKI itu tu….hahahahahayyyy………

  66. dion….dion …..
    Lu meski mati dulu biar lu bisa bertanya langsung ke sukarno , apa yang sebenarnya terjadi…. jangan cuma memfitnah…..tanpa bukti

  67. Beberapa tahun kemarin, indonesia itu ibaratnya kueh besar yang dibagi hanya untuk beberapa gelintir orang saja, sisa-sisa kismisnya dibagi ke elu-elu pada (bensin murah, dollar murah, dll). Yang namanya kismis itu walaupun kecil tapi tetep enak, iya kan.
    Th 1998, yang megang pisau kuehnya lengser. Kuehnya jadi rebutan orang banyak, brutal, ngehe, dan tentu saja yang berebutan itu orang-orang yang berdiri dekat dengan kuehnya. Nah, elu-elu yang biasa ‘disisain’ kismisnya jadi kaga dapet lagi, boro-boro kismis, ngeliat kuehnya juga kaga sekarang, bt kan, semuanya ngedumel enakan dulu bisa dapat kismis.
    Tapi, balik lagi ke kalimat paling atas, kuehnya Guedeeee loh, makanya ‘jaman dulu’ kuehnya ‘diamankan’, jangan disentuh terlebih dulu, tunggu sampai kuehnya terus diolah dan dihias. Diamankan, orang yang mengamankannya pun tidak menyentuh, walaupun terus-terusaan nongkrong disitu sampe seumur hidup, sampe kuehnya bener-bener bisa untuk dinikmati oleh semuanya, walaupun trikora teriak, dwikora teriak, orang luar jawa teriak ‘mana kuehnya!? mana kuehnya!? bule-bule teriak ‘fasis lu!! fasis lu!! Lama-lama ngehe juga, ga kuat bo, pas mau meninggal cuma bilang gini ke ajudan yang setia terus nemenin sampe akhir hayat, “Tahu kamu kalau aku ngomong blak-blakan. Aku yakin akan terjadi perang saudara. Kalau perang dengan bangsa lain, kita bisa membedakan fisiknya. Tapi dengan bangsa sendiri, itu sangat sulit. Lebih baik aku robek diriku sendiri, aku yang mati daripada rakyatku yang perang. Aku tidak sudi minta suaka ke negeri orang,”.

  68. Sejarah bermula dr sebuah kejadian, ttg tulisan di atas yg mungkin benar saya memberikan komentar yg tdk mendukung siapa pun tetapi saya berpendapat dgn apa yg saya lihat selama ini, mengenai cerita sejarah G 30S PKI yg saya tau dan dengar hanyalah melalui film dan pelajaran buku sejarah penjuangan indonesia dan entah mana yg benar, yg saya tahu bhw bangsa indonesia telah terpelihara dgn baik bahkan bisa sejajar dgn negara2 berkembang selama 32 tahun di bawah kepemimpinan seorang presiden yaitu soeharto…

  69. Saya salah seorang cucu dari seorang eks pejuang kemerdekaan yang terkena fitnah PKI di mana kakek saya dimasukkan dalam organisasi tsb. PKI sering sekali bersinggungan dengan kaum Islam terutama nadhliyin kala itu. PKI sering melakukan pembantaian kaum alaim ulama. inflasi tahun 1965 bahkan mencapai 650%. Keluarga kami makan telur dadar seminggu sekali. nasi aking menjadi favorit kami. inilah yang membuat emosi rakyat kala itu meledak2 dengan PKI.jadi, saya tidak mau mendukung pro cerita siapapun tetapi alangkah bijaknya apabila 5 versi yang berbeda2 tsb suatu waktu dipertemukan dan Kita bangun Indonesia baru.. KITA BUTUH REKONSILIASI NASIONAL……..jujur saya sedih mendengar Bung Karno atau Pak Harto disudutkan..mereka semua adalah pahlawan bagi bangsa kita ini….

  70. Buat pribadi saya bahwa soeharto merupakan seorang pejuang kemerdekaan yg tampa pamrih dan dgn taruhan nyawa berjuang demi kemerdekaan bangsanya dan membawanya menjadi sebuah bangsa yg besar di Asia, sejarah perjuangan soeharto adalah bukti nyata atas darma bhaktinya kepada negeri ini yg tak akan ternilai dengan apa pun bahkan tak sebanding dgn putra terbaik mana pun di negeri ini. . . .

  71. adalah tidak mungkin seorang Sukarno takut kepada sebuah pistol yg di todongkan kepadanya, dia adalah negarawan besar, bahkan seribu pistol yg di arahkan kepadanya waktu negara ini di jajah belanda dan jepang, dia tidak sedikitpun gentar.itu hanya akal-akalan anda saja.peristiwa G30SPKI murni didalangi PKI. wajar saja jaman sekarang beberepa anak eks PKI ingin memutar balikan fakta, dengan menyebarkan fitnah yg tidak berdasar.seakan PKI bukanlah tersangka melainkan korban.Trims

  72. tambahan, untuk para anak-anak eks PKI, wajar saja jika ibu-ibu kalian menceritakan bahwa bapak-bapak kalian adalah orang baik, karena ibu-ibu kalian tidak ingin perbuatan jahat bapak kalian diketahui anaknya.ketahuilah bahwasanya bapak kalianlah yang membunuh para Kyai dan alim ulama yg kami cintai.PKI adalah gerombolan orang yang tidak mengenal Tuhan, PKI adalah gerombolan orang yang tidak mengenal dosa karena tidak mengenal tuhan, sehingga mereka menghalalkan segala cara untuk merengkuh tujuannya termasuk dengan membunuh dan melecehkan Pak Karno bahwa dia takut di todong senjata, sungguh akal yang licik dan sangat munafik.Ada satu pekerjaan Pak harto yang belum selesai, yaitu menumpas kalian sampai ke akar-akarnya.Jika suatu saat kalian bangkit lagi di bumi Indonesia maka bukan pak harto lagi musuh kalian tetapi kami umat islam. Kamilah yang akan di barisan terdepan untuk menumpas kalian. dan kali ini hingga tuntas sampai ke akar-akarnya.sungguh tidak tahu diuntung para eks Gerwani itu. mereka di bebaskan karena kita merasa kasihan melihat mereka yang sudah tua.mereka malah berkoar-koar di media masa, ingin cuci tangan dari perbuatan mereka dulu yang membunuh para jendral angkatan darat. seakan-akan mereka tidak tahu apa-apa, seakan mereka adalah korban.sekian trims

  73. PKI saat itu memang tidak toleransi kepada umat Islam…Tetapi pembalasan dari Islampun juga tidak kalah kejam…Rasulullah dan Al Quran mengajarkan kepada kita saling memaafkan..Oleh karena itu saya mengharapkan rekonsiliasi secepatnya..Agar Indonesia kembali damai dan tenang untuk membangun negerinya..Sebagai tambahan, Negara2 timur tengah sejak tahun 50an sudah melarang timbulnya paham komunis karena terdapat unsur atheisme.Harun Yahya juga menghubungkan teori Darwin, komunis, atheis dan janji haq Allah terhadap orang2 yang mempermainkan Allah…Wallahualam bhisawab…

  74. komen saya neh dibwt saat soeharto uda meninggal. Cukuplah dng sgala prasangka tehdp pa harto. Ok, ini adalah zaman demokrasi, smua bebas mengungkapkan pndpt, tp apakah dengan trus menerus mengungkit kesalahan (yg belum tentu salah) apakah akan merubah fakta sejarah yang telah terjadi? Mas Dion, sekarang saya balik bertanya dengan anda, apakah anda bisa seperti pak Harto?pimpin 200 juta warga negara Indonesia?? Terlepas dari benar atau tidakny sejarah, kita harus akui, pak Harto benar2 bapak pembangunan. Seluruh tokoh dunia pun mengakui, “He is the great man!!” Rakyat kita masih belum bisa disebut rakyat yang berintelektual tinggi secara umum, maka figur seperti Soeharto sebenarnya dibutuhkan untuk memimpin negara ini. maafkan Soeharto, beliau pun sudah dipanggil Sang Khalik….

  75. Anda benar – benar pintar memutar balikan fakta sejarah, yang benar adalah memang PKI mau menggulingkan Soekarno dan mengganti ideologi menjadi Komunis tetapi Soeharto Juga Melakukan Kudeta (Kudeta Merangkak) dengan mengangkangi Soekarno sebagai Presiden dan tidak mau tunduk Pada Presiden Soekarno.
    Itu Yang betul Bung…!!!
    Sebenarnya kesalahan Soeharto
    1. hanyalah tidak mau tunduk pada Soekarno yang asyik dengan Ideologinya sendiri sedang rakyat merasakan penderitaan akibat semuanya serba mahal dan bahan pangan Langka.
    2. Terlalu lama berkuasa dan terjadi ketidak cocokan lagi antara Soeharto dan Amerika yang menjadi Bekingannya Soeharto. sehingga ia merasa tidak ada kawan lagi yang bisa dipercaya kecuali keluarganya. sehingga semua urusan baik politik ekonomi sosial dan budaya harus melalui keluarganya, maka timbulah apa yang dinamakan KKN, melihat hal ini Amerika yang tahu benar ekonomi Indonesia yang masih Rapuh terus menggelontorkan Dana di pasar Finansial dan Menariknya Secara Tiba – Tiba sehingga Munculah Krisis Ekonomi Yang menyebabkan Soeharto Lengser.

    Oke Bung Penjelasannya kayak Gitu …
    Mohon Direnungkan ……..
    Supaya jangan sampai menimbulkan Fitnah…

  76. MasSatriani, juga jangan asal fitnah………Yang mengetahui semuanya hanyalah Allah SWT, Tuhan pencipta alam…. Terlalu banyak fakta yang tidak kita ketahui..Banyak versi yang kita dengar…bung karno dan pak harto adalah pahlawan…Jangan saling mencari pembenaran diri sendiri…Marilah kita REKONSILIASI…Kita doakan arwah para pahlawan tsb diterima di sisi Allah dan diampuni segala dosanya……. Inanmal mukminuna wal ikhwa….

  77. bang Dion, jangan berhenti jadi “detektif swasta” kasus sejarah bangsa ini!
    Kata dosen saya, tetaplah menjadi orang yang selalu aktif, kritis, dan skeptis untuk dapat terus berkembang. :)
    Saya memang bukan saksi sejarah Gestapu, tapi orang2 pendahulu saya pernah menceritakan betapa kejamnya PKI, tapi juga betapa kejamnya mereka2 yang membantai orang2 PKI dan yang dianggap PKI (benar2 sedih mendengar sesama bangsa sendiri saling bunuh).

  78. mas Joe Satriani, mas jangan langsung bilang ” Inilah yang asli jadi kalian hanya boleh percaya sama yang saya bilang! ” itu sama saja merenggut HAM! boleh karena jangan membuat fitnah tetapi toh memang anda punya bukti riil yang emang kongkrit dan pasti? gak ada yang benar2 tahu kejadiannya kan? justru bisa dibilang mas yang mem-fitnah!!
    lagipula, masih banyak yang ‘gelap’ dari masa lampau alias sejarah kita kan?
    juga kan dari awal dion bilang ” ni versi gw mw percaya mw enggak yah terserah ”

    maaf kalu ada yang gak berkenan di hati…

  79. @ Bung Talang,
    Saya pikir tujuan dari website ini adalah mencari kebenaran sejarah kelam bangsa kita tercinta ini.
    Setiap orang sah-sah saja berpendapat sesaui dengan apa yang diyakininya, tinggal kita saja apakah bisa menerima itu atau tidak.
    dan yang perlu di garis bawahi, topik ini tidak berhubungan dengan Agama seperti yang anda sebutkan diatas.
    saya juga seorang muslim,namun saya mempunyai pikiran dan pandangan terbuka.bagi saya agama adalah urusan saya dengan Allah SWT,bukan sebagai “alat perang” yang perlu saya gunakan untuk membantai sesama. Dan di surat manapun saya tidak pernah menemukan bahwa rasul mengajarkan saya untuk membantai sesama dengan mengunakan ISLAM sebagai alat.
    Sudalah anda jangan jadi provokator,marilah kita bertukar pendapat dengan kepala dingin,perbedaan pendapat dan adu argumen adalah hal biasa.
    kecuali anda adalah orang yang tidak berpendidikan dan memalukan yang hanya bisa menjual nama nama ISLAM yang suci sebagai topeng anda untuk bertindak brutal dal kriminal.
    saran saya sebagai sesama muslim,JANGAN PERNAH BAWA2 NAMA ISLAM UNTUK KEKERASAN,karena di ISLAM kita tidak diajarkan kekerasan.terima kasih.
    mohon maaf kalau ada kata2 saya yang kurang berkenan.

  80. mumpung Pak Harto baru meninggal, gw akan coba komentar tulisan lae ini (batak bukan ?) sama donk…hehehehe.. menurut gw Soeharto itu adalah seorang yg oportunis, swkt ada isu resolusi Dewan Jenderal mengapa Soeharto saat itu yg notabene Pangkostrad tidak masuk dalam dewan jenderal tersebut ? apakah Ahmad Yani memusuhinya ? sepertinya, karena thn 1950 an Soeharto pernah tersangkut kasus penyelundupan gula dan saat itu Kol. Ahmad Yani lah yg membongkar kasus Soeharto dan ingin menyeretnya ke Mahkamah Militer, namun karena saran Jend. Gatot Soebroto hal itu urung dilakukan oleh Kol. Ahmad Yani. kembali lagi, menurut gw Soeharto adalah orang yg oportunis, melihat para Jenderal2 diatasnya sudah tewas oleh PKI, secara kepangkatan di Ibukota, maka Soeharto lah yg mempunyai jabatan yg strategis dalam AD (wkt itu di Ibukota hanya Jend. AH NAsution yg pangkatnya lebih tinggi dari Soeharto). nanti dilanjutin lagi yah……

  81. gue gak percaya tu ma di atas
    klo menurut gue pasti supersemar yang asli pasti di bawa pak harto
    pas G30SPKI mengapa nih semua jendral jendral besar dibunuh tetapi pak harto yang pada saaat itu juga jendral besar kok tidak dibunuh?????
    balas yachhh… awas klo gakkk……

  82. mas, tuh supersemar ya?
    kok kayaknya diketik pake komputer?
    setau aku, jaman segitu, komputer gak ada lho di indonesia!
    lagian, tuh hurufnya, kalo diperhatiin, jenisnya times new roman!
    akurat gak seh?
    ngarang ya?

  83. Assalamu alaikum,

    Hmmmm,

    Sebenarnya kalo bisa kita pikir dengan kepala dingin, inti semua ini cuman satu pak-pak semua : ‘bahwa tiap Manusia memiliki kelebihan ataupun kekurangan!’.

    Kurang bijak bila kita bilang si A banyak kelebihan dan si B banyak kekurangan..atau juga bahkan sebaliknya..

    Pola pikir atau cara pandang yang berbeda dari pemimpin-pemimpin kita tersebut yang cukup jauh berbeda yang membikin hal ini cukup rumit untuk dibandingkan..Berawal dari pola pikir atau cara pandang tersebut, akan terbentuk sikap dan perilaku yang berbeda..sehingga secara otomatis nantinya akan dapat memberikan hasil yang berbeda pula..

    Menurut saya sebagai salah wong cilik, mereka semua adalah PAHLAWAN BANGSA..Banyak sekali jasa-jasa beliau-beliau (meskipun juga mungkin tidak sedikit kesalahanx)..dan kita sebagai generasi penerus, alangkah baiknya, bila kita mengambil hikmah/pelajaran yang terkandung dalam rangkaian kehidupan ini semua..

    Karena bangsa yang maju merupakan bangsa yang mau belajar dari masa lalu..Mengambil yang baik dan membuang/memperbaiki yang buruk..

    Semoga tulisan saya ini setidaknya menjadi penengah atau pereda dalam pembahasan topik ini..

    Wassalam

  84. ehm…,sodara-sodara,,menurut saya..,Bung karno dan Alm.Pak harto sama-sama orang hebat yang memimpin bangsa ini.Di ibaratkan,Bung karno adalah kepala,Alm.pak harto adalah leher hingga perut.
    Kenapa saya katakan Bung karno di ibaratkan sebagai kepala?Bung karno hebat dengan pemikiran-pemikiran jeniusnya..,mulai dari awal sampai akhir hayatnya.Kalian juga tahu sendiri bagaimana buktinya,Bung karno mencetuskan nasakom,komunis sosialis yang mengedepankan penyamarataan dan anti kapitalisme.Sebuah pemikiran yang mempunyai banyak arti menurut saya.Di karenakan tidak banyak pada saat itu yang mempunyai intelegensi seperti beliau maka arti dari sosialisme menjadi banyak yang salah kaprah baik dari PKI sendiri atau dari pihak nadhatul pada saat itu.Di dalam kepala ada otak,otak digunakan untuk berfikir bukan??Tak kan ada bangsa Indonesia bila tak ada seorang Revolusioner dan proklamator sekelas Bung Karno.

    Alm.Pak Harto juga hebat.Saya katakan beliau adalah badan Indonesia,atau tubuh indonesia.Dengan pembangunan yang bagus,”sehat” di segala sektor baik itu pertanian,permukiman dll.Perut selalu meminta di isi dengan makanan,gak peduli apapun yang terjadi,kalo perut udah berbunyi..,maka kita berfikir untuk makan bukan?
    itulah kelemahan dari perut,gak ada kompromi dalam hal isi mengisi.Anda paham maksud saya bukan?Bila perut kenyang,maka akan bersemangat dalam melakukan apa saja bukan?
    beliau sebenarnya bukan orang yang tamak,tetapi para kalangan dekat dan sanak famili beliau sudah memanfaatkan posisi Alm.Pak harto,maka hal itulah yang menjadi KKN di negara ini.

    Kedua orang kuat di atas sudah membawa bangsa indonesia sampai ke sini,sampai ke batas bawah dalam mencari keberadaan dua buah kaki dan dua buah tangan yang nantinya akan ikut bahu membahu meneruskan apa yang sudah di lakukan oleh kepala dan tubuh tadi.

    Buat para pendukung Bung Karno,yakinlah..bahwa walau berita seburuk apapun cerita orang-orang tentang Soekarno,tetep gak akan bisa mengalahkan harum dan wangi nama Beliau.Karena beliau adalah akar pertama di dunia yang mempunyai bau yang sangat harum..

    Buat para pendukung soeharto,terbukti atau tidak Almarhum bersalah atas kasus ini,juga harus yakin bahwa semua yang beliau lakukan hanyalah untuk bangsa ini.

    peace

  85. Ngomong-ngomong, aku masih salut berat pada era Presiden Gus Dur, kenapa????
    Contoh kecil saja, di tingkatan polisi lalu-lintas, pada masa Gus Dur ini benar-benar gak berani terima suap sekecil apapun, lurah-lurah pun begitu tidak berani melakukan pungli walaupun sebesar biji zahroh. Tapi setelah Gus Dur dilengserkan dengan cara yach…. menurutku tidak masuk akal dan itulah politik, maka kondisinya kembali lagi seperti era orde baru. Semua serba pake suap-menyuap padahal nanti di akherat itu baik yang menyuap atau yang terima akan terima azab.
    Aku benar-benar rindu dengan kepemimpinan seperti Gus Dur, kalau perlu negara ini dibangun berdasar konsepnya Rosululloh Muhammad SAW, dengan dasar Piagam Madinah yang 47 pasal itu. Amin.

  86. mas ga perduli pemimpinnya siapa..
    yang pasti ampe detik ini belum ada pemimpin indonesia yang sempurna..
    udah tertanan sifat KKN di kalangan elit politik indonesia..
    mendahulukan kepentingan partai dan membiarkan rakyatnya sensara..
    mau SUHARTO dan sampe SBY mereka juga pasti korupsi..
    mungkin pemerataan itu perlu di indonesia..
    orang2 yang di DPR semua diganti..
    udah masanya generasi yang muda2 naik..
    pesan saya untuk pemilu mendatang jangan memilih presiden karena kasian karena didepak dari kabinet,perempuan sendiri,atau karena akan mendapat beras dan bayaran..
    pilihlah sesuai hati nurani..
    untuk negara kita..
    dan ga ada perbedaan kesenjangan 1 sama lain..
    indonesia memang mayoritas islam tapi di pancasila dan UUD kita ada 4 agama lainnya..
    coba untuk toleransi..
    ingat kejadian2 sebelumnya yang pernah negara kita laluin seperti kejadian sampit sampai daerah sulawesi yang saya ketahui dari masalah suku dan agama..

  87. bosen nih ma diskusinya, itu2 aja……pindah blog aja ah….. blog folding bike seru tuh… silahkan dibuka…..

  88. Sapapun psti tw bahwa soeharto keparat adalah dalang dari smua peristiwa tp mreka bukan tak mengerti tp hanya takut akan kenyataan yang dirasa teramat pahit tuk ditelan mentah2 seperti pil yang makin dirasakan akan makin pahit seperti racun yang makin lama akan makin membunuh scr perlahan.seumur hidup aqyu akan membencinya karna dy yg membuat qyu tak mengenal kluarga qyu yg seutuhnya…fuck u soeharto rasakan penderitaan qyu di alam sana

  89. SUPERSEMAR memang sekarang menjadi peristiwa tanpa saksi, sama dengan kakek tua itu juga tanpa saksi kan. bisa saja ia seoang yang ngaku-ngaku. Adakah yang pernah menyaksikan ia di istana? he he he jangan gambang percaya deh dengan berbagai info. katanya terpelajar kok mudah percaya.

  90. no comment

  91. hell yeah,,
    memang bangsa indonesia ini adalah bangsa yang patuh dengan amanat bung karno mengenai jasmerah,,namun disatu sisi sejarah telah diingatkan bersama-sama untuk dibuat baru- dan baru lagi,,terkadang kita juga membuat sejarah indonesia menjadi keliru,,teman bisa menjadi musuh,,saya sepenuhnya percaya bahwa tidak ada pemberontakan bung karno terhadap pancasila,,kan dia yang buat,,hiduplah KOMUNIS,,buruh sedunia bersatu,,tani menjadi jaya,,

  92. percayalah hai generasi muda!!!!!!!!
    PKI tidak bersalah, soeharto lah yang bersalah. dia memutar balikkan fakta sejarah. memang pada jaman soeharto kita damai, tidak kekurangan, harga-harga murah tapi itu kan uang dari utang dia keluar negeri dan sekarang kita ini para generasi muda yang harus bayar hutang dia.
    sadar ngak kalian hai generasi muda???????
    mari kita kembali ke ajaran bung karno yaitu ” PANCASILA”
    Ada yang ngak tau pancasila???????????
    1. KETUHANAN YANG MAHA ESA
    Yang isinya tentak kebebasan memeluk agama dan kepercayaannya.
    2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
    Yang isinya melarang kita untuk tidak melakukan kekerasan kepada oranglain dan selalu bersikap adil. ngk kayak FPI yang melkukan kekerasan.
    3. PERSATUAN INDONESIA
    sekarang sudah mulai luntur
    4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN DAN PERWAKILAN.
    isinya tentang musyawarah
    5.KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA
    sekarang tidak ada keadilan

    dari seorang ANAK PKI

    • sekarang bukan tidak ada keadilan tetapi,sudah dibeli oleh mereka yg punya jabatan dan ”UANG”,karena sebenarnya merekalah ”CUCU” G-30 SPKI moderen.

  93. hidup soeharto!!!!

  94. jalan yg benar telah d prlihatkan,

  95. yang ku akui presiden di negeri ini hanya (alm)presiden Ir soekarno,sampai akhir jaman buat presiden ke-2 sampai skrang ini kalian sampah yg di turunkan dari langit

  96. ha..ha…
    soekarno emang presiden yang jago. salut deh berani nglawan amrik, ga kaya presiden2 sesudahnya, termasuk anaknya sendiri MEG(RYANN)AWATI.
    agaknya dalam bidang pendidikan anak2nya bung karno kurang berhasil. Bagaimana jika bung karno masih hidup dan ngeliatin anaknya ngebabu ama amrik, ngejual BUMN ama kapitalis?

  97. GILAAAAAAA SEMUAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

  98. TAU GA JAMAN SUHARTO ITU BUKANNYA SWASEMBADA PANGAN TAPI JUST SWASEMBADA BERAS AJA ,GITHUUU LA WONG DIA ITU ORANG KAMPUNG,, TAPI YANG SAYA HERAN KENAPA YANG PKI ITU DILARANG DIA ????? KHAN DIA ITU KETURUNAN CHINA,.. DI SANA KHAN ADA KOMUNISNYA NHAAA KHAN BERARTI DIA ITU DALANG SEMUANYA DARI PADA G 30 S PKI , BUKANYA AIDIT GMN COBA………

  99. Sejarah memang perlu dipelajari, tetapi bukan untuk di perdebatkan lagi, kalau itu terus yg diperdebatkan kapan kita maju!!!!!!!!, Berjiwa besarlah semua, kalau memang Suharto salah ya sudah jangan ditiru, mari kita bangun bangsa kita dengan yang seharusnya kita jaga. Malu kita kalau itu terusssssssssss aja yg di bahas…………malu pada tetangga, malu pada dunia, apa terus kita bangga bila mantan presiden kita di hina orang / negara lain padahal sudah banyak yg ia perbuat bagi negara kita…….

    INGAT BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG DAPAT MENJAGA KEUTUHAN NEGARA, BANGSA DAN RAKYATNYA BUKAN BANGSA YANG BANGGA AKAN KEJELEKAN BANGSANYA SENDIRI…………

    Ingat kaum muda sekarang jgn mudah terpengaruh dengan orang yang merasa dirinya p[intar tetapi bodoh

  100. TAI….
    JANGAN2 YG NULIS CUCUNYA PKI

  101. Assalamualaikum.
    salut buat kalian semua, saya bangga, ternyata para pemuda, yg notabenenya adalah generasi penerus, masih perhatian terhadap sejarah kita… apapun bentuknya, walaupun dengan beradu argument sekalipun…( salut )
    maaf semuanya…
    Kalo menurut saya, Pak karno (karena Menghormati) adalah seorang yang selalu memegang teguh ideologinya, beliau adalah seorang yang hebat dengan semua cetusan yang dilakukan, beliau juga membuat suatu perubahan di tanah air tercinta kita ini yang significant,, beliau juga adalah orang yang sangat lantang memperjuangkan nasib bangsa kita ini di kancah internasional pada masanya.. apapun bentuknya, beliau adalah orang yang berada dibelakang layar perubahan indonesia pada waktu itu. walaupun memang kita semua tau, beliaulah yang berkonsolidasi dengan PKI, yang notabenenya organisasi yang kini dilarang… apapun itu sebabnya,
    kita patut telusuri sebab musabab PKI yg kini dilarang, apakah disana ada intervensi bangsa asing yang membuat PKI Berani mengambil langkah Tersebut ( G 30 S PKI ), dibalik Kejadian itu ( G 30 S PKI ) kita harus melihat dari berbagai sudut, jangan cuma bisa bisa under estimate thdp PKi,
    sementara itu, Pak hart ( menghormati juga ), adalah Seseoerang yang pernah membawa Indonesia pada kemajuan, walaupun semua kebebasan kita untuk berpendapat, telah dikekang. tapi beliau juga membawa indonesia pada kemajuan yang pesat… kemudian integritas negara Inonesia menurut saya terjaga dengan baik,walaupun memang sempat timbul konflik suku & Pergerakan yang menggangu integritas negara ini, (aceh, maluku, papua) tapi tetap dapat dipertahankan.
    thats it.

    kalau menurut saya, janganlah kita ributkan tentang masalah sejarah… tapi perlu kita dalami…
    yang lebih penting saat ini, kita sebagai generasi muda, sadar akan situasi saat ini, tak perlu menyalahkan siapa&kenapa,,, tapi, mari para generasi muda, kita bangkit,,,,,, kita buktikan bahwa generasi muda itu juga berkompeten untuk ambil andil dalam setiap urusan negara.
    sekarang ini, KKN!!!!!!! adalah musuh kita…….
    KPk menurut saya kurang berkompeten dalam menumpas Korupsi.. Mengapa saya bicara demikian,
    fakta yang saya tahu,,,(bisa dipercaya)
    KPK dalam hal ini salah seorang dari anggota HUMAS nya, memesan FLAYER,SPANDUK,STIKER,dll untuk publikasi KPK kepada perusahaan percetakan sahabat saya, yang terletak di daerah depok ( alamat dirahasiakan sampai waktu yang tepat ), jumlah semua cost adalah 16 juta…. walaupun tak banyak, tapi oknum tersebut meminta Kuitansi yang di mark Up hingga 19 juta…. sahabat saya belum berani memblow up masalah ini, karena semua pembayaran, belum dilunasi….. mungkin setelah dilunasi, saya dan kawan” akan memeja hijaukan masalah ini…. ( mungkin ada yang mau bergabung )
    kalau moral KPK seperti itu, bagaimana mau secara total memberantas korupsi di Indonesia?
    KPK cuma jadi Algojo yang tak pernah bisa tersentuh dalamnya & yang belum juga bisa dipastikan bersih dari korupsi…

    comment saya bukan untuk menyakiti / menyinggung / menjudge orang lain…. tapi saya cuma ingin generasi muda punya andil juga…. jangan kita cuma bisa manut sama apa yang telah dicanangkan oleh beliau” yang di kancah pemerintahan… tapi kita juga harus buka suara…
    HIDUP PEMUDA INDONESIA

  102. trim’s terlepas drpd versi siapa yg pasti pki adalah bag dr sejarah bangsa ini,syang tdk prnah ada kejelasan ttgnya baik dari segi historikalnya/pelakunya
    data2 dan bukti yg ada terkesan terputus-putus antara satu fase dg fase lainnya,

  103. Saya barusan masuk jurusan sejarah nih.. mohon bimbingannya yah..

  104. huff..udah jelas2 komunis itu ga mengakui adanya tuhan dan melakukan anarkis thd umat beragama, tapi kok tulisan diatas seolah2 pki yg menjadi korban ya dan seolah2 memperbolehkan komunis beredar luas?!!
    saya sih sama sekali ga tau fakta aslinya tapi satu yg jelas saya bersyukur komunis dibumihanguskan..walau masih ada segelintir orang yg mengalir jiwa komunis dalam darahnya. Dimana2 yg ga mengakui adanya Tuhan hanyalah bunch of idiots!!karna segala yg tercipta pasti ada penciptanya..ga mungkin manusia menciptakan manusia kan??!pastilah ada Dzat yang luar biasa hebat dan berkuasa,,dan itulah yg disebut sebagai Tuhan.. ;p
    piss dulu ah cuy,,

  105. woi..
    pusing gw
    gw ga taw nih …..
    ga jelas taw artikelnya
    pusing orng y baca
    aneh bgd
    gila abiezzzz

  106. oi2 sory deh
    nih gw cma iseng2 lewat gara 2 guru gw ngasih tugas sejarah
    tapi w pusing nyarinya ..
    trusss sampe kesini deh…
    Tp nih kurang lengkap ..
    aturan dikasih foto gurur sejarah gw … ^^v
    soalna mukanya tuh bersejarah banged !!!!
    wkwkwkwkwk

    peace pa YUDA !!! ^^v heheheheeh

  107. Lae..
    saya setuju dgn Lae dion, suharto adalah dalang peristiwa G 30 S..
    Mnrt saya paham komunis itu salah krn tdk mengakui adanya TUHAN..
    Pak Sukarno mmg mendukung PKI dan PKI jg mendukung Sukarno, jd tdk mgkin PKI menjatuhkan dkungannya sendiri, PKI hnya mengambil tindakan agar tdk terjadi kudeta oleh dewan jenderal, tp PKI tdk tau bhwa tindakan mereka malah dimanfaatkan mereka..
    Pak Sukarno setuju dgn azas pemerataan, cthnya kesenjangan sosial antara org miskin dgn org kaya, mgkin jika PKI tidak musnah pak Sukarno bs merubah ideologi PKI yg tdk mengakui adanya TUHAN..mgkin Lae…
    Kita jg tau PKI byk membantai tokoh2 agama dan para alim ulama krn paham komunis yg tdk percaya TUHAN..
    Pak Sukarno itu pemikir yg maju jauh lebih maju dr org barat yg kapitalis, beliau mengambil azas pemerataan dr paham komunis agar negara ini mandiri dan tdk tergantung oleh negara2 barat yg merebut tanah air kita..
    “Go To Hell With Your Aid“, saya setuju dgn seruan beliau..
    Go to hell utk org2 barat yg memakai topeng malaikat membantu keterpurukan rakyat jelata..
    Go to hell utk opini2 kalian org2 barat ttg Indonesia kami Tercinta, kami tidak butuh kalian!! Saat ini kami hanya butuh kemajuan teknologi kalian!!
    Go to hell utk wanita2 yg menjual harga dirinya kpd org2 barat, byk org2 barat MENGANGGAP PEREMPUAN INDONESIA ITU GAMPANGAN DAN MURAHAN!!….tidak jarang jg artis2 perempuan Indonesia murahan dan bersuami dgn org2 barat..murahan sekali kalian!!
    Salut bwt Pak Sukarno yg mempunyai pemikiran yg maju dan mandiri yg tidak tergantung oleh dunia barat..
    “GO TO HELL WITH YOUR AID“..
    Kami sedang berkembang menjadi bangsa yg mandiri..

  108. Hidup Suharto??!
    Suharto uda mati, coy!
    bego apa bodoh sih yg bLg Suharto hidup..
    uda tenang dia di neraka sana…

  109. gus dur kok dsaLutin, matanya aja gk bs Liat, kLo dia jd presiden lg gmna dia mo Liat mslh2 yg ada..
    uda gk layak tuh jd presiden..
    lebih baik dia drmh aja tdr2an menikmati masa tua, gk usah lg ngurusin duniawi..

  110. SEJARAH ADALAH KEJADIAN MASA LALU, harus kita ketahui sebagai wawasan dan bekal, kejadian yang buruk dalam sejarah jangan kita tiru itu intinnya, sekarang tahun 2008-2009 1 tahun ini akan mwlahirkan sejarah sejarah baru maka kita seyogiannya ikut berperan agar sejarah yang buruk dimasa lampau tidak terjadi, adil gak…. he…he…he

  111. Hal ini pastinya terlalu rancu jika dibaca hinggga comment nya, kenapa? karena judulnya “G30S/PKI” ini adalah menurut sudut pandang Dion. kenapa harus di perdebatkan hingga mencerca mereka yang sudah almarhum? ada baiknya masing2x kita instrospeksi diri kita masing2x dan belajar dari kejadian masa lalu, agar tidak terulang untuk ke sekian kalinya, bagaimana cara pandang anda, itu terserah anda2x semua, saya hanya berharap idiologi yang anda dapatkan nantinya berguna untuk masa depan negara ini. untuk lae dion, tulisan nya bagus, bisa mengajak saya untuk berpikir di luar kotak.

    Nice one….

  112. q ska kli bc g30s pki dasar dia kejam yah membnuh par tni A D yang dantaranya jend.amad yani,letjen s.parman,letjen suprapto , letjen m.t hardjono, mayjen donald ishak panjaitan,mayjen soetodjo siswomiharjo dan kapten czi piere a.tendean di bunuh oleh pasukan dipa nusantara aidit

  113. SY MENERAWANG JAUH KETIKA R.WIJAYA PENDIRI MAJAPAHIT HARUS MENGALAMI SERANGAN2 DARI DALAM PADA AWAL2 PEMERINTAHANNYA, TERNYATA TERJADI PULA PADA MASA SOEKARNO. HANYA BEDANYA DULU TIDAK ADA KETERLIBATAN PIHAK ASING GRAND GRAND STRATEGISNYA BEGINI PADA MASA SOEKARNO JELAS TERDAPAT KETERLIBATAN ASING (USA/INGGRIS/BELANDA) DENGAN MEREKRUT JENDRAL2 BONEKA UTK JD AGENNYA. INGAT PULA KLIKNYA LYNDON JHONSON THD KENNEDY. SIAPA YG MENEKAN SUKARNO ? YA LYNDON, SIAPA LYNDON BUKANKAH DIA AGEN FREEMASON. ARTINYA GERAKAN FREMASON YAHUDI SELALU MENGINGINKAN PEPERANGAN PIHAK NON BANI ISRAEL . SIAPA YANG DIRUGIKAN ? YG PERTAMA ORANG MUSLIM KMDN ORG2 NON YAHUDI.

  114. Saya berterima kasih pada pak Sukarno atas jasa-2nya untuk negeri ini, saya salah satu orang yang tidak suka dengan sistem si soeharto, dan saya berdoa semoga suatu saat Idiologi Rahmatan Lil Alamin lah yang menjadi Dasar negara ini dan peminpinnya. Amin.

  115. “Supersemar yang telah rampung dibuat diserahkan kepada Soekarno untuk ditandatangani, namun Soekarno menolak untuk menandatanganinya. Soekarno tidak mau membubarkan PKI namun juga tidak mempunyai alasan yang kuat atas kehendaknya tidak ingin membubarkan PKI.”

    Saya perhatikan isi dari dokumen surat perintah presden tanggal 11 Maret 1966, samasekali tidak ada kalimat membubarkan PKI.

    Dengan demikian kalimat “Soekarno menolak” dan kalimat “membubarkan PKI” adalah tidak relevan, jika diasumsikan bahwa presiden menanda tangani Supar Semar berada dibawah tekanan adalah asumsi yang keliru.

  116. ah, buat gw, sama aja tuch sukarno ma suharto, gw ga kagum n bangga ma dua2nya, buat gw mah d’best leader is Muhammad SAW

  117. Semua pemimpin yang dituturkan di atas berbuat bukan karena hati nurani dan bukan karena keikhlasan, semua mereka lakukan dengan berbekal rasa ambisi syaitan.

    Soeharto ada benarnya menumpas PKI, kalau tidak ditumpas kita tidak akan tau generasi kita dapat mengenal agama atau tidak. Kalau PKI berkuasa mungkin kita tidak bisa memiliki hak penuh atas tanah dan harta pribadi kita, semua dimiliki oleh negara.

    Dan sekarang tulisan diatas merupakan ciri2 tanda2 propaganda PKI untuk dapat dinetralisir di bumi Indonesia yang kemudian dapat diakui kembali secara legal dibumi Indonesia yang kemudian akan berkuasa kembali.

    Ya Allah mudah-mudahan anak cucuku dapat menikmati tentramnya hidup beragama (memiliki agama). dan jangan KAU biarkan PKI tumbuh subur di Indonesia, Jadikan aku dan anak cucuku orang pertama nantinya untuk mengganyang PKI di Indonesia, amien ya Robb

  118. suharto kok ga di culik ya…? padahal dia punya jabatan enting sebagai pangkostrat yang nota bone nya dia yang punya seluruh pasukan angkatan darat.

  119. untuk a-qu,
    mungkin bcoz kekuatan suharto terlalu besar.jadi orang juga takut kali ya buat culik dia.

  120. btw,gw juga bingung nih.di buku sejarah gw,dibilang klo suharto tuh pahlawan bangsa
    tapi guru sejarah gw bilang klo g 30 s/pki itu yang jadi otaknya tuh suharto.dia juga bilang kalo suharto memanipulasi supersemar biar dia dapet kekuasaan buat ngebantai PKI.

  121. Akan lebih bingung lagi waktu Suharto menyatakan tidak punya duit speserpun. Tapi lihat anak2 nya, cucu2 nya , saudara2 nya –> kekayaannya ratusan TRILIUNAN rupiah. Probosutedjo, yang dulunya guru dengan sepeda ontel, kekayaannya puluhan triliuanan rupiah. Suharto patut diangkat sebagai pawang KORUPTOR. Dia selamat tidak diadili, karena antek2 koruptor berbaris dibelakang nya, untuk melindunginya.

  122. Sudah lah wahai kalian smua manusia…sejarah kan kejadian masa lampau..ngapain di perdebatin???
    kan ada pepatah mengatakan”yg sudah lalu biarlah berlalu”!!!!
    sekarang ini lebih baik pikir ke depan…mo gimana ntar bangsa ini…itu aja…jgn ngebahas yg gak” la…!!!!aneehh!!!!

  123. Satu Hal lagi!!!skarang di dunia ini “YANG KAYA Adalah gajah”

  124. PKI..??
    apaan tuCH?

  125. hhEEe..
    ^^
    mUPh y td cMa bCNda..
    yaHh,biarLah tu kn maSA LaLu..
    bSa jd pLJran waT bn9Sa inDNsia y9 sKRng ni,a9R tdk ad L9 kekeRSan,!!!

  126. Keren juga tulisan lo.
    Kok gak ada primary & secondary source?
    Brati ini smua cuma teori?
    Kalo cuman teori mah gua ga bisa komen ap2

  127. Iihhh,,, sbel yang namanya PKI tuh kejem banget yah,,,,
    aku akan membalas mue entar aku mau jadi angkatan darat membela negara indonesia kue tercinta,,
    I LOVE YOU INDONESIA
    aku akan membalas dendam,,, tapi kamu kan ga pernah marah yakannnnn
    salam dari anak bangsa indonesia yang paling baik sedunia

  128. Thanks atas tulisannya, Bung White.

    Film dokumenter dari John Pilger berjudul, “The New Rulers of the World” sudah cukup menjawab kenapa Soeharto menggulingkan Soekarno dan membinasakan PKI :)

  129. Kalau saya siapapun yang bertindak melanggar hukum negara dan hukum Tuhan tidak akan mendapatkan Anugerah dari Tuhan yang Maha Esa. Pasti siapapun dia akan menerima hukum Negara dan Hukum Tuhan. Sing nandur woh pari bakal methik pari, sing nandur woh jagung bakal methik jagung. Artinya Tuhan Maha Adil siapapun dia baik Agamis, Nasionalis, Komunis kalau melanggar hukum Negara dan hukum Tuhan akan menerima akibatnya ! Sekian sedikit komentar dari saya. Kalau ada kata2 yang menyinggung di hati para pembaca, mohon maaf yang sebesar2nya.

  130. pki ya pki. partai yg salah ambil tindakan saat itu. jadi ya sekalian di kambing hitamkan. komunis = communal = kerakyatan. jadi bukan komunis itu tanpa tuhan. bagi gw ya skr komunislam aja.

  131. Suharto kecam bgt…
    Aku ga bisa bayangkan peringai wajah suharto sewaktu itu kayak apa ya…? Kira2 kayak di pilem2 laga itu ya,pembunuh berdarah dingin…
    Gara2 sejarah yg di putar balikkan itu kehidupan masa kecilku kurang bahagia, aku tertekan dan sering di ejek temen2 karna bapak ku dulu dituduh sbg eks pki. Aku yakin bapak ku dulu ga seperti apa yg mereka tuduhkan,karna bapak ku orang yang baik terhadap sesama dan tipe pekerja keras,ga mau mengantungkan hidupnya ke orang lain. Suatu hari bapak ku memimpikan aku bisa terbang ke angkasa raya dg mudah. Mungkin bapak ku ga mau nanti kalau aku tumbuh dewasa terganjal dg status bapak yg eks pki “kata orang2 seh” yg nantinya ga bisa leluasa bekerja di instansi pemerintahan atau yg lain. Akirnya bapak meminta agar namanya bapak tidak di tulis nanti di dalam ijazah SD aku itu berjalan sampai ijazah SMP. Setelah duduk di klas 2 SMA aku berpikir klo kayak gini bakal menyusahkan aku sendiri dalam pengurusan segala macem administrasi untuk yg lain, karena nama bapak ku ga tertulis dian tidak sesuai dg surat2 yg lain. Maka aku mengakiri petualangan ini untuk tetep menuliskan nama bapak di ijazah SMA nantinya. Karena ijazah SD – SMP nama bapak tidak tertulis dg sebenarnya, maka saya minta kepada kepala sekolah SD-SMP untuk membuatkan surat keterangan yg sebenarnya. Akirnya Ijazah dr SMA tertulis dengan jelas nama bapak, tp aku bangga sama bapak walau banyak orang menganggap bapak eks pki. Karna waktu itu anak keturunan eks pki tidak punya hak sama sekali untuk masuk di struktur pemerintahan atau yg berhubungan dg pemerintah. Hak anak keturunan eks pki di kebiri dan dipasung hidup2. Padahal belum tentu bapak kita dulu melalukan kesalahan dan kekecaman yg telang di tuduhkan,itu semua akal2 lannya suharto cs,selama 32 tahun kita semua telah di doktrin sejarah yg ga bener,mulut kita diberangus tidak boleh bersuara. Tapi di era kepemerintahan Gus Dur kran berpolitik di buka keras2, itulah jaman kebebasan n kemerdekaan dari anak2 eks pki yg telah di tuduhkan melekat bertahun2 mulai luntur.
    Gara doktrin yg melekat dan mengakar itu aku sbg anak yg ga tau menau apa2 jd korban. Masa kecil kurang bahagia karena sering dapat ejekan dr temen2,mgkin sifat mental itu berpengaruh sampai sekarang yg menyebakkan aku selalu kurang percaya diri n minder.

    Mungkin sekarang yg menjadi kekawatiran dan keluhan aku kepada pembaca blog semua…
    Aku kawatir baget apabila mau masuk kerja di instansi pemerintahan trus di mintain ijazah SD-SMP karna tidak sama dg ijazah SMA,karna di ijazah SMA nama bapak tertulis dg benar sedangkan di Ijazah SD-SMP tidak tertulis dg benar karna bapak menghawatirkan aku klo di tulis nama bapak.
    Aku menapaki bangku kuliah byk orang yg mencemo’oh aku “anake bekas pki kok sekolah duwur2 ndang dadi opo” Tapi aku tetap melangkah walau kadang langkah ku tersendat2 karna keterbatasan biaya kuliah, tp alhamdulilah akhir th’05 aku klar kuliahku.
    Mgkin para pembaca semua penasaran setelah klar kuliah akhir th’05 sampai sekarang..??? yang jelas sekarang aku tetp masih jadi orang kok…hehehehehe.

  132. Suharto kecam bgt…
    Aku ga bisa bayangkan peringai wajah suharto sewaktu itu kayak apa ya…? Kira2 kayak di pilem2 laga itu ya,pembunuh berdarah dingin…
    Gara2 sejarah yg di putar balikkan itu kehidupan masa kecilku kurang bahagia, aku tertekan dan sering di ejek temen2 karna bapak ku dulu dituduh sbg eks pki. Aku yakin bapak ku dulu ga seperti apa yg mereka tuduhkan,karna bapak ku orang yang baik terhadap sesama dan tipe pekerja keras,ga mau mengantungkan hidupnya ke orang lain. Suatu hari bapak ku memimpikan aku bisa terbang ke angkasa raya dg mudah. Mungkin bapak ku ga mau nanti kalau aku tumbuh dewasa terganjal dg status bapak yg eks pki “kata orang2 seh” yg nantinya ga bisa leluasa bekerja di instansi pemerintahan atau yg lain. Akirnya bapak meminta agar namanya bapak tidak di tulis nanti di dalam ijazah SD aku itu berjalan sampai ijazah SMP. Setelah duduk di klas 2 SMA aku berpikir klo kayak gini bakal menyusahkan aku sendiri dalam pengurusan segala macem administrasi untuk yg lain, karena nama bapak ku ga tertulis dian tidak sesuai dg surat2 yg lain. Maka aku mengakiri petualangan ini untuk tetep menuliskan nama bapak di ijazah SMA nantinya. Karena ijazah SD – SMP nama bapak tidak tertulis dg sebenarnya, maka saya minta kepada kepala sekolah SD-SMP untuk membuatkan surat keterangan yg sebenarnya. Akirnya Ijazah dr SMA tertulis dengan jelas nama bapak, tp aku bangga sama bapak walau banyak orang menganggap bapak eks pki. Karna waktu itu anak keturunan eks pki tidak punya hak sama sekali untuk masuk di struktur pemerintahan atau yg berhubungan dg pemerintah. Hak anak keturunan eks pki di kebiri dan dipasung hidup2. Padahal belum tentu bapak kita dulu melalukan kesalahan dan kekecaman yg telang di tuduhkan,itu semua akal2 lannya suharto cs,selama 32 tahun kita semua telah di doktrin sejarah yg ga bener,mulut kita diberangus tidak boleh bersuara. Tapi di era kepemerintahan Gus Dur kran berpolitik di buka keras2, itulah jaman kebebasan n kemerdekaan dari anak2 eks pki yg telah di tuduhkan melekat bertahun2 mulai luntur.
    Gara doktrin yg melekat dan mengakar itu aku sbg anak yg ga tau menau apa2 jd korban. Masa kecil kurang bahagia karena sering dapat ejekan dr temen2,mgkin sifat mental itu berpengaruh sampai sekarang yg menyebakkan aku selalu kurang percaya diri n minder.

    Mungkin sekarang yg menjadi kekawatiran dan keluhan aku kepada pembaca blog semua…
    Aku kawatir baget apabila mau masuk kerja di instansi pemerintahan trus di mintain ijazah SD-SMP karna tidak sama dg ijazah SMA,karna di ijazah SMA nama bapak tertulis dg benar sedangkan di Ijazah SD-SMP tidak tertulis dg benar karna bapak menghawatirkan aku klo di tulis nama bapak.
    Aku menapaki bangku kuliah byk orang yg mencemo’oh aku “anake bekas pki kok sekolah duwur2 ndang dadi opo” Tapi aku tetap melangkah walau kadang langkah ku tersendat2 karna keterbatasan biaya kuliah, tp alhamdulilah akhir th’05 aku klar kuliahku.
    Mgkin para pembaca semua penasaran setelah klar kuliah akhir th’05 sampai sekarang..??? yang jelas sekarang aku tetp masih jadi orang kok…hehehehehe.

  133. TP DULU KNAPA YA MEREKA PAKAI NAMA PKI KALAU MEMANG BUKAN PARTAI YANG MENGANUT PAHAM KOMUNISME?
    MAKSUDNYA MEMAKAI NAMA ”PARTAI KOMUNIS INDONESIA” ITU APA?

  134. maka dari itu sejarah hanyalah milik penguasa saja,
    sejarah di negeri ini masih banyak mengeluarkan banyak tanda tanya, gak pernah konsisten dan gak pernah ada yang tau kebenaran nya,kecuali mereka semua yang pernah ada disana.

  135. Fakta tersebut sangat meragukan karena masih banyak sumber-sumber lain yang lebih meyakinkan…
    Sudah sangat jelas bahwa PKI merupakan partai tai yang menyebarkan fitnah serta menyebabkan gugurnya pahlawan-pahlawan bangsa terutama petinggi-petinggi TNI…
    Partai yang ingin merubah ideologi Pancasila Yang sangat menjunjung Tuhan menjadi Ideologi komunis yang tidak menganggap adanya Tuhan.
    Kekejian PKI sudah sangat jelas….
    Salah satu sumber yang bagus yakni Monumen Pancasila Cakti…Bagi saudara-saudara yang ingin mengetahui kekejian PKI dapat mencari buku tersebut atau masih banyak lagi sumber-sumber yang mengungkap kebusukan PKI…
    Sampai detik ini simpatisan PKI masih berusaha untuk menggoyahkan Negeri ini….
    ANJING PKI…

  136. Sabar mas…berbicara lah dengan Hati Nurani
    Cobak hayati dg Hati Nurani lirik KOIL “Kenyataan Dalam Dunia Fantasi”
    Kira2 sesuai ga dg kondisi bangsa saat ini…???

    Nasionalisme..
    Di negara ini kita hidup dan bekerja
    Di negara ini kita makan dan berbahagia
    Di tanah yang indah ini bersemilah cintamu yang abadi
    Di negara busuk ini kita tersenyum pedih

    Kita membicarakan kenyataan
    Dalam dunia yang tak kumengerti
    Kita membicarakan kepasrahan
    Dalam spektrum yang hitam dan putih
    Kita merasa benar-benar pintar
    Memasyarakatkan kebodohan ini
    Kita membicarakan kenyataaan dalam dunia fantasi

    Dalam dunia fantasi…
    Aku tak butuh pengertianmu…
    Aku bukan bagian dari sejarah yang kau tulis
    Kau bingkiskan untuk anak dan cucumu
    Aku tak butuh penjelasanmu…
    Aku bukan bagian dari kebanggaan
    Yang membuat kita tak berpenghasilan

    Nasionalisme adalah tempat tinggal yang kita bela
    Nasionalisme untuk negara ini adalah pertanyaan
    Nasionalisme untuk negara ini menuju kehancuran
    Nasionalisme menuntun bangsa kami menuju kehancuran

    N a s i o n a l i s m e…
    N a s i o n a l i s m e…
    N a s i o n a l i s m e…

    Untuk negara ini adalah pertanyaan

    N a s i o n a l i s m e…
    N a s i o n a l i s m e…
    N a s i o n a l i s m e…

    Menuntun bangsa kami menuju kehancuran

  137. Ini sepenggal lirik lagu buah karya anak bangsa ini…

    “Aku tak butuh pengertianmu…
    Aku bukan bagian dari sejarah yang kau tulis
    Kau bingkiskan untuk anak dan cucumu
    Aku tak butuh penjelasanmu…
    Aku bukan bagian dari kebanggaan
    Yang membuat kita tak berpenghasilan”

  138. Sepandai-pandainya tupai melompat,akhirnya jatuh juga…Buah jatuh tdk jauh dr pohonnya..Tak ada gading yg tak retak..Air susu dibalas dgn air tuba…Ya akhirnya kita semua juga tahu siapa Su….su…su…suharto yg sebenarnya,semua kebohongan yg ia simpan pelan2x tapi pasti terbuka..Kita tdk tahu azab apa yg ia terima didlm kbur saat ini..Ini baru siksa dlm kubur msh ada lgi saat The End Of This World(KIAMAT)maka tak ada lg kata tawar-menawar bla saat itu tiba..And para orang yg suka KKN and kawan2xnya cepat sadar,sblm AJAL menjemput(MATI)…And bila ada yg tahu ttg kakek yg bawa teh or kerabatnya toling diwawancara di TV bla tkt bs disamarkan mukanya,and tanya ttg kebenarannya saat itu.

  139. kapan kita mempunyai pemimpin seperti soekarno, soekrno sellu melihat ketas dalam memipin dan bertemu dangan pemimpin pemimpin dunia, kalau soeharto selalu merunduk dan tersenyum krn takut dn nerjiwa pengemis soeharto pengkhinat bangsa

  140. Namanya juga sejarah politik. Penuh dengan intrik.

  141. Saya sangat setuju dengan tindakan soeharto menumpas PKI , mungkin kalau tidak ditumpas sekarang kita menjadi Negara Komunis walaupun pada akhirnya Jendral soeharto melakukan penelewengan , itu karena terlalu lama memegang kekuasaan yang banyak dimanfaatkan oleh kroni-kroninya

  142. udeh, dari pada ngomongin komunis, demokrasi, kapitalis mending kita semua back to salaf aja

  143. mas, tolong yah mbo bikin versi karangan sebuah sejarah mohon fakta-faktanya di cerna kembali agar tidak memprovokasi orang-orang yang membacanya…karena secara kesimpulan induktif maupun deduktif anda memojokan keluarga saya sebagai salah satu aktor terkait antara bung karno dan pak harto..tolong fikirkan bagaimana perasaan keluarga kami sebagai korban… baik siapa dalang peristiwa beringas ini kami tetap mengaggap pki adalah suatu kesalahan..sebagai anak bangsa marilah kita bersama- meneruskan apa yang dicita-citakan para pejuang terdahulu, bkan malah mendebat kannya

  144. walaupun fakta yg mengungkapkan cerita kmu ada, saya tetap setuju dengan tindakan suharto membubarkan PKI. apa jadinya indonesia bila masyarakatnya tidak beragama? beragama aja masi amburadul, apalagi engga!!

  145. @ imam
    saya muslim. tetapi kalau disuruh milih, lebih baik saya tidak beragama, daripada saya beragama tetapi tidak memiliki budi pekerti baik.

    Lebih baik saya keluar dari islam, dari pada ke-islaman saya membuat saya jadi fanatik. Lebih baik saya kafir, daripada saya jadi muslim yang semena-mena terhadap pemeluk agama lain…

    sebagai muslim, saya diajarkan untuk sayang terhadap sesama mahluk. apapun itu, tanaman, hewan, batu, tanah, udara, air, apalagi manusia. Tidak peduli apa keyakinan mereka, apa ideologi politik mereka, asalkan budi pekertinya baik ya sudah…cukup.

    Manusia tanpa budi pekerti hanya akan membawa kehancuran bagi manusia lain.

    Peace and love…

  146. saya baca di buku “Mereka Menodongku” karya Soekardjo Wilardjito yg jabatannya waktu itu adalah salah satu pengawal pribadi presiden, menurut dia memang benar salah satu jenderal itu menodong pistol thdp Soekarno dan memaksa untuk menandatangani surat tsb, yg nantinya dikenal dgn supersemar

  147. walah pada sok tau sejarah…… SUPERSEMAR DIREBUTIN GUOBLOK >>>>> makanya sekolah yg pinter jng cm sok mahasiswa …. di boongin sejarah pada gak tau…. dasar GOBLOK

  148. SALUUUUUT UNTUK MAS ALMARHUM SUHARTO, DIA SANGGUP MERUBAH SEJARAH, MEMBOHONGI SELURUH RAKYAT INDONESIA,…………..APAKAH DOSA SEPERTI INI MASIH PANTAS MENDAPAT AMPUNAN DARI TUHAN YANG MAHA ESA ????? HANYA TUHAN YANG MAHA TAU…………………………..

  149. Hanya orang-orang BODOH yang masih menganggap SOEHARTO sebagai Hero!!!

    SOEKARNO Vs SOEHARTO ?

    Jauhlah…. apa sich peran Soeharto? Prestasinya cuma serangan umum 11 Maret di Yogya, itupun telah disangkal oleh banyak pihak & saksi sejarah (terutama keluarga keraton Yogya), Sok Hero kalleee….

    (Bulshit Soeharto tuh..!!! Bisanya cuma memperkaya diri, anak2 dan antek2nya saja!)

    Bayangkan anak2 Soeharto punya uang bertrilyun2 .. DARI MANA??? usia masih muda2 lagi.. kerjanya apa?? bisnis?? bisnis monopoli negara!!!
    Lihat kelakuan anak2nya+Cucu… Astaqfirllah!

    “Buah Kelapa ga akan jatuh jauh dari pohonnya”

  150. sebagai anak bangsa marilah kita bersama- meneruskan apa yang dicita-citakan para pejuang terdahulu, bkan malah mendebat kannya

    dan juga sangat wajar jika soeharto kaya raya karena
    sudah memimpin negara selama 32

  151. berbesar hatilah kalian semua …………………, manusia pasti ada kelemahannya. Soekarno … Soeharto dan kalian semua juga manusia.
    Janganlah kita selalu mencari-cari KESALAHAN tapi carilah KELEMAHAN untuk kita perbaiki bersama. Sudah saatnya bangsa kita berbesar hati terhadap para pemimpin kita yang telah dengan bijaksana berbuat untuk kemajuan bangsa. Tidak ada selama ini pemimpin yang zolim.

  152. wakkhhhh….ternyata ada juga ya fakta di balik tembok…..nggg, tetapi sadar ya sadar lah….Ir. Soekarno & Soeharto juga ada batas-batasnya….lebih baik cari HEBATNYA bukan LEMAHNYA….lebih oke, ‘kan ???

  153. nggg…..knapa yaaa Soeharto ngga mau kasih tau Supersemar yg asli ??????? Apa ada udang di balik batu, ya…………………………….???????

  154. Se-‘gitu2xnya Soeharto toh masih adah baiknya juga…..beliau sudah MEMBUBARKAN PKI…..bener khannnnn ???????????????????

  155. uggghhh…..ternyata….kalo mo dapetin kekuasaan sejenak…………………………………hanya perlu JADI PROVOKATOR toh !!!!!!! Sialllannnnnn……..

  156. Aiiiiih…….ternyata tohhhhh gwampang banget yahh menipu rakyat di balik tembok……………………………… cuman perlu cari muka !!!!!

  157. Setelah baca nih artikelll n komentar-komentarnya…… saya jadi mikir…..bwat apa yaa sejarah aja didebatkan…..padahal kalopun buku sejarah isinya berobah tohhhh sejarah tahun lalu dan lalunya lagi tak’kan berobah………….bener khannnn ????!!!

  158. cara ideologi politik PKI sangat jelek karena menghalalkan segara cara tetapi dalam hal ini terdapat sesuatu yang baik dari ideologi PKI pada jaman itu karena pada waktu itu terjadi revolusi pemberantasan suatu kaum komunis yang di dalangi oleh amerika serikat karena kaum komunis telah mengalahkan ideologi liberarisme yang ada di amerika.
    di indonesia ternyata benyak kaum komunis, maka amerika gencar dan gemeteran akan berita itu. amerika tidak mau kalau terdapat kaum komunis di indonesia karena akan membahayakan negaranya oleh karena itu amerika melalui agen CIA mendanai dan mendalangi suhato untuk membubarkan PKI serta menjatuhkan Ir Soekarno. serta menghapus semua antek-antek PKI dan bung karno.
    itu yang dinamakan presiden yang di percaya aleh orang indonesia selama 32 tahun????
    kemana saja bung waktu jaman soeharto, kamu takut ya???
    anjing buat semuanya.

  159. jaman demokrasi sekarang ini apa kalian tidak merasakan kalau terdapat partai-partai yang hampir mirip dengan ideologi PKI?
    kalian berpikir kalau politik yang sekarang ini tidak ada unsur komunisme????
    apa suatu partai politik yang rasis terhadap agama itu bisa di sebut partai komunis n dihalalkan????
    hahahhahahahahhahahahahhahaaaa….!
    permasalah ini sangat membingungkan??????!
    cuman ideologi diri sendiri yang bisa menilainya.

  160. lucu lucu lucu lucu lucu

  161. Saya bersyukur PKI tidak menguasai Indonesia. Dan saya bersyukur , Soeharto dengan TNI-nya membabat habis PKI sampai ke akar-akarnya. Simpatisan PKI sangat brutal waktu itu. Jangankan Massa PKI, lihatlah di era tahun 2000, seperti apa yang namanya Massa PDI, Massa PKB, Massa PPP dan mungkin ada lagi massa yg lain yang lebih brutal. Kebrutalan cuma ada satu cara mengatasinya. Yaitu dengan Peluru Tajam. Jika Massa sudah berpikiran modern dan dewasa, mestinya segala perbuatan dilakukan dengan cara yang santun. Saya tidak peduli seandainya Suharto Berbuat Licik waktu itu. Itu yang namanya Strategi. Kalaupun benar, aksi di belakang G 30 S PKI itu Soeharto, Semoga Para Pahlwan Revolusi & semua korban Revolusi menjadi Syuhada. Menjadi Syuhada Karena menjadi Qurban Bangkitnya Negri Indonesia menjadi lebih Dewasa. Waktu itu, menghadapi PKI, PKI yang ber-Falsafah, menghalalkan segala cara, adalah Briliant Strategi Soeharto. Yang akhirnya, Suharto mampu menenangkan Negri Indonesia selama 32 Tahun. Nah Biarkan Soekarno, Soeharto pergi dengan tenang. Kelebihan & Kekurangannya kita jadikan bahan renungan untuk membangun Bangsa.

  162. gag ada sejarah yang medetail dengan ujung.
    gag ada sejarah yang mendekorasi rumah istana presiden…

  163. klo mau maju ngak ush ngebahas masa lalu …
    tataplah masa depan ingat bangsa yg besar harus ttp berjalan ngak sibuk dengan ngebongkar borok sendiri..
    lepas benar salahnya suharto itu adalah bagian dari sejarah ingat jerman denga hiltlernya..
    kapan majunya Republik ini..

  164. Memang sejarah masa lalu perlu kita cari kebenaran..
    akan tetapi jangan hanya karena sejarah masa lalu
    kita sebagai generasi penerus bangsa ini menjadi centang berenang saling mencari kesalahan dan kekurangan masing2..udah ngak zamannya lagi bung..marilah kita tatap masa depan bangsa kita menjadi lebih baik dan di akui oleh dunia….

    so….bersatulah bangsa indonesia…
    Tuhan aja maha pemaaf apakah kita manusia yang hina ini tidak bisa memaafkan sesama….

    Maju terus bangsaku….

  165. Hancurlah Komunis….di bumi Indonesia pun di Dunia ini……Tuhan tidak akan tidur terahdap kalian…….

    jadi simpatisan PKI/Komunis……bertaubatlah mumpung dunia fana ini masih di gelar…entar menyesal lho klu dunia ini udah ditutup…telat dech mau bertaubat. percuma hidup ini kalau hanya untuk memperjuangkan faham yg seperti itu….

    percayalah Tuhan itu benar2 ada dan dunia ini pasti ada akhirnya alias…kiamat…….

    bertaubatlah—-bertaubatlah—–bertaubatlah—-

  166. gw punya majalh mengenai peran aidit didalam g 30 s/pki.itu menceritakan tentng perjalanan aidit dan para pengikutnya,ternyata ad yang berkhianat di dlm g 30 s,entah itu syp.yg pasti dalang itu blm ditemuka.ad tan malaka yang ingin menyatukan visi indonesia dengan komunis tapi soekarno tdk menyetujuinya.krna tan malaka ingin menyatukan komunis dengan islam.stu tujuany yaitu:membangkitkan indonesia dan menyatukan indonesia.

  167. saya setuju dengan kakek itu………dan saya rasa kakek itu nggk mungkin bohong……

    • kakek itu pembohong besar……
      saya jamin emang bohong kakek itu..
      tidak mungkin supersemar di tanda tangani soekarno dengan todongan pistol..mana buktinya??
      jaga mulut kalau uda tua jng asal ngomong…
      gua yakin kakek tua itu gerombolan g 30s pki..sangat yakin gua..
      dan bagi penulis ini jng asal nulis artikel nya….
      kalau emang ada bukti langsung paparkan ke muka umum,lewat TV kek,radio atau apapun lah…
      apakah kamu salah satu anak dari penganut faham g 30s pki??
      gua fikir yang nulis artikel ini mau ngubah sejarah pki..
      atau mungkin ingin pki di bangkit kan lagi!
      tapi percayalah emang PKi bertentangan dengan pancasila.

  168. ooiiiiiiiiiiiii,,,,,,,
    ni postingna udah 2 thn lalu,,, g bosen po,,,,
    masalah siapa yang benar dan salah ntar kalian nanya ndri ma bung karno ato pak harto klo kalian udah mati,,,ok

  169. siapa yang benar dan siapa yang salah…………..
    tanyakan pada ruangan itu…………………..

  170. Negara kita seperti sekarang ini tak terlepas dari sejarah bangsa kita, jadi jangan lupakan sejarah. Karena kalo tidak ada sejarah kita tidak mungkin seperti sekarang ini.
    Yang jelas sejarah harus diluruskan biar kita semua tahu akan kebenaran sejarah negara kita. Soal G 30 S atao Gestok itu memang jadi perdebatan sampai sekarang ini. Maka dari itu diperlukan seorang pemimpin yang TEGAS dan BERANI supaya sejarah bisa lurus. Tapi sekarang repot kawan, semua pemimpin kita sekarang ini sukanya cm sama DUUIIITT aja. Untuk itu marilah kita semua berdoa agar kita dapat pemimpin yang TEGAS dan BERANI untuk memperbaiki keadaan negara tercinta ini. Yang jelas saya mendukung tulisan kamu ini kawan.
    Oh ya untuk Mycountry yang menulis tanggal 16 Maret 2009, kamu perlu banyak belajar tentang arti faham “komunis” supaya tidak salah menafsirkan seperti kebanyakan orang sekarang ini. “Komunis” itu tidak akan pernah hilang dari muka dunia ini selagi “liberalisme” dan “imperialisme” masih ada dimuka bumi ini karena komunis itu adalah anak kandung dari mereka.

    Trima kasih

    Anak Soekarno

  171. Logika yang sangat dasar: Kalo mau kudeta harusnya PANGKOSTRAD masuk list orang nomer 2 yang harus disingkirkan setelah MenPangad! Setelah itu baru deputy-deputy Menpangad Nah… silahkan dipikir sendiri, kenapa saat itu Pangkostradnya sehat walafiat bahkan berani mondar-mandir kemana mana…?
    Memang sudah saatnya kebohongan sejarah diluruskan kembali… terlalu banyak yang jadi kambing hitam bahkan kehilangan nyawa, sementara mungkin sebetulnya mereka nggak bersalah..

  172. I AM PRESENT IT Y NA IUDC

  173. hidup Indonesia….hidup Bung Karno…hidup nasionalis
    gerakan itu dalangnya adalah CIA dengan otak penjajahnya
    mereka mencari jendral bodoh ya itu soeharto sebagai bonekanya…
    soeharto telah memakan tumbal banyak untuk mengangkat dirinya menjadi presiden dengan mengorbankan rakyat indonesia…
    saat ini pun orang kaya yang mengendalikan ekonomi dan politik masih banyak orang atau morale orde baru yang seharusnya kita bunuh karena hanya membawa negeriku dalam kehancuran,,
    orde baru biang kehancuran
    orang cina di indonesia saat ini seperti yahudi di jerman sebelum hitler berkuasa…..mereka berkuasa
    bukalah mata rakyatku…..
    kita tegakkan nasionalis sosialis dimana didepan terdapat kesejahteraan…
    tanpa harus diikuti oleh pengkhianat bangsa seperti soeharto
    saya benci kapitalis saya benci komunis saya benci semua yang mencoba menghancurkan bangsaku
    tapi saya mencintai negeriku negeri Indonesia
    dan saya mencintai rakyatku…rakyat Indonesia

  174. kelihatanya ada sebuah konspirasi besar di luar indonesia untuk gerakan ini….
    Dan gw yakin ni salah satu bagian kecil dari dua perang besar saat itu yaitu Kapitalis (USA) dan Komunis (Rusia, Cina)

    Seorang mantan presiden amerika berkata sejak jatuhnya Soekarno “Kita telah menemukan harta karun di asia tenggara” (CMIIW)..
    Sekarang liatlah freeport yang berkontrak 30th, exxon mobile dan lain lain…
    Intidari semua itu adalah penguasaan kekayaan alam Indonesia,,,,
    dan sekarangpun masih berlanjut bukan..!!!

  175. lu bsa ngmong kyk gt cz gak da klrga lo yg jd krban PKI kn???
    Soekarno=PKI!!!

  176. Kalo menurut ku yang paling sreg di hati tu lho tulisan sdr ku si semeru.mbah harto memang dalang yang pintar memutar balikan fakta dan menyembunyikan kebenaran.dia anggap benar hanya untuk dirinya sendiri.benar itu banyak benar untuk umum ato benar untuk dirinya sendiri?

  177. tu pak harto dah meninggal tu ayo diungkap lagi yang mana yang bener yg mana yg salah. Hidup Ir. Soekarno…………….
    jasamu tak kan terlupakan dan tidak ada yang bisa menyamai semangat perjuanganmu Ir.Soekarno memang hebat. tiada duanya……. andaikan Indonesia punya pak karno lagi wouihhhhhh………… akan maju ni negara gak kayak sekarang ini ni…..

  178. Just ..
    INDONESIA MERDEKAA …
    hha .

  179. jangan memutar balikkan sejarah jika gak tau, ntar malah membuat gelisah rakyat…..
    dalang kejadian itu adalh sukarno…. salah satu bukti mana ada presiden tidak tau kalo pengawalnya pergi semua untuk melakukan aksi penculikan… dan masih banyak lagi bukti lain…. jadi jangan terpengaruh situasi….

    • Mr. x emank loe pux buktinya…………
      tunjukin dunk… jangan2 anda yg memutr balikan fakta..
      yg anda katakan bahwa mana ada presiden tidak tau kalo pengawalnya pergi bukanlah sebuah bukti itu hanya pendapat anda…………………….

  180. sejarah yang telah lama mengendap di bumi manapun mungkin saja benar dan mungkin saja salah. hal ini tentu di dasarkan pada keotentikan dan data spesifik yang terjamin. sekilas membaca dan memahami isi pemaparan mas, sepertinya ada benarnya. mengingat semua yang tidak baik akan terungkap dengan jelas. saya yakin peristiwa itu akan terpublikasi dengan benar.

  181. Anda semua harus belajar sejarah biar tidak ada pikiran syrik dan dengki.Bung Karno adalah Pemimpin dunia bukan pemimpin Abal abal,yang tidak mau Bangsa Kita menjadi Bangsa yang Mengemis Pada bangsa lain yang tidak mau Mengadopsi IDEOLOGI Bangsa lain sehingga ia bertekad untuk indonesia kedepan lebih baik dan mandiri.dengan membentuk ideologi NASIONALIS. Bila negara kuat rakyatnya juga sejahtera, semua ia rangkul, komunis, agamais, nasionalis untk menyusun kekuatan baik di dalam negri atau luar negri, jadi apa salahnya BUNG karno pana negara ini,mereka iklas untuk NKRI, tetapi beliau di Khianati oleh penjajah .ingat HUKUM KARMA bila menzholimi pendiri bangsa,Seorang Muslim Sejati Beliau soekarno.Hanya antek antek belanda saja yang tega menghukum beliau

  182. Saya heran dengan yang mengatasnamakan Islam, membantai sana-sini, pada hal ajaran Islam tidak demikian…..tidak boleh menganggu perempuan dan anak-anak selagi perang juga bila musuh tidak berdaya, Rasulullah pun membebaskan tahanannya yang kemudian tertarik dengan konsep kasih-sayangnya masuk Islam dengan ikhlas………tetapi di tahun 1965 apa yang terjadi……….?
    para perempuan dan anak-anak dibantai…….tahanan ditangkap dari rumah dibantai………orang sudah menyerah dibantai……….ini sudah melawan ajaran yang mulia Muhammad SAW Rasulullah………..anehnya mereka yang membantai dengan bangganya inilah jihad …Naudzubillahi……..semoga Allah SWT melindungi kita dari Azab yang pedih…………………….

  183. memang sejarah bisa diputar balikkan, tapi kehidupan tidak bisa diputar balikkan. biarlah yang percaya silahkan yang tidak percaya ya silahkan. Tapi kita juga tidak boleh mevonis PKI itu bejat dan juga Soeharto juga bejat. Tapi manusia Indonesia itu yang bejat. Tidak tahu malu, cuma omon-omon doang??? gak ada isinya, bisanya cuma demo lalu buat keributan, apa hasilnya???????. Kami keturunan orang yang dianggap/ dicap PKI oleh Orba, dan pernah merasakan getirnya hidup selama OrbA PRIHATIN dengan keadaan sekarang ini, yang katanya Demokrasi dan berketuhanan, apa ini tujuan REFORMASI??? dan saya yakin bahwa 90% orang yang dicap PKI dan dibunuh dengan kejam itu tahu kejadian yang sebenarnya, mereka hanya korban kepentingan, dimana orang yang kaya lalu dicap PKI sehingga kekayaannnya dapat dimiliki oleh orang yang membunuhnya. itu fakta saudara setanah airku. dan saya simpulkan bahwa semua itu hanya KEPENTINGAN segelintir orang. bagi orang yang dicap PKI itu halal darah dan hartanya, apakah itu betul…???? bukankah yang halal darah dan hartanya itu orang kafir, apakah orang-orang yang dibunuh dan dicap PKI itu KAFIR ???? Lebih brutal mana PKI dengan aksi mahasiswa yang berdemo dengan anarkhis, lalu mengkambing hitamkan aparat kepolisian. Ini yang boleh dikatakan Bejat. bukan Soekarno + PKI dan soeharto.

    • bukan begitu,,PKI adalah faham komunis yang bertentangan dengan pancasila….
      bila tidak di tumpas gimana jadi nya bangsa kita…
      maaf ya kk,tapi emang benar kalau PKi tidak dihapuskan,maka pancasila pun tidak bisa di tegakkan..
      menurut pendapat kk gimana???.

  184. Baru aja tadi di skul guru aq bilang, ada kemungkinan kalo suharto sama sukarno kerjasama sama pki, soalnya dari semua jenderal yang diculik dan disiksa di lubang buaya, suharto n sukarno gak ikut diculik……….
    gimana tuch pendapat kakak……….??

  185. Ma.af kalau aku beda versi dalam memandang peristiwa G30S PKI.

    Peristiwa G30S PKI tak lebih dari balas dendam atas mereka yang terlibat dalam proses penyelundupan peralatan TNI AD yang dilakukan oleh Soeharto.

    Semua terkupas dalam websiteku
    http://penakisemar.wordpress.com

    denagn judul: Soeharto Putera Mahkota Soekarno.

  186. gue gaX yAkIn dg pA yG d BlNg MA pak tua, maaf ya pak!!!!!!
    gue yakin ir soekarno GX akan mengorbankan pa yang dy pegang…..
    cz dy adalah seseorang yang patut kita tauladani,,,,
    jng smpai qT menjadi orang yang tidak tw tentang SEJARAH NEGARA INDONESIA yg qt cintai……………

  187. jancok semua….

  188. [...] whitegun.wordpress.com:Fakta Dibalik Peristiwa G 30 S PKI (versiku) bag 3 (Habis) « WhiteGun …iya nih, kok berani bilang ini palsu. Kalau yang asli udah ketemu, baru … Apalah manfaat ideologi indah kalau tidak diterapkan. … kismisnya jadi kaga dapet lagi, boro-boro kismis … [...]

    • gua yakin 100% ini palsu..
      idelogi sih ideoligi..tapi omongan nya bisa merubah sejarah kebenaran bro..
      lo gk berfikir jika PKI masi ada gimana jadi nya bangsa kita..
      apakah kita akan menganut nya jadi bangsa yang komunis dan menghapus pancasila..
      berfikir lah sedikit..
      untung Bpk soeharto menumpas pki sampai akar2 nya..
      tapi antek2 nya masi berkeliaran!.
      buktikan sepersemar yang asli dan publikasikan di depan umum..
      jng berani nya belakang doang..tunjukkan dirimu gua siap menanti,karena gua percaya yang kamu tulis adalah kebohongan.
      Dan gua yakin di balik artikel ini kamu menyimpan sesuatu yang kami tak ketahui.

  189. hm………., suatu hari, entah besok, tahun depan, abad depan, zaman depan, atau bahkan waktu mati d, suatu saat kebenaran akan diceritakan…,
    percayalah…
    ^^

  190. Kebenaran pasti akan terungkap bila manusi itu berusaha untuk mencari kebenaran..
    bila manusia tidak berusaha maka tidak akan ada kebenaran yang terungkap.
    TERUSLAH MAJU BANGSAKU…
    TERUSLAH MAJU NEGRIKU..
    TUMPAS KEJAHATAN……….TEGAKKAN KEBENARAN..

  191. Ada yang bisa jawab saya, apa ini copy atau aslinya, setau saya supersemar tidaklah di publish .

  192. yah’
    pazti dalang dari smua ni adlh soeharto
    dan pzti da bbrapa plaku sjrah yg tw bgaimna klicikannya dlm menggulaingkan soekarno…

  193. viva la comunnis
    soehato adalah dalang dari kejahatan pada saat itu
    dan supersemar hanyalah kebohongan belaka

  194. yang jelas tanpa ada Mayjen Soehartodan semua elemen masyarakat yang berke- Tuhanan waktu itu, gimana nasib bangsa ini….mau jadi komunis bro ? jgn diutak-atik…..berterima kasih lah pd semua masyarakat dan TNI yg memberantas komunis.

  195. Tulisan’y sangat membantu sekali buat saya yang ingin mengetahui apa yang terjadi d-balik peristiwa G 30 S PKI ini dan akhirnya saya sudah mengetahuinya,,,,,,,,

    Tetapi saya masih penasaran dengan 2 jendral lainnya yang ikut dengan soeharto untuk membuat SUPERSEMAR,.. apakah mereka tidak tahu apa yang d-lakukan oleh soeharto?
    atau memang mereka juga d-kecam oleh soeharto yang tidak membolehkan untuk memberitahukan isi SUPERSEMAR yang asli………???

    • orng yg mudah percaya tnpa bukti itu lah yg d namakan PKI….mudah bnget percaya ma versi orng…da jelas d san d tulis ma penulis…klo smua’y belum tentu benar…itu kan (versi dia)…kita liat aj dech kdepan nya….

  196. yg jelas film dokumenternya seru… peace

  197. sejarah itu tidak ada yang 100% asli, karena setiap orang yang menjadi tokoh sejarah pasti akan menutupi kesalahannya.
    sebenarnya bukan fakta sejarah yang mengungkap keaslian yang kita butuhkan, tapi fakta sejarah yang mengungkap kebenaranlah yang kita butuhkan.

    Semoga masih ada saksi sejarah di luar sana yang mau berbicara terus terang tanpa menutupi aibnya sendiri.

    • sejarah di buat atas dasar sudut pandang pihak mana yang berkuasa dan di buat untuk mendukung kepentingan dari penguasa…….tak heran doktrin dalang G30 S adalah PKI yang selama rezim soeharto berkuasa sebagai fakta pembenaran yang tak terbantahkan

  198. dahsyat!

  199. Ikutan komentar yah.. Saya tidak memihak atau menyalahkan siapapun, hanya ingin mengetahui kebenaran sejarah, itu saja, bertahun tahun selama di SD, SMP, SMA diajarkan dan menghafalkan sejarah jaman G30S yang ternyata bukan hanya doktrin dan proses cuci otak.
    Saya pengagum Soekarno dan Soeharto, mereka adalah pemimpin.. pada suatu saat di toko buku saya membaca buku karya orang asing berjudul “50 pemimpin dunia yang paling berdarah di sejarah dunia”.. lho.. Diantaranya kok ada Soeharto? saya tidak habis pikir, kok bisa? saya lalu google semua buku atau info mengenai Soeharto dan tentu saja tentang G30S, semua saya baca cermat dan saya kumpulkan dan juga simpan di hard disk, banyak sekali..
    Ternyata saya tentu punya penilaian, kesimpulan dan penafsiran sendiri mengenai G30S.. apa boleh buat, itulah sejarah, benar kata orang, peristiwa G30S itu jaman penuh fitnah.
    Ada beberapa yang menarik:
    – Pada waktu penculikan dan penyiksaan para jendral, di ceritakan anggota Gerwani menari bugil, dsb, itu tidak ada dan tidak benar, fitnah… visum dokter sudah jelas, para jendral mati karena ditembak, orang yang mendapat tugas menembak para jendral juga pernah di wawancara, mereka memapah dengan rasa hormat menggiring ke dekat sumur dan menembaknya kemudian memasukkan kedalam sumur sambil menembak lagi., mereka melakukannya pada pagi hari buta, sunyi tanpa ada pesta.
    – Pak Harto sudah mengetahui dan dilaporkan oleh Latief bahwa akan ada penculikan, tetapi tidak bertindak apa-apa.
    – Sesuai dengan analisis dari luar negeri bahwa sebenarnya G30S adalah konflik internal Angkatan Darat.
    – Sjam Kamaruzzaman mengaku pada waktu sidang bahwa dia yang memberi perintah untuk membunuh saja para jendral tetapi atas perintah dari Aidit, bagaimana Aidit bisa membantah? sudah keduluan ditembak mati tanpa pengadilan atas perintah Soeharto.
    – Pembantaian semua anggota PKI adalah peristiwa yang paling mengerikan dalam sejarah dunia modern, lebih berdarah daripada peristiwa lain di dunia, hilangnya nyawa 3juta nyawa ini. bagaimana kita sesama warga bisa saling bunuh, ini akibat provokasi yang luar biasa.
    – Film G30S/PKI tidak diputar lagi karena didalamnya terdapat banyak kebohongan sejarah dan fitnah, tidak seharusnya kita lestarikan.
    – Banyak hal lagi yang bisa diungkap, kita memang harus terus belajar dari sejarah supaya tidak dbohongi, tanpa harus terlibat secara emosional, beranggapan PKI itu setan, pak Harto itu sadis, itu semua adalah sejarah. sekarang jaman mudah untuk mencari informasi.

  200. Okelah, yang membantai 7 jendral adalah PKI…….. namun siapa yg bertanggung-jawab atas pembantaian ratusan ribu rakyat tak berdosa pasca pemberontakan G30S/PKI yg dilakukan dg sangat kejam itu ?

  201. sejarah yang benar memang harus di ungkap
    bukan tidak mengharagai pendapat orang tapi yang terjadi di indonesia ini sepertinya terdapat 2 kubu nasional Sukarnoiskah atau suhartoiskah. benar dan salah keduanya adalah sejarah nasional perjalanan bangsa ini.
    yang paling penting sekarang adalah bagaimana kita sebagai anak bangsa ini membawa indonesia ke yang lebih baik. apa yang sudah kita sumbangkan ke bangsa ini….

  202. analisa saya thd tulisan anda :
    1. Dewan Jenderal kalaupun ada, tetap tdk bs dibuktikan krn para jenderalnya sdh terlanjur tewas. Hanya mereka dan Allah sendiri yg tahu kebenarannya.
    2. PKI memang tdk mengkudeta Sukarno tetapi mereka melakukan tindakan thd para Jenderal yg dijadikan target. Apapun motif dan rencananya, baik sukses maupun gagal ini merupakan kesalahan besar PKI krn bertindak sendiri tanpa konstitusional. Dan ini jg layak mendapatkan hukum yg sesuai, walaupun kenyataannya sdh “dihukum” Suharto
    3. Suharto diam saja ketika tahu ada rencana thd jenderal2 karena dia memiliki motif dan ambisi sendiri. Ini menunjukkan kalau dia seorang yg oportunis (memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan), bermuka dua, dan ambisius. Seandainya dia melapor atau memberi tahu mgkn sejarah akan lain. Ini jg wajib dipertanggung jawabkan.
    4. Supersemar dibuat dan ditandatangani oleh Sukarno di istana Bogor, seharusnya tertulis Bogor, 11 Maret 1966 bukan Djakarta 11 Maret 1966. Apa Sukarno lupa? apa Suharto tidak teliti membuat salinannya?

  203. pada ngomongin apa sih kok kelihatannya serius amat, aku gak mudeng apa yang kalian semua omongin

  204. wah,,,, kalau cara berdebatnya saling menjatuhkan gini sih gak akan ada abisnya :)

    Cobalah berkepala dingin, saling menghargai pendapat orang lain (Sesuai Pancasila) jangan cepat emosi, Soalnya kalo begini terus mah kita gak akan maju-maju, kita gak akan ada bedanya sama tuan2 dan nyonya2 yang duduk di MPR dan terlihat di TV saling baku hantam.

    Marilah berdebat yang bijak, apapun hasilnya, tujuannya cuma satu yaitu INDONESIA BERSATU, sepertinya itu lebih dibutuhkan bangsa kita, dan setidaknya mau menerima perbedaan pendapat , ok…

    Ayo dilanjutkan debatnya…. jangan baju hantam ya,,,

    MERDEKA!

  205. maaf salah ketik, maksudnya “jangan Baku hantam” :)

    Salam

  206. Wahai saudaraku sudahkah kita pikirkan matang2…. sungguh kita menyelesaikan permasalahan di dalam lingkungan keluarga kita saja sudah amat sulit tapi kenapa kita harus memikirkan memperdebat permasalahan yang mungkin dan belum tentu kita bisa pecahkan, sepertinya kita semua hanya memperkeruh permasalahan saja indonesia gitu…. lakukan yang terbaik banyak sekali orang yang pinter dan banyak sekali akan tetapi sulit sekali tuk mencari orang yang pinter dengan kebenaraannya,

  207. mnurut saya crita kamu bagus karna saya pernah dicritakn olh se2org tntang g30spki…

    lnjutkn prjuanganmu bro..

  208. Tapi yang memberontak dan memulai peperangan politik ini mungkin saja PKI….

  209. mkasuh bgt buat halaman ini yeah..
    …krn yg mengaksez hal in tlah terbantu…
    …tp
    .saat staditur k jakarta, sbagai kota yg paling nop 1 d indonesia…..jakarta sgt memprihatinkan..
    …kbersihan sungai sungai, kpadatan jalan n anak anak jalanan mnjadi pemandangan yg mnyedihkan skali..
    …bukankah kita harus blajar dr pengalaman?

  210. mkasIh bgt buat halaman ini yeah..
    …krn yg mengaksez hal in tlah terbantu…
    …tp
    .saat staditur k jakarta, sbagai kota yg paling nop 1 d indonesia…..jakarta sgt memprihatinkan..
    …kbersihan sungai sungai, kpadatan jalan n anak anak jalanan mnjadi pemandangan yg mnyedihkan skali..
    …bukankah kita harus blajar dr pengalaman?

  211. banyak-banyaklah membaca dan bertanya pada saksi-saksi sejarah. Kita gak usah cari saksi sejarah jauh-jauh, karena disekitar kita, pasti banyak saksi dan pelaku sejarah. para jenderal yang terbuang pada jaman suharto, mungkin masih berada disekitar kita

  212. inilah kebodohan indonesia pada tahun 65

  213. komunis is a fuck of and die you(komunis) stupid fucking ass hole

  214. hanya tuhan yang tahu semua’y!!!!!!!!biar tuhanlah yang membalas smua’y!!!!!!!!!!!11lok bnar itu crita dari sang kakek pasti akan terungkap!!!!!!!!!!!!!!!

  215. thax ak jdi bisa bkin tugas dengan lengkaaappp..,!!! :)

  216. salut bwt smua tanggapan anda yg pd sok tau smua,,mau bgaimanapun bner kata soeharto,PKI itu partai trlarang,,indonesia g akan prnah setuju klo PKI didirikan lagi,,klo smpe ada PKI lg,biar gntian aja mereka yg kita cemplungin k sumur lubang buaya !!

  217. @wayan tang adimawan : saje chai jeleme bali yan???

  218. BUKTI KEKEJAMAN KOMUNIS
    I. Di RRC,
    *dalam buku buku “9 Komentar Mengenai Partai Komunis”, terbit tahun 2005, halaman 172-208, dapat dibaca cara-cara “basmi total”, metoda “membabat rumput sampai ke akarnya”, (maksudnya membunuh tuan tanah, berikut anggota keluarga seluruhnya), dan menghasut massa agar saling membunuh.
    *Dalam masa kelaparan gara-gara kegagalan program partai komunis “Lompatan Jauh ke Depan”, akibatnya rakyat memakan bayi sendiri (kanibalisme);
    * di sebuah sekolah, di depan murid-murid pengeksekusi memenggal 13 kali dan 13 kepala berjatuhan ke tanah. Anak-anak sekolah berjeritan. Lalu pengurus partai komunis datang membedah tubuh korban, mencabut jantung, dimasak untuk pesta (9 KMPK, halaman 185)
    * Tiga orang anti komunis ditelanjangi dan dilempar ke dalam tong besar lalu direbus sampai mati, seorang ayah anti komunis dikuliti hidup-hidup, dituangi cuka dan asam sementara si anak laki-lakinya diharuskan menonton sampai mati (9 KMPK, halaman 186)
    * Seorang janda pemilik tanah disiram satu teko air mendidih oleh setiap tetangga yg dipaksa oleh pengawal merah. Tidak diceritakan berapa belas atau puluh teko air mendidih itu. Beberapa hari kemudian janda malang itu mati sendirian di kamarnya, tubuhnya dikerubungi belatung.
    * Membunuh bayi mungkin yang paling brutal, si pembunuh menginjakan kakinya di kak ikanan bayi lalu kaki kiri bayi ditarik sampai bayi itu sobek menjadi dua bagian (9KMPK, halaman 187-188)

    *Di kamboja (1975-1978) perilaku penyiksaan komunis sejati gaya Pol Pot, terutama di kamp Tuol Sleng, dengan cara-cara berikut ini : menyetrum tahanan, dipaksa minum kencing dan makan kotoran tahanan lain, badan ditusuki jarum, kuku jari tangan dicabuti, dipaksa menyembah gambar anjing, dimasukkan ke dalam tong berisi air mendidih, kepala dipukul linggis, disiksa lalu isi perut dikeluarkan, disungkup kantong plastik sampai sesak nafas dan mati, digantung dengan kepala mengarah ke bawah (TI, Katasrofi Mendunia, 2004)

    II, Di INDONESIA

    *Tiga puluh tahun mendahului Pol Pot di Kamboja, Musso di Madiun sempat memberikan petunjuk atau mungkin juga pelatihan penyiksaan gaya mentornya Josef Stalin ketika dia memimpin pengkhianatan PKI Madiun, September 1948.

    * Dubur (maaf) warga desa di Pati dan Wirosari ditusuk bambu runcing dan mayat mereka ditancapkan di tengah sawah hingga mereka kelihatan sepert ipengusir burung pemakan padi, seorang wanita, (maaf) ditusuk kemaluannya sampai tembus ke perut, juga ditancapkan di tengah sawah.

    * Algojo PKI merentangkan tangga melintang sumur, lalu Bupati Magetan dibaringkan di atasnya. Ketika dalam posisi terlentang itu, maka algojo menggergaji badannya sampai putus menjadi dua bagian, dan langsung dijatuhkan ke dalam sumur.

    * Seorang ibu, Nyonya Sakidi mendengar suaminya dibantai PKI di Soco. Dia menyusul kesana, sambil menggendong 2 orang anaknya, umur 1 tahun dan 3 tahun. Dia nekad minta melihat jenazah suaminya. Repot melayaninya, PKI sekalian membantai perempuan malang itu, dimasukkan ke dalam sumur yang sama, sementara kedua anaknya melihat pembunuhan ibunya. Saking traumanya kedua anak tersebut selama berhari-hari hanya makan kembang, akhirnya adik Sakidi menyelamatkan kedua keponakannnya itu dan membawanya pergi keluar dari Magetan (Maksum, Sunyoto, Agus dan Zaenuddin), (Lubang-lubang Pembantaian Petualangan PKI di Madiun, Grafiti, 1990).

    * Kekejaman – kebuasan – keganasan pengkhianatan PKI Madiun 1948 ini masih melekat dalam ingatan traumatik penduduk Takeran, Gorang Gareng, Soco, Cigrok, Magetan, Dungus, Kresek, dan sekitarnya. Sehingga ketika 17 tahun kemudian PKI meneror di Delanggu, Kanigoro, Bandar Betsy dan daerah lain dalam pemanasan Pra Gestapu atau PKI, dengan klimaks pembunuhan 6 jenderal pada 30 September 1965, penduduk Jawa Timur masih ingat apa yg terjadi 17 tahun yg lalu itu (yg telah dimaafkan dengan PKI diijinkan masuk lagi ke gelanggang politik 1950 – 1965), dan mereka bergerak mendahului PKI. Terjadilah tragedi berdasar

    • Memasuki tahun 1960-an merupakan masa gegap gempitanya politik. PKI menjadi partai komunis terbesar ketiga di dunia yang memiliki kesempatan untuk berkuasa. PKI sadar, untuk mencapai tujuannya itu harus memanfaatkan figur Presiden Soekarno. Itu sebabnya, PKI berusaha mendukung semua kebijakan Presiden Soekarno.

    Aksi massa yang cukup berbahaya dari manuver politik PKI adalah usaha-usaha memobilisasi massa untuk melakukan berbagai tindak kekerasan yang dikenal dengan nama �aksi sepihak�. Dalam tindak-tindak kekerasan yang dinamakan aksi sepihak itu, PKI tidak segan-segan mempermalukan pejabat pemerintah dan bahkan melakukan perampasan-perampasan hak milik orang lain yang mereka golongkan borjuis-feodal. PKI tidak malu mengkapling tanah negara maupun tanah milik warga masyarakat yang mereka anggap borjuis.

    Sejumlah aksi massa PKI yang dimulai pada pertengahan 1961 itu adalah peristiwa Kendeng Lembu, Genteng, Banyuwangi (13 Juli 1961), peristiwa Dampar, Mojang, Jember (15 Juli 1961), peristiwa Rajap, Kalibaru, dan Dampit (15 Juli 1961), peristiwa Jengkol, Kediri (3 November 1961), peristiwa GAS di kampung Peneleh, Surabaya (8 November 1962), sampai peristiwa pembunuhan KH Djufri Marzuqi, dari Larangan, Pamekasan, Madura (28 Juli 1965)
    • Perlawanan GP Ansor
    Aksi-aksi massa sepihak yang dilakukan oleh PKI mau tidak mau pada akhirnya menimbulkan keresahan di kalangan warga masyarakat yang bukan PKI. Dikatakan meresahkan karena pada umumnya yang menjadi korban dari aksi-aksi massa sepihak tersebut adalah anggota PNI, PSI, ex-Masyumi, NU, dan bahkan organisasi Muhammadiyah. Ironisnya, aksi-aksi massa sepihak yang dilakukan oleh PKI itu belum pernah mendapat perlawanan dari anggota partai dan organisasi bersangkutan kecuali dari GP Ansor, yang mulai menunjukkan perlawanan memasuki tahun 1964—dalam hal ini KH M Yusuf Hasyim dari Pesantren Tebuireng Jombang tampil sebagai pendiri Barisan Serbaguna Ansor (Banser).

    Perlawanan anggota GP Ansor sendiri tidak selalu dilatari oleh persoalan yang dihadapi warga Nahdliyyin berkenaan dengan aksi-aksi massa sepihak PKI, melainkan dilatari pula oleh permintaan perlindungan dari warga PNI, ex-Masyumi maupun Muhammadiyah. Di antara perlawanan yang pernah dilakukan oleh GP Ansor terhadap aksi-aksi massa sepihak PKI adalah peristiwa Nongkorejo, Kencong, Kediri di mana pihak PKI didukung oleh oknum aparat seperti Jaini (Juru Penerang) dan Peltu Gatot, wakil komandan Koramil setempat. Dalam kasus itu, PKI telah mengkapling dan menanami lahan milik Haji Samur. Haji Samur kemudian minta bantuan GP Ansor. Terjadi bentrok fisik antara Sukemi (PKI) dengan Nuriman (Ansor). Sukemi lari dengan tubuh berlumur darah.

    Pengikutnya lari ketakutan.
    Pecah pula peristiwa Kerep, Grogol, Kediri. Ceritanya, tanah milik Haji Amir warga Muhammadiyah oleh PKI dan BTI diklaim sebagai tanah klobot, padahal itu tanah hak milik. Setelah klaim itu, PKI dan BTI menanam kacang dan ketela di antara tanaman jagung di lahan Haji Amir.

    Karena merasa tidak berdaya, maka Haji Amir meminta bantuan kepada Gus Maksum di pesantren Lirboyo. Puluhan Ansor dari Lirboyo bersenjata clurit dan parang, menghalau PKI dan BTI dari lahan Haji Amir.

    Tawuran massal Ansor dengan Pemuda Rakyat pecah pula di Malang. Ceritanya, Karim DP (Sekjen PWI) datang ke kota Malang dan dalam pidatonya mengecam kaum beragama sebagai borjuis-feodal yang harus diganyang. Mendengar pidato Karim DP itu, para pemuda Ansor langsung naik ke podium dan langsung menyerang Karim. Para anggota Pemuda Rakyat membela. Terjadi bentrok fisik. Pemuda Rakyat banyak yang luka.
    • Kelahiran Banser
    Aksi massa sepihak yang dilakukan oleh PKI pada kenyataannya sangat meresahkan masyarakat terutama umat Islam. Sebab dalam aksi-aksi itu, PKI melancarkan slogan-slogan pengganyangan terhadap apa yang mereka sebut tujuh setan desa. Tujuh setan desa dimaksud adalah tuan tanah, lintah darat, tengkulak, tukang ijon, kapitalis birokrat, bandit desa, dan pengirim zakat (LSIK, 1988:72). Dengan masuknya �pengirim zakat� ke dalam kategori tujuh setan desa, jelas umat Islam merasa sangat terancam. aksi massa sepihak yang dilakukan PKI rupanya makin meningkat jangkauannya. Artinya, PKI tidak saja mengkapling tanah-tanah milik negara dan milik tuan tanah melainkan merampas pula tanah bengkok, tanah milik desa, malah yang meresahkan, sekolah-sekolah negeri pun akhirnya diklaim sebagai sekolah milik PKI.

    Hal ini terutama terjadi di Blitar. Dengan aksi itu, baik perangkat desa maupun guru-guru yang ingin terus bekerja harus menjadi anggota PKI.

    Atas dasar aksi sepihak PKI itulah kemudian pengurus Ansor kabupaten Blitar membentuk sebuah barisan khusus yang bertugas menghadapi aksi sepihak PKI. Melalui sebuah rapat yang dihadiri oleh pengurus GP Ansor seperti Kayubi, Fadhil, Pangat, Romdhon, Danuri, Chudori, Ali Muksin, H. Badjuri, Atim, Abdurrohim Sidik, diputuskanlah nama Barisan Ansor Serbaguna disingkat Banser. Pencetus nama Banser adalah Fadhil, yang diterima aklamasi.

    �Karena Banser adalah suatu kekuatan paramiliter serba guna yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan di masa genting maupun aman, maka lambang yang disepakati dewasa itu berkaitan dengan keberadaan Banser,� tutur Agus Sunyonto, penulis masalah gerakan Islam, dalam tulisan �Mengenang Partisipasi Politik Banser pada 1965 : Lahir dalam Tekanan PKI.�

    Lambang awal Banser mencakup tiga gambar yakni cangkul, senapan dan buku. Menurut Romdhon, tiga gambar itu memiliki makna bahwa seorang anggota Banser siap melakukan pekerjaan membantu masyarakat yang membutuhkan (simbol cangkul), siap pula membela agama, bangsa dan negara (senapan) dan siap pula belajar (buku).

    Dalam tempo singkat, setelah Banser Blitar terbentuk, secara berantai dibentuklah Banser di berbagai daerah. Dan pada 24 April 1964, Banser dinyatakan sebagai program Ansor secara nasional. Mula-mula, Banser dilatih oleh anggota Brimob. Kemudian dilatih pula oleh RPKAD, Raiders dan batalyon-batalyon yang terdekat. Selain dibina oleh pihak militer, Banser secara khusus dibina oleh para kiai dan ulama tarekat dengan berbagai ilmu kesaktian dan kedigdayaan. Di antara kiai yang terkenal sebagai pembina spiritual Banser dewasa itu adalah Kiai Abdul Djalil Mustaqim (Tulungagung), KH Badrus Sholeh (Purwoasri, Kediri), KH Machrus Ali dan KH Syafii Marzuki (Lirboyo, kediri), KH Mas Muhadjir (Sidosermo, Surabaya), KH Djawahiri (Kencong, Kediri), KH Shodiq (Pagu, Kediri), KH Abdullah Siddiq (Jember).

    Hasil kongkret dari pembentukan Banser, perlawanan terhadap aksi sepihak PKI makin meningkat. Kordinasi-kordinasi yang dilakukan anggota Banser untuk memobilisasi kekuatan berlangsung sangat cepat dan rapi. Dalam keadaan seperti itu, mulai sering terjadi bentrokan-bentrokan fisik antara Banser dengan PKI. Bahkan pada gilirannya, terjadi serangan-serangan yang dilakukan anggota Banser terhadap aksi-aksi massa maupun anggota PKI. Demikianlah, pecah berbagai bentrokan fisik antara Banser dengan PKI di berbagai tempat seperti: Peristiwa Kanigoro.

    Pada 13 Januari 1965 tepat pukul 04.30 WIB, sekitar 10.000 orang Pemuda Rakyat dan BTI melakukan penyerbuan terhadap pondok pesantren Kanigoro, Kras, Kediri. Alasan mereka melakukan penyerbuan, karena di pesantren itu sedang diselenggarakan Mental Training Pemuda Pelajar Indonesia (PII). Pimpinan penyerbu itu adalah Suryadi dan Harmono. Massa Pemuda Rakyat dan BTI itu menyerbu dengan bersenjatakan golok, pedang, kelewang, arit, dan pentungan sambil berteriak histeris: – �Ganyang santri!�, �Ganyang Serban!�, �Ganyang Kapitalis!�, �Ganyang Masyumi!�.

    Para anggota PR dan BTI yang sudah beringas itu kemudian mengumpulkan kitab-kitab pelajaran agama dan Al-Qur�an. Kemudian semua dimasukkan ke dalam karung dan diinjak-injak sambil memaki- maki. Pimpinan pondok, Haji Said Koenan, dan pengasuh pesantren KH Djauhari, ditangkap dan dianiaya. Para pengurus PII digiring dalam arak-arakan menuju Polsek setempat. Para anggota PR dan BTI menyatakan, bahwa PII adalah anak organisasi Masyumi yang sudah dilarang. Jadi PII, menurut PKI, berusaha melakukan tindak makar dengan mengadakan training-training politik.

    Peristiwa penyerangan PR dan BTI terhadap pesantren Kanigoro, dalam tempo singkat menyulut kemarahan Banser Kediri. Gus Maksum �putera KH Djauhari� segera melakukan konsolidasi. Siang itu, 13 Januari 1965, delapan truk berisi Banser dari Kediri datang ke Kanigoro. Markas dan rumah-rumah anggota PKI digrebek. Suryadi dan Harmono, pimpinan PR dan BTI, ditangkap dan diserahkan ke Polsek.

    Banser Versus Lekra
    Bentrok Banser dengan PKI pecah di Prambon. Awal dari bentrok itu dimulai ketika Ludruk Lekra mementaskan lakon yang menyakiti hati umat Islam yakni : �Gusti Allah dadi manten� (Allah menjadi pengantin).

    Pada saat ludruk sedang ramai, tiba- tiba Banser melakukan serangan mendadak. Ludruk dibubarkan. Para pemain dihajar. Bahkan salah seorang pemain yang memerankan raja, saking ketakutan bersembunyi di kebun dengan pakaian raja. Bulan Juli 1965, terjadi insiden di Dampit kabupaten Malang. Ceritanya, di rumah seorang PKI diadakan perhelatan dengan menanggap ludruk Lekra dengan lakon �Malaikat Kawin�. Banser datang dari berbagai desa sekitar. Pada saat ludruk dipentaskan para anggota Banser yang menonton di bawah panggung segera melompat ke atas panggung. Kemudian dengan pisau terhunus, satu demi satu para pemain itu dicengkeram tubuhnya. (Tim Duta).

    • Banyuwangi – Sudah dua tahun terakhir, Monumen Pancasila Jaya, Lubang Buaya di Dusun Krajan Desa Cemetuk Kecamatan Cluring, Banyuwangi, sepi kegiatan. Padahal tiap 30 September seperti hari ini, lokasi itu selalu ramai kegiatan.

    Di depan monumen itu kokoh berdiri patung Burung garuda. Di sisi kanan berdiri dinding pembatas setinggi 1,5 meter sepanjang 15 meter. Di dinding itu terdapat relief bertema sadisme yang dilakukan PKI.

    Setidaknya rekaman sejarah tergambar di relief mayat manusia yang diperlakuan bagai bangkai hewan buruan. Serta relief aksi sadisme yang tak kalah kejam lainnya. Memang, di tempat inilah 62 anggota Ansor dari Kecamatan Muncar dibantai secara licik dan sadis oleh PKI, pada tanggal 18 Oktober 1965.

    Konon mayat para pemuda tersebut dikubur di dalam tiga lubang yang berbeda. Dua lubang masing-masing berisi 10 mayat. Dan lubang ketiga berisi 42 mayat. Mereka dibunuh dengan cara diracun oleh anggota Gerakan wanita Indonesia (Gerwani).

    “Tiga lubang ini kuburan 62 pemuda Ansor. Sebab itu disebut sebagai lubang buaya,” jelas tokoh pemuda setempat Sugiono Abdillah (36) saat menemani detiksurabaya.com masuk ke dalam areal lubang buaya, Rabu (30/9/2009).

    Abdillah tak dapat bercerita banyak tentang sejarah pembantaian yang dilakukan PKI. Ia hanya dapat menuturkan sepenggal cerita yang didapatnya sewaktu kecil dari para sesepuh Desa Cemetuk.

    Menurut cerita, pembantaian itu sudah direncanakan oleh PKI secara licik. Mereka mengundang pemuda Ansor Muncar untuk menggelar pengajian bersama. Kedatangan para pemuda Ansor kala itu disambut anggota Gerwani yang menyaru sebagai Fatayat NU.

    Ke-62 pemuda Ansor sekarat seusai menyantap hidangan beracun yang disuguhkan PKI. Sejurus kemudian, dengan membabi buta tubuh para pemuda Ansor dibantai dan ditumpuk dalam tiga lubang yang kini menjadi tetenger peristiwa tersebut.

    “Setelah teler mereka dibantai dan dikubur di Cemetuk ini,” tambah Abdillah.

    Diceritakan juga ada beberapa pemuda Ansor yang berhasil menyelamatkan diri dan memberitahukan kejadian itu ke rekan-rekannya. Pembalasan pun dilakukan Ansor dan ormas Islam lainnya yang berakhir dengan runtuhnya PKI di Banyuwangi. (fat/fat)

    • dalam peristiwa 1965 saya berumur 9 Th. apa yg di uraikan di atas hampir semua daerah mengalami khsusnya P. Jawa (Jateng dan Jatim Selatan) di Gayamsari Semarang Tokoh Agama, Partai (PNI/NU) sudah di incar oleh simpatisan/anggota PKI bahkan ayah saya sudah dalam daftar orang yang akan diambil oleh PKI setempat. Alhamdullilah niat jahat PKI tidak terlaksana karena pasukan RPKAD dari Jakarta sudah berada di Semarang. Selang beberapa hari ada pemberitahuan dari Jawatan Penerangan Propinsi lewat pengeras suara dimobil bahwa mulai hari ini segala kegiatan PKI dibekukan ( Oktober 1965)

  219. yaaaaa…..q seh…..antar per caya dak percaya…
    cz q lum lahir saat itu…jadi dak tau dahhhh…..?^_^

  220. semua……jgan ngonyeng sendiri2 dunk….kan qt semua lum pada lahir……jadi nikmati aja hidup yg indah nie…..setujuuuuu
    qt kan dah merdeka….negara yg damai sentosa…..

  221. Semua orang punya pendapat dan keyakinan masing – masing mengenai sejarah G 30 S PKI ini kita semua tentunya kelak akan tahu sejarah aslinya…. tentunya kelak diakhirat .. hehehe buset dah mungkin di akhirat ngurus diri sendiri y dari pada sejarah ini hehehehehe

  222. maksh om artikelnya…. walaupun secara pribadi aku tdk mendukung PKI ada di Indonesia, tetapi cara penumpasannya dilakukan dgn tdk manusiawi, aku jg sangat tdk setuju… palagi dgn unsur2 politik didlmnya… ya begitulah klo para pemimpin kita yg sudah gila kekuasaan… 32 thn cuy Indonesia dijajah oleh Soeharto dan kroni2nya… ckkkckkckk…
    Om artikelnya boleh di share gak???

  223. gw percaya

  224. PKI adalah partai rakyat lemah..tidak punya senjata..tapi di filmnya G30S-PKI, mereka memiliki senjata..Ini adalah akal2an Soeharto untuk menggulingkan Soekarno dengan cara memfitnah PKI. Kenapa PKI, karena Soeharto dibelakangi oleh Amerika yang anti komunis. Kalau sampai China & Uni Soviet bersatu pada waktu itu, Amerika gak akan bisa sesumbar seperti sekarang ini. Jelas film ini bikinan orde baru untuk membohongi kalian-kalian yang punya otak busuk dan GOBLOK setengah mati, sampai tidak tau mana yang benar dan salah.

  225. udalah kalian semua ngg tau sejarah cuma bisa ngasal coment aja,sudah terbukti semuanya sudah didoktrin ama antek-antek amerika,sampai sekarang aja prekonomian kita djajah ama amerika,sapa yang buka diplomatik mendukung amerika bapak elo semua soeharto and antek-anteknya,mau tau karena amerika kuatir dan takut kalau indonesia mempunyai pemahaman ideologi baru yang dibuat soekarno yaitu nasakom,kalau bangsa ini mempunyai ideologi yang baru ngg akan ada pemahaman kapitalis atau pemahaman neolib yang ada rakyat pasti sejahtera salam sosialisme

  226. PKI sbg iblis bangsa ni,brsifat antinasionalis,antiagama,agresif,haus darah&sadis (G 30 S/PKI):yg d ajarkan&d tunjukn pd qt slma ni oleh rekayasa pmbenaran sbg fakta yg tk trbantahkan. Tapi npa qt tdk d ajarkan k0munis sbg ideologi yg mnentang kpemilikan pribadi&kapitalisme,sumbangan PKI dlm prjuangan nasi0nal mlwan Bla…nda atau kgiatan partai dlm mngorganisasi buruh&tani scr damai

  227. mau nya seluruh angota s 3opki haruz di usir dari indonesia menyakut kegiatan peradapan yg mereka lakukan sudah melampaui kekejaman binatang bah kan binatang pun tak sangup untuk membunuh sesama rasnya sendiri

  228. saya sepekat dengen tulisan anda,, saya seorang muslim bukan berarti seorang pki tapi saya peduli terhadap kebenaran sejarah,, Indonesia merdeka juga karena bantuan dari berbagai element termasuk pki. dulu sampai sekarang faham komunis sangat di benci oleh negara barat dan amerika olehkarena itu saya mengidikasi bahwa dalang dari gerakan 30 september adalah amerika dengan CIA melalui tangan suharto. masalah kemajuan bangsa indonesia saat suharto menjabat semestinya itu wajib, karena kurun waktu berkuasa selama 32 thn. beda halnya dengan masa sekarang yang hanya bisa maksimal 2 kali periode.

  229. aku juga punya paman,yang bertempat di tasikmalaya
    keluarga dari ibuku smuanya PKI dan paman ku yg termasuk pejuang PKI dia tahu benar smua tentang kronologis waktu itu..
    paman ku bercerita bahwa pembunuhan di film G 30 S PKI itu smuanya tdak bnr yg telah di bunh adalah keluarga PKI samapai ke akar2nya…
    dan untung’y paman aku dan kakek aku tdak di bantainya hanya saja d jadikn tahanan politik dan di penjara di dua tempat berbeda..
    kakek aku di nusakambangan
    dan paman aku di pulau buru di irian….
    keinginan ku hanya satu bukalah kbnran yg sebnarnya bahwa katanya pembunuhan itu lbh dari 20 juta org yg tak bersalah karena terhasutnya bahwa PKI itu bersalah, kata pamn aku dia pngen bercerita banyak tentang PKI
    terimakasih wasalm

  230. Permisi sdra2 sebangsa se tanah air,,, yg pro n yg kontra,,, mari qt berpikir pd masa depan,…abaikan versi sp yg bnr sp yg salah. nenek moyang qt sdh melawati masa pahit manis sejarah itu_sejarah bangsa indonesia_ di jajah dan merdeka. mk sekarang yg terpenting bagi qt mari qt berpikir masa depan buat qt,masa depan buat bangsa ini, masa depan buat anak cucu, masa depan generasi slanjutnya. qt jgn mbuang2 energy lg untuk mencari kbenaran sejarah itu,,, krn apapun itu toh sdh menjadi bagian dari sejarah bangsa ini. bangsa ini sdh morat marit dgn masalah kbenran yg ujung2nya hukum,, padahal ad yg baru dan masi segar di ingatan para petinggi2 negara dan penegak hukum,,bhkan scr awam pun masyarakat indonesia sbagian sdh mengerti, tp sejarah yg baru 5 hingga 10 thn itu pun yg saksinya sebagian besar masi hidup>>> sangat sangat sungguh begitu sulit untuk di ungkap dan diambil tindakan hukum yg seadil adilnya,.. oleh krn itu sdra2 sebangsa dan setanah air, untuk sejarah 40thn 50th 60 silam biar la di urus org2 di jamannya,,,_bila mampu,,_singakat kata_biarlah berlalu. kwajiban qt sebagai generasi bangsa ini,:jika mw mencari ksibukan & mampu: adalah membantu mencari kbenaran sejarah_peristiwa2 di erah reformasi ini dan penegakan hukum yg tegas berwibawa dan seadil2nya.. PEACE..LOVE INDONESIA…WASSALAM

  231. YA SUDALAH,,, SEKARANG GAYUS ” KORBAN ATAU PENGHIANAT” SRIMULYANI CS,,, PARA JAKSA APARAT DPR SMUA PRABOT2 ATAW ONDERDIL BANGSA SAPA YG BENAR?! SP YG BS JUJUR?>>> BS KAH ANDA MEMBANTU TUK MEMBUKTIKAN 1 KEBENARAN?!! >>>TERNYATA_ ACHMAD ALBAR CS YG BENAR LEWAT LAGUNYA, >>> DUNIA INI PANGGUNG SANDIWARA…HHHHHHHHHHHH

  232. abang abang dan ayuk ayuk sekalian,,
    sebelumnya saya minta maaf maen nylonong,, XD
    saya mendapat satu tugas,, bertenakan “refleksi kaum muda terhadap G30s/PKI”
    adakah yang bisa membantu saya ?
    terimakasih sebelumnya

  233. Saya mempercayakan kebenaran sejarah untuk terus diteliti oleh para ahli sejarah dan generasi muda yang mendalami bidang tersebut.
    Saya peduli pada keluarga PKI yang selama orde baru kehilangan hak2nya
    Saya berduka cita pada orang-orang yang oleh Soeharto dipenjara dan dieksekusi tanpa proses pengadilan
    Saya tahu sebagian orang masuk PKI bukan karena mereka tidak beragama tapi karena mereka kaum tani yang ingin memperbaiki hidup
    Saya percaya Bung Karno dan Soeharto akan diadili oleh Tuhan.

  234. jaman suharto memang enak tapi bagi orang jawa sama cina saja.kalau orang sumatera mah pada tak enak buktinya lo lihat sendiri berapa banyak tanah orang sumatera ,kalimantan sulawesi dan irian tanah nya di ambil dan diberikan untuk orang jawa alias transimigrasi dan dibiayai lagi sama negara itulah pembangunan era suharto pembangunan wong java dan cina .cobalah dulu di jaman pak harto kamu ada masalah sama cina pasti kamu di datangi tentara atau polisi .,….iakan teman-teman,….

  235. ini hanya perbedaan cara pandang orang ” kolot ” yg berpikir soeharto sebagai dewa…dan pemuda “modern ” yg mencari kebenaran sejarah….
    g jaman mo salah menyalahkan…yg d cari kebenaran atas sejarah…so jgn ngotot donk kaum kolot soehartolovers…..

  236. Kalau PKI memang harus di tumpas sampai akar2 nya, PKI merupakan musuh negara,
    kalau yang menulis diblok ini, PKI Hanya alat ORBA, Tu adalah BOHONG, Hanya Orang KOMUNIS & KELUARGA KOMUNIS Lah yanb bilang begitu, Sejarah telah mencatat kekejaman PKI, Tidak bisa secara sepihak bahwa ORBA SALAH BESAR

    • mas…
      sudah byk manusia yg berani bicara bhwa PKI itu bukan pemberontak sebenarnya…
      Bahkan Jendral2 yg Mati saat itu yg diberitakan mayatnya tidak utuh Itu BOHONG..
      Dokter dari TIM Forensik yg ketika itu memvisum semua Jend. BIcara Sendiri@ Metro.files

  237. pergunakan falsafah mobil
    Kaca depan besar dengan tujuan agar orang lebih jelas dan terang menatap kedepan demi masa depan dan melihat kebelakang hanyalah untuk hal yang bersifat kontrol dan emergenci…………

    • Menatap Masa depan tanpa melihat backgroun siapa diri kita sebenarnya di masa lampau sama dengan nyetir mobil ditengah kabut tebal. Sejarah merupakan pedoman sekaligus penjernihan kaum muda agar mampu mengendalikan masa depan. MAKANYA BANYAK BACA, JANGAN ASAL PRO SOEHARTO AJA.
      SOEHARTO SESUNGGUHNYA SEORANG KAPITALIS YG MENERAPKAN KOMUNISME KEPADA RAKYATNYA SENDIRI

      • Saya bertanya-tanya KOQ BISA YA ORANG SEPERTI ANDA YG JARANG BACA BUKU BISA DAPET GELAR S.PD

  238. ms.. masih punya fimnya ga…?

  239. aq nggak terlalu tau, tp aq pernah baca buku ttg G30S PKI. disitu tertulis bahwa semua kekejaman dilakukan oleh presiden soeharto, menurut buku itu pak soeharto memfitnah pak soekarno. tp nggak tau jugalah. aq cuma baca bukunya. ada yang punya filmnya G30S pki nggak?? aq pengen tau peristiwa menurut film itu gimana

  240. tp nggak tau juga. aku cuma baca semuanya dari buku itu, jadi jangan salahkan saya. dan menurut buku itu PKI bukanlah sebuah partai yang dapat menghancurkan bangsa dan negara, bahkan sebaliknya, PKI adalah suatu partai yang dapat mempersatukan bangsa dan negara…?

  241. pki itu blom sebiadab koruptor mas dan mba….kita wapadai koruptor yg gak bisa dipenjara karna banyak relasi dan duitnya….yg kita tahu semua duit itu duit rakyat. harusnya yg dibantai itu koruptor, sejak jaman soeharto ampe sekarang…..bukannya makin abis malah makin menggila….jadi penghianat bangsa sejati yaitu koruptor……wassalam

  242. jujur aku sangat bingung dengan semua versi yng mencuat… masing2 penulis memihak ke masing2 pihak yang berbeda pula…. kita memang wajib mengetahui dan cari tahu mengenai kejelasan sejarah bangsa, tapi setidaknya jangan terlalu banyak menulis maslah yang jelas2 kita tahu bahwa pemegang kebenaranya saja tidak mau memberi tahu bahkan sudah meninggal walaupun itu versi kita sendiri, karena akan menimbulkan berbgai persepsi di kalangan yang sejujurnya sangat tidak mengerti masalah sejarah seperti ini apalagi bagi generasi penerus bangsa yang baru dan lagi semangat2nya belajar mengenai sejarah…..

  243. kenapa hanya 7 jendral itu saja yang jadi korban, kenapa tidak semuanya,
    disini yang menjadi tanda tanya ????? ada apa sebenarnya di balik gerakan 30 september ini, siapa sebenarnya yang mendalangi dan mengotaki gerakan ini sampai begitu bengis dan tega menganiaiya dan membunuh jendral dan perwira pertama kita mudah-mudahan tragedi itu tidak akan pernah terulang Amieennn…

  244. intinya. pki adalah atheis (tidak percaya adanya Allah SWT). jadi komunis/PKI memang harus dimusnahkan. untuk orang-orang mantan komunis yang bertaubat dan taat kepada ajaran Islam ya kita maafkan.

  245. dnger nmanya ja udah ngeri, PKI.manusia tak berTuhan dn bngis kejam emng tak pntas hidup d bumi indonesia.harus sepantasnya d berangus.

  246. pki memang pantas dimusnahkan, tp saya yakin sekali bahwa antek2 nya belum musnah di berantas. dan dari itu mereka pada jaman skrng ini sedikitnya telah bermunculan. nyatanya negri kita skrng disana sini masih banyak kekacauan yg dtg nya dari dlm negeri kita sendiri, itulah dia antek2 yg mencoba sedikit demi sedikit masuk kesegala itansi dan bukan tidak mungkin dia juga menyelusup masuk yg mengatasnamakan agama. dia sedang menggerogoti manusia dan negara tercinta ini tentunya dgn tanpa kita sadari. bahkan kewaspadaan kita hampir nol bisa mendeteksi kemunculannya.

  247. jadi mana yang bener ? Tulisan ini menurut saya malah bikin bingung.

  248. yang jelas komunis(PKI) salah..dan pak harto juga gak sempurna.Toh semuanya kalo mau diteliti hanya melahirkan pro-kontra yang justru menambah luka baru baik korban maupun pelaku sejarah.Penulis juga tidak bijaksana karena hanya menegaskan kalo ini berdasarkan versi diri sendiri.Justru dengan mengatakan ini anda tidak obyektif.Bisa saja orang lain menuduh anda PKI dan neo-komunis dan justru membahayakan diri anda sendiri.
    Mungkin lebih baik kita membangun bangsa ini dengan lebih hati-hati karena menuju tantangan depan malah kita sibuk membuka luka lama.Sebaiknya ditanyakan ke pribadi masing2..apa yang sudah anda kerjakan buat bangsa ini.Nasionalisme bukan diukur dari sejarah..tetapi bagaimana anda memahami jati diri bangsa dan memberi sumbangsih untuk pembangunan.Kritis boleh, tetapi bukan untuk menjadi sempit berpikir.Pancasila jelas-jelas mengajarkan budi pekerti luhur…dan komunis maupun liberalis dengan kapitalismenya tidak boleh hidup di Indonesia.Jadi maknailah peringatan 30 september sebagai hari dimana kita harus lebih memahami pancasila dengan butir-butir yang diajarkannya dalam kehidupan.
    Jayalah pemuda..jayalah Indonesia

  249. Sampai hari ini kita belum tahu kebenarannya,jadi teman2 sebaiknya jangan terlalu mudah menghujat salah satu pihak, kita tunggu aja suatu hari pasti akan terbukti yang mana yang benar. Ingat pepatah sedalam-dalamnya mengubur bangkai pasti akan tercium juga bau nya. Anggap saja penyelewengan sejarah ini sebagai bangkai yang coba disembunyikan oleh beberapa pihak, namun suatu hari kelak akan muncul kebenarannya.
    Satu hal yang perlu menjadi masukan buat teman2 bahwa peristiwa G30 S PKI bukan sekedar skenario nasional tapi juga menjadi skenario internasional, karena Indonesia adalah negara yang besar sejak dilahirkan, letak dan keberadaan Indonesia sangat mempengaruhi eksistensi negara adikuasa pada saat itu.
    Soekarno atau Soeharto dan yang lainnya hanya seorang manusia yang harus kita akui ada kelebihan & kekurangan.
    Mari kita coba gali dan kumpulkan fakta2 yang masih tersisa, dan jangan tergesa-gesa menghakimi salah satu pihak, karena semuanya masih analisa dari bukti2/saksi2 yang semakin minim.

    Merdeka…….

  250. aaah pada bego semua lu pikiran lu pada pendek anak ga pendidikan pada lu,, sekarang mah ga usah lu pada komen yan ga jelas, lu pada ber pikir doong udah memberikan apa lu sama negara,,belajar dong dengan pola pemikiran yang memajukan bangsa,,ga usah pada komen yan bego,lu liat di jalan masih banyak anak yang jadi pengemis dan ga sekolah tapi mereka derajatnya lebih tinggi dari kalian2 mereka tidak malu mengakui kebodohannya,,di banding kalian pintar tapi bloon,,salam Betawi

  251. pada ngaco,
    “>alert(“I am an alert box!”);

  252. Lebih baik kita berolahraga daripada ngebahas pepesan kosong yang tiada arti.. PKI tetap PKI yang kejam dan kita harus menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila tetap dasar Negara yang tdk bisa diganggu gugat.

  253. salam utk semuanya….
    sungguh menggelitik saat membaca komentar2 yang penuh emosi pembenaran dan merasa benar….hehehehhehehhe
    disini kita berbicara SEJARAH dan tidak bisa kita berpikir dalam perspektif sempit…dalam menganalisis sejarah kita dituntut untuk berkepala dingin dan seobyektif mungkin ( melihat berbagai sumber meskipun kontradiktif )…Sejarah ’65 di Indonesia juga tidak terlepas dari perang dingin dan kepentingan2 negara besar untuk menguasai Indonesia karena Indonesia memiliki SDA yg melimpah juga SDM yang murah ( saya tidak berbicara bahwa rakyat Indonesia bodoh…) untuk diambil kemampuannya baik tenaga maupun fikiran, juga sebagai produsen sekaligus konsumen….penjjah mana yang nggak tergiur dengan hal demikian..? hingga membuat strategi politik yg harus menghancurkan cara berpikir masyarakat di Indonesia untuk saling membenci dan curiga mencurigai sampai tidak sempat “berpikir merdeka” meskipun sudah merdeka…
    setiap orang pasti memiliki Tuhannya masing-masing sesuai dengan kepercayaan dan agama…dalam hubungnnya dengan sesama manusia memang kita perlu sebuah tatanan karena semua agama memiliki hukum masing2, ideologi memiliki kelebihan masing2…
    seperti halnya H.Misbach yg memiliki kepercayaan yang kuat dan ideologi yang progresif….
    pada tahun kisaran 1960-an Indonesia pada kondisi revolusioner massive, dan tentunya kolonial takut akan hal itu….dan terus membuat strategi penghancuran terhadap Indonesia, buktinya: kenapa setelah kejadian diatas Inggris bisa menguasai pertambangan minyak, Amerika bisa menguasai tambang emas yang tidak habis2nya sampai sekarang…?(ekses perang dingin)……berapa jmlh utang Indonesia di WB dan IMF…?
    banyak buku-buku mengenai sejarah ’65 yang ditulis menggunakan analisa ilmiah historiografi, meskipun dalam sudut pandang masing-masing…
    masa lalu tidak bisa dilupakan karena memang harus diingat untuk evaluasi kedepan kehidupan bangsa kita…..
    Indonesia harus menjadi negara mandiri dan kapitalisme serta bentuk penjajahan seperti apapun harus dimusnahkan di bumi ini….
    SILAHKAN BERSIKAP SKEPTIS ASALKAN BERPIKIRAN PROGRESIF…
    JAYALAH INDONESIAKU

  254. Iniii kereeeen bgt, jdi bisa tau fakta yang wow bgt .. Seddiiiih jg sih uu .. Masih ada gak sih skrg film yg dnonton pas SD? .. Apa udh dmusnahkan smuanya jga? Guru pkn ku jga beranggapan yg sama

  255. Tulisan diatas itu baik, supaya sudut pandang kita tidak hanya pada satu sisi saja. Setelah kita belajar sejarah versi Orba di sekolah, kitapun perlu versi lain yang belum terungkap, supaya sudut pandang kita kian luas dan terbuka. Yang mendalangi G30S bisa PKI, dan Soeharto yang berlagak seperti Ken Arok yang membunuh Tunggulametung, tapi yang dihukum Keboijo. Yang jelas orang yang paling DIUNTUNGKAN dalam peristiwa itu adalah Soeharto.

  256. APAPUN PENDAPAT LO…YG PASTI ENAKAN JAMAN SOEHARTO. DASAR GOBLOK..APA ENAKNYA JAMAN SEKARANG ???? HAM ANJING, BIKIN KISRUH. HARUS ITU PKI, TERORIS DI BIKIN TUMPES SAMA HARTO. RAKYAT TENANG. BEGO TANPA OTAK KOK SAK BLOG….KECUALI GW..

  257. COBA YANG PADA NGEBACOT DI ATAS KASIH JABATAN…PASTI DIEEMMM….!!!! UJUNG2NYA DUIT. TOKOH REFORMASI MACAM PIUS, BUDIMAN DLL. SEKARANG DPT JABATAN ENAK, YA DIEEMM..
    APALAGI ENTE…????

  258. kalau ada kebohongan tentang sejarah g30s/pki dimana letaknya?dan adakah buktinya?yang mengatakan peristiwa 1965 bohong pun sama tidak mmpunyai bukti apapun,.yang pasti suharto telah brjasa dalam tragedi 1965,..supersemar bukanlah dongeng belaka,.tp dia adalah sejarah bagi indonesia.,.

  259. mbaca tulisan ini sambil ndengerin lagu GENJER GENJER dari berbagai versi enak tenan!!!!!!!!!!!! tambah syhdu

  260. genjer genjer neng kedhokan pating keleler2x,
    emake thole teko teko mbubuti genjer2x
    oleh sak tenong mungkur sedhot sing tulih tulih
    genjer genjer saiki wis digowo mulih…………
    genjer genjer esuk esuk didhol neng pasar2x
    dijejer jejer diuntingi podho didasar2x
    emake jebeng dodo tuku nggowo welasah
    genjer genjer saiki wis arep diolah………
    genjer genjer mlebu kendil wedang gemulak2x
    setengah mateng dientas dienggo iwak2x
    sego sak piring sambel jeruk ring pelonco
    genjer genjer dipangan musuhe sego

  261. bagi gw PKI tetap LAKNATULLAH ALAIH NAJASSUN…yang putih di bilang hitam yang hitam di bilang putih Itulah ciri KOMUNIS Laknat

  262. menurut saya, versi anda terlalu spekulatif. walaupun harus saya akui, sudut pandang anda sangat menarik. terima kasih atas ilmunya.

  263. Hanya allah lah yang tahu siapa dalang sebenarnya,,misteri ini tak akan pernah bisa terjawab sampai kapanpun,,,karena terdapat dua versi antara yang anti komunis n keluarga komunis.

  264. nice story.. thanks for sharing ur idea..
    emang betul, perlu penjajakan lebih dalam ke org2 yang saat itu mengalaminya, namun perlu effort yang besar.. tapi kalau memang ingin mengungkap harus diusahakan dari sekarang.. sebelum mereka2 itu meninggal dunia..

  265. kalau kita terus melihat kebelakang, kapan kita maju….jadikan peristiwa2 tersebut sebagai pelajaran dan jangan sampai terulang kembali. Lihat perjuangan bangsa Korea selatan, dari terpuruk sampai menjadi negara super…..Bagi pemuda yang cinta Indonesia dan beriman mari kita teruskan perjuangan dan jangan mementingkan diri sendiri/golongan…. INDONESIA MAJU KITA JUGA IKUT MAJU. Mungkin sekarang tidak kita nikmati tapi buat anak keturunan kita nanti….

  266. Jika anda seorang presiden,dan mengetahui akan di kudeta oleh tentara anda sendiri,apa yg akan anda lakukan?pasukan pengawal presiden?mengapa untung dieksekusi tanpa pengadilan terlebih dahulu?

  267. “Becik ke titik, olo ketoro”
    (kebaikan ataupun keburukan pasti akan ketahuan)
    hanya Allah yang Maha tau,…

  268. kalau boleh tahu, pendapat tentang PKI gmana ya?

  269. kita semua tidak ada yang tau pki itu kejam apa tidak.
    yang kita tau pki kejam itu hanya di film.
    namun kita tidak tau bahwa korban dari pihak pki begitu banyak,
    tpi semua nya berbalik kepada allah swt.
    lambat laun tidak di dunia tpi di akhirat kita akan tau kelak,itu pasti.
    wassalam……

  270. ngakak baca semua komentar2 sampe segitunya… :D

    hayo2 terusin debatnya…
    biar tambah terpecah belah neh Persatuan di Indonesia…
    wkwkwkwkwkwk… :kabur:

  271. “…tidak ada seorang pun bangsa indonesia yang mampu menyusun grand skenario sedahsyat Gerakan 30 September…..” kata salah seorang saksi sejarah yg pernah mendekam di penjara setelah vonis hukuman mati karena dugaan terlibat persekongkolan G 30 S/PKI, namun akhirnya mendapatkan Grasi dari Presiden.

    dan beberapa tahun belakangan skenario tersebut terulang kembali di salah satu negara ASEAN, yang jika di cermati merupakan hasil Copy paste dari Gestapu….

    katanya… itu katanya…. namun saya cenderung sependapat dengan katanya ini… karena pihak yg sanggup melancarkan operasi semacam itu hanyalah pihak asing, yg memang telah mahir dalam manipulasi maupun malpraktek untuk menimbulkan revolusi ataupun demonstrasi yg berujung pada penggulingan kekuasaan.

    saya berharap jangan terlalu percaya dengan apa yg saya sampaikan ini…. karena saya mengharapkan kalian tidak percaya, untuk terus mencari kebenaran tanpa mengorbankan keyakinan bahwa para pendiri bangsa ini bangga dengan keanekaragaman yg dikandungnya.
    jangan jadikan perbedaan itu sbg alasan perpecahan, jadikanlah perbedaan itu sebagai perekat pemersatu bangsa.

  272. yang jelas pembunuhan keji terhadap para dewan jendral adalah G 30 S PKI……!!!

  273. mau siapa saja yang menyuruh PKI membunuh dewan jendral, tetap saja membunuh adalah DOSA BESAR..

  274. Oke kalau masalah supersemar saya sich cenderung yakin ditandatangan dibawah todongan pistol, tapi kalau soeharto yang dituduh sebagai pelaku G.30 S PKI saya belum bisa percaya…..karena tidak ada bukti yang jelas tentang perencanaan gerakan tersebut,….setidaknya jika kita melempar sebuah kesalahan kita harus siap dengan bukti, baik berupa bukti tertulis, kaset/video atau wawancara dan lainnya….

  275. Saya sependapat dengan artikel diatas,ada baik nya kita berpikir seperti peragu,agar kita jangan mudah ditipu.sejak smp saya sudah meragukan pelajaran sejarah,apalagi bagian peperangan dan politik.pertanyaan saya,bagaimana kita bisa sangat membenci komunis,sementara negara lain menerapkannya.apalagi saat sekarang ini informasi lebih bebas(kebanyakan masih di batasi)sejak suharto lengser.menurutku komunis itu baik tapi jaman sekarang demokrasi lebih baik,kebebasan itu indah.sekarang aku mengerti kenapa rakyat amerika memilih sekuler daripada berdasarkan agama,sebab sekuler lebih universial dari agama.

  276. Dari dulu sampai sekarang, selama manusia masih hidup, dan masih mempunyai nafsu, sama saja, hanya berbeda tempat dan waktu, kita tidak pernah tahu isi hati pemimpin2 kita…

  277. Siapa DN Aidit dan Siapa Soeharto….
    Siapa Istrinya DN Aidit dan Istrinya Siapa Soeharto….
    Semuanya saling keterkaitan…. Silahkan cari dan Jika sudah ketemu
    baru kalian semua bisa Komen…

  278. Semua ada indikasi keterkaitan dari dalam dan luar negri. berawal dari ide bung karno tentang NASAKOM, ingin merangkul semua perbedaan yang ada termasuk komunis di dalamnya, memang indonesia negara berasaskan PANCASILA, namun adanya masyarakat komunis di indonesia yang juga besar tidak bisa dinafikan, tidak adil dan tidak manusiawi dihancurkan. NASAKOM tetap berada di bawah Pancasila sebagai dasar negara, toh juga sekarang banyak komunitas ateis yang ada di indonesia, mereka juga bebas beraktifitas sepanjang tidak bertentangan dengan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum. bisa dimaklumi seorang Soekarno yang berjiwa dan punya cita-cita besar yang telah meletakkan Pancasila sebagai dasar negara melahirkan konsep NASAKOM untuk kebesaran dan kemajuan bangsa indonesia yang Multi kultur, ini boleh jadi bagi pihak Amerika dan sekutunya yang kapitalis dan Imprealis merupakan ancaman bagi mereka untuk menghancurkan hegemoninya di indonesia

    • CATATAN : maaf di bawah Pancasila? mohon dikaji lagi Pelajaran Pancasila nya, pelajari juga ajaran Komunisme, PELAJARI Dan DALAMI, berbicara benar bukan berarti bahasa yang keluar LAS_LAS_LIS_LIS…dsb

      “dan masih bersyukurlah kita Muslimin & muslimah masih di jadikan kafilah di negara Indonesia ini, apa jadinya kalau Islam lah yang di bantai karna Islam bertuhan , juga agama2 lain. hindarilah guncingan indifidu dan dendam pribadi, logika dan akalah yang harus di gunakan, apalagi Islam …SOLAT ISTIKHOROH lah…”

  279. Semua pemimpin mempunyai kelebihan dan kekurangan masing2. Baik itu pada masa pemerintahan Soekarno ataupun Soeharto. Setiap penguasa, tentu ada menyumbang dan menerima dari negara dan untuk negara. itu hal yg wajar. Masalah G 30 S, hingga sekarang masih sangat belum jelas. Belum ditemukan bukti yg akurat untuk menyibak tabir yg sebenarnya. Tugas kita sebagai generasi penerus bangsa lah untuk mencari tahu akan sejarah yg masih sangat buram. Tidak ada yg menyalahkan untuk kita berpendapat ttg siapa yg menjadi dalang peristiwa ini. baik Soekarno, Soeharto atau yg lainnya. kita jangan hanya terpaku akan apa yg pernah mereka sumbangkan dan mereka terima dari bangsa ini. itu akan membuat kita menjadi sulit untuk menilai siapa yg baik dan siapa yg buruk. Menurut saya, pendapat2 anda diatas semuanya benar. Tapi, akan lebih benar, jika kita bersama2 mencari tahu akan kebenaran yg ada. Karena sejarah, bukan hanya belajar akan masa lalu. Tapi sejarah juga adalah untuk kita mencari tahu kebenaran akan masa lalu kita. Kamu dan Kita itu satu. Mari kita bersama2 berjuang mencari sejarah kita yg hilang. Malu dong dengan negara lain…
    Semangat untuk sejarah Indonesia

  280. PKI kok pejuang….PEJUANG DARI NERAKA ya???huhuhu
    pastinya mereka lahir dari batu…apa dari hewan aja,,,anjing kaliiiiii….kelakuan mereka sama kyk anyinggg….

  281. no koment

  282. Jangan Bilang PKI itu benar, PKI yg megatasnamakan Bandar besi diwilayah sumatra,sebelum adanya grakan 30 spki sudah ada,,,banyak kejahatan yg terjadi sehingga rakyat sgt ketakutan dengan itu,,milik rakyat sama dengan milik mreka,hak rakyat hak mreka,sampai ayam rakyat ayam mreka,sampai sekarang saksi hidup masi ada 87 tahun umurx,,nenek saya,,,,kau yg membela pki bangsaaat perlu di basmi dri bumi indonesia,,

  283. bantuin pelisss.
    1. berikan opini mengenai kejadian G30SPKI
    2. terlibatkah Soeharto dalam kasus tersebut

    ya bantuin ya mas, mba. please please please

    • partai politik yg didalam adanya suatu “Paham Idiologi” pasti akan menjadikan pahamnya maskot perjuangan dalam kerangka kenegaraan : Komunis, Komunis sosialis, Agamis, dll menjadi dasar negara. itu pasti . Kalau PKI pasti idieolgi Komunis Sosialis dalam negara. seperti Cina dan soviet (skrng rusia). PKI dibubarkan sy sangat setuju, yg tidak setuju Pembantaian masal yg tdk berperikemanusian dlm penumpasannya. banyak orng yg ngak tau apa2 jg banyak yg dibantai, contoh orng ditanya ” kamu PKI ya!!?.. Jawab ” tidak. bukan PKI Pak, saya BTI” akhirnya orng tsb di ciduk dan dibantai tanpa rasa kemanusian.
      Politik itu Kotor, dan kejam, (bila hanyak menginginkan kekuasaan belaka) tapi politik akan menjadi mulia ( bila ada niat untuk memajukan Bangsa)
      wassalam

  284. Klo pki tidak ditumpas indonesia PASTI lebih HEBAT dari AMRIK !!!LIHAT cina korea dll
    Di indonesis Komunis bukan agama TaPI IDEOLOGI ,,,gw yakin yg ikut Pki agamanya ISLAM yg taat gak kyak skrang !!!
    Ideologi dan mainset qita udah dibunuh oleh oknum2(ga tw siapa) ,, makanya pada saling bunuh demi kesuksesan martabat kekuasaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: