Fakta Dibalik Peristiwa G 30 S PKI (versiku) bag 2

Pagi harinya, Soeharto yang telah mengetahui hal ini mendapat laporan dari beberapa ajudan jendral yang telah diculik. Soeharto hanya tersenyum dalam hati karena telah mengetahui bahwa semua ini akan terjadi. Ambisinya untuk menguasai negeri dengan pangkat dan jabatan yang dia miliki hanya tinggal selangkah lagi.

Tahukah anda apa sebenarnya yang telah direncanakan Soeharto sebelumnya yang disimpannya baik-baik dalam benaknya? Dia biarkan PKI membunuh ketujuh Jendral tersebut, lalu memfitnah PKI telah melakukan kudeta terhadap Soekarno sehingga orang-orang PKI yang mengetahui fakta sejarah dapat dengan mudah disingkirkan dengan cara difitnah. Doktrin yang dilontarkan Soeharto adalah bahwa PKI akan melakukan pemberontakan terhadap kekuasaan Soekarno. Mungkinkah PKI akan menggulingkan pendukung terkuatnya? Tidak masuk akal. Ingat PKI dan Soekarno saling mendukung, apa mungkin PKI melakukan hal itu?

Pagi harinya Soeharto bergerak cepat dan melangkahi tugas beberapa orang jendral atasannya dengan memegang tampuk pimpinan TNI untuk sementara tanpa meminta restu dari Presiden. Di buku sejarahku waktu SD ditulis, “Mayjen TNI Soeharto dengan tangkas memegang tampuk pimpinan TNI yang lowong sepeninggal A Yani.” Kalau bisa dan boleh aku ingin mengedit tulisan di buku sejarahku dengan kata-kata, “dengan lancang Soeharto memegang tampuk pimpinan TNI.” Masih banyak orang yang harusnya dimintai restu oleh Soeharto atas inisiatifnya memegang tampuk pimpinan TNI.

Lalu dengan mudah Soeharto yang telah mengetahui semua seluk beluk aksi PKI ini menumpas PKI. Hanya dalam waktu beberapa jam saja, para pelaku pemberontakan PKI ditangkap dan sebagian lagi kabarnya melarikan diri ke luar negeri. Lalu Soeharto menyebarkan doktrin bahwa PKI telah melakukan kudeta terhadap kepemimpinan Soekarno. Padahal PKI bermaksud menggagalkan kudeta yang akan dilancarkan oleh para jendral tersebut. PKI dijadikan kambing hitam oleh Soeharto atas apa yang memang diinginkannya. Satu langkah Soeharto untuk menguasai negeri ini berhasil.

Supersemar

Suasana negara saat itu benar-benar memburuk. Negara yang masih muda ini serasa berasa di titik paling bawah dari keterpurukannya. Perekonomian anjlok, harga bahan pangan menjulang, bahan pangan susah didapat dimana-mana, kerusuhan pecah di seluruh wilayah negeri ini. Beberapa elemen masyarakat melakukan aksi yang berbuntut dengan dicetuskannya Tritura (Tri Tuntutan Rakyat). Isi Tritura adalah:

1.Bubarkan PKI

2. Turunkan Harga

3. Bersihkan kabinet dari unsur-unsur G 30 S PKI

(bersambung)

About these ads

98 Tanggapan

  1. ternyata soeharto sejak dulu memang sudah pintar ya.

  2. @ Gibran’s
    Seperti yang aku katakan di bagian pertama bang, Soeharto adalah aset negara ahli strategi perang, klo gak pinter aku khan gak akan bilang begitu di bagian pertama.

    • yupz,,,,emang,,,kita sih hax perlu berpendapat,,,hanya tuhan yang tahu semua,,,
      kita tidak bleh membicarakan aib para pemimpin kita sendiri,,

    • haha setuju setuju.. dia memang paling pintar dalam menyusun strategi seperti itu.. Liahat saja pangkat nya..Panglima Kostrad.. Ya cocoklah kalau dia pintar mengatur siasat..

  3. that’s right sepanjang pengetahuanku… kalo diselidiki dengan akal super sehat memang tidak begitu mudah menumpas pemberontakan PKI lalu mengapa si soeharto dengan cepat dapat menumpas pemberontakan tersebut???saya sebagai siswa hanya bisa bilang WHY??? padahal soekarno yang beliau pandai luar biasa bisa dibilang kualahan menghadapi pki yang brutal dan sangat kejam…wahhh mungkin kesimpulannya ada udang di balik gandum!!! do you agree???

  4. Bagiku tetep PKI di jadikan sebagai kambing hitam.Jend.Soeharto memanfaatkan momentum ketidak puasan ke 7 Jenderal terhadap kebijakan Paduka Yang Mulia Presiden Soekarno selama 21 tahun pemerintahannya.Moga kita tahu sesungguhnya yang terjadi.oleh karena banyak versi.Ada dua kubu dalam tubuh ABRI khususnya ADRI ( TNI AD ) yang di sponsori oleh Amerika Serikat,yaitu Kubu Sayap Kiri di bawah Komando Jend.Soeharto dan Sayap Kanan atau Gerakan Jend Ahmad Yani dkk.Jend A. Yani mengharapkan tidak adanya pertumpahan darah pada saat Kudeta itu terjadi,namun Jend Soeharto dibawah dukungan AS dalam hal ini secara khusus oleh CIA ingin mendahului usaha tersebut.Dengan memanfaatkan PKI sebagai alat kudeta,oleh karena PKI sangat dekat dengan Presiden Soekarno.

    • Setuju,dan menurutku untuk mencari titik terang pada jaman pki dulu tidak boleh tidak merujuk pada suasana politik perang dingin paskah perang dunia 2.

  5. @ artemis
    Yes I agree with your statement, cuma mana gandunmnya, perasaan waktu gw nulis gak ada kata2 gandum di dalamnya :D

    @ tommy sang pencari fakta
    Anda juga benar, salut buat soeharto yang berhasil memanfaatkan momentum berharga agar berhasil berkuasa di tanah air, cuma tujuan akhirnya aja yang jelek, sayang yah

  6. soeharto memang antek USA..
    liat aja taktik yg dijalankannya.. benar2 taktik USA
    dengan menghalalkan sgala cara, termasuk “memakan” teman sendiri…
    itu taktik kuno dan smp saat ini msh sangat ampuh dipake USA dalanm perang irak, afganistan…
    bahkan tragedi WTC 911 juga ulah kedua negara yaitu USA & Israel… untuk menjatuhkan rezim sadam hussein & rejim al-qaeda…
    dan USA & Sekutunya.. BERHASIL !!!

  7. Bingung,,,,tapi yang pasti saya akan lebih bisa membandingkan, daripada saya hanya membaca satu artikel saja. yang jelas saya kudu membaca baik yang menganggap Soeharto ato Seokarno yang terlibat GESTAPU/GESTOK. membandingkan dalam masalah ini memang bagi saya seperti si cebol merindukan bulan, karena saya kan kelahiran 81, tapi itu tidak menutup kemungkinan buat saya untuk bisa tahu yang sebenernya, dengan mempelajari sejarah dari orang yang terdahulu. walapun banyak yang bilang sejarah di negara kita sudah ga jelas juntrungnya alias banyak yang di tilep (Pepatah jawa mengatakan,”Becik ketitik, ala ketara”). Wallahu a’lam bissawab

  8. belum jelas bagi saya adalah….Apakah benar – benar PKI yang melakukan penculikan dan pembunuhan para jendral?, kalo ia, kenapa PKI melakukan Penculikan itu, apa karena alasan bahwa para jendral itu akan melakukan kudeta?. yach,,,saya bener2 pengin tahu dari yang mungkin lebh tahu tetang itu semua, karena bagaimanapun sejarah perlu diluruskan. Hidup Indonesia-ku MERDEKA!!!!

  9. Pengentahuan tentang G 30 SPKI, yang saya ketahui cuma dari sekolah, buku2 pelajaran dan film yang dulu sering diputar 1 tahun sekali di TVRI, serta cerita2 para orang tua. Kebenaran tentang kejadian tersebut saya tidak tahu juga, soalnya semenjak era reformasi bahkan dari dulu dan sampai sekarang masih diperbincangkan (itu yang saya ketahui), disamping saya lahir tahun 80-an tidak mengalami masa-masa tersebut.
    kalau menurut saya (maaf ini menurut pendapat saya pribadi), mungkin lah pada masa itu ada pihak-pihak yang sangat yang dirugikan dan ada pula pihak2 yang memanfaatkan moment tersebut.
    pada masa itu kekuatan militer kita sedang benar2 prima dan kuat di ASIA TENGGARA yang katanya juga sih kita lebih condong ke blok timur. Kita tahu sendiri kan blok timur adalah musuh amerika. Menurut sejarah juga kita Bangsa Indonesia pernah keluar dari keanggotaan PBB.
    Saya pernah liat di internet juga bahwa pada masa itu ratusan agen2 CIA banyak yang ditugaskan disini, untuk memata-matai atau membantu kepada pihak2 yang anti PKI ????? ( menurut saya mungkin) karena menurut sejarah juga (ini menurut sejarah bukan menurut saya) Hampir semua angkatan bersejata kita telah dikuasai oleh PKI, kecuali KOSTRAD yang dipimpin Pak Harto.
    Tetapi KOSTRAD bisa menumpas pemberontakan itu, Ada bantuankah dari CIA atau tidak ???? (saya tidak tahu).
    Nasib Bung Karno juga tidak jelas, apakah beliau terlibat atau tidak, kayaknya tidak terbukti, soalnya sejarah tidak menyebutkan adanya pengadilan yang mengadili Bung Karno, sampai pada akhirnya beliau wafat tahun 1970.
    ————————————
    Ini menurut saya sebagai warga negara Indonesia yang mencintai negeri ini, saya cuma merasa ada yang salah dalam pengelolaan negeri ini oleh para pemimpinnya. bentuk kesalahannya seperti apa, saya tidak tahu, cuma yang saya lihat sendiri, kita MERDEKA sudah lebih dari setengah abad, tetapi masih banyak sodara2 kita yang masih terasa terjajah……itu saja……
    Bung Karno dan Bung Hatta tetap sebagai Pahlawan Proklamasi saya hormati jasa-jasa mereka.
    Pak Harto juga mungkin beliau berjasa, terutama pada mada penumpasan G 30 S PKI.

    Cuma kenapa para pemimpin kita tidak mau memberitahukan kebenaran tentang perjalanan Bangsa ini dari mulai negara ini berdiri sampai sekarang. Sejarah yang saya ketahui, tidak sesuai dengan fakta yang ada.
    APAKAH PARA PEMIMPIN KITA BENAR2 KEHAUSAN AKAN KEKUASAANNYA????????,
    Saya Kembalikan kepada anda semua………

    Mohon maaf kalau ada kata2 saya yang salah atau menyinggung pihak2 tertentu. Ini cuma pendapat saya, yang ingin mengetahui sejarah perjalanan bangsa ini yang sebenarnya.

    terima kasih

  10. saya mau tanya umurmu sekarang berapa
    apakah waktu peristiwa G30SPKI anda sudah lahir

  11. yang benernya tuh yang salah pak soekarno, syapa suruh dia ngebolehin pki tetep ada di indonesia dulu? jadinya kan malah terjadi g 30s/pki justru pak harto yang ngeberantas.harusnya terimakasih sama pak harto,bukannya malah ngata2in.. jangan asal nuduh dia yang ngerencanain g 30s/pki.. mana buktinya

  12. aku malah mumet..tulisan sampeyan , Sebetulnya iki mau membuka fakta atau malah membela PKI…halah, malah kewolak walik…jaman aku dulu tahun 74 emang belon lahirrr, cuman berbekal cerita sanak kerabat, dan orang tua yang mengalami….bagaimana Barisan tani merebut lahan sawah kami, dan bagaimana kakek kami disembelih…didepan warga desa karena kebetulan…dia punya lebih dari 3 hektar sawah…salahkah,….yang jelas PKI dan komunis aku gak percaya ame ideologi yang satu ini…, karena menghalalkan segala cara juga…apa bedanya dengan kapitalis dan CIA…., banyak orang yang memutarbalikkan fakta…malah menganggap PKI jadi pahlawan…parah,
    Meskipun aku gak suka soeharto…tapi masing masing pemimpin punya dosa politik…mau soeharto, soekarno, gusdur, habibie…atau bahkan SBY sekalipun…

  13. Yang pasti, sejarah kita udah jadi bahan cerita konyol tuh sejak jaman SD..

  14. orang ngomong kok ngawur semua, inilah negara kita rakyatnya gampang terprofokasi, seperti orang nonton iklan terus terlena oleh rayuan2 gombal iklan tanpa berfikir terlebih dahulu.. embah saya dan temen2 seperjuangan embah saya yang waktu dulu mengalami pemberontakan pki saja mengatakan bahwa seandainya tidak ada sosok SOEHARTO waktu itu yang dengan tegas dan strategi yang brilian, ga bakalan pancasila akan menjadi dasar negara kita sampai sekarang.
    Kok sampeyan bisa2nya mengatakan bahwa SOEHARTO-lah dalang PKI waktu itu? apa waktu itu sampeyan udah lahir??? dicetak aja juga belon…. atau jangan2 sampeyan ini reinkarnasinya “UNTUNG” dan “AIDIT” CS serta kroni2nya??? bisa lahir saja sampeyan ini sudah sangat beruntung, coba kalo PKI ga’ ditumpas PAK HARTO bisa2 orang tua kalian sudah dihabisi tuh ama si PKI, jadi lahirkah sampeyan???
    ngomong kok ga diatur semau udele dewe.. lagian ngapain sampeyan ngurusi PAK HARTO segala, ngurusi keluarga sendiri aja masih bingung kelabakan..

  15. Ternyata dengan kematian nya pak soeharto, dia ternya masih banyak utang terhadap negara dan juga sebagai promokator terjadinya G 30 S PKI

  16. Selamat Jalan P’ Hartob Doa ku untuk beliau, Ya Allah Ampunilah segala Dosa dan kesalahannya, tempatkan beliau ditempat yang layak disisiMU, Jauhkan beliau dari siksa kubur dan siksa neraka, masukkanlah beliau ke dalam syurga MU. Amin………

  17. bagi saya Soeharto adalah tokoh pemimpin yangbaik dan bijak, saya rasa banyak orang yang ingin cari muka, ingin cari nama “ini saya adalah orang yang paling pintar di negeri ini” saya sangat ingin sekali membunuh orang2 ini, bukan berarti saya setuju dengan semua kebijakan Soeharto, tapi coba di pikir baik2 jangan asal ngomong, harus cari bukti dan fakta yang tepat….., saya minta kepada masyarakat Indonesia,klo gak ada Soeharto mana mungkin pembangunan di Indonesia bisa spt ini pikir donk dengan otak jangan dengan pikiran yang asal ngrusel dan smrawut……

  18. menurut aq pribadi,PKI pasti ada kaitannya dengan Soeharto,namun karena dia hadir tepat pada momennya, maka orang2 jadi pada percaya.Tapi makin aq pikir2,kok bisa yah, Soeharto yang pada saat itu udah menjabat sbg panglima kostrad ga ikut di bante?(Hmmm..ada apa dibalik batu yahhh…?)itu PR yang udah baca ini.Dan soal pemutaran film tentang G-30/S-PKI, itu justru memaksa kita untuk mempercayai kejdian itu.Karena jujur aq dari usia 5 tahunan udh nonton tuh film,dan jelas donk kita pasti akan terkecoh soalnya kita kan klo masih anak2 kan masih polos.dan berprasangka kalau PKI itu bergerak sendiri.pasti ada yang mendukung dari dalam .Ingat PR yang tadi yahhh?

  19. hidup soeharto…
    karena indonesia tidak ada PKI/Komunis

  20. jasa soeharto yang paling besar adalah menumpas PKI! terlibat atau tidak soeharto dalam G 30/S PKI tapi toh atas inisiatif beliau akhirnya PKI dibubarkan dan menjadi partai terlarang di INDONESIA! coba bayangkan kalo PKI berkuasa! apakah hari raya IDUL FITRI, NATAL, WAISAK, NYEPI akan ada? apakah kita bisa beribadah menurut agama dan kepercayaan kita dengan bebas seperti sekarang?
    ingat revolusi berdarah yang dilakukan oleh kaum komunis diseluruh dunia ini termasuk di INDONESIA telah memakan korban lebih dari 150 juta orang (sesuai yang pernah dikatakan oleh TAUFIK ISMAIL dengan data2 otentik yang beliau punya)! apa itu ga biadab! selamanya komunis/atheis ga bakalan bisa hidup berdampingan dengan agama manapun di dunia!
    soeharto orang jenius! satu tepuk dua lalat langsung mati, satu gebrakan bung karno lengser dan PKI pun MATI! dalam hal ini bukan salah soeharto 100% melengserkan bung karno! pada waktu itu malah soeharto didukung penuh oleh mahasiswa untuk mengadakan perubahan negara yang pada waktu itu berada dalam keadaan tak menentu! kemiskinan merajalela, harga2 menggila, minyak tanah antri,dsb! sementara bung karno terus memaksakan ide NASAKOM nya yang sampai kiamatpun ga bakalan berhasil agama sama komunis disatukan!
    kita hargai bung karno sebagai PROKLAMATOR dan BAPAK BANGSA! tapi TIDAK DENGAN IDE NASAKOMnya! seperti kita hargai soeharto sebagai BAPAK PEMBANGUNAN tapi tidak dengan kelemahan beliau terlalu permisif terhadap ANAK2 dan KRONI2NYA!
    soeharto dan bung karno ke2nya punya sisi gelap! tapi sisi terang mereka atau JASA2 mereka JAUH LEBIH BESAR! saya berharap baik BUNG KARNO DAN SOEHARTO SAMA2 DIKENANG SEBAGAI PAHLAWAN BANGSA OLEH SELURUH BANGSA INDONESIA!
    bukankah bangsa yang besar adalah BANGSA YANG MENGHARGAI JASA2 PARA PAHLAWANNYA!
    sekian terima kasih
    adios
    amigos
    permios
    araratos
    ngaleosss
    hossssssssss

  21. yg nulis ini orang waras opo samin………………………………

    apa nggak sadar dia ini bgs indonesia, sekolah di indonesia, makan tidur di indonesia,

    kalau anda tidak sadar bhw anda bgs Indonesia pergi aja ke neraka

  22. Ndi ki seng di percya? Skrang pdha pkirkan ja gmana mkan bsok ya!!!

  23. jangan suka munafik emangnya manusia zaman sekarang pada suci apa?menyalahkan pak soeharto.dasar manusia tidak punya rasa terima kasih.aneh ya kenapa tuhan menciftakan manusia yang tidak tau balas budi.memperdebatkan sejarah,emangnya dia hidup apa pada zaman itu?lebih baik kita fikirkan masa depan,bukan terus memperdebatkan yang sudah berlalu,kaya yang tidak punya tujuan.kalo memang penulis ini merasa dirinya pahlawan/suci coba sekarang rakyat lagi sengsara bisa ga membantu rakyat?membantu diri sendiri saja susah mau menjadi provokator.manusia bkan sih?secara ga langsung sekarang anda merasakan jasa-jasa pak soeharto..buat jalan tol,monas,TMII,rakyat makmur,penjahat di musnahkan..Indonesia menjadi macan Asia,disegani dunia.jauh denga zaman sebelum apalgi zaman sekarang,rakyat juga ga bodoh,kalo saja bisa memilih presiden seperti apa yang pantas memimpin INdonesia pasti jawabannya adalah pak harto.hanya segelintir orang saja yang melupakan jasa jasa beliau,mungkin mereka itu adalah orang jahat dulunya.coba lihat sekarang pembunuhan dimana”,korupsi dimana”,kejahatn merja lela,kemiskinan bertambah, di lecehkan negara lain.masih bisa menyalahkan pak harto?coba rasakan enakan mana,zaman dulu ama sekarang?malysia aja yang dulunya segan terhadap kita sekarang menginjak’ kita!dimana sifat kemanusiaanmu?wahai manusia sok suci tapi tidak ada apa”nya!pokonya FUCK ALL OFF kepada semua yang benci Pak Soeharto…!!hidup pak Soeharto wahai pahlwan pembangunan..jasa jasamu sungguh berarti buat bangsa ini..mohon di maafkan rakyatmu yang tidak tau balas budi itu,semoga ALLAH menyayagi pak Harto di alam barzah..amin…..

  24. buat wenny fitria ningsih,,,

    coba kmu research dulu deh sejarah di Indonesia itu seperti apa, min era taun 40-50-60-70an, tapi jgn lupa kmu compare juga sama sejarah dunia, min. PD I, PD II, ato Perang Dingin…
    baru kamu komentar!!

    ah, bahkan Tuhan juga menyuruh kita buat gak asal ngomong toh?!

    ingat!! kritikan itu tidak harus diartikan sok suci…
    begitu juga kritik atas sejarah!!

    bukannya tanpa kritik itu adalah Tuhan?!
    sedangkn manusa itu imanen yag pasti salah?

    kalo buat pmbangunan yg dibuat Pak Harto
    coba kamu cari tau, apa itu ekonomi neoliberalisme, apa itu prinsip-prinsipnya, dan kapan diterapkan pertama kali di Indonesia?

    nah, baru kmu komentar ttg jalan tol, monas dan segala macam yg kmu anggap sebagai hasil dari TANGAN SUCI SUHARTO itu

    pesan saya: RAJIN MEMBACA!! SEDIKIT BERBICARA YANG GAK PENTING DAN ASAL-ASALAN!!

    INGAT!! ORANG YANG TIDAK TAU SEJARAH, MAKA IA AKAN DIGELAPKAN OLEH SEJARAH!!

    butuh lebih lanjut ngobrol?
    hbu. sy di daulat_hasrat@yahoo.com

  25. baru kali ini saya nemu kalimat FUCK ALL OFF dalam satu paragraf atau omongan yang diakhiri dengan do’a….

    huekekekekekek!!

  26. ya kalo kalian ngerasa mampu coba jadi presiden…belom tentu kalian bener….coba ngaca pada diri sendiri….sudah suci belom?oia buat “daulat hasrat@ yahoo.com” emangnya anda tau apa tentang sejarah?emangnya anda sudah hidup pada masa itu?yang di butakan itu anda..anda lebih percaya sejarah bangsa dari buku luar negeri daripada dalam negeri,,?mempunyai sifat nasionalisme saja anda tidak punya mau membicarakan perjuangan bangsa…..!!!!saya lebih menghargai orang penjahat yang mempunyai nasionalisme terhadap bangsa tinggi daripada penjahat yang munafik yang lebih percaya atas fakta ” asing yang ingin menghancurkan Indonesia…!!!lagipula rakyat itu sudah tidak bodoh,,,yang penting adalah bukti…..!!!anda mau merasa diri sepintar apa…ataupun menganggap saya bodoh tidak apa apa,,tapi saya adalah orang yang hidup pada zaman soeharto sampai SBY dan merasakan perbedaan yang sangat signifikan yang dialami saya beserta jutaan penduduk merasakan kemakmuran Indonesia,,,zaman pak harto di banding presiden sebelum dan sesudahnya…..!!!lagipula asal anda tau ” ga ada satu manusiapun yang sempurna”
    terserah kalo anda merasa anda paling pintar…anda aja yang jadi presiden..walaupun dalam presiden mimpi…..!!!!!!!!!!!!!……”saya tantang anda untuk memakmurkan Rakyat Indonesia” jika tidak mampu jangan suka sok tau dan jangan suka menjudge orang karena hanya tuhan yang mampu menjudge…bisa saja anda di mata TUHAN lebih HINA dari pada yang anda hinakan…

  27. Yang saya herankan mengapa sampai saat ini versi yg sebenarnya dari peristiwa G30S ini tidak dirilis kpd rakyat.Yang selama ini kita dengar tentang G30S kan adalah versinya orde baru.Saya pikir masyarakat berhak untuk tahu yg sebenarnya.seandainya kita tahu apa yang sebenarnya terjadi waktu itu, mungkin perdebatan seperti ini tidak akan terjadi.
    Saya yg memang lahir jauh setelah peristiwa itu
    mengharapkan suatu saat kita akan mengetahui kebenaran peristiwa G30S.

  28. kok malah ilok2an to..
    ckckck…
    sudalah, biarkan aja.
    anjing menggonggong kucing mengeong.
    bukankah kita dibebaskan utk berpendapat?

  29. hidup PKI….
    HIDUP GENJER
    MATILAH KAU PEMBERONTAK

    siapa aku…..?
    negara apa ini…..?
    bumi ku makmur tapi hancur!!!!!!!!!!!!!!

  30. emm.. maw numpank nanya nie.. setalah saya pikir ama ngeliat buku2 sejarah saya.. ternyata emank G30S bisa dikatakan sebagai pengubah sejarah terbesar bgt.. tapi yang maw saya tanya thu.. menurut anda2 nie.. ada ga c perbedaan dalam berubahnya sejarah yang terjadi di Indonesia dibandingkan dengannegara2 lain??

  31. mengapa kita harus adu mulut seperti ini ?
    bukankan negara ini telah merdeka, bukankan peristiwa peristiwa yang telah terjadi membawa negara ini kepada kemerdekaan ? jangan kita berdebat tentang siapa yang benar dan siapa yang salah, biarlah itu menjadi urusan yang di Atas, karena Dialah yang maha tau dan, biarlah Dia yang menentukan siapa yang benar dan siapa yang salah. yang harus kita lakukan sekarang ini adalah berfikir dan bertindak bagaimana cara kita mensejahterakan negara kita ini, bagaimana cara kita bangun dari keterpurukan yang melanda bangsa ini. Bukannya saling adu pendapat saja, klo kita terus begini, bagaimana bangsa ini mau maju?
    coba pikirkan klo kita seperti ini maka bangsa ini mau jadi apa? dalam bangsa sendiri saja terjadi perpecahan dan perselisihan seperti ini, mana bisa bangsa ini bertahan klo begini. ingat bangsa ini sedang dalam keadaan yang SUSAH jangan kita melah menambahi beban bangsa ini, marilah kita syukuri semua yang telah diberikan para pahlawan untuk bangsa ini, dan marilah kita teruskan semangat perjuangan mereka dengan terus membangun negeri ini menjadi lebih baik. MERDEKA

  32. tahukah anda
    1.letkol untung saat g 30s meminta dukungan suharto,dan dibalas suharto dengan mengirim pasukan dari jawa tengah dengan pasukan siaga 1

    2.letkol untung tidak pernah memerintahkan lettu dul arief (komandan pasopati,bertugas menculik 7 jenderal) untuk menbunuh 7 jenderal tersebut

    3.kesaksian kolonel latief,saat serangan satu maret,suharto sedang asik makan soto babat disaat orang lain sibuk berperang

    4.suharto dendam terhadap
    Ahmad yani = pernah menempeleng suharto karena suharto terbukti melakukan korupsi saat memimpin kodim diponegoro

    DI panjaitan =mempermalukan suharto di seskoal,karena menolak pengangkatan suharto menjadi ketua senat,karena terbukti pernah melakukan korupsi

    tim MBAD = tim yang memborkar kasus korupsi suharto,adapun anggota MBAD adalah
    -Mayjen suprapto =ketua
    -Mayjen MT Haryono = anggota
    -Mayjen S Parman = anggota
    -Brigjen Sutoyo = anggota

    semua nama jenderal tersebut terbukti sudah tiada karena gerakan g 30s

    5.jumlah korban pembantaian orang2 yang dicurigai PKI adalah 3 juta manusia,sesuai pengakuan sarwo edhi wibowo

    6.saat menpangad (A.Yani) tiada, sukarno menunjuk brigjen pranoto sebagai caretaker,tapi ini dilangkahi oleh suharto dengan cara menekan sukarno di istana bogor,agar jabatan menpangad dialihkan padanya

    7. saat nasution melarikan diri,suharto melindungi nasution di kostrad..yang sebenarnya adalah menahan di kostrad agar nasution tidak dapat menghalangi gerakannya

    dan masih banyak lagi

    saya tetap berpendirian g 30s adalah g 30s suharto…

    • saya dah baca buku nya Bos ,………..keep Posting…

    • Dan menurut saya soeharto terlalu pintar u/ membungkam & mencuci otak generasi orde baru. Sampai memuja2 soeharto sebagai bpk pembanhunan. Ini jelas propaganda, seperti yang pernah dilakukan hitler pada PD II

  33. garoblog

  34. weleh2 dasar Soeharto
    dah ngebunuh banyak org blm anak cucuny d sengsarain
    malah berkelit dng menuduh orang sbgai Pemborontak pdahal dia sendiri yg mw berontak
    mudah2an Tauhan membalasny !
    amien

  35. weleh2 dasar Soeharto
    dah ngebunuh banyak org blm anak cucuny d sengsarain
    malah berkelit dng menuduh orang sbgai Pemborontak pdahal dia sendiri yg mw berontak
    mudah2an Tuhan membalasny !
    amien

  36. dari pada kita ribut ,mempermasalahkan yang gak jelas,
    mending yang kita pikirkan sekarang dan masa depan serta jalan keluar supaya negara kita ,menjadi lebih baik dan lebih maju, dan bebas dari korupsi kita sebagai generasi muda , telah di beri tanggung jawab untuk membawa negara ini di masa yang akan datang.
    sebenarnya negara kita negara yang kaya raya.
    kenapa rakyat kita masih kesusahan dengan harga2 kbutuhan yang mahal.
    mari kita bersatu wahai generasi muda.
    jadikan negara kita negara yang besar dan bermartabat

    • hanya Ada satu kata REVOLUSI dengan dua cara :
      1. Tuhan yang melakukan ( diberi nya bencana alam satu Indonesia sisa kan yang baik-baik.
      2. Kumpulkan kekayaan sebanyak harta 3/4 kekayaan Indonesia lalu bikin pasukan yang bisa menggulingkan kepemimpinan sekarang (ganti dengan yang lebih baik).

  37. negara kita tidak butuh pemimpin yang pintar.tetapi butuh pemimpin yang berahlak mulia dan bermoral.dan memikirkan nasib rakyat kecil,
    semoga menjadi renungan kita semua

  38. kalo menurut aq pribadi sih,walaupun banyk anggapan para sejarawan yg mengatakan bahwa yg “Mulia”Bpk.soeharto telah berbuat licik danmelakukan de facto trhadap kekuasaan bk{bung karno}tapi aq ttp mengagumi beliau,because pada era-nya indonesia tak terjangkau oleh negara2 komunis n bahkan negara adi daya aja tak berkutik dngn politik beliau.Beliau pun berhasil menyatukan Timor2 dlm kesatuan RI,keamanan terjamin dan para petani hidupnya sejahtera,nmn syng spnggal beliau RI boleh dikatan hancur dan rakyatnya dijadikan sapi prh kasarnya KULI OLEH NEGARA ASING,bgi yg tak senang dngn pendapat saya boleh kritik saya.riyanjunior@yahoo.co.id….thank`s

    • maaf Bos, ente setuju kalo Timor Timur jadi NKRI, tapi Irian Jaya dijual dengan kedok di KONTRAK sama Freeport, laporan sih tembaga padahal Emas yang di keruk, ………tahun kemarin malah diperpanjang KONTRAK (dijual)………..(masih antek2 ASOEHARTO yang nerusin)………lama-lama abis Indonesia (macem lu kaya ajah) mang mo pindah kemana..??? wakakakaka………blangsak aja belagu….:))

  39. aq sngt setuju dngn komentar wenny fitria N,klo bsa aq ingn kenal ama kamu,aq slt ama keberanianmu mengungkapkan pendapatmu mmang saat ini banyak generasi muda yg lbih percaya orang lain dri pda keluarganya sendiri itu istilahnya klo kmu ngk keberatan aq ingn kenal ama kamu atau lngsung aja ke “riyanjunior@yahoo.co.id

  40. Sebenarnya sya setuju dengan komitmen Pak Harto, seperti menumpas penyakit sebelum penyakit itu mencrokoti kita dan mati. Pak Harto Tau mana yg baik dan buruk untuk rakyatnya. Kalo lah G30S PKI tidak pernah terjadi, apa anda mau hidup berdampingan dengan Komunis. Sedangkan sekarang aja kita ribut dengan 1 agama !!! mkn sebahagian org selalu menyalahkan pak harto. Mkn kalo PKI tidak di tumpas, anda mungkin tidak pernah lahir ke dunia ini. mungkin anda udah di jadikan sop utk obat kuat seperti di RRC (Forum Bebas) karna apa ? karna komunis Tidak ber Tuhan, tidak ada hak azazi, tidak punya pri kmanusiaan, dan mungkin anda juga akan jadi PKI. kenapa ? anda tahu thn 65 PKI merupakan Partai terbesar pengikutnya dan menjadi urut 3 di dunia. anda mampu melawannya ? bagi mereka mengawini ibu, saudara anda itu sah2x aja. dan bila anda menyembah Tuhan maka anda akan di gorok lehernya, mau ? saya juga tidak tahu saya ini apa anak PKI, apa cucu PKI tapi yg pasti saya tidak mendukung PKI. seperti tanjung priok, penembakan misterius, mereka tu kan pemberontak, trus penembakan misterius tu terjadi karna sudah banyaknya kejahatan, mungkin kalo anda kenak rampok baru tau rasa. Nah…..marilah kita mengkaji lebih jauh apa yg telah diperbuat pendahulu kita, tanpa harus mengatakan pelanggaran HAM. Karna dalam sebuah perdamaian harus ada yang jadi korban, itu udah hukum alam ketika Adam dan Hawa jatuh ke Dunia. Dan marilah kita menghargai, menghormati dan memperbaiki kesalahan para pendahulu kita, mereka patut kita jadikan Pahlawan (Soeharto) agar Negri ini Damai maka maafkanlah kesalahan orang, ingat selama masih ada dendam kita tak akan pernah maju dan akan hancur karena perang saudara, Hindari itu !!!!!!

  41. good statement. applause buat mas.
    yg mo sy tanyakan napa ndak dr dulu tulisan ini ada
    ketika orba msh ada?

    tkt ya ,ama pak harto????

    • bos maaf ………bukan nya belain penulis, jaman ASOEHARTO semua media yang menghina dikit dibredel, trus ga ada internet-internetan kayak sekarang, ente kelahiran tahun 1996 yah (masih ABG dong)….mendingan liat-liat friendster ajah….yah…

  42. setuju deh ,statement boss tito

  43. lalalalala~

    sjara mank pnting, tp

    lbh pnting lg buat brthan hidup dan jd a better man than yesterday..

    kta kan mnusia, hidup nda melulu dr sejarah masa lalu~

    lupain masa lalu, kita hidup d masa skarang n masa depan..

    masa lalu untuk dikenang, bukan buat perang mulut..

    bnyk orang bnyk pendapat banyak suara kan?

    it’s a basic of the human’s rights, isn’t it?

  44. org2 PKI dibantai????mmmm…tu bkn semata2 krn statement Pak harto di Lubang buaya…tp emng masyarakat indonesia anti komunis udh gerah ma org2 PKI, inget…Si Sumut org PKI menyangkul kepala polisi begitu ada kejadian sengketa tanah, Di Klaten org2 PKI menancapkan paku selayaknya tanduk banteng ke kepala org2 PNI, di Blitar 3 Org Petani dbunuh & dibuat org2an sawah….apa ga kejam tuh????
    Soharto adalah org yang memanfaatkan keadaan..soal dia mangambil alih komando TNI, ya itu kan krn kebiasaan aja sehari2, dy sbagai PJS Pangad jika Jenderal Yani berhalangan…,pd wktu kejadian dy mengambil alih secara otomatis, jelas saat itu blm bs koordinasi dengan Bung Karno, La Bung Karno aj ga jelas keberadaannya saat itu yang akhirnya ternyata Beliau di Halim.
    Yang Jelas PKI merupakan aktor tunggal G30S..sedangkan yang lainnya???hanya mengekor sj & memanfaatkan aj…termasuk jg Soeharto, beliau memanfaatkan keadaan..yg akhirnya menjadikan beliau Presiden..dan sukses dey memajukan negeri tercinta ini….

    • Lo baca buku SIAPA SEBENARNYA SOEHARTO karya Eros Djarot dkk, di ungkap semuanya……….(bacaan lu 17tahun.com kali)……….

  45. sia anjing goblog anjing goblog anjing goblog siaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    anjing

  46. Tenyata……untuk cari muka……………………………..ternyata hanya perlu jadi PROVOKATOR yg PANDAI JADI AKTOR !!!!

  47. setelah membaca artikel2x dan komentar2xnya saya jadi berpikir…….bwat apa sejarah diperdebatkan kalau udah terjadi ???????Toh juga masa lalu itu tak’kan berubah !!!! Bener khan !!!!!?????

    • lu ga tau efek sampingnya …………lu kira setelah reformasi makin baik ..?? malah makin gila , makin rapi cara kerja nya …..(malah makin ngulik)

    • kalo ini saya setuju…..!!!!!!!coba berfikir kedepan kita orang semuanya jangan suka kembali ke masa lalu toh kita juga ga bakal tau keadaan kedepan kaya gimana……

  48. “lagipula rakyat itu sudah tidak bodoh,,,yang penting adalah bukti…..!!!” –wenny Fitria Ningsih–

    halow mba wenny…
    yg bodoh itu siapa?… lha wong, sejarah itu udah kebongkar lewat kesaksian para pelaku sejarahnya koq… sy yakin kalo CIA baca komen anda , pasti dia mati ketawa, heeeeeee

    ehm, makanya ilangin ntu mba penyakit males baca nya!!!!!!!!!!!!!

  49. Udah lah namanya juga antek PKI tetep aja mbela PKI.kalau anda masih bersikeras membela PKI/Komunis tunggu aja balasan dari Tuhan…lewat tangan2 orang2 yang sangat tidak setuju Komunis hidup di Bumi Nusantara yang Agamis………..

    Itulah taktik bung…kalaupun Soeharto waktu itu memanfaatkan situasi dn kondisi guna meluluskan cita2nya maka dialah orang yang pandai dan benar…..
    akan tetapi kalau di lihat dari situasi negara waktu itu maka saya pun akan bertindak seperti itu daripada negara ini hancur hanya karena sejumlah pemimpin yang lamban dalam bertindak……

    Jangan coba-coba kalian antek2 PKI/Komunis hidup lagi….Tuhan itu ada dan tidak tidur……

  50. soeharto adalah dalang sandiwara g 30s pki
    soeharto bangsat

    • Setuju Bro…………..ente baca ajan Buku Siapa Sebenarnya Soeharto karangan Eros Djarot dkk………..di ulas semuanya bro……..

  51. setelah membaca komentar2xnya saya jadi berpikir, yg pro sama pki…..mungkin karena asa pki nya yg komunis…sama rata sama rasa……yg pro sama suharto karena ketegasan dalam bertindak ( tentara)…..hmmmmm… jadi bingung….padahal bener juga tuh kata temen2n yg udah komen….skrg ya skrg…..kita tuh dah enak skrg….dah bisa nikmati fasilitas hasil warisan orang2 dulu di negeri ini, kalo mo itung itungan, mending kita flashback aja kebelakang sekalian..dari jaman majapahit. dari dulu juga dah ada pembunuhan pengkhianatan, cinta kasih….jadi hidup ini ngga usah di pikirin, dah ada yg ngatur kok…..skrg tuh kita dah bebas dari penjajahan (perang), tp kita masih aja di jajah smp skrg…..salahin aja tuh pemimpin2x kita yg maih ngebiarin korupsi merajalela…..
    soharto–berani ambil tindakan (berantas pki)
    sukarno–berani ambil tindakan (proklamator)
    jaman raja-raja JAWA–rajanya hebat, belanda kewalahan cuma sayang kurang bersatu…

    jadi kesimpulanya…..hidup ini berulang ulang kehidupannya, nanti kedepannya jg begitu..sama sajalah, yg penting disini adalah hikmat…..siapa yg punya telinga…hendaknya ia mendengar…..

    he..he….pisssss

  52. YANTI INGIN BERKOMEN BAHWA SEJARAH ITU BAGIAN DARI HIDUP SAYA OLEH KARENA ITU SAYA AKAN MELESTARIKAN SEJARAH YANG TELAH TERJADAI DI BUMI PERTIWI YANG SANGAT INDAH……………………………………………………………………..

  53. SOEHARTO KONTOL kok dibelain seh!!!Pertiwi ini gak butuh manusia yang bermoral BINATANG kayak dia!!Yg ngebelain SOEHARTO psti slama ini udh kenyang makan buah dari pohon BERINGIN!!!FUCK KALIAN SEMUA!!!

  54. NGENTOT buat :SOEHARTOdan KELUARGA CENDANA,GOLKAR,KORPRI,TNI (AD?)P4,AAANNJJIIINNGGGG SSSSEEEMMMUUAANNNYYYAAAA!!!!

  55. No comment,
    met core,,, da mandi lum

  56. Met core. . .

  57. Karep sia welah…

    Nelusurin sejarah NKRI seperti nyari duit receh di tai kebo…..

  58. menurut saya, tindakan yang diambil oleh beliau itu masuk akal karena pada tahun 1965, jabatan KASAD itu gak ada yg ada hanya Menpangad yg waktu itu dipegang oleh Jend. A. Yani dan Pak Yani gak punya wakil yg ada hanya Assisten Menpangad yg ikut twas dalam Peristiwa malam kelabu itu. Karena Posisi Pak Harto waktu itu adalah Panglima Komando Strategi Angkatan Darat yg sekarang adalah Komando Strategi cadangan Angkatan Darat begitu strategis. Maka itu dinilai sebagai suatu garis struktural dan Komando pak Harto dengan Tegas mengatakan ” untuk sementara pimpinan Angkatan Darat saya Pegang “. Jadi yg dilihat itu garis komando bukan garis kewenangan. Bahkan Presiden Sukarno di Istana Bogor, secara tegas sudah menyampaikan kepada kalangan Istana dan belum sempat keluar dan didengar oleh Pak Harto bahwa Jendral Pranoto ditunjuk sebagai Pejabat Sementara. Pak Harto mendengar pernyataan itu ketika dipanggil di Istana Bogor dan menegaskan bahwa Pranoto ditunjuk sebagai caretaker Pimpinan Angkatan Darat dan Pak Harto secara legawa menyampaikan tunduk pada perintah Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno dan menyerahkan angkatan darat kepada BUng Karno yg selanjutnya diserahkan kepada Jendral Pranoto. jadi dalam kaitan ini adalah Tugas Pokok Fungsi yg sudah dijalankan oleh Pak Harto sesuai dengan Dharma baktinya kepada Angkatan Darat. Karena beliau adalah prajurit yg Sapta Marga.

  59. semoga kelakuan binatang Soeharto terungkap,,korupsi di masanya sampai sekarang gak pernah habis dimakan keluarga cendana,yang membuat qt bgsa indonesia menjadi miskin sungguh disayangkan melihat indonesiaku kaya akan semuanya,mungkin soeharto dneraka sana untuk selama lamanya/kekal disana,minal aizn walfaizn

  60. sok tau, sok analis.

  61. Makin tua usia Dunia Ini makin terungkap yang namanya kebohongan Lihat Aja…..

  62. hahaha Soeharto parah ya ==a kestabilan ekonomi tahun 1997 an hanya “TAMPAK LUAR” padahal dia membuat negara kita berhutang sampai milyaran US$, dan parahnya dikorupsi hingga nilai rupiah jatuh.

    PKI GA BERSALAH, hanya kambing hitam. apakah salah jika mereka punya perbedaan pandangan dengan kita? komunis hanyalah SALAH SATU dari berbagai pandangan. kenapa ga dihargai? jika pahlawan” yg melakukan pemberontakan ke belanda dianggap pahlawan, kenapa PKI yg jg memberontak ke Belanda dianggap penjahat?!

    Tan Malaka yg sedemikian pintar dan nasionalis aja dibenci ampe akhir hidup karna komunis. pdhl dia sangat terkenal sampai ke internasional, alias orang jenius dan pintar. malah disia2kan. indonesia oh indonesia

  63. tolong saudara-saudara baca hasil otopsi terhadap para jendral2 yg di siksa dan di bunuh di lubang buaya.
    ternyata tidak ada yang namanya pencongkelan mata, sayatan-sayatan silet, dll.
    dari hasil otopsi silahkan saudara-saudari menilai dan menelaah…
    seperti kata sejarawan Bp Anhar Gonggong, serahkan polemik ini kepada ahli dan pelaku sejarah yang ” berani dan jujur” untuk mengungkapkan semua secara ilmiah sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara yuridis.
    apa kita perlu mamanggil ahli dan pelaku sejarah dari negara lain seperti ahli sejarah dari belanda yang menemukan makam Tan Malaka???
    jadi yang pro maupun yang kontra apapun hasil ( kalau ada yang mau mempertemukan ahli dan pelaku sejarah GESTAPU) trimalah … dengan berbesar hati dan ingat bangsa kita adalah bangsa “PEMAAF” dan gampang “lUPA” atas apa yang telah terjadi.
    jadi kalau ada yang mau mengumpulkan mereka saya akan dukung 1 jt% dan kalau boleh saya ikut sebagai orang awam yang ingin “tahu” kebenaran sejati versi manusia….

  64. hanya allohlah yang tahu jawabannya

  65. tahukah anda apa yg ada dalam pikiran soeharto = STATEMEN YANG ANEH,GANJIL DAN JELAS NGARANG

  66. ada artikel aslinya tentang g30 spki nggak? sebab akibat, pemberontakan apa aja yang di lakukan, tokoh, kpn nyampe kpn, penyelesean, dll . thnks .

  67. bingung…
    ( besok ulg tentang ini .. tidakkk!!! )

    ps : kok perasaan mirip ceritanya city hunter ya ??

  68. Di awal di tulis bahwa soeharto satu2nya jendral, kemudian di tulisan berikutnya di katakan soeharto lancang melampaui pemimpin/jendral pada saat itu. Jadi aneh dan perlu di pertanyakan lagi tulisan2 ini. Wajar soeharto tdk ada dalam daftar yg ada di daftar itu adalah jendral2 yg berada di birokrasi. Jangan bicara atas dasar “katanya” .

  69. waduh muter balikin fakta..
    kakek gw tuh di bantai pki laknat.. lo pd ga tau kejadian yg sbenernya..

    • Pki memang kejam dan tirani,tapi jangan di generalisasikan,komunis itu ideologi sama seperti pancasila(hanya berbeda paham saja pada banyak bagian).kesalahan kita yaitu banyak HAM mereka yang kita langgar.ribuan mereka yang tak tak tau apa-apa dibunuh tanpa proses pengadilan.bahkan dalam perang saja masih bisa melihat sisi kemanusian pihak musuh

  70. Kebenaran mencari jalan,tak perduli seribu tahun lagi,kita tunggu aja

  71. KOMUNIS DIMANAPUN PHOBI DAN MEMUSUHI AGAMA. , PEMIMPIN BUKAN UNTUK DIKULTUSKAN, TAPI DIHARGAI JASANYA DAN DIMAAFKAN KESALAHANNYA.
    KETURUNAN KORBAN PKI MADIUN, PENGGIAT KEAGAMAAN, MENYERAHKAN KEADILAN TUHAN PASCA KEHIDUPAN DUNIA, KARENA KITA BERAGAMA.
    AGAMA ITULAH YANG MENUNTUN KITA JANGAN JADI PENDENDAM. BUKAN HANYA ANDA (PENULIS) YANG KETURUNAN.PKI DAN SIMPATISANNYA SAJA YANG DIRUGIKAN DAN JADI KORBAN SEJARAH, JANGAN MEMAKSAKAN DIRI MENYANDINGKAN AGAMA DAN KOMUNIS DENGAN DALIH “SOEHARTO”

  72. yg gw sesalkan, dlm tindakan penumpasan PKI dan GERWANI, dilakukan dg biadab dan tdk berprikemanusiaan. spt tdk punya agama saja.
    kok bsa org indonesia kejam spt itu. gw tdk menyangka.

  73. pki kejam, yg menumpas pki jauh lbh kejam.

  74. menurut gw cakrabirawa, tni-ad nya soeharto, petinggi pki terlibat g30s tp cakrabirawa dan pki hanya pingin menculik saja. tp tni-ad nya soeharto niat nya beda, yaitu membunuh tanpa sepengetahuan cakrabirawa dan pki. kmdian stlh jendral2 terbunuh tiba tiba tni-ad nya soeharto mengkambing hitamkan cakrabirawa dan pki.. dan menumpas mrk. krn mrk pengikut setia soekarno. mrk penghalang soeharto merebut kekuasaan soekarno. kalau jendral2 dibunuh, soeharto mudah naik pangkat. kalau pki ditumpas, soeharto mudah merebut kekuasaan soekarno. krn gk ada lg pendukung soekarno.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: