Fakta Dibalik Peristiwa G 30 S PKI (versiku) Bag 1

Terilhami dari tulisan Jarar Siahaan di BatakNews yang berjudul “Pantaskah Soeharto Diampuni”, dan dari peringatan 9 tahun turunnya Rezim Soeharto, aku coba manuangkan apa yang aku ketahui lalu simpulkan berdasarkan fakta dari kejadian yang terjadi 42 tahun silam di Jakarta, tepatnya tentang peristiwa pemberontakan G 30 S/PKI. Mudah-mudahan apa yang aku tulis ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai kejadian yang sebenarnya. Perlu aku tegaskan sekali lagi ini adalah versiku, tanpa mengurangi rasa hormat terhadap versi lain yang lebih benar.

Ada seorang ahli sejarah yang sempat meneliti tentang kejadian yang menimpa bangsa kita di tahun 1965, mengatakan bahwa di tahun 1965, di Indonesia hanya ada satu Jendral dan dia adalah Mayjen TNI Soeharto. Menurutku ahli sejarah itu juga termakan image yang sengaja dibuat Soeharto bahwa dia adalah orang yang paling berjasa atas dibubarkannya Partai yang kini dianggap sebagai partai terlarang di negeri kita.

Soeharto adalah seorang prajurit TNI berpangkat cukup tinggi dan juga memegang salah satu jabatan penting dalam jajaran TNI sebagai Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad). Pada masa kepemimpinan Ir. Soekarno, Soeharto adalah seorang perwira tinggi yang tidak terlalu diperhitungkan. Itu juga menjadi penyebab tidak terteranya nama Soeharto dalam daftar 7 jendral yang menjadi target pembunuhan dalam pemberontakan PKI.

jendral-a-yani.jpgletjen-mt-haryono.jpgletjen-s-parman.jpgletjen-soeprapto.jpgletjen-sutoyo.jpgmayjen-di-panjaitan.jpgkapten-tendean.jpg

7 Jendral yang menjadi target operasi PKI (Baris pertama kiri-kanan) Jendral TNI Anumerta Ahmad Yani, Letjen TNI Anumerta MT Haryono, Letjen TNI Anumerta S Parman, Letjen TNI Anumerta Suprapto. (Baris kedua Kiri-kanan) Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomiharjo, Mayjen TNI Anumerta DI Panjaitan, Kapten Czi Anumerta Pierre Tendean

Apa mungkin Soekarno lupa pada jasa Soeharto yang menjadi arsitek Serangan Umum 1 Maret atas Kota Yogya yang berhasil menguasai Kota Yogya selama 6 jam yang kala itu dikuasai oleh Belanda? Ataukah Soekarno mengetahui fakta yang sebenarnya terjadi.

Pada tahun 1965 tepatnya pada tanggal 30 September 1965, sebuah pemberontakan terjadi atas keutuhan Pancasila (itu kata rezim Orde Baru) namun berhasil ditumpas sampai ke akar-akarnya oleh seorang perwira tinggi bernama Soeharto. Sebuah cerita isapan jempol.

Kisah Sebenarnya

Ketika aku masih duduk di bangku sekolah dasar, ada sebuah film yang wajib ditonton oleh semua siswa sekolah dasar di suluruh tanah air. Film itu adalah “Pemberontakan G 30 S PKI”. Aku juga sebagai salah seorang siswa SD ikut menonton film tersebut. Hal ini sangat aku sesali sekarang karena ternyata film itu tidak menceritakan kejadian yang sebenarnya terjadi. Fakta telah diputarbalikkan oleh seorang yang juga diperankan dalam film tersebut.

Kalau anda sempat menonton film tersebut dan mendengar kata “Resolusi Dewan Jendral” yang sempat beberapa kali disebutkan dalam film tersebut, hal itu benar adanya. Resolusi Dewan Jendral memang ada. Beberapa orang Jendral pada saat itu sedang merencanakan untuk menggulingkan kekuasaan Soekarno dan mengambil alih kekuasaan.

Para pemimpin PKI kala itu cukup resah dengan adanya isu tentang resolusi Dewan Jendral. Mereka khawatir jika para jendral berhasil, maka posisi mereka berada di ujung tanduk. Untuk itu mereka harus bergerak cepat, berpacu dengan waktu untuk menumpas para jendral yang terlibat dalam Resolusi Dewan Jendral, sebelum para jedral mendahuluinya.

Rakyat yang kala itu masih bodoh dicekoki dengan pernyataan-pernyataan pedas tentang seberapa menyeramkan dan menyakitkannya sebuah pemberontakan. PKI terus menyebarkan doktrin bahwa pemberontakan itu identik dengan kekejaman. Rakyat akan semakin terkepung dalam kesengsaraan. Doktrin yang dilontarkan PKI itu terhadap rakyat itu pada akhirnya berhasil membakar darah rakyat yang kala itu tengah dirundung duka yang mendalam dan berkepanjangan akibat dari ketidak stabilan perekonomian di sebuah negara yang masih muda ini. Akhirnya PKI mendapat restu dari rakyat yang telah didoktrinnya untuk menumpas para jendral yang terlibat dalam Resolusi Dewan Jendral.

PKI sendiri mempunyai kepentingan dalam penumpasan ini. PKI adalah pendukung terkuat Soekarno, dan Soekarno adalah pendukung terkuat PKI demi sebuah image bagi dunia internasional bahwa Indonesia tidak mudah dimasuki pengaruh Amerika Serikat. Memang Sokarno lebih menyukai politik sosialis demokratik seperti yang diajarkan Uni Soviet kepada dunia kala itu yaitu pemerataan.

Karena PKI takut kehilangan dukungan dari presiden, maka PKI harus secepatnya menumpas Dewan Jendral sebelum Dewan Jendral menggulingkan Soekarno. Maka direncanakanlah sebuah aksi untuk menumpas Dewan Jendral. Akhirnya para pemimpin PKI sepakat tanggal yang tepat untuk melakukan aksi adalah pada tanggal 30 September. >

Para pimimpin PKI melakukan rapat tentang aksi yang bakal mereka lakukan. Sedikitpun mereka tidak menyinggung nama Soeharto karena memang Soeharto kala itu bukan siapa-siapa. Dia tidak lain hanyalah seorang prajurit TNI berpangkat tinggi yang tidak diperhitungkan dan tidak penting sama sekali.

Disisi lain, Soeharto sendiri juga mengetahui tentang adanya resolusi Dewan Jendral dan mengetahui bahwa PKI akan melancarkan aksi untuk menumpasnya. Namun dia hanya diam. Soeharto juga memiliki kepentingan jika PKI berhasil. Kepentingan Soeharto sebenarnya adalah agar dia mulai dianggap penting dan kembali diperhitungkan di kancah percaturan negeri ini sehingga dia bisa mendapat jabatan yang lebih penting dari jabatan yang dia pegang saat itu. Dia biarkan PKI melakukan aksinya dengan membunuh para perwira tinggi TNI yang memang memegang jabatan penting di negara. Dengan demikian akan semakin berkurang saingan bagi Soeharto untuk meraih jabatan yang lebih tinggi dan lebih penting dari sekedar panglima Kostrad.

Tanggal 30 September pukul 4 pagi, diculiklah 7 jendral yang menjadi target operasi PKI. Mereka dibawa ke lubang buaya dan diserahkan kepada masa pendukung PKI yang telah berkumpul di sana sejak sore hari tanggal 29 September untuk diadili dengan cara mereka. Massa dibebaskan melakukan apa saja sesuka hati mereka kepada para jendral yang akan menambah kesengsaraan bagi rakyat tersebut. Massa yang berkumpul di lubang buaya berpesta pora sebelum akhirnya menyiksa hingga mati para jendral tersebut. (bersambung)

About these ads

178 Tanggapan

  1. wah, keren.
    kapan lanjutannya? jangan kelamaan ya. awas lho, nanti kucegat depan rumah kalau lae lewat. :)

    gak berani keluar rumah deh klo begini takut dicegat bang jarar hihihi :D

  2. saya menunggu sambungannya,……

  3. waduh mas, sambungannya dah ditulis tuh ampe bagian ke-3 masa gak keliatan seh. dilanjut aja tuh bacanya.

  4. Yang perlu dipertanyakan adalah:
    1. Tempat latihan Angkatan Perang Ke 5 ada di Lubang buaya berbatasan dengan tanah AURI, dan tanah tersebut digunakan oleh salah satu institusi militer (bukan AURI) ADRI dan tanah itulah yang diambil alih untuk pembangunan TMII dan MABES TNI Cilangkap.
    2. Dari buku log radiogram militer (saat itu semua berita melalui radiogram/kawat yang harus melalui pusat komunikasi AURI di Halim) tercatat pada tanggal 10 Maret Laksamana Rekso Samudero dipanggil ke Istana Bogor pada pagi hari. Namun Radiogram berikutnya menyatakan bahwa Laksamana Rekso Samudero tidak tiba di Bogor. Direncanakan Laksamana Rekso Samudero akan menerima perintah langsung dari Pimpinan Tinggi Revolusi untuk mengamankan negara dan memimpin koordinasi AURI, ALRI, KKO dan Polisi Negara – Mobil Brigade dimana Armada Laut ALRI dan Pasukan sudah berada di Tanjung Priok dan Pasukan Tempur AURI terposisi di Halim PK dan Madiun serta Polisi Negara bersiap di Bogor, sementara Pasukan ADRI yang setia pada Pimpinan Tertinggi Revolusi bersiap di Cimahi dan Karawang. Pada pukul 1600 diberitakan Radiogram bahwa kendaraan Laksamana Rekso Samudero ditemukan di Cibinong tanpa penumpang, diperkirakan diculik.
    3. Radiogram tanggal 11 Maret 1966 pagi datang tiga orang yang ingin bertemu dengan Pimpinan Tertinggi memaksa masuk Istana Bogor. Namun perlu kalrifikasi sehingga dikirim radiogram berikutnya menanyakan identitas 3 orang yang datang dari Jakarta. Akhirnya dipersilakhkan masuk oleh Sobur.
    4. Ketiga orang tersebut membawa surat yang meminta mandat mengamankan Ibukota agar Soekarno bisa kembali ke Jakarta. Namun ditolak dikarenakan Soekarno tidak percaya akan jaminan keselamatannya. Sementara dari Pimpinan pasukan gabungan di Halim meminta ijin untuk melakukan serbuan ke Jakarta untuk mengusir pasukan tidak dikenal, namun Soekarno menahan agar Pasukan Soeharto kembali ke barak dan Soeharto mengucapkan sumpah setia.
    5. Ketiga orang tersebut akhirnya kembali ke Jakarta dengan alasan akan meminta Soeharto menarik pasukannya ke barak.
    6. Pada pukul 2000 dari radiogram mnyebutkan bahwa pasukan Soeharto menguasai RRI dan membcakan maklumat yang disebut sebagai Supersemar dikemudian hari. Pada pukul 2100 terjadi penyerbuan dari pasukan KKO ke RRI untuk membebaskan RRI dan RRI berhasil dikuasai.
    7. Soekarno mmerintahkan Soeharto menerahkan kekuasaan Militer kepada Pasukan gabungan, namun Soeharto hanya mau menyerahkan langsung pada Soekarno di Jakarta dan Pasukan Gabungan mundur.
    8. Soekarnopada tanggal 12 Maret 1966 berangkat ke Jakarta menggunakan Helikopter. Jam 1000 tiba di Istana Wisma Yasa menunggu Seoharto menyerahkan kekuasaan. Pada pukul 1100 Pasukan dipimpin Sarwo Eddie menyatakan sebagai pasukan netral mengawal dan mengamankan Isatana Wisma Yasa. Jam 1400 Soeharto datang di Istana Wisma Yasa dan bertemu Soekarno tanpa senjata. Pertemuan mengalami deadlock dan pada pukul 1500 Soeharto meninggalkan Istana Wisma Yasa dan Pasukan Sarwo Eddie diperintahkan meninggalkan Istana Wisma Yasa dan akan digantikan Pasukan Gabungan. Saat Pasukan Sarwo Eddie meninggalkan Istana Wisma Yasa secara tiba-tiba pasukan tidak dikenal menyerbu Istana Wisma Yasa dan terjadi pertempuran. Pasukan Sarwo Eddie berada posisi terjepit dan dianggap berada di pihak Soeharto. Terjadi penyaderaan seluruh penghuni Istana Wisma Yasa.
    9. Pukul 1600 pesawat Mig 21 dan TU 16 berangkat dari Iswahyudi. Namun Soekarno bersedia bernegosiasi dengan Soeharto asalkan penghuni Isatana Wisma Yasa diijinkan kelauar dengan selamat. Mig 21 dan TU 16 diperintahkan mundur dan Pasukan Gabungan diperintahkan menahan diri. Pukul 1900 keluar pengumuman bahwa pasukan Soeharto dan Sarwo eddie berhasil membebaskan Soekarno dari pasukan gabungan dan saat ini berada di bawah pengamanan Pasukan yang dipimpin Soeharto.
    10. Soeharto menjadi tahanan rumah di Istana Wisma Yasa,

    • kebohongan sejarah…sejarah biasanya masuk akal..logika, nalar,bukan membodohi..PKI adalah partai politik bukan eksekutor dan tidak masuk akal harus membunuh 7 jendral dengan alasan kudeta..kudeta biasanya dilakukan oleh tentara atau gerombolan bersenjata..orang yg pintar ngerti apa yang direkayasa,dibodohi,karena orang pintar belum banyak dinegri ini…..

      • aku setuju 1000% kawan, ada terjadi pembodohan!!!

      • setuju dengan bung irwan…saya bukan pendukung PKI atau manapun..saya hanya mendukung penguakan kebenaran…yg nyata adalah adanya kebohongan sejarah ttg tragedi berdarah 1965….kita berada di pihak yg mengamati ke logisan alur-demi alur terkait tragedi 1965…PKI memang hanya partai politik yg berpaham sosialis kerakyatan (pemerataan kerakyatan) dgn simpatisan lebih kurang mencapai 3 juta jiwa jumlah yg sangat lebih besar dr militer yg hanya berjumlah ratusan ribu saja…rasangya sangat tidak logis jika serangan yg dilakukan angakatan darat yg berjumlah hnya ratusan ribu itu dibawah komando suharto menumpas lebih kurang 3 juta penduduk yg dituduh simpatisan PKI dalam waktu 1 hari saja…artinya adalah PKI tdk melakukan perlawanan spt dituduhkan suharto. …yg lebih tdk logis bagaimana bung karno di tuduhkan mengkudeta dirinya sendiri…beuhhh rekayasanya tidak cukup pintar tll banyak kejanggalan…yg paling menderita kala itu adalah rakyat…dgn tuduhan PKI meski tanpa bukti langsung dibabat habis…lagi2 suatu agresi yg menewaskan jutaan rakyat sipil dlm waktu singkat dn terorganisir..hnya gerombolan militer terlatih yg mampu melakukanya…gerombolan militer yg di gawangi suharto dgn intitusi pendukungnya yakni Amerika…hal ini dilatar belakangi krn amerika geram dgn sikap bung karno yg tidak mw mendukung blok barat yg di pimpin amerika dan sekutunya melawan blok timur uni soviet dn cina dalam perang dunia ke 2. malah membuat tandingan gerakan Nonblok…(mantap ni bung karno) menolak segala bantuan amerika..dan yakin indonesia mampu maju tanpa amerika…pemimpin seperti ini akan mengganggu kepentingan amerika..praktis..harus ditumpas…pada simpulanya..tragedi G30 S 1965 adalah hasil rekayasa amerika yang menuduhkan partai pki sbg dalang dibalik semuanya..untuk menggulingkan pemerintahan bung karno (padahal nyatanya pembantaian rakyat indonesia secara massal dgn tudahan anggota PKI..astagfirullah keji)…dan menggantinya dng penguasa yg pro-amerika…ya Suharto… 32 tahun mnjd penguasa suharto sudah merasa mampu tanpa dukungan amerika ..maka amerika merekayasa lg penjatuhan kekuasaanya dgn dalih pemimpin yg otoriter dan diktakor…menjatuhkan dn merekayasa lg pemimpin penggantinya yg bisa di dikte…modusnya sama seperti penjatuhan saddam husein di irak,.bashar al ashad di suriah,.muamar khadafi di libya…afganistan,..korea utara..dan negara2 lain yg yg kontra dgn amerika siap2 akan menyusul ….pada akhirnya yg di cari adalah satu kekuatan adidaya tanpa tandingan yg diingini amerika…atau penguasaan dunia….Amerika God DAMN..go to hell…

  5. Ralat
    10. Soekarno menjadi tahan rumah di Istana wisma Yasa.

    Sumber Bundel Arsip Radiogram yahg tersimpan di SESKOAD dan SESKOAU. Wawancara dengan pelaku sejarah-Ajudan Kehormatan Presiden dan Pimpinan CondoBirowo (Pasukan Pengawal Khusus Presiden-Menshield), salah satunya mati saat kejadian Cikini.

    Next:
    Bagaimana Soeharto yang merupakan anggota PKI dari Pathuk Yogya dan anak buah dan anak didik Soedirman (pimpinan PKI yang juga nantinya menjadi Jenderal Besar)menggunakan Polit Biro PKI sebagai alat untuk kambing hitam.

    Bagaimana Soeharto dan Soedomo berencana membunuh Laksamana Yos Soerdarso, dimana sejatinya Laksamana Yos Soedarso dipersiapkan sebagai pengganti Soekarno.

  6. @ indmndri
    wah makasih yah, ini 10 info penting nih. makasih juga udah main ke blog ku ini

  7. Sebenarnya data banyak karena kebetulan Pakde-pakde adalah pejabat Condobirowo dan juga ada yang juga merupakan pejabat arsip SEKOAD dan SESKOAU (sekolah calon pimpinan militer)
    Sementara aku sendiri juga pernah diculik atas perintah Soeharto lamgsung karena menyimpan ini saat mahasiswa (kemungkinan sebagai mahasiswa pertama yang diculik)
    semoga risalah diatas berguna bagi mereka yang mencari kebenaran.
    By the way bisa menebakan tanah siapa yang ada di Loebang Boeaya

    • ndobos banget kowe,,,emang kita kerbau apa gampang dikibulin.

      • Jangan jadi Propokator seperti PKI… Bangsa ini perang saudara karena kelakuan PKI yg sprti anda…………..

      • yaayahhahaha betul nih kata you ccd kau bilang kayak gitu pulak kau ini kn sejarah nya kok kau kick pulak nama tokoh ini kau ngadak otak kau y gk pake perasaan kau hanya sekedar omongan aja nya jdi kau gk membela negara indonesia y jdi kau ingin menjadi negara indonesia kalah lagiya
        by:m raja hamdani lubis

    • pret…gombal banget kamu itu..emang kamu tuh siapa menganggap diri kamu orang penting yg diculik..ngaca lu..hanya anjing goblok yg percaya ama bualan kamu..ato kamu memang antek2 alias anjing2 pki bangsat…kalo gitu kamu harus berhadapan dengan aku…kakek neneku dibantai pki bangsat gara2 kakek dan neneku orang kaya…mau ngomong apa kamu orang goblok

  8. Hebat kamu bisa punya semua data yang bisa menjerumuskan penguasa ordebaru, ampe diculik segala lagi. Gimana seh rasanya diculik, trus kamu diapain aja pas diculik? Gambarannya mengerikan deh, ditahan di sel, disiksa, diperkosa, dipukuli ampe babak belur… hiiiii…

  9. seru banget, coba waktu itu kakek saya disana yah minimal jadi penjaga istana. mungkin bisa cerita.

    yang saya tahu dari kakek, waktu itu ada pembantaian habis habisan yang dilakukan tentara dan rakyat. Mereka yang dituduh PKI dibabat habis.

    Salah siapa? I Don’t Know!
    Buku tentang palu arit di ladang tebu cukup menarik untuk dibaca.

    thanks atas infonya

  10. @ ardietna
    yup, pembantaian itu memang ada, saya pernah mengenal seseorang yang saat itu terlibat sebagai pembantai dalam peristiwa pembantaian itu, kini orang itu agak terganggu jiwanya gara2 bertugas sebagai pembantai pada peristiwa itu. Itu hanya salah satu contoh, sementara ribuan nyawa yang bahkan tak berdosa karena cuma ikut-ikutan juga ikut dibantai. mereka semua cuma korban keneringasan soeharto, gak tau deh ntar tuh orang jadi apa di akhirat.

    • jangan sok tahu kalo ngga ngerti kondisi sebenarnya..ngaca buka mata lu..berapa banyak rakyat dan santri yg dibantai oleh pki bangsat itu

      • Benar. knapa Media hanya Membebeberkan Pembantain Orang 2 PKi. knapa media ga mebeberkan kekejaman PKI yg membantai Santri2 DLL. jng dong membuka sejarah hanya untuk membenarkan saja . jadikan itu Pembelajaran . Rumus : ” ada sebab menjadi akibat ” . sampai kapan pun Komunis tetap Komunis , yg tidak Menerapkan Norma2 agama dalam kehidupan .

  11. yang bener tulisannya pasukan Cokro Birowo bukan Condo Wirowo, kemudian peristiwa cikini kan tahun 1957, soekarno kena tahanan rumah diwisma yasa tahun 1966.sementara saksi penahanan rumah yang salah satunya tewas pada peristiwa cikini berhasil diwawancarai oleh anda .mana yang betul nih

  12. wah kalo yg ini harusnya yang jawab itu indmndri, sayang bgt gak ada linknya, kalo ada pasti aku hubungkan ke dia deh

  13. anak muda skrng hanya membaca sejarah setengah2..dan gampang bgt termakan sama isu2 kontroversial.Tidak mengerti sejarah secara utuh.Hati2 lah pemuda2 pemudi bangsa.Seharusnya kita hrs tau latarbelakang terlebih dahulu.Dan hrs tau betapa liciknya komunis.

  14. bisa comment ga ttg gimana kira2 jalan pikiran bung karno saat itu? karena mungkin juga bung karno punya pemikiran yang yang lainnya? tapi jujur keren banget versinya..

  15. @ ocheer
    itulah masalahnya sekarang, anak muda skrg sulit mencari refrensi yang benar dan sesuai dengan fakta. beberapa waktu yg lalu buku tentang peristiwa ini ditarik dari peredaran dan hingga kini gak ada saksi mata yang masih hidup hanya tinggal soeharto, mungkinkah soeharto membeberkan peristiwa yang sebenarnya? itu yang masih menjadi tanda tanya besar

    @ yunus
    saya fikir, soekarno hanya tidak setuju dengan jalan fikiran kapitalis ala barat, makanya soekarno lebih condong ke komunis dan mengambil sisi baik dari komunis cuma satu khan sisi gak baik dari komunis yaitu tidak mempercayai adanya tuhan.

  16. Kalo Komunis gak memercayai adanya Tuhan, maka Kapitalis pura-pura memakai nama Tuhan. Mereka memusuhi agama Kapitalis.
    Kalau kita sebut Komunis licik, apakah membantai dan menghukum tanpa pengadilan itu elegan? Apakah itu adalah ajaran Tuhan? Bahkan nasib anak cucunya pun kita pasung. Kita takdirkan mereka hidup menderita. Lalu siapakah “tuhan” itu?

  17. Lha yo ngono kuwi pak… Sejarah PKI sama kelamnya seperti sejarah agama sendiri. Kita sejak kecil dicekoki doktrin2 tentang kebejatan2 PKI, tanpa pernah bisa membuktikan, benarkah PKI adalah pemberontak? sejarah G30S/PKI adalah bagian favorit dari buku2 sejarah kita ketika kita duduk disekolah. Namun ketika kita melihat kembali peristiwa2 tersebut, ternyata banyak sekali kejanggalan2, hingga pada akhirnya kita menjadi ragu, benarkah PKI adalah pemberontak, seperti stigma yang telah berkembang di masyarakat. Bahkan kini buku2 sejarah di sekolah tidak memiliki versi yang tepat mengenai G30SPKI.

    Begitu pula dengan orang yang terlibat. “Dosa Asal” Telah dipraktikan. Anak dan keluarga Tapol PKI/ orang2 yang pernah terlibat, ikut menanggung “Dosa” Bapaknya. Mereka kehilangan hak2nya sebagai warga negara, akibat kebijakan pemerintah dalam TAP MPRS/ no. 30/ 1966.

    Komunis, walaupun katanya tidak mengenal Tuhan, namun sebenarnya menjunjung tinggi kebebasan beragama. Buktinya, di Moskow, Uzbekistan, ketika masih dalam Uni Soviet, orang2 masih boleh ke gereja, masih boleh dateng ke masjid, bahkan beribadah dengan terjaminnya kebebasan tersebut. Kita aja yang gampang ditipu sama propaganda/ doktrin pemerintah, kalo PKI/ komunis itu kejam, tidak bertuhan, dan segala stigma buruk. Proof it!

    • yang pasti, orang yang terlibat pki dan antek anteknya dikampung saya memang jauh dari norma agama, mereka sok jagoan, dan suka mengintimidasi warga lain. dan yang gila lagi mas mereka sudah buat lubang untuk pembantaian

      • oo..itu dikampung kamu..sebenarnya anda sendiri sdh terprovokasi oleh fitnah juga,sedangkan dikampung saya didaerah ada juga org anggota PKI yg taat beribadah,agamanya bagus..yg paling kt khawatirkan adalah zaman ordebaru yg boleh dikatakan zaman pemimpin munafik.

    • Komunis tdk sama dg Atheis lho!
      Komunis bukan berarti tidak bertuhan.
      Komunis hanya merupakan suatau paham.
      Komunis identik dengan sosialis.
      System ekonomi sosialis akan berlawanan dengan System ekonomi Kapitalis.
      Saya setuju dengan system ekonomi Sosialis; berarti sesuai dengan Sila ke-5 dari Pancasila dan pasal 33 UUD 1945. Daripada Sistem Ekonomi Kapitalis. Semua Pengusaha, Penguasa, pemilik Pemodal, dapat memupuk kekayaan sebanyak-banyaknya tanpa pembatasan. Maka terjadilah kesenjangan sosial yg amat tajam.

      • yah….. kalau dengar cerita bapak, dan mbah, PKI itu terlepas apa itu partai politik atau bukan yang jelas kejam…, memang sih amal orang tua akan ditanggung sendiri pertanggungjawabannya, tapi kan ada
        kalanya kacang ikut lanjaran …. mungkin semua ini sekedar kewaspadaan agar kekejian tidak terulang…

  18. gua dukung banget ama info alu emang suharto penjahat perang yang lebih pantas ditembak mati aja

  19. suharto itu setan berwujud manusia

  20. jangan kacian dia da tua, natar juga mati sndri. biarlah dia pertanggungjawabkan kerjaannya ama tuhannya

  21. @ encyblogedia
    lo bener banget, man. Emang bener negara berfaham komunis itu gak ada sila Ketuhanan Yang Meha Esa di “Pancasilanya” tapi mereka tetap membebaskan dan memerdekakan rakyatnya buat beragama dan beribadah sesuai dengan ajaran agamanya. Di Unisoviet dulu juga banyak mesjid dan gereja bahkan ampe sekarang mesjid ama gerejanya masih berdiri megah dan gak pernah kosong pada waktu-waktu beribadah.

    @ gustavo
    maaf, dalam tulisan ini saya hanya mencoba untuk menceritakan peristiwa tersebut menurut versi saya, sekali lagi tanpa mengurangi rasa hormat terhadap versi lain yang mungkin lebih tepat. Tak usahlah menghakimi karena bukan wewenang kita untuk menghakiminya, apalagi memvonisnya.

    @ ahmadbintjar
    gw setuju nih ama pendapatnya ahmadbintjar, biarlah dia pertanggungjawabkan perbuatannya kepada tuhannya, dia masih punya Tuhan khan…

  22. gw sendiri setuju dgn paham komunis…
    dengan cara dia menjalankan konsepnya yang ternyata sangat BENAR, coba liat sekarang paham yg dipakai oleh negara Barat & Sekutunya…
    benar2 menginjak negara2 berkembang & negara miskin….
    paham komunis mengajarkan paham sama rata tanpa membedakan mana yg kaya & miskin..
    SEMUA KESEJAHTERAAN UNTUK SATU, YAITU RAKYAT !!!

    • Betul! Saya setuju. Drpada menganut Ekonomi system Kapitalis. Yang kaya semakin kaya, yang miskin bertambah miskin. Faktanya perhatikan sendiri. Cabang2 Ekonomi untuk hajat orang lebih banyak dikuasai oleh para pemilik modal; tdk sesuai dg Psl 33 UUD’45. Contoh: PT KA, PT PLN, PT PAM, Perguruan Tinggi, RS, dan masih banyak lagi. ~~ Untuk sambung baru Listrik dan Air saja, udah sulit mahal lagi. Begitupun dibidang yang lain.

  23. web site yg penuh omong kosong…, web ini hanya untuk menumpahkan kekesalan saja… mengatakan ssuatu tp tnpa adanya bukti yg konkrit (hnya dlam bentuk kata2 saja) …. cuma buang-buang waktu.

  24. memang tidak ada bukti konkrit. Tetapi dari penilaian dan pendapat masyarakat Indonesia kita dapat menyimpulkan kebenaran, dimana kita telah di bohongi selama ini

  25. tariklah pelajaran dari sejarah perjalanan bangsa kita

  26. wah tinggal liat flm ya ja skrng baru comen,ngapain gak dari dulu ngomong mas pas pemerinthan ya pak harto?nah ini kelemahan orang indonesia berani ya di belakang,bikin negara terancam rusak ja?yang jelas biar gimanapun jelek nya pak harto pementahan ya aman dan baik ekonomi juga lancar dan keamanan terjaga,ngak kayak sekarang bisa nya cuma ngomong doang,terus ngejek – jelekin orang,apakah ini yang di namakan persatuan,kapan lagi rakyat miskin bisa ngrasain kayak pemerintahanya pak harto ?

  27. big skenario

  28. jangan mudah terhasut hal yang belum tentu benar.
    memang banyak orang sakit hati pada jend.soeharto.
    saya khawatir malah orang yang nulis itu yang mutar balikkan sejarah,karena sakit hati.

  29. kebetulan saya sangat senang sekali dengan sejarah apapun itu, tapi bener sejarah harus kita cari kebenarannya tetapi jangan dulu menyimpulkan dan berkomentar selagi jalan kita masih setengah, tak ada gading yang tak retak, pasti ada hikmah dibalik kejadian G 30 S PKI, carilah ilmu untuk dirimu sendiri apabila sudah yakin baru bagiin bt orang lain, nanti jadi pahala, nah kalo ilmu yang kita dapat baru 1/2 trus di kasih sama orang lain kita jadi dosa lho…..

  30. sy baru download film G 30 S PKI via techcrunch you tube,from jaguar lampung,tau ga siapa dia?
    mau minta full versionnya
    mengenai pki,ya sudahlah kan masih banyak pki-pki baru,tau kan.kita tunggu aja kalo mereka berani muncul lagi.kita sbg kaum muslimin siap memberantasnya.

    • wich klo smua kesalahan langsung main bantai kapan indonesia maju….. dan setiap pembunuhan ditentang oleh Sang KUASA…. kita bs follow up mreka dengan memberikan doktrin2 yang baik dan benar…. baik aja blm tentu benar tp benar sudah pasti baik….

  31. emm.. maw numpank nanya nie.. setalah saya pikir ama ngeliat buku2 sejarah saya.. ternyata emank G30S bisa dikatakan sebagai pengubah sejarah terbesar bgt.. tapi yang maw saya tanya thu.. menurut anda2 nie.. ada ga c perbedaan dalam berubahnya sejarah yang terjadi di Indonesia dibandingkan dengannegara2 lain??

  32. gerakan 30 september adlah makar yyg dlkkn soeharto yg d bantu CIA
    lobang buaya sebnrnya tdk ada sprt yg disebutkan dlm flm g30s,dsn hny t4 latihan AD untuk mengganyang malaysia yg pd saat itu mmng ada konflik antara indonesia dan malaysia

  33. Mas,coba anda bca bku Pak Soebandrio,kesaksianku tentang G30S.
    Dsna trngkap fkta yg sbnarnya,bhwa soeharto adlh dalang dr smua kjadian pmbantaian angta PKI yg tdk bslah,tak trhitung rbuan bhkn jutaan org tak slah dbntai…
    Soeharto adlh org plng jahanam d bmi indonesia…

  34. wah brur lo itu bikin tambah runyam ni sejarah, setelah aku baca argumen yang lo buat kurang kuat, masih kuattan buku putih fakta dan sejarah G/30/S/PKI keluaran mabes TNI AD thn 1966 . walaupun bukti – bukti yang di muat dalm buku itu di duga di rekayasa, tapi sebelum ada bukti lain yang muncul maka mau tidak mau apa yang tercantum dalam buku itu masih di akui secar hukum.
    aku sudag membaca banyak literatur tentang g/30/s/pki . buku yang muncul pada msa orba dan pasca rformasi berbeda 360 drajat , banyak opini yang di jadikan fakta , dan justru itu saling menggugurkan data satu buku dengan buku baru yang lain , dan yang bru muncul.
    klo gue boleh ikut bacor /
    ada beberapa aspek kenapa g/30/s/pki terjadi
    dan kenapa soharto jadi pahlawan

    g/30/s/pki terjadi karena
    1. aspek politik dalm negri yang tidak sehat, artinya
    pki dan partai lain bermusuhan , terutama dengan
    partai islam, ini menyebabkan ekses antara santri, kiai
    pomdok pesantren, dan pki. sumber antara
    2. krisis ekonomi , inflasi indonesia tinggi pada saat itu
    devisa negara rendah , pengganguran tinggi,
    pembangunan kecil, pendidikan rendah, angka
    kemiskinan tinggi. ini memudhkan orang di
    mobilisasi dan di hasut. sumber data Depku 1963-
    1966
    3. intrik di tubuh ABRI , ada persaingan antar angkatan untuk mendapatkan perhatian bung karno , guna pengembangan angkatan. di perparah ada beberapa golongan tentara beridiologi , semisal 7 jendral yang di bidik adalah jendral yang tergolong relegius , sedangkan pasukan cakra adalah golongan pasukan ultra nasionalis.intrik lebih besar terjadi di AD berkumpulnya jendral – jendral berlatar sosial politik kuat , karena mereka adalah jendral – jendral peting pada masa revolosi kemerdekaan, jendral – jendral yang beridiologi kuat dalam menyumbang pemikiran kemerdekaan indonesia.
    4.politik dunia yang memanas , akibat perang dingin , perang vietnam jelas memilki imbas besar terhadap peristiwa g/30/s/pki

    jadi sampai kapanpun peristiwa g/30/s/pki todak akan terungkap siapa dalangnya. yang jelas menurut gue banyak faktor yang menyebabkan. n buat aku sekarng tidak penting lagi kita bicarakan siapa sebenarnya dalngnya dan siapa yang patut di persalhkan, soalnya tidak mungkin untuk bisa mengungkap misteri ini.
    so jadi kia ambil pelajaranya , tidak penting lagi pki salah atau tidak, saatnya kita bekerja dan membangun negri ini, jika kita berkuta saja pada msalah ini maka, tidak akan ada habisnya.

    • ga ada itu G 30S PKI,itu JUDUL SEJARAH yg di buat suharto dan antek2nya,SUTRADARA dari pembantaian 7 JENDRAL siapa ? mental dan opini bangsa ini sudah dirusak 45 tahun oleh pemimpin yg kejam dan jahat

    • brur…. sama saya juga penggemar sejarah… terutama yang ada hubungannya dengan militer….. ada sekitar 20 buku berkenaan dengan kisah ini yang saya beli dan baca, memang tidak 100% yang dapat saya mengerti tetapi saya pun tidak bisa mengambil kesimpulan salah ato benar… siapa yang salah atau benar kecuali kita melihatnya dari sudut pandang masing2….. saya yakin kita tidak mau peristiwa tersebut terulang lagi kan? kuncinya adalah 1. Berkata jangan bohong (untuk rakyat dan pemimpin). 2. Berjanji jangan mengingkari (kebanyakan untuk pemimpin) 3. Di beri amanah jagan berkhianat (ini sih pasti untuk pemimpin)…. pasti deh aman…

  35. MASALAH SEBENARNYA TU GIMANA TOW……????? AQ KQ BINGUNG YA,,,,,

  36. sEjARah eMaNk memB!ngUNGkaN y,,,,, yG mNg, iTuLah yG NuLis uLang sEjaRAh. kYk nY kTa2 iTu EmG bNR dECh….!!!!

  37. Mantaap artikelnya,nambah wawsan.
    Mas, kalo punya video film G30S/PKI boleh minta copiannya, dulu saya tiap nonton ga pernah tamat, trims sebelumnya.

  38. tragis…………………………………
    sangat menyadihkan sekali film itu aku bangga dengan bung soekarno dan hatta

  39. eh tuh bner tpi isu dewan jendral itu gx bar krena cma da jendral tinggi yg melantik jendral…..

    bersambung………………………

  40. Anak-anak keturunan PKI pada ngumpul disini… berusaha membela diri…..

    Sakit hati yah mas? mbak? om? tante? mbokde? pakde?

    tetap lah komunis itu haram..!!! Gak usah jelek2in orde baru, setiap jaman pasti ada kelebihan dan kekurangannya…

    dah kayak rasul aja, sok yang paling bener… kakekmu dibantai dimana sama orang NU and PNI? jateng? jatim?
    mampus aja lah kaw terkutuk PKI.

  41. WeW~ gitu aja dech!!!

  42. DANCUK GEGER terus nggak karuan penyudahnya,..kalau kamu2 hidup dizaman itu & kebetulan bukan orang pki, huhh ! baru tahu rasa bagaimana sakit hati kamu mendengar ocehan orang2 pki…telinga jadi panas lebih2 telinga orang islam. yg meng imani pd agamanya.tapi bukan berarti aku membenarkan orang barat yg suka juga melecehkan islam.tapi kontack itu dulu kebetulan sama orang pki. memang kebanyakan mereka atheis/ elergi dgn masalah keTuhanan. pki suka mencampurkan omongan politik dgn

    keTuhanan sbg sumber kemrosotan bangsa& negara.jika anda orang islam langsung terpojok & tersinggung jika mendengarnya. Perkara spt ini sering di-ulang2. sekarang fikir sendiri jika kalian mendapati lawan poltik anda sering berkoar2 spt itu. blassss pasti nyawa yg jadi taruhan.

  43. lo smua sok tau tntang G-30S/PKI, padahal kalian bego smua

  44. aku komunis

  45. Guys,
    Please deh,,, hari gini gitu lohhh
    mendingan juga belajar bagaimana membangun bangsa ini ke depan. Jangan gontok2 an kaya gitu. Hidup ini sudah susah, jangan ditambah susah lagi. Coba deh berpikir untuk kepentingan kita bersama buat masa depan anak-cucu kita nanti. Emangnya sampeyan2 mau perang lagi kayak dulu. Udah bagus bisa belajar tenang..bisa internetan..bisa komunikasi dengan bebasnya. Biarlah versi2 yang ada saat ini menjadi pelajaran aja. Sadar dong, apa bukan kita ini sedang diadu domba oleh ego kepentingan masing2 ?

  46. anda bisa tau dari mana fakta dri pristswa G 30S PKI ini?

    apa anda mengalaminya sendiri?

  47. jadi yang mana dhoooong yang paling bener ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  48. saya setuju sekali dengan komen terakhir! jangan membingungkan rakyat! jangan-kamu punya cerita-hanya bualbelaka’ kemungkinan kakekmu pengikut pki ya! kakekmu jadi pengawal cakrabirawa wajar! tapi” kakek mu orak benar!pengawal istana yang tersuap oleh duit orang komunis!sehingga dia cerita enggax2 kepadamu! termasuk propaganda almarhum jenral suharto’yang kamu ceritakan!ag cerita sedikit ya! jaman pki kakeku imam besar udah termasuk daptar”akan dibunuh oleh orang pki! untung usaha kebejatan pki di jakarta pusat mampu di gagalkan oleh pengikut yang setia kepada suharto” kalau tidak”pasti’udah kaya’mereka’para jenraldeh!ingat kamu jangan jangn hnya ngomong hanya pintar mengkritisi orang lewat pemikiran mu! jangan2 kamu’mau ngerubah negara pancasila menjadi negara komunis”kakekmu udah pikun jangan didengar deh perkataannya! trus kamu nuduh suharto dibalik semuaitu apa buktimu! suharto ” orangnya jiwa pattriotisme! di rela mempertaruhkan jiwa raga demi bangsa ini” kalau tdk ada kebijaksanaan dia dalam penumpasan pki, kamu dan keluaraga,pasti udah ditebas oleh orang2 pki lehermu! maknya” jangan asal cerita! bagaimanapun suharto adalah orang yang berniat baik! bukan kayak kakekmu”pengecut dimedan perang! hanya bisa menggonggong aja!

    • Ini orang belum kenal sama korban2 kekerasan ngomongnya enak banget ya…sekali lagi ya…ada banyak lo buku2 yang beredar berdasar hasil riset di lapangan. Ya sekedar supaya membuka wawasanmu aja. Kasihan jaman sudah sperti sekarang tapi pikiran masih ada di jaman orde baru. Baca-baca buku dan info2 terbarulah bro…Biar ga malu2in kalau ngasih komen.

  49. Ayo semua temen2 baik yg komunis baik yg islam maupun yg ultra nasionalis kita semua saudara sebangsa lihat keadaan bangsa kita lihat bila intervensi bangsa lain terjadi krn ketidak pedulian kita padahal kita mampu, putra indonesia salah satu yg terbaik didunia namun krn kita sekarang ini buta lapar maka pikirannya kurang jernih pemerintahan yg ada sekarang walo tertatih2 namun mulai membuat raksasa indonesia bangun dr tidurnya jadilah bagian dalam pembangunan materiil dan sprituil guna bangsa ini sehingga tak lagi di cemooh dan dihinakan namun kita sebagimana orang waras harus sabar dan hati2 dlm bertindak tanduk sebagai bangsa raksasa yg mempunyai kepribadian mulia thank q

  50. hallo sobat semua
    yang ada di tanah air yang kita cintai

    bicara soal PKI ya tentu tidak ada habisnya
    karna pelaku/saksi, sebagian sudah meninggal/hilang/dan tidak jelas keberadaannya

    sekarang yang kita lihat hanya filmnya, itupun sudah tidak diputar.
    orang banyak bilang film itu rekayasa,
    ya namanya aja film, pasti ada JAGOANnya dong.
    maksudnya, ya film ud pasti ada rekayasa.

    tapi seandainya waktu itu
    mayjen, SOEHARTO masuk daftar penculikan,
    dan terbunuh oleh gerakan 30 september, GIMANA?

    saat itu seorang prajurit TNI merintis karier
    dari PRAJURIT sampai MAYJEND itu sangat sulit,
    harus BERJUANG untuk mendapatkan BINTANG,
    bukan cari muka kepada PRESIDEN.

    bagaimanapun pa HARTO adalah pahlawan,
    dan kita patut manghargai jasa2nya,
    dan bagaimanapun g30s pki adalah SEJARAH,

    BAGAIMANA mau maju kalo rakyatnya ga tau, & ga menghargai SEJARAH,

    INGET BANGSA YANG MAJU, ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA PAHLAWANNYA.

    HORMAT SAYA alli

  51. Mengungkap kejadian masa lalu nggak usah ngalamin sendiri.Buntut peristiwa G30S/ PKI itu terlihat dan terasa sampai kini. Jutaan Warga Negara Indonesia yang nggak tahu-menahu PKI dan gerakan itu terintimidasi secara politis. Terdiskriminasi. Nggak boleh jadi PNS, jangankan TNI (dulu ABRI) dan Polri atau pekerjaan strategis lainnya.
    Mereka dianggap TERLIBAT.
    Mungkin ada yang benar-benar PKI dan TERLIBAT. Tapi sebagian besar yang lain? Yang masih anak-anak? Yang belum lahir? Mereka dianggap BERSIH LINGKUNGAN karena keturunan. Nggak ada bukti dan saksi. Rekaya penguasa, bisa saja. Yang ada KEPUTUSAN POLITIK tanpa pengadilan: siapa saja anak-keturunan orang yang yang dianggap TERLIBAT dianggap BERSIH LINGKUNGAN. Artinya? Tergencet!! Ada juga yang berhasil jadi PNS. Begitu ketahuan, tahu akibatnya.
    Bayangkan saja, KTP para bekas tahanan politik itu ditandai dengan E.T. (eks tahanan). Padahal banyak di antara mereka terbukti nggak bersalah sama sekali.
    Jadi jurnalis? TERLARANG! Ada juga yang lolos, eh begitu ketahuhan yang berwajib langsung disembunyikan (nggak pakai tanda petik). Bener-bener disembunyikan.
    Itu semua masih bisa kita lihat dan rasakan hari ini.
    Fakta yang mereka alami bukan fiksi.
    Bisakah anda bayangkan jika dari jutaan WNI yang disangka TERLIBAT itu mengaku BUKAN ANAK PAK ANU ATAU BU ANU supaya selamat, bisa sekolah, tidak terkucil, dapat kerjaan baik-baik? Padahal sesungguhnya mereka benar-benar anak PAK E.T. ATAU bu E.T!
    Dapatkah anda bayangkan begitu banyak anak muda yang mengatakan ayah atau ibunya sudah tiada padahal masih hidup tapi menyandang cap TERLIBAT?

  52. wah ada yang ikutan ngarang fiksi untuk negri ini. Memang cerita film itu sudah merasuki banyak orang indonesia dengan ajaran-ajarannya. Ada banyak buku bagus yang lebih rasional daripada cerita fiksi yang sudah dibuat di masa orba dan diteruskan oleh saudara. Jaman sudah maju kok masih percaya kalau dalangnya PKI. Wah…PKI itu siapa dan G30S itu perlu didefinisikan secara jujur dan lebih tepat. Ya semoga makin banyak orang yang lebih manusiawi terutama dalam memandang orang-orang yang dituduh PKI. Sebenarnya siapa yang lebih setan?

  53. Komunis blom tentu atheis, Atheis blom tentu komunis. Kalo ngga tau bedanya, jangan banyak bacot…. Komunis itu ideologi politik, jangan dicampur adukkan sama tidak mengenal/tidak percaya sama sesuatu yg disebut “Allah/Tuhan/Dewa”, istilah kerennya ATHEIS… Sarap juga nih koment yg sudah kena brain wash… Pake bawa2 nama Tuhan kek, Agama kek…. SHIT HAPPEN…???!!!??? Mending jadi komunis, daripada setan² yang mengaku sebagai orang beragama dan bertuhan, tapi menyebar terror dimana²…. Nasrani sama Yahudi aja ngga tau bedanya, disama ratain… TOLOL bin STUPID… Ngga sadar kalo udah kena cuci otak lo..??!!!????

    • Setuju ama bro komunis… Emang pada bego tuch yang komen gak jelas. Maklum om, mungkin mereka hanya memperoleh pendidikan yang rendah krn kepercayaan mereka yang diperoleh dr doktin2 gak jelas. Padahal kita semua sudah tahu siapa biang keterpurukan bangsa, meninggalkan hutang luar negeri yang amat teramat besar padahal kekayaan alam kita bisa mencukupi kebutuhan rakyat tanpa harus ikut campur negara lain.

  54. kakekku dulu adalah anggota Pemuda Anshor yang berperan penting dalam penumpasan (menghabisi) orang yang dianggap PKI. Dulu aku bangga terhadapnya karena berhasil menumpas orang kafir,ternyata setelah besar aku banyak belajar banyak hal termasuk mendengar sendiri kesaksian korban orang yang dituduh trsbt,tanpa pembelaan tanpa persidangan ya hanya sekedar fitnah,kini siapa yang tidak bertuhan? aku menyesali perbuatan kakekku itu semoga allah swt mengampuni segala dosa2nya,amien!

  55. fuck …. communist. Setelah reformasi banyak orang yang mulai berani bela PKI. Mungkin nenek moyangnya ada kaitan emosional dengan komunis laknat itu yang goblok sudah 2 kali memberontak RI tapi gagal maning.
    Yang mau jadi komunis itu orang kebelinger…gak bener.

    • Yang pasti orang yang ingin meluruskan sejarah dan membenarkan PKI serta menjelek-jelekkan Soeharto adalah keturunan PKI yang ingin kembali …
      Aku hanya mengingatkan, waspadalah terhadap bahaya laten yang pinter propaganda dan cuap-cuap untuk membolak balik pakta …
      Tanamkan Idiolagi bangsa yaitu Pancasila dan kuatkan iman dengan Norma Agama..
      Mudah mudahan bangsa ini terlepas dari Kekusutan Repormasi..

      • contoh kerterpurukan negara adalah masalah hutang,,belajarlah dari sejarah masa lampau..zaman pemimpin siapa sih yg masih meninggalkan hutang sampai sekarang ini sehingga nggak bisa lunas2..?
        sehingga kamu sendiri sebenarnya tdk sadar menanggungnya..Jadi jgn buru2 ambil kesimpulan..

  56. masi misteri,,

  57. PKI mau HIDUP LAGI…. sekarang lagi ganti kulit

    Siap2 GERAKAN PKI versi 3

  58. PKI mau HIDUP LAGI…. sekarang lagi ganti kulit

    Siap2 GERAKAN PKI versi 3

  59. PKI mau HIDUP LAGI…. sekarang lagi ganti kulit

    Siap2 GERAKAN PKI versi 3

    Sy bangga jadi orang Anti PKI

  60. tolong dong bagi filmnyapemberontakan gestapu buat bahan renungan dan kajian lebih lanjut.trims sebelumnya

  61. emang pasti yg laku`in smua itu pki,bkn nya ada unsur untuk melakuk`an kudeta,surat super semar yg di kluar`kan pak karno aja bisa hilang…mungkin ada sebuah permain`nan…..di kejadian G30S..smua nya msh misteri yg blm terungkap

  62. bro..lo punya bukti apa PKI itu dukung soekarno…
    emang benar dolo ada revormasi jendral,tapi PKI sama sekali tidak mendukung soekarno,lo baca buku dari mana gua pingin tau bro,tolong tunjukin ke saya ya kalau sempat.
    Lagi pula PKI itu bertengan dengan pancasila,makanya PKi harus di tumpas/di basmi sampek akar2 nya,soal nya jika di biarin GIMANA JADI NYA BANGSA KITA,dan asal tau aja soeharto itu menurut pengalaman dan fakta yang ada emang orang baik…..

  63. udahlah komunis ato liberalis smuanya gada yang bnr smuanya cma suatu alat untuk menghancurkan rakyat,,,
    mnding skrng kta harus fikirin SOB gmana cranya ngbangun bangsa ini dn mncapai suatu demokrasi sejati dan keutuhan pancasila,,,,

  64. saya sangat benci pki,cobalah tengok kebiadaban komunis di thailand,cina,dan nagara lainnya!!!!karna paham yang di anut adalah darwinisme saya setuju komunis di berangus aja dimuka bumi ini,kalo di indonesia mau soeharto,atau bukan yang berantas pki saya setuju pki di berantas sampai ke akarnya karna paham ini licik begitu berkembang besar dia akan membunuh kalian semua yang beragama islam atau lainnya.kecuali kalo anda tidak punya agama!!!

    • gw setuju juga nih ma usul lo emang seharusnya negara kita di atas hukum Islam aj agar tidak ada kekejaman seperti ni sampe sekarang pun masih terjadi….

  65. siapa saja tokoh Utama dari pemberontakan G 30S PKI,,,,,,,,,,,,?

  66. w pling tkut am yg nmanya G30S PKI , cz d’blik critany nto srem”
    bgt , aplgy org” ug pada mati , d’buang k’lobang buaya , smpah serem bgt , ksian ,,,, ckckckck ???

  67. tapi sekarang PKI gak ada kan,tapi yang mirip2 PkI kayak banyak mulai dech..
    contoh teroris….

    • teroris tuh bukan termasuk gerakan anti komunis deh . . . lo salah menyingkapi hal terebut. . . menurut gw mereka itu menyatakan gerkana itu menurut apa yg mereka yakini seperti Al-Quran maknya mereka memerangi semua aktifitas yg bertentangan dengan ajaran mereka sehinnga orang2 laen menyebutknya teroris. .

    • km salh bro, teroris bukn pki , yg jadi pki skarang adalah pejabat2 yg rakus, menghalalkan segala cara yg penting uang, kalo teroris itu bencinya cuma sama orang yg mengerjakan maksiat, pernah denger gak ada teroris yg ngeboom masjid atw psantren?,yg di boom cuma tmpat2 maksiat aja kan…. jadi km jangan samain teroris ama pki.

    • adalagi, yang nggak sepaham dibabat abis

  68. sebenernya gw pikir2 kata2nya ada benernya juga tuh. . . . tapi dua2nya sama2 menyengsarakan rakyat. . . kalo menurut gw alangkah bagusnya jika sekarang2 ni di adakan sistem demokratis Islam agar tidak ada lage kekejaman dari orde baru maupun orde lama agar jaman sekarang menjadi lebih baik. . . .

  69. payah… sama PKI aja ko takut…!!!

    ayo sini yang menganut faham komunis hidup berdampingan ma orang Islam, Kristen, Hindu, Budha, Tiong-hoa dan lainnya…kalian cinta bangsa ini? ayo berkembang dengan prinsipmu tapi kami bakal tetap pada keimanan kami!

    buat yang masih terlena oleh kenangan manis dengan kejayaan Islam di masa Rasulullah…stop dreaming, bro! ayo, melek…kenapa tidak berhijrah ke negara yang siap menerima ente sekalian? belum cukup contoh dari Rasulullah?
    hehe… :-D:-D:-D:-D:-D

  70. mas kpan ljutan crtinya seru mas kebenaran sejarah harus ditegakan

  71. mnta ringkasannya donk

  72. ma’af sobat mengganggu nich…ada pengumuman tentang kontes seo. yu’ ikut meramaikan, terimakasih :D860
    http:www dot indositehost.com/kontes-seo.php

  73. WOw, artikelnya bagus :D thanks atas infonya ya..?

  74. Mau komunis mau teroris Atau apa kek…satu kata aja…”B.E.G.O” kalo lu dukung PKI.mau gmnpun PKI udh catatan hitam sejarah indonesia…keji,brutal,dan liar….mang pada mau ya Orang2 seperti itu hidup di indonesia?….melek dong..sejarah walau dengan segala kemisteriusannya mmg terjadi…tinggal gmn ngambil langkah supaya jangan terjadi lagi…pada pinter2 tapi TOLOL….

  75. Tak penting lagi apa itu komunis, penjahat itu sekarang bertebar di kursi dewan, didepan tivi, disekolah dan perkantoran. Bukan siapa benar dan salah kita hanya harus kembali pada keyakinan masing2. Agama mu adalah agamu, agama ku adalah agama ku. Paham mu junjunglah paham kami jangan di tentang. Semua rata semua sama tak ada ideologi yang memperbolehkan membunuh, itu hanya pemikiran menyimpang. Mari berjalan dan bangun negri ini bersama-sama. Hanya ‘anjing’ yang jatuh 2 kali di tempat yang sama.

  76. by jabon :
    sebenaranya siapa dalang di balik semua ini …?

  77. Kpn atuh lanjutannya??

  78. teralu bnyak hal terselubung yg belum pernah di bahas tuntas.setiap masalah cuma butuh 3 bulan hingga masalah ituh redup dan mencoba membalikan fakta atau semacamnya..

  79. sebaiknya mas penulis baca dulu deh istilah komunisme,liberalisme…dan isme-isme yang lain…
    makna itu aja kayaknya mas belum paham..

    7 jendral target tu piere tendean gk masuk target,target sebenarnya jend.nasution,cm dia bisa lolos,piere tedean yang waktu itu jadi ajudanya dengan berani mengaku sayalah nasution…

    PKI /paham komunis yg kita pahami sekarang tu hasil doktrin orde baru,,ktika kita sd kan orde baru berkuasa,kita dibodohi,katanya komunis itu kejam,ahirnya kita sekarang malh gk paham apa tu komunis….sebenarnya.yang lebih memalukan banyak dari kita ketika melihat sesuatu yang kejam banyak diungkapkan dengan kata “WAH PKI TENAN KI”,,,memalukan sekali kan

    satu lagi,PKI tu bukan dr angkatan perang,PKI ketika itu adalah parpol kan,,trus saya mau tanya mas,siapa yang mengeksekusi penculikan itu?apakah masyarakat sipil?

  80. Dalang dibalik ini semua adalh CIA, karena posisi soekarno pada waktu itu adalah non blok yang “DIANGGAP” condong ke timur. sebenarnya soekarno adalah negarawan yang merangkul semua anak-anaknya. penggulingan soekarno dari puncak kepemimpinan bangsa ini adalah benar-benar murni propaganda dgn serangkaian operasi rahasia CIA. jangan bayangkan CIA akan datang ke indonesia menggunakan senjata2 tercanggihnya pada waktu itu u/ melakukan operasi tsb. tidak mungkin mereka rela melakukan itu, karena mereka tau kita bangsa yang mudah di adu domba, maka yang di “KONTROL” pertama kali waktu itu adalah media, yaitu RRI dan Koran serta perfileman. CIA membuat propaganda-propaganda dalam bentuk Filem pembantaian jendral2, membuat oponi publik (rakyat kecil & mahasiswa) pada waktu itu seolah-olah soekarno dan PKI lah dalang dibalik pembunuhan jendral2. kemudian CIA memainkan Aktor Layar Lebar paling berbakat sepanjang sejarah, yaitu Soeharto. beliau tampil sebagai seorang juru selamat yang dengan lugas dan percaya dirinya menelanjangi kekuatan dan kewibawan soekarno dihadapan rakyatnya sendiri.

    Logikanya begini, gampang saja lah, kita semua tau who is soekarno, beliau adalah bapak bangsa dengan gelar Insinyur dengan segudang pengalaman organisasi dan diplomasi dengan modal Nol beliau dan hatta pada waktu itu bisa membuat bangsa ini medeka dari penjajahan belanda. beliau sanggat elegant di hadapan PBB waktu itu dan beliau adalah orang yang sanggat berpengaruh di dunia. Terus klo kita bandingkan dgn Soeharto. Siapa sih soeharto, orang jawa asli yang ga pernah mengeyam pendidkan tinggi dan hanya seorang prajurit biasa dan tidak punya pengalaman diplomasi dan politik sebelumnya.

    Ini adalah 2 hal yang ga sepadan, Soeharto bisa Begitu Luesnya menelanjangi dan memutar balik fakta-fakta sejarah terhadap soekarno. coba kita sbg generasi yang pernah mungkin mendengar, coba kita lihat lagi isi dari pada pesan-pesan filem G30 S. isinya adalah adu domba. intinya itu,,

    dan setelah itu si sutradara “CIA” tampa perlu bersusah payah melakukan pembantaian masal thd simpatisan komunis dan atau pihak2 yang mereka anggap terlibat. Bangsa ini dengan sadisnya melumat habis seodara, keponakan, pak de nya sendiri.

    siapa yang senang sekarang?! siapa yang bertepuktangan.. Opini saya adalah, Ini semua propaganda negara-negara barat u/ membasmi faham komunis. karena mereka punya kepentingan di Indonesia. Hasilnya adalah gampang sekali, Bapak Pembangunan Indonesia adalahhh “Pak Harto”..

    semoga Hukum dan Media tidak pernah dibungkam lagi seperti Jaman OrBa dan semoga semua Rakyat Indonesia Bisa Bersekolah Dan Punya Mimpi untuk jadi lebih pinter dari bapak/ibu yang melahirkannya dulu.. amin

  81. saya merasa ada yang tak beres dengan sejarah kita, banyak fakta yang di tiadakan. PKI atau Suharto siapa yang paling salah yang jelas Sukarno yang jadi korban pikiran dan gagasannya yang sangat nasionalis kadang harus menjadi pedang bermata 2

  82. Aku bukan ahli sejarah juga bukan PKI hanya seorang rakyat biasa yang pengin tau kebenaran. Masalah PKI Kudeta menurutku hal yang mustahil bin mustahal karena PKI pada waktu itu partai yang besar dan mereka tidak dirugikan dalam kondisi itu, Logikanya begini : orang ga usah kudeta aja udah menguasai pemerintahan, kenapa harus kudeta?buang – buang energi ya ga ?
    Bukannya aku membela PKI but kita sebagai rakyat juga harus berfikir dan jangan mudah terhasut oleh propaganda – propaganda yang sering meracuni otak kita
    Yang aku tangkap dari peristiwa itu adalah bahwa kita pernah memiliki Presiden yang seorang negarawan sejati yaitu :
    1. Sukarno yang dengan besar hati mau lengser karena tidak mau terjadi pertumpahan darah antar sesama anak negeri Indonesia
    2. Gus Dur yang dengan keberaniannya membebaskan seluruh tahanan politik orba khususnya yang berkaitan dengan G 30 S / PKI.
    Sementara itu dulu aja deh semoga dapat ikut menyumbang pemikiran…
    wassalam

    Rakyat biasa

    • boss….. kenyataan yang ada semakin berkuasa sesuatu organisasi semakin takut dia kehilangan kekuasaan, semakin tinggi jabatan seseorang makan semakin takut dia turun… ini fakta bung..

  83. d tunggu kelanjutanya ow

  84. [...] SUMBER: http://whitegun.wordpress.com/2007/05/22/fakta-dibalik-peristiwa-g-30-s-pki-versiku/ [...]

  85. Bagi yang Membela Suharto Kalian kemana aja waktu Mahasiswa seluruh indonesia dan masyarakat tahun 1998 lalu menuntut Suharto Mundur dari Jabatan Presiden.kenapa kalian gak membela waktu itu apa karena waktu itu masih bodoh sehingga bisa dibodohi Orde Baru…belajarlah dari Fakta sejarah dan Fakta masyarakat yang menjadi korban Suharto. jangan hanya karena Bapak lo hidup enak dijaman ORBA terus mengabaikan hak masyarakat luas yang menjadi korban sapi perah orba yang uangnya terus dikorupsi aparat Pemerintah waktu itu dan sekarang menjadi tradisi korupsi diindonesia. Kenapa baru membela sekarang Oiiiiiiii apa Bapak lo da melarat gak bisa korupsi lagi seperti jaman ORBA…

  86. berarti ke 7 jenderal itu jahat dn bermaksut tidak baik dongg ??

    • lhaaa..iyaa lah..,kalau kamu pandai dan cerdas menilai fakta,sejarah sandiwara dunia ibarat skenario film yg diakhiri real ending..bocah,bocah..

  87. Sepertinya pak harto tahu bakal terjadi pembunuhan 7 jendral,dan membiarkan itu terjadi…biar dia ga ada saingan mnju tumpuk pimpinan….dan seandaianya pak harto berbahaya untuk pemerintahan pasti dia dah di bunuh PKI tapi keluguannya menyelamatkan jiwanya………….

  88. aku setuju sama temen-temen yang getol membantai komunis, tapi kok cuma komunis indonesia tok yang dihabisin, padahal kan masih banyak komunis yang di negara lain, contoh : cina , yang berpenduduk 1,5 M atau seperempat dari penduduk dunia, lalu rusia, kuba, vietnam, kamboja, dan yang lainnya, lebih baik kita bunuh aja semuanya, agar tak ada lagi ideologi yang anti Tuhan di dunia ini. betul nggak?

  89. Baru tau

  90. In 1990, the American investigative journalist Kathy Kadane revealed the extent of secret US collaboration in the massacres of 1965/66 that toppled Sukarno and brought to power Suharto, who at the time was little known outside western intelligence circles. In a series of interviews with former US officials, she concluded, “They systematically compiled comprehensive lists of communist operatives. As many as 5,000 names were furnished to the Indonesian army, and the Americans later checked off the names of those who had been killed or captured.”

    In 1966, the US ambassador in Jakarta assured Suharto that the “US is generally sympathetic with and admiring of what the army is doing”. The British ambassador, Sir Andrew Gilchrist, reported to the Foreign Office: “I have never concealed from you my belief that a little shooting in Indonesia would be an essential preliminary to effective change.” Having already armed and equipped much of the army, Washington secretly supplied Suharto’s troops with a field communications network. Flown in at night by US Air Force planes from the Philippines, this was state-of-the-art equipment, whose high frequencies were known to the CIA and the National Security Agency. Not only did this technology allow Suharto’s generals to coordinate the killings, it also meant that the highest echelons of the US administration were listening in. Suharto was able to seal off large areas of the country. Archive film of people being herded into trucks and driven away exists but that is all. To my knowledge, the fuzzy photograph published here is the only pictorial record of the actual killings in this Asian holocaust.

    It ought to be salutary for journalists these days to heed the important role that western propaganda played then, as it does now. British intelligence manipulated the press so expertly that Norman Reddaway, head of the Foreign Office’s Information Research Department (IRD), boasted to Ambassador Gilchrist, in a letter marked “secret and personal”, that the spin he and his colleagues had orchestrated – that Sukarno’s continued rule would lead to a communist takeover – “went all over the world and back again”. He describes an experienced Fleet Street journalist agreeing “to give your angle on events in his article . . . ie, that this was a kid-glove coup without butchery”. Roland Challis, who was the BBC’s Southeast Asia correspondent at the time, believes that the cover-up of the massacres was a triumph for western propaganda. “My British sources purported not to know what was going on,” he told me, “but they knew what the American plan was. There were bodies being washed up on the lawns of the British consulate in Surabayo, and British warships escorted a ship full of Indonesian troops down the Malacca Straits, so that they could take part in this terrible holocaust. It was only much later that we learned the American embassy was supplying names and ticking them off as they were killed. There was a deal, you see. In establishing the Suharto regime, the involvement of the IMF and the World Bank was part of it. Sukarno had kicked them out now Suharto would bring them back. That was the deal.”

    With an ailing Sukarno powerless and Suharto about to appoint himself president, the US press reported the Washington-backed coup not as a great human catastrophe but in terms of the new economic advantages. The military takeover, notwithstanding the massacres, was described by Time magazine as “The West’s Best News in Asia”. A headline in US News and World Report read: “Indonesia: Hope . . . where there was once none.” The renowned New York Times columnist James Reston celebrated “A gleam of light in Asia” and wrote a kid-glove version he had clearly been given. The Australian prime minister, Harold Holt, who was visiting the US, offered a striking example of his sense of humour: “With 500,000 to a million communist sympathisers knocked off,” he said, “I think it’s safe to assume a reorientation has taken place.”

    Ralph McGehee, a senior CIA operations officer at the time, whom I first interviewed almost 20 years ago, described the ousting of Sukarno in Indonesia as a “model operation” for the US-run coup that got rid of Salvador Allende in Chile seven years later. “The CIA forged a document purporting to reveal a leftist plot to murder Chilean military leaders,” he wrote, “[just like] what happened in Indonesia in 1965.” He says the Indonesian massacres were also the model for Operation Phoenix in Vietnam, where US-directed death squads assassinated up to 50,000 people.

    In November 1967, following the capture of the “greatest prize”, the booty was handed out. The Time-Life Corporation sponsored an extraordinary conference in Geneva which, in the course of a week, designed the corporate takeover of Indonesia.
    It was attended by the most important businessmen in the world, the likes of David Rockefeller, and all the giants of western capitalism were represented. They included the major oil companies and banks, General Motors, Imperial Chemical Industries, British Leyland, British-American Tobacco, American Express, Siemens, Goodyear, the International Paper Corporation, US Steel.

    Across the table were Suharto’s men, whom Rockefeller called “Indonesia’s top economic team”. Several were economists trained at the University of California in Berkeley. All sang for their supper, offering the principal selling points of their country and their people: “Abundance of cheap labour . . . a treasure house of resources . . . a captive market.” Recently, I asked one of them, Dr Emile Salim, if anyone at the conference had even mentioned that a million people had died in bringing this new business-friendly government to power. “No, that was not on the agenda,” he replied. “I didn’t know about it till later. Remember, we didn’t have television and the telephones were not working well.”

    The Indonesian economy was carved up, sector by sector, at the conference. In one room, forests in another, minerals. The Freeport Company got a mountain of copper in West Papua (Henry Kissinger is currently on the board). A US/European consortium got West Papua’s nickel. The giant Alcoa company got the biggest slice of Indonesia’s bauxite. A group of US, Japanese and French got thetropical forests of Sumatra, West Papua and Kalimantan.

    A Foreign Investment Law, hurried on to the statutes by Suharto, made this plunder tax-free for at least five years. Real, and secret, control of the Indonesian economy passed to the IMF and the World Bank through the Inter-Governmental Group on Indonesia (IGGI), whose principal members were the US, Canada, Europe and Australia. Under Sukarno, Indonesia had few debts. Now the really big loans rolled in, often straight into pockets, as the treasurehouse of resources rolled out. Shortly before the Asian financial crash in 1997, the IGGI godfathers congratulated their favourite mass murderer for having “created a miracle economy.

    ini gan sebagai bahan msukan juga biar kita tahu gambaran besar secara keseluruhan apa yg terjadi

    © copyright John Pilger.

  91. Wah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! sungguh kejamnya PKI tak punya perikemanusiaan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! membunuh 7 Jendral Tinggi TNI-AD. PKI adlah gerakan yang tak tau perasaan…………………………………..

    • emang kejam bgt… y tuhan tolong jaga dan terima jendral-jendral kami di sisimu. Tempatkan mereka di tempat yang baik. dan biarkan tuhan yang membalas perbuatan orang yang membunuh jendral-jendral kami. Thanks for HERO ( Ahmad yani, anumerta hariyono, suprapto, parman, sutoyo siswomiharjo, panjaitan, dan pierre tandean )

  92. hidup Indonesia, walaupun tahun” ini kita sering dilanda musibah, sabaar yah utk saudara” gw yang ada di muka bumi ini

  93. MERDEKA…………..Semoga temen2 yg berpikir komunis tu gk kenal Tuhan lekas hilang,dan mulai mengerti apa itu paham komunis itu sendiri,,membenci komunis ,berarti membenci paham orde lama,

  94. Ternyata mantan persiden RI yg ke-1 adalah pimpinan dari gerakan 30 s pki yg bgitu kejam,..
    yg mana karena dgn parbuatanya itu telah banyak korbankan banyak jiwa,… dikala itu,…

    aku harap sambugan dari cerita ini akanscepatnya terbit lg,..aku tunggu,..!!

  95. bguuss ne,,
    bagaimana tanggapan anda mengenai hal tersebut(G 30 S/PKI)

  96. PKI adalah sebuah partai besar pada masa itu,tanpa peran Soekarno pun PKI akan tetap masih eksis.Logikanya,apakah sebuah partai memiliki tentara bersenjata?apakah dari mereka diajarkan untuk menyerang seperti layaknya teroris?
    JUJUR saya tidak sependapat dengan tulisan ini.terima kasih

  97. artikel aneh

  98. pada ribut sendiri2 gak jelas

  99. @yumaino: bagi gw kayanya cuma ini yg masuk akal,,mulai dr ideologi ato paham,kondisi sosial ekonomi yg buruk mpe status negara indonesia yg condong ke kiri,menjadikan sasaran empuk Barat buat menjajah dalam bentuk bs dibilang non-violence..dengan isu PKI,Barat menjatuhkan sukarno dan menjadikan suharto presiden dengan syarat: Barat mendapat bagian..suharto dapat kekuasaan,Barat dapat kekayaan..bullshit motif ideologi,kudeta,ato apapun yg jelas murni faktor ekonomi!! Indonesia yg kaya akan alam tp miskin SDM,tentu dgn mudahnya Barat mengambil alih,..coba cek perusahaan asing yg hadir di RI pasca PKI mpe skarang?? Ga heran suharto di bilang bapak pembangunan,lha wong yg nyokong di Barat!! Apa she yg bs di lakukan suharto secara dia cm org yg dul ga ngaruh apa2??
    Tp selama anak bini gw bisa makan dan sejahtera,masa bodo mw itu komunis,kapitalis,ato apa terserah..org mw miskin ato kaya bukan urusan gw dan gw miskin ato ky ga ada hubungna ma org lain..

  100. bendera 1/2 tiang

  101. wah bahaya kalo turunan pki pada ngoar…….suka ungkit orng yg dah ninggal….pikiran pki bnget kyak para koruptor jman skrng dekat dgn presiden tp ternyata ngisap darah presiden…. Pki tuh……bro bantai pki…sumpahin turunannya blangsat dunia akherat….amin…

  102. Baik PKI dan TNI punya kepentingan masing-masing dalam tragedi itu. PKI punya kepentingan bahwa pada kenyataanya diseluruh negara PKI selalu mengkudeta pemimpin terdahulu. TNI juga punya kepentingan dibawah AH nasution dan Suharto. Intinya adalah G30S adalah perang ideologi Baik Komunis dan Liberal dan yang menjadi korban adalah orang-orang indonesia. Setelah komunis kalah oleh TNI maka liberal berhasil perlahan-lahan menguasai indonesia dibawah pimpinan SUHARTO yang membawa indonesia ke arah kehancuran. Mengobral indonesia untuk negara luar yang ingin menguasai kekayaan alam diindonesia. NEOKOLIM MASIH ADA SAMPAI SAAT INI DI INDONESIA butuh bukti? Freeport ! Berjuta-juta ton emas lari ke amerika dan indonesia ga dapet apa-apa. GANYANG NEOKOLIM

  103. capek deh mau menerangkan sejarah sebenarnya pada anak2 sekarang. Habisnya udah dicekoki pelajaran sejarah yg salah dari masih bayi. Cemana bisa menerima realita? Suharto itu memang antek CIA USA makanya bisa berkuasa 32th. Sejarah diputer balikkan, si penjahat kemanusiaan malahan jadi pahlawan. Weleeh…weleeeh… Udah berkuasa menjual negara, hasil kekayaan minyak, emas, dan tambang di serahkan untuk dikeruk sebanyak2nya ke AS. Sebagian lagi difoya-foyakan bagi2 proyek sama konco2nya dan anak2nya. Sekarang tinggal hutang ribuan trillyun diwariskan sama kita? masak si penjahat gituan masih banyak lagi yg mau bela2in. Saya sendiri bukan komunis tapi saya tidak anti komunis. Komunis juga nggak jelek2 kali. Komunis nggak pernah mengatakan dia Atheis. hanya propaganda orde baru selama inilah yg selalu menjelek2kan komunis seolah2 sebuah aliran sesat yg sangat mengerikan. Komunis hanya suatu paham idiologi kebalikan dari kapitalis. Komunis berasal darii kata komunity, komunitas yaitu kebersamaan atau kerakyatan. Jadi kepentingan rakyat itulah yg diutamakan, bukan kepentingan segelintir pengusaha atau penguasa. Tidak ada salahnya banyak membaca bacaan untuk membuka pikiran memperbaiki kekacauan pelajaran sejarah masa lalu.

  104. PERISTIWA G/30/S PKI TDK AKN PRNH TUNTAS HABIS TUK DI PERDEBATKAN MENGINGAT 2 KOMPONEN BESAR BANGSA INI TRDIRI DARI GOLONGAN/KETURUNAN PKI DAN BUKAN PKI..KE DUA BLAH PIHAK PSTI MENGKLAIM KEBENARAN ITU…

    **GOL EKS PKI/KTURUNAN PKI PASTI AKN BRUSAHA MENUNTUT KEADILAN DAN PELURUSAN SEJARAH
    **GOL ANTI PKI/KTURUNAN ANTI PKI PSTI BERSIKUKUH PKI ITU SALAH,JAHAT,BIADAB DAN HRUS DIENYAHKAN

    ………DAN KNYATAANYA….ORNG2 PKI DAN KETURUNANYA SDH MENERIMA GANJARANYA………..
    STLH PRISTIWA ITU,MNURUT DATA[dari berbagai sumber ] DIPERKIRAKAN 800 RIBU – 1,5 JUTA MANUSIA DIBANTAI TANPA PROSES HUKUM YG JELAS….DAN SELURUH KETURUNANYA DI JADIKAN WARGA NEGARA KELAS II

    @MENURUT ANDA ORNG2 YG MENGAKU INTELEKTUAL DAN BERAGAMA … APKAH TINDAKAN PEMBANTAIAN DAN PEMASUNGAN HAK2 KEWARGANEGARAAN ITU SAH DAN DAPAT DIBENARKAN ???????

    SPRTINYA BNGSA INI SNGT MEMBUTUHKAN ORANG2 BERJIWA BESAR BERHATI BERSIH DAN MULIA SMACAM ”KH ABDURACHMAN WAHID[GUS DUR]BELIAU SCARA UMUM TLH MEMINTA MAAF ATAS PERISTIWA YG MENJIJIKAN ITU……

    • Aku setuju sekali dgn komen anda, Hari ini banyak generasi bngsa ini sdh dicekoki dgn sejarah palsu..dan kalau bcr sepertinya tanpa dasar fakta

  105. sejarah kalau dibahas ma orang2 skr ga bakalan selesai. lawong orang2 yg terlibat wkt itu udah pada meninggal. lebih baik satukan tekad membangun bangsa yg adil sejahtera. omongan tidak akan menyelesaikan masalah. tapi tindakan, itu pasti berwujud nyata buat rakyat. hidup indonesia

  106. asik jg baca2 sjarah, walau msh belum jg trbukti kbnaranya heheheheh

  107. wlwpun belum tau kebenaran nya seperti apa..yang penting bisa sedikit tau tentang kondisi waktu itu..nice gan….

  108. kenapa kagak percaya ya….. emang pak harto dalang semuanya…

  109. ” Sekali TERLARANG tetap TERLARANG ”
    dan waspadai terus yg terlaraang itu , sekarang semangkin gencar : Membetuk generasi muda untuk meyakinn kan kalo PKI itu bener. ini yg amat sangat Berbahaya.

    • Jgn salah paham Ronay..kalau pandangan mata kasar kamu melihat kebaikan itu..tapi ingat! dimata Tuhan belum tahu, bisa sebaliknya..krn Dia MAHA MENGETAHUI SE-GALA2NYA.

  110. Eh permisi.. mau numpang jualan nih.. boleh kan yaaaa.
    Untuk yang but uh jasa terjemahan Inggris-Indonesia atau sebaliknya, silahkan reply dengan mencantumkan alamat email.

    Terima kasiiiih… silahkan dilanjutkan diskusinya……

  111. Ringkas,padat,jelas,komunis,lawan kapitalis,pd faham komunis,konon tdk akan ada perusahaan asing dlm negara,seperti sekarang,freeport,exxon,caltex,dll.jadi tujuan pembantaian massal membuka investor asing masuk ke Indonesia,,it was that fuckin all is about.

  112. KOMEN YOU2 PADA GOBLOQ… BELAJAR YANG BENER YA TENTANG SEJARAH… TANYA AMA GUA OK… BRAVO PERSIB… PERSIB NU AING… PERSIB NUMBER ONE… YANG LAIN PADA KEOK SIA’…

  113. Kakean cocot,iniloh,biangnya,kekayaan alam Indonesia sdh sejak lama jadi Incaran bangsa yg rakus,pembunuhan massal 1965 adalah demi berdirinya perusahaan pertambangan milik kapitalis yahudi,freeport,exxon,caltex,PKI dibubarkan karena fahamnya mengharamkan ada swasta asing dlm negara.dan faham tsb harus ditumpas demi berdirinya perusahaan asing agar bisa menjadi hak milik kapitalis yahudi yg berlindung dibawah bendera amerika.sini uang yg buanyak,akupun bisa bayar pembunuh agar memfitnah golongan tertentu agar ribut saling membunuh,baca kitab talmud,milik yahudi,ada saatnya negara ini bakal dibantai konglomerat yahudi lewat tangan sebangsa kita sendiri,FPI,JIL,dan ormas ormas lainnya,dicari perselisihan diadu domba,negara kacau,ekonomi lumpuh,lalu utang pd mereka?kita dijajah rentenir rotschild cs,

  114. INDONESIA DIPENUHI ORANG2 BEGO’ DAN GOBLOK..!

    ANE GAK MAU KOMEN TENTANG POSTING DIATAS.,GAK MAU KOMENT TENTANG PKI, GAK MAU KOMEN TENTANG SOEHARTO.
    ANE GAK NGURUSIN SEJARAH.!

    YANG CUMA ANE MO TANYAIN :
    LU SEMUA PERNAH SEKOLAH GAK?
    ATAU MUNGKIN GURU LU LU PADA GOBLOK JUGA?

    baca nih –> APA ARTI KOMUNIS ?

    APA HUBUNGANNYA DENGAN GAK BERTUHAN?

    BEGO GAK KETULUNGAN SEMUA LU..?
    SEKOLAH DULU NYAMPE KULIAH..BARU BOLEH RIBUT2AN KOMEN LAGI..!
    GURU SD,SMP AJA GOBLOK SEMUA KALO NGARTIIN KOMUNIS..
    Komunis ya komunis
    Gak ada agama ya gak ada agama
    Gak ngakuin tuhan tuh kafir kalee..
    Jangan disamain…woy..!
    *GAK ADA PERSAMAANYA SAMA SEKALI*

  115. kalo aidit sama letkol untung masih hidup gue hajar tuh orang

  116. manusia punya keterbatasan pengetahuan…
    aku sehh ga akan nyari kebenaran atas naluri sendiri..,
    sebab aku percaya akan ada HARI PENGADILAN.

  117. SEJARAH KELAM PKI TIDAK AKAN PERNAH TERUNGKAP…TIADA KESAKSIAN DARI MEREKA YANG TERLIBAT LANGSUNG..SEMUA HANYALAH KIRA2…DAN SEJARAH INI MEMAMNG SENGAJA DITUTUP OLEH MEREKA YANG BERKEPENTINGAN….HIKMAHNYA ADALAH SEMOGA INI TAK AKAN TERULANG , DAN KEDEPANNYA TIADA LAGI SEJARAH YANG DI TUTUPI…..

  118. For newest information you have to pay a visit world-wide-web and on
    world-wide-web I found this web site as a finest
    web page for most recent updates.

  119. kakeku dulu tentara dia pengawal masutian ketika perang kemerdekaan (kalau gak salah pangdam sliwang). dan kakeku sering cerita dari awal pki sudah ancang-ancang merebut kekuasan.
    kalau sekarang banyak yang bela pki, nyalahin 7 jendral dan terutama suharto jelas dimana-mana sekarang anak-anak PKI sudah pegang peran strategis, di media masa, di dpr bahkan di tni sekalipun yakin ada. sekarang kedoknya tidak langsung PKI tapi pluralis dulu, dimana semua agama sama, sehingga orang tidak jelas agamanya, islam bukan kristen bukan, hindu dan yg lainnya juga bukan. yang penting semua agama baik. kalau sudah tidak jalankan agama ya nantinya jadi komunis. yang membela sekarang coba tanya, kalau dari islam taat tidak islamnya. kalau dari kristen taat tidak ke gerja? yakin yg dukung pki tidak bersalah walaupun bukan ateis pasti prularis. demi ham, dll

  120. bagaimana pun bentuk sejarah itu,bentuk positif maupun negatif,jadikan sejarah menjadi guru dan pengalaman yg terbaik, semua yg dikatakan pengamat sejarah dan lain-lain,hanya suatu cerita yg tidak bisa dibuktikan secara riil.krn peristiwa itu sdh lama dan di bungkus dgn cerita2 yg lain juga sangat susah utk membuktikan fakta yg terbaru menjadi fakta yg sebenarnya.kalo benar ya memang kebenaran kalo salah?apakah ini sama aja pembodohan kpd Rakyat,hanya beda versi dan caranya,cintailah sejarah yg ada,cintailahorang2 yg sdh membuat perubahan buat bangsa,berkorban nyawa nya utk bangsa jangan menjadi SIA-SIA, inti nya negara kita tetap berjaya dgn pedoman pancasila dan UUD ’45.nah sekarang yg kita lakukan bagaimana utk sejarah itu tdk terulang lagi,okaay

  121. Tidak menarik untuk di baca !!!!!!!

    Baik Soekarno maupun soeharto sama aja. Sama – sama Gemini Cowo. Temennya akrabnya yg cenderung di pihaknya adalah :

    Leo Cowo, Libra Cowo, Taurus Cowo, Cancer Cowo, dan Capricorn Cowo.

    Sedangkan perempuannya sisanya : Aquarius, Pisces, Virgo, Aries, Sagitarius, dan Scorpio cewe.

    saya menyebutnya dengan kelompok (zodiak (A)) hehehehe ….

    akan tetapi dalam sepak terjang apapun Gemini cowo lebih dekat dengan Leo cowo, taurus cowo, dan libra cowo. Sedangkan perempuannya Aquarius , Scorpio, dan Aries.

    Karakter gemini cowo maupun cewe udah ketebak alias kebaca banget. Secara individu maupun kelompok. posisi gemini cowo mudah terbaca bagi orang-orang yang teliti dan cermat terhadap setiap detailny. Melihatnya harus komprehensif/ menyeluruh barulah kita bisa lihat seberapa unik nya sosok gemini cowo yang senantiasa membuat mata terkagum-kagum. tapi “tidak” bagi

    (kelompok zodiak B)) : yang merupakan kebalikan dr kelompok (zodiak (A))

    Leo Cewe, Libra Cewe, Taurus Cewe, Cancer Cewe, dan Capricorn Cewe.

    Aquarius, Pisces, Virgo, Aries, Sagitarius, dan Scorpio cowo.

    Pengaruh kharismanya memang cukup luar biasa.

    Sampai disini sekali lagi saya katakan tulisan ini tidak menarik untuk di baca !!!!!!!! ………………………….. setuju ^o^
    _____________________________________________________
    Klo anda sudah terlanjur membacanya …. berarti anda sekalian sependapat dengan teori “permainan politik zodiak” saya

    Sejarah adalah sejarah
    Sejarah punya banyak versi
    Sejarah punya banyak cerita
    Sejarah punya banyak sudut pandang
    Sejarah punya banyak persepsi
    Sejarah serba relatif, bukan sesuatu yang mutlak atau pasti
    Sejarah bisa terulang, di ulang, atau mengulang
    Sejarah bisa diperdebatkan atau didiskusikan
    akan tetapi ….. satu yang “pasti”
    Sejarah adalah sejarah

    Berbicara “sejarah”, seperti bertanya bagaimana asal usul diri saya. kepastiannya serba “tergantung” atau pun bahkan “menggantung”. Tapi memang cukup punya manfaat untuk di kaji dan di jadikan bahan pertimbangan untuk masa depan.
    heheheheh

    dengan catatan untuk tidak mengulangi sejarah. ….. itulah sekiranya manfaat mengetahui ataupun mempelajari sejarah apapun.

    Sampai disini sekali lagi saya katakan, tulisan ini tidak menarik untuk di baca !!!!!!!!
    _____________________________________________________

    Mengenai “Peristiwa G 30 S PKI” .

    Jika anda sudah terlanjur membaca semuanya. sedikitnya saya menawarkan teori bodoh “permainan politik Zodiak” tersebut diatas.

    coba anda teliti karakteristik masing-masing tokoh-tokoh yang tersembunyi ataupun yang publish di peristiwa tersebut.

    sekali lagi saya ingatkan …. secara menyeluruh.

    NOte : era 1950-an

    Mulai dari D. N. Aidit, Syam kamaruzaman, Letkol.Untung sampai dengan Soeharto maupun Soekarno yang di tengarai sebagai pimpinan tertinggi Indonesia pada saat itu.

    Setelah anda yakin benar teori bodoh saya itu benar-benar bodoh.

    barulah anda menyadari satu hal yang pasti dari awal peristiwa G 30 S PKI hingga pergantian kepimpinan Soeharto.

    yang pasti yaitu gemini cowo cs yang saya maksud kan …. wkwkwkwkwkwkwk.

  122. apa pun isu tentang soekarno & soeharto,
    gw gak perduli, karna stiap orang punya kebebasan untuk berpendapat, & jgan lupa, stiap orang itu punya sisi baik dan buruk, yg jelas berkat mereka berdualah, negara kita bisa merdeka sampai sekarang,
    WE IS HERO OF INDONESIA TO ME…

  123. dulu pak de gw yg ABRI dipenjara krn dianggap terlibat PKI. msh mendingan dituduh PKI, gw msh mau anggap beliau pak de. seandai nya beliau ABRI yg menyiksa dan memperkosa gerwani. gw gk akan mau anggap beliau pak de.

  124. beragama juga percuma, kalau kelakuan nya lbh bejat drpd PKI yg tdk punya agama. contoh nya, menyiksa tahanan PKI secara biadab.

  125. maaf ya semua, ada fakta baru, kemaren berdiskusi sama veteran yang berumur 78, ada pengakuan yang sangat mengejutkan, Bahwa soehartolah dalang dibalik pergerakan G-30 S PKI dan pembunuhan paa jenderal, veteran sekarang berani buka suara, karena tidak ada ancaman, di zaman dulu zaman orde baru bila mreka buka suara akan dibunuh dengan dakwahan bahwa mreka PKI, dan sekarang veteran sudah meninggal semua rata2 dan beberapa yang masih idup, mreka sebenarnya mau buka suara , akan tetapi apabila presiden masih dari kalangan TNI tentunya mreka akan khawatir. soeharto bukan pahlawan tapi perebut kekuasaan, termasuk dengan perebut pendelegasian supersemar

  126. menurut saya, yg membunuh 7jendral adalah TNI AD anak buah soeharto. tujuan nya utk mengkambing hitamkan pki. supaya soeharto punya alasan memberantas pki. krn pki penghalang utama soeharto utk merebut kekuasaan soekarno. krn pki pendukung soekarno. spt kasus pesawat menabrak menara kembar. bsa saja itu pemerintah amerika yg melakukan nya. iraq sbg kambing hitam. supaya amerika punya alasan menyerang iraq.

  127. menurut gw.. yg membunuh 7 jendral adalah tni anak buah soeharto. pki kambing hitam nya. supaya ada alasan menumpas pki. krn pki penghalang soeharto utk menggulingkan soekarno.

  128. kalau gw anti komunis dan anti kapitalis. gw pro agama islam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: