Kemanakah Slank-ku Dulu?

Sebelum anda membaca tulisan ini, ijinkan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya terhadap seluruh slankers di seluruh tanah air. Bukan maksud saya mendiskreditkan band idola anda, namun saya hanya ingin mengungkapkan rasa kekecewaan saya terhadap band yang dulu juga menjadi idola saya.

Ketika saya masih duduk di bangku SMA (sekarang SMU), saya adalah salah satu siswa SMA yang adalah penggemar berat Slank, walau saya tidak pernah bergabung secara keseluruhan terhadap apa yang sekarang disebut dengan nama Slankers. Saya suka band itu karena menurut saya, apa yang dimiliki oleh Slank, juga adalah impian saya ketika masih di SMA dulu.

Saya memiliki sebuah group band bersama teman-teman sekolah saya. Kami juga band sekolah yang sering tampil di beberapa acara, baik yang diadakan di sekolah atau oleh pihak sekolah, maupun acara-acara di luar sekolah. Saat Slank mengeluarkan album keduanya bertajuk “Kampungan,” ketika itu saya pas duduk di kelas 1 SMA. Saya beli kaset dari album tersebut dan coba saya dengarkan dengan baik dan saya baca semua tulisan yang terdapat pada sampul kaset tersebut. Dari situ akhirnya saya tahu bahwa Slank awalnya juga adalah band sekolah.

Saya suka semua lagu yang ada di dalam album Slank, terutama lagu yang berjudul “Terlalu Manis.” Bahkan lagu Slank yang berjudul “Mawar Merah” adalah lagu pertama yang saya pelajari ketika saya pertama sekali belajar memainkan alat musik drum. Banyak teman saya yang terkagum-kagum melihat saya memainkan lagu itu, sebab sebagai seorang pemain musik yang sangat pemula, saya mampu memainkan lagu itu dengan style yang sama dengan style yang dimiliki oleh Bimbim Slank. Itu semua dapat saya lakukan karena saya memang belum memiliki style permainan sendiri makanya saya mampu memainkan lagu itu dengan style yang dimiliki oleh Bimbim.

Menurut saya, Slank adalah sebuah band sekolah yang hebat karena mampu menciptakan lagu yang luar biasa walau saat itu saya tahu bahwa Slank sudah melangkah ke arah profesional. Salah satu lagu Slank yaitu “Terlalu Manis” malah hingga sekarang dianggap lagu abadi oleh tidak hanya para Slankers tapi juga oleh seluruh anak muda di Indonesia. Hingga sekarang juga lagu itu masih melekat erat di ingatan anak muda Indonesia.

Slank yang telah kehilangan jati dirinya

Pada suatu kesempatan, Slank tampil di Televisi dan ditanya oleh sang pembawa acara, kapankah masa keemasan bagi Slank, ketika itu Kaka menjawab bahwa Slank mengalami masa keemasan ketika Slank menelurkan album ketiganya. Menurut saya justru Slank mengalami masa keemasannya bukan saat menelurkan album ketiga, tapi pada saat mengeluarkan album kedua. Inilah saat Slank berada di puncak populasritasnya.

Mengapa saya berpendapat demikian? Karena ketika Slank mengeluarkan album ketiga, saya sudah mendengar selentingan yang mengatakan bahwa Pay, sang pencabik gitar Slank akan keluar dari group band yang sudah membesarkan namanya itu. Saya juga dengar kalau Pay merasa kecewa terhadap Bimbim dan Kaka yang sudah terlalu jauh terlibat dalam penggunaan Narkoba. Jadi saat itu sebenarnya sudah bukan masa keemasan lagi bagi Slank. Tapi karena saat itu Slank masih terikat kontrak dengan perusahaan rekaman, makanya Pay terpaksa menunda keputusannya untuk keluar dari groupnya tersebut.

Pada awalnya saya berpikir bahwa keputusan Pay untuk keluar dari Slank hanya sebuah ancaman kosong dari Pay terhadap Slank, namun Pay akhirnya menunjukkan bahwa pernyataannya itu benar setelah Slank selesai mengerjakan album kelima. Pay benar-benar keluar dari Slank.

Setelah Pay keluar dari Slank, saya merasa bahwa saya telah kehilangan idola saya. Slank sepeninggal Pay, bukan lagi band seperti band yang pernah saya idolakan dulu. Musik telah berubah total. Sebenarnya hal ini bisa saya maklumi, sebab tidak hanya Pay yang meninggalkan Slank, tapi juga Bongky dan Indra ikut keluar. Memang sebuah band akan kehilangan warna musiknya bila sudah ditinggalkan oleh tiga personilnya. Jangankan Slank, band dari luar negeri sono juga bakal mengalami perubahan warna musik bila sudah ditinggalkan oleh tiga personilnya.

Yang saya sesalkan dari Slank sepeninggal Pay dkk adalah, kenapa yang berubah tidak hanya warna musiknya tapi juga kwalitas musiknya. Lagu ciptaan mereka sudah sangat jauh berubah kwalitasnya dari lagu-lagu ciptaan mereka sebelum Pay hengkang dari group itu. Coba anda simak lagu-lagu Slank dari albumnya yang terdahulu dan bandingkan dengan lagu-lagu ciptaannya yang ada sekarang. Sudah sangat jauh berbeda. Inilah yang memicu kekecewaan saya terhadap idola saya tersebut.

Tidak hanya kwalitas musiknya, tapi juga kwalitas para personilnya juga sudah mengalami kemunduran. Kaka bahkan sudah kehilangan suara emasnya dulu sementara Bimbim sudah kehilangan permainan emas drumnya dulu. Kemana Slank-ku dulu. Kenapa Slank sangat jauh dari apa yang aku harapkan sepeninggal Pay. Kaka yang dulu memiliki suara yang dapat melengking, sekarang hanya dapat mengandalkan suara kepala untuk dapat tetap menyanyikan lagu-lagunya dari album terdahulunya. Sementara Bimbim, gebukan drumnya tak sebrat dulu. Ia hanya mampu mengandalkan sound system tangguh agar gebukan drumnya dapat didengar oleh telinga penggemarnya, tak lagi mengandalkan power tekanan terhadap pukulannya pada head drumnya. Yang saya kagumi dari Slank sekarang hanya Abdee yang petikan gitarnya patut diacungi dua jempol. Slank beruntung dapat memiliki gitaris itu.

Saya sangat kecewa dengan lagu-lagu Slank yang sekarang yang walau tidak melupakan gaya slengeannya, tapi sudah melupakan kwalitas dari musiknya itu sendiri. Sepertinya Slank sudah sangat terlena oleh kehebatan para fansnya yang sangat setia tetap mendukung mereka walau mereka tahu mereka sudah tidak mampu lagi menciptakan lagu-lagu yang luar biasa seperti dulu.

Simak saja lagu-lagu Slank sejak album keenam hingga sekarang. Slank tidak lagi mampu menciptakan satu lagu yang dapat dianggap sebagai lagu abadi oleh para Slankers atau oleh anak muda yang bukan menyatakan diri sebagai Slankers. Slank bahkan sudah kehilangan jatidirinya yang dulu. Tema lagunya tidak lagi luas seperti dulu. Lagu yang bertemakan kritik pedas terhadap orang-orang yang tidak menghargai gaya hidup slengean, kurang mengena dan ceritanya menjadi ngambang. Apa yang sebenarnya terjadi terhadap Slank saat ini? Sadarkah mereka bahwa mereka telah ditinggalkan oleh bakat luar biasa yang dulu mereka miliki? Kalau saya adalah salah seorang dari personel Slank, tentu saya sudah menyadari akan hal ini dan berusaha sekuat tenaga untuk memperbaikinya, bukan malah terlena oleh kesetiaan para penggemar saya yang berjubel banyaknya dan selalu mengelu-elukan nama band saya. Saya juga tak ingin penggemar berat saya kecewa dengan penampilan band saya di atas panggung.

About these ads

221 Tanggapan

  1. Hidup adalah pilihan.
    Bimbim dan Kaka memilih begitu, kita memilih begini; so what?

    salam kenal,
    M Shodiq Mustika

  2. @ M shodiq mustika

    Salam kenal juga Shodiq, koment kamu kayak lagunya alm Broery Pesolima aja, aku begini engkau begitu hahaha… :))
    Sorry yah bukan mendiskreditkan, cuma kritikan sebenarnya buat Slank, mudah-mudahan dibaca oleh Kaka atau Bimbim. Kalaupun gak dibaca oleh mereka semoga ada yang menyampaikan ke mereka. Aku juga sebenarnya gak mau kehilangan idolaku.

    • dunia ini dinamis, sama sprti hidup qt yg kan berubah… support saja bwt mereka agar slank kembali memberikan hasil karya terbaiknya..
      salam pissssssssss…..

  3. q gk setju ma kta2 slankers jadul.q mulai kls 1 smp sk ma slank,ampek skrg dah llus smu.slank cs hnya manusia biasa.kslahan tu pny mnsia.ksmpurnaan tu ru pnya ALLAH SWT.slank gk brubah hny gmn cr mkirny qt scra psitif.dia icon bgi ank mda skrg…bkn sprti band2 lain mtunya hny tmpang n snsasi ja.i love slank ttp berkrya slank gk kn prnh mati……….;)

    • ngefans boleh tapi jgn buta, gw jg slankers lama dr taon 90an kl di bandingkan gw lbh suka slank yang dulu, Rock n roll kental banget coba lo denger kualitas musiknya

      • Salam Piss.

        Masalah suara Kaka yang dinilai kurang baik dan tidak sebaik masa sebelum Pay, Indra, dan Bongky keluar serta masalah gebukan drum Bimbim yang sudah tidak seenergik dulu, sebenarnya semua itu kan masalahnya bermula dari narkoba. jadi menurut gw jangan salahin Kaka dan Bimbim tapi salahin obat terlarang itu yang udah ngerusak kondisi fisik Bimbim dan Kaka (sensor psikomotoriknya kan udah terganggu lantaran obat-obatan itu). Tapi kalau masalah lirik, gw bilang sama aja sih, cuma namanya ide orang kan siapa yang bisa nentuin hari ini dapet ide pingin bikin lagu seperti apa ya namanya ide, Who knows? tapi bwt gw yang pnting Slank jangan pernah ninggalin budayanya untuk mengkritik segala permasalahan sosial, politik, budaya yang memang salah yang ada di negara kita ini

      • bnerr bgt yg hidup di era taon 90an pasti ngerti perbedaan musik slank jadul ama slank masa kini.. N slank jadul jauh lbiiih mantapz N mwuanyuuzz..!!

  4. @ chanty
    Chanty ngerasa gak klo slank skrg beda ama slank dulu, lagunya jauh berubah, klo dulu temanya tentang hal-hal yang luas tapi skrg temanya sangat sempit, dan sepertinya slank udah kehabisan ide buat bikin lagu bagus kyk dulu. Masuknya personel baru gak menambah indahnya karya slank berikutnya. Slank kyknya dah tau klo dia udah kehabisan ide tapi dia tetap enjoy krn slankernya tetap solid. jadi yang bikin slank tetap hidup bukan slanknya atau personel slanknya, tapi slankernya. Jadi siapa yang sebenarnya harus di gemari?

    • gue setuju banget….siapa saat ini yg pantes di gemari?? SLANK atau Slankernya ya..? and…kyknya skrg udh ga “KAMPUNGAN” lagi…bravo “Kampungan”..inilah album legendaris SLANK…

  5. Saya merasa juga begitu….
    Kualitas Musik Slank jika dibandingkan dengan era Pay-Indra-Bonky jauh berbeda.
    Pada masa itu musik yang dimainkan oleh SLANk adalah original karya SLANK…
    Tetapi setelah masuk era Abdee-Ridho-Ivan musiknya mengarah ke rock n roll klasik ala Rolling Stones…

    Tetapi menurut saya tidak hanya SLANK yang mengalami perubahan musikalitas.
    coba kita lihat DEWA 19….
    sangat banyak sekali perubahan musiknya dibanding SLANK. Karena DEWA 19 lebih berani berexperimen..
    Juga IWAN FALS…..malah sekarang legenda hidup tersebut berani menyanikan musik reggae…!!! sesuatu yang sebelumnya belum pernah disentuh….

    Tetapi yang perlu kita ambil pelajaran dari SLANK dan DEWA 19 . maupun IWAN FALS adalah bahwa mereka adalah orang2 yang mampu bertahan dan survive dalam dunianya…

    • Musik Slank dan Dewa 19 jaman sekarang mengikuti selera pasar(betul nggak ya..?), idealisme dikesampingkan. Tapi memang benar formasi fenomenal itu(Bongky, Bim2, Pay, indra Q, ka2) telah berlalu yang telah banyak melahirkan Hits Slank yang “Slank banget” beda dengan yang sekarang Talets vocal Kaka yg ngeBlues serta ketukan drum Bim bim yang penuh improve dan roll sudah tidak kedengaran lagi ditambah 2 gitaris yang bertalents tinggi itu pun tidak banyak memberikan kontribusi apa apa pada warna musik Slank(ironis..) jadinya musik Slank yang ada saat ini seperti irama musik(maaf nih) di gardu pos ronda.

  6. sorry neh sebenernya gw penggemar berat slank,dari dulu sampe sekarang,tapi album barunya yang sekarang kurang hidup ya,kalau boleh kasih saran kenapa slank gak ganti aliran dong dari rock n roll pindah ke trance pasti jadinya bisa lebih hidup,

  7. @ Hafil
    Bener khan kamu ngerasa juga kalo musiknya slank itu berubah banget.
    Kalo Dewa dan Iwan Fals berubahnya krn emang tuntutan jaman, mereka ngikutin tuntutan jaman yang memang mintanya musik begitu dan perubahan yang mereka alami adalah perubahan ke arah yang lebih maju. Aku ngerasa Dewa justru musiknya lebih dewasa sejak once bergabung walau tak melupakan arie yang pernah memberi warna tersendiri bagi musiknya Dewa. makasih buat comentnya yang bagus bgt ini.

    @ Sathiva
    Iya, bukan cuma albumnya yg sekarang aja, yg kemarin2 juga gitu, kwalitas musiknya sama sekali gak menunjukkan tanda-tanda kebangkitan kembali Slank, malah kemunduran yang makin lama terasa makin menonjol. Kemunduran ini juga terlihat di iklan yang dibintangi Slank, terasa banget klo kaka memang udah kehilangan suara emasnya yg dulu mampu begitu melengking tinggi. Sekarang suaranya hanya mampu mungkin 1 oktaf aja, gak lebih. Dengerin aja di iklannya, kamu pasti tau dunk iklan apa yg sekarang ini dibintangi ama Slank?

  8. habis gimana ya…?
    emang begitu sih keadaannya…?
    mo diapain lagi…..
    kalo dari musikalitas aku pikir memang dahsyat yang dulu…yang dulu lebih kreatif, lebih nendang, lebih berisi
    tapi bukan berarti yang sekarang jelek lho…banyak banget kok lagunya sekarang yang enak-enak dan bagus.walaupun yang sekarang agak datar-datar aja
    lha tapi sebenernya dari slank itu apa sih yang bisa bikin slankers samape mati-matian ngefans banget sama SLANK?
    Nah mungkin kalo aku liat itulah bagusnya SLANK yang sekarang. Mereka bisa mengoptimalkan potensi Slankers yang kreatif. Seperti mengembangkan bakat organisasi di slankers club, memberi pendidikan kepada Sesama Slankers tentang Narkoba, aktif dalam kegiatan sosial.
    Secara gak sadar slankers sendiri adalah orang-orang lapangan yang bisa berguna bagi masyarakat. Karena banyak dari slankers yang mengikuti anjuran SLANK tentang kebaikan-kebaikan yang dicontohkan SLANK….
    Coba bandingin SLANK dan SLANKERS waktu jaman Bongky PAY INDRA dulu…?
    aku pikir dulu malah mereka malah termasuk Tonk kosong juga…
    karena lagunya yang banyak ngritik orang lain tapi mereka sendiri malah pada bahlul…
    sok-sok an mikirin bangsa…
    mikirin diri sendiri aja gak karuan….sampe kena narkoba…itu kan ngerusak generasi muda (terutama slankers yang nggikutin) pada waktu itu
    SLANK yang sekarang dan SLANKERSNYA bagus
    KArena SLANK sekarang mang berjiwa sosial….
    contohnya aja mereka nyumbang 2,4 Milyar waktu tsunami aceh dulu hasil manggung sama IWAN FALS(Iwan FAls nyumbang 1,3 milyar)…malah duit yang 2,4 milyar itu dibangun buat perpustakaan di Aceh
    terus gitarnya abdee Negara dijual sampe 325 juta dan hasilnya untuk Aceh. Padahal itu gitar yang paling disayangi oleh ABdee
    belum slank yang sekarang ngebangun panti rehabilitasi korban narkoba di sukabumi. Dan pasiennya tidak dipungut biaya sekalipun
    coba kalo slank yang dulu…..
    kalo abis manggung rata-rata tiap personilnya ngeluarin uang 1 juta setiap hari untuk beli narkoba,,,,!!!
    lha gimana mo ngurus orang lain dan negara…?
    jadi menurutku….
    SLANK dulu dan Sekarang ada kekurangan dan kelemahannya…namanya juga manusia
    yang jelas kita harus mengambil pelajaran dari SLANK. bahwa hidup seperti roda, kadang ada di atas,kadang ada di bawah.
    dan tidak ada manusia yang sempurna

    Whitegun: Bener yang lu bilang, Slank dulu emang lebih kreatif, lebih nendang (artinya lebih mengena) dan lebih berisi. Kalo yang sekarang tema lagunya kadang kosong-kosong aja. Dulu emang para personil Slank adalah pengguna narkoba yang berat, malah denger gosipnya seh, Slank dulu pernah minta bayaran setengah duit dan setengah lagi ganja, gile bener (sambil geleng-geleng kepala). Tapi mungkin juga disitulah letak kelebihan Slank dulu, mereka lebih inspiratif mungkin karena narkobanya itu.
    Soal kegiatan postif mereka memang perlu disalutin, tapi soal kualitas musik kurang bisa diacungi jempol lebih dari satu kayaknya.
    linknya kok gak ada mas, pengen liat juga karya tulis mas masdan.

    • Ini komentar yg menurut saya berimbang. Dari segi perubahan musik dulu dan sekarang, jelas saya pun kurang puas. Tp kita melihatnya perubahan dlm arti yg lebih luas, perubahan kehidupan para personil, lingkungan Slankers, dan bahkan kontribusi mereka untuk negeri ini, jelas Slank hari ini lbh drpd memuaskan.

      Saya terang2an tdk tahan melihat Slank zaman dulu yg para personilnya mirip kyk org2 tersiksa, meskipun dari hal itu lahir lagu2 yg hebat. Bim2 sendiri dalam suatu kesempatan di media pernah menyatakan bahwa sudah terlalu banyak slankers yang mencontoh kebiasaan jelek mereka, “mereka ninggalin yg baik,” demikian yg pernah saya dengar dari ucapan Bim2. Mereka meninggalkan identitas “Slank dulu” dan melangkah menuju perubahan seiring masuknya Abdi maupun Ridho. Kalau memang demikian, menurut saya, itu cukup bisa dipahami.

      Setiap orang harus berubah dan mempunyai mimpi-mimpi baru, kan? Dan Slank tampaknya sudah terlanjur jadi legenda untuk saya pribadi merasa kecewa, dulu, sekarang, dan yang akan datang.

  9. slank trus berkarya gw dukung trus lewat doa dari sini.trus jdi diri sendiri yang polos dan apa adanya. salam plur toek slanker sluruh indonesia

  10. Ya, saya memang setuju dengan yang dikatakan oleh mas Masdan. Slank tidak hanya sebuah musik.
    tetapi SLANK telah memiliki falsafah, pandangan hidup, teladan, sikap, dsb. Hal ini bisa kita lihat bagaimana Slankers sampai mencintai SLANK begitu habis-habisan dan mengikuti apa-apa yang dilakukan oleh idolanya tersebut…
    Yang positifnya adalah slankers yang saya lihat adalah sebuah komunitas positif yang bisa berguna bagi dirinya sendiri dan masyarakat. Ya, seperti yang telah dikatakan oleh mas masdan tadi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Slankers adalah bentuk ideal dari ciri pemuda-pemuda bangsa yang turut membangun negeri ini. Sehingga bukan suatu lelucon jika pemerintah semestinya menjadikan komunitas slankers menjadi aset-aset bangsa yang potensial. Mungkin Departemen yang cocok untuk mengoptimalkan peran slankers adalah MENPORA.

  11. @ enhotz
    Sip, aku juga dukung kalo Slank tetep berkarya, tapi sebaiknya karyanya sedikit lebih diperbaiki lah, biar penggemar semakin nambah, jangan puas dengan hanya pendukung yang emang udah banyak seperti sekarang, kalo bisa ditambah kan makin oke, tul gak

    @ Ilyass
    Wah kalo Menpora ngurusi Slankers aku kuatir ntar urusan negara bisa jadi terbengkalai dunk, Slangkers khan banyak tuh, kalo Menpora ngurusi Slankers juga, ntar konsentrasinya untuk negara bisa terbagi, jangan2 anak muda yang bukan Slankers malah tak terurusi lagi, kacau deh…

  12. Yang gak kreatif ya lu lu pada, hanya bisa ngomong doang, hanya bisa membandingkan slank dulu dan slank sekarang, sekarang gw tantang lu lu pada bisa ga berkarya selama 23 tahun dengan rintangan2 yang dihadapi oleh slank (cekal konser, ditinggal teman yg menjadi penghianat “bongki, indra, Pay”,narkoba,saingan produk music label sampah,dll)
    yang penting slank yg sekarang udah memberi perubahan pandangan bwat ribuan slankers yg ada di indonesia kearah yg lebih baik termasuk gw….sampah lu pada

    • gw setuju dng sobat padi
      gw suka slank dr dulu smpe skrg
      mnurrut gw lagu na slank yg sekarang jg dahsyat”
      slank jg sdh mulai go internasional
      menurut gw itu merupakan prestasi yg sangat hebat..
      yg penting slank tetap berkarya..
      dan ak yakin slank tnp terkecuali
      mereka semua pst selalu berusaha utk
      nyiptain karya” yg hebat..
      peace n love buat pencinta musik indonesia

      • Tapi saya lebih suka yang dulu walaupun Slank sekarang lebih banyak bergerak di lapangan dalam kegiatan sosial tapi dari segi kualitas musik makin menurun. sekedar perbandingan itu wajar brur!
        Saya dulu Slankers habis dari sejak muncul album pertama hingga album minoritas, sering juga korespondesi sama mereka (dulu kan belum jamannya internetan) pas Slank udah tinggal berdua (kaka, Bim bim) semuanya kegiatan ngulik2 info Slank Bubar habis! Slank dulu attitude-nya dan sensasinya terasa banget di darah, sumsum tulang, pikiran dan nafas.

    • ckckckck…slankers ato sobat padi ???, gw tantang lu, gw sruh lu dngar 1 lgu slank lama judulx begitu saja dari album 3, bru lu dengar smua lgu slank formasi baru….gw jmin lu insaff knpa bnyak org rinduin slank lama….ngadong doang lu…

    • woy sobat padi… lu blng bongky, indra, N pay pengkhianat, !! justru sbalik y pay ,bongky N indra yg nyeret bimbim N kaka sembuh dr narkoba.. nah lu karya y apaan emang !!

  13. @ Sobat Padi
    Gw berani aja jabanin tantangan lu, kalo cuma bikin karya sampah seh gw juga bisa, lo aja yang belum tau siapa gw. Selama ini gw juga udah mulai berkarya di rimba yang sama dengan Slank yaitu musik dan rock dan menurut pendapat banyak orang yang pernah dengar karya gw mengatakan kalo karya gw bagus atau paling gak belum pernah ada orang yang mengatakan kalo karya gw itu karya sampah. Jadi kenapa gak berani jabanin tantangan lo.

  14. gw nonton aja ah! kok jadi berantem ya? wong ini kan cuma pendapat saja, ini negara demokrasi, orang bebas mengemukaan pendapatnya. klo ga setuju, ya bikin tulisan juga yg sopan.. kan enak, bagi gw sebagai pembaca bisa menilai mana yg menurut gw bener. hentikan anarkisme!

  15. @ yudis
    Setuju dis, hentikan anarkisme, tegakkan keadlian, berantas narkoba.

  16. INI LAGU-LAGU SLANK FORMASI BARU YANG AKU ANGGAP BERBOBOT DAN BERISI, BUKAN YANG ENAK DIDENGAR:
    – JERRY PREMAN URBAN, PR SI SUM,KOPI AIR HUJAN
    (ALBUM TUJUH)
    – KETINGGALAN JAMAN, MISSING PERSON, NAIK-NAIK
    KE PUNCAK GUNUNG, ANUKU, NALURI BINATANG,
    FUNKY JUNKY, FULLMOON BLUES (ALBUM MATA HATI)
    – BINTANG KESIANGAN, 1X1=GAK JANJI, GAK
    WELCOME, DEMONCRAZY, YINYANG,SENANG2X,PELANGI,
    TEDDY BEAR, ORKRS SAKIT HATI, PACAR & SAHABAT
    KU, DESERSI, APA YANG TERJADI (ALBUM 09+999)
    – jAKARTA PAGI INI, SHYMPATY BLUES, FUCKIN
    POLITICS (ALBUM VIRUS)
    – BULAN BINTANG, GARA-GARA KAMU, SCHATZY, BLUES
    BINI (ALBUM SATU-SATU)
    – THATS ALL, BENDERA SETENGAH TIANG (ALBUM
    BAJAKAN)
    – GAP 2, 7 MANTRA, RESPECT (ROAD TO PEACE)
    – KUTAK BISA, BIRU, GOSSIP JALANAN, ATAS NAMA
    BLUES, SAMBER GLEDEK, PASTI (PLUR)
    – KRITIS BBM, GAK ADA 2 NYA, FRIENDSHIP, ALAMI
    (SLANKISSME)
    – SLALU BEGITU, CINTA, MY SCOOTER LOVE (SLOW
    BUT SURE)

    KALO FORMASI YANG LAMA HAMPIR SEMUA LAGUNYA BERISI DAN BERBOBOT SEMUA ….

    SORY INI PENDAPAT YANG APA ADANYA, BUKAN PENDAPAT DARI SEORANG MUSISI,,,,

    PISS

    • gw tetep slank lawas vokalnya itu lho keren

      • ingat umur bro , suara anak muda pasti beda lah sama suara kaka yang sudah berumur 40 tahun ..
        sebener nya SLANK LAWAS SAMA SLANK SEKARANG SAMA AJA ..
        semua ini hanya waktu dan usia yang membedakan ..
        memang slank tanpa bongky , indra dan pay ada banyak perubahan , tapi ingat nyawa nya slank tuh tetep ada di bimbim .
        bimbim , tanpa mereka ber’3 masih bisa berkreasi sampai saat ini , tapi apakah mereka ber’3 masih bias berkreasi tanpa bimbim ??

        jadi perubahan di diri slank tuh cuma karena FAKTOR USIA DOANG !
        liat slank sudah 28th loh membumi ?

      • Musik Slank malah sekarang ada di BIP, band sempalan Slank,,, Yah terang aja kuat mereka, 2 personel sisa di Slank lawan 3 mantan personel di BIP,,,

  17. @ Ilyass Hussein
    Thanks buat infonya ini, setiap orang bebas berpendapat di sini, setiap orang khan punya opini yang berbeda, asal penyampaiannya secara sopan dan terpelajar piss… :)>-

  18. […] saya kasih komen buat artikelnya Mas. Saya juga kenal dengan Slankers yang pensiun beli album Slank, album terakhir Slank yang dia punya […]

  19. @ fourtynine
    Ternyata gak cuma aku sendiri yang pensiun yah, hehehe… ^_^

  20. Tanggal 15 Juli Kemarin saya nonton soundrenaline ‘sound of change’ di Padang.
    Dan sebagai band penutupnya adalah Slank.
    Sungguh diluar perkiraan saya,..
    Slank Memainkan seluruh lagunya full Akustik. Disaat penyanyi dan band2 lain mengeluarkan seluruh sound2 berat, Slank justru melawan arus hanya dengan memainkan sound2 yang sangat sederhana.
    Dan ternyata Slank memang profesional sebagai musisi. Setahu saya di kota Padang atau di Sumatra Barat tidak banyak fans-fans berat Slank / slankers. Tetapi justru banyak penonton soundrenaline yang sangat puas dengan penampilan Slank. Slank masih seperti yang dulu. Apa adanya,..komunikasi panggungnya sangat baik. Tidak dibuat2. Berbeda dengan artis2 yang saya pikir terlalu berlebihan dalam berbasa-basi dengan penonton…bahkan koran salah satu koran lokal di Padang menulis bahwa Slank sangat manis dalam penampilannya dan sebagai band yang paling ditunggu2.
    Slank masih tetap melawan arus…..

  21. @ masdan
    tak diragukan lagi, slank memang sangat profesional sebagai musisi, ini karena pengalaman yang mengajarkan mereka sehingga mereka dapat menjadi musisi yang sangat profesional, tapi sadarkah anda bahwa talenta luar biasa yang dulu mereka miliki saat ini sudah mulai memudar bahkan semakin menghilang?
    Kaka yang memiliki karakter vocal yang dulu sangat melengking sekarang tidak lagi dapat melengkingkan vocalnya dan bimbim tak lagi memiliki pukulan berat pada head drum dan kini hanya mengandalkan sound system yang wah agar gebukannya dapat didengar penontonnya. Ada apa sebenarnya dengan slank?

    • Benar nih ! kemana vocal kaka yg ngeBlues dan melengking, ketukan drum Bim bim yang improve dan roll banget sound gitar Pay yang Heavy serta denting piano indra yang rada ngeJazz..ahhh sungguh merindukan sekali formasi fenomenal ini…

  22. setiap komentar dan pendapat orang tentang SLANK justru akan semakin mengukuhkan SLANK sebagai sebuah fenomena yang melegenda bagi di dunia permusikan tanah air. Termasuk mas Whitegun sendiri

  23. @ abdul mufattin
    Apa komentar miring tentangnya juga akan semakin mengukuhkan? saya meragukan tuh. apalagi kalo semua komentar tentangnya miring, gak ada yang kasih komentar lurus, mustahil dia akan kembali dikenang untuk 5-10 tahun ke depan.

  24. Tampaknya penulis blog ini memang sudah sangat tidak suka dengan slank. Percuma saja dikasih masukkan untuknya…karena pendapatnya sudah mengarah kepada subjektifitas. Tidak rasional.

    • mungkin slanker baru jd blm mengalami masa keemasan slank dulu

      • masalah perubahan itu memang,,,tp hidup kan harus penuh warna dan perubahan warna slank ttp tdk meninggalkan warna lamanya..masalah suka atau tdk suka kan tergantung selera masing2,,pertambahan usia jg jd bisa jd pengaruh bro,,

      • SLANKER BARU EMANG PADA LABIL LABIL…kaga ngerasain jaman SMP ato SMA di jaman SLANK lama..musik tuh majuin bukan slanker doang dibanyakin

  25. hmm slank is slank, terus kalo udah jalan sejauh ini apa mau disuruh balikan ke formasi awal? gak banget deh…
    saya melihat ini saking cintanya sama slank (obsesi kali..) sampe-sampe mikirnya dalem banget.
    Untuk perbandingan BIP sendiri biasa-biasa aja setiap albumnya, padahal ada 3 musisi eks slank.
    slank gak memaksa slankers lama untuk tetep setia selamanya karena slank selalu memunculkan slankers2 baru yang lebih muda dan tetap mewarisi jiwa militan slank itu sendiri.
    slank masih bisa jalan dan tetap akan jalan walau slankersnya cuma satu orang diseluruh indonesia.
    gak banyak musisi seperti slank di indonesia
    dan diam-diam banyak musisi salut dengan slank dan ingin meniru langkah-langkah kesuksesan slank baik dari materi dan fanatisme penggemar.
    saya beberapa tahun ini membandingkan musik slank dengan beberapa album rolling stones memang ada kesamaan dalam segi isi lagu,ritme, nuansa, aransemen.. saya jamin kalo mendengarkan rolling stones album lama tersebut bakalan berkomentar lagu kayak gini kok ya banyak yang seneng dan terkenal lagi??
    saya sempat berpikiran sama dengan whitegun ada apa dengan slank kok beda ya??
    tapi berlahan tapi pasti saya bisa memahami dengan resiko apapun baik bagi saya sendiri ato bagi slank secara tidak langsung dengan perubahan slank.
    bongky dan bimbim adalah otak dan ruh dari slank formasi awal yang masyarakat kenal..
    pay belajar blues dari mereka berdua, juga indra dan kaka. Secara pribadi saya salut untuk bongky dan bimbim yang membuat saya belajar memahami soul lagu apa saja.
    Untuk slank salut tetap berkarya till drop deh.
    Bip juga harus jalan terus, ipang lumayan nendang kok.
    Abdee ente memang gila aslii keren dan orisinal!!!
    buat whitegun: bro kita harus realistis slank mungkin berubah dan itu semua ada alasannya.

    • indra Q , bongky N pay ngediriain BIP cuman nyalurin hobi bermusik mreka doang bukan untuk nyari duit coz die” orang udeeh pd jadi arranger music jd duit y ntuuh lbih gede dibandingin manggung”.. mreka juga prnah ngomong kalo manggung” ntuuh cuman di jadiin reuni mreka doang + jalan” ama kluarga y masing”..!! coba deeh lu hayatin musik y BIP kreatif bgt

  26. @ akrianto
    anda mungkin benar saya terlalu subyektif menilai Slank, tapi itu semua cuma karena saya sangat kecewa dengan idola saya semasa SMA dulu. Dulu mereka tidak seperti sekarang, suara kaka masih melengking tinggi, gebukan drum bimbim masih sangat berat dan kental dengan nuansa rock bahkan metal, tapi sekarang lihat sendiri aja gimana suara kaka, seperti salah satu iklan mi instan yang di TV tuh, kalo cuma suara begitu anak kemaren sore yang baru bisa main musik juga bisa menirukan tarikan vocal kaka di iklan itu. bener khan slank gak seperti dulu…?

    @ Mr G
    thanks buat komen yg bagus ini. memang gak mungkin kalo slank disuruh kembali ke formasi awal, itu namanya kita mundur ke beberapa tahun lalu. Tapi alangkah baiknya jika slank gak kehilangan kehebatan musiknya dulu walau ditinggal 3 personilnya. Lihat aja band lain, mereka gak kehilangan skill bermusik walau ditinggal oleh personil mereka. Coba deh dengerin gimana gayanya kaka kalo bawain lagu slank yang dulu-dulu, sangat mengecewakan.
    saya memang adalah penggemar berat slank dulu. tapi sekarang, karena kekecewaan terhadap slank, saya tak lagi jadi penggemar setianya. Jangan bandingin slank dengan BIP yah, karena jelas beda pay, indra dan bonky di slank ama di BIP. gak mungkin mereka bawa gaya slank ke BIP karena gaya slank udah menjadi ciri khas slank, dan BIP gak relevan dunk kalo niru.
    Kalo rolling stone, memang lagu kyk gitu mengena pada jaman itu, tapi kalo slank niru itu, berarti slank mundur dunk.
    kata-kata terakhir di atas, saya setuju cuma ada sedikit tambahan mungkin, untuk slank tetap berkarya dan perbaiki karyanya, jgn begitu mulu. Alasan berubahnya slank saya belum tau apa tapi yang jelas saya masih bisa jadi penggemar setia slank kalo slank mau berbenah diri sedikit.

  27. Salut buat Whitegun !!!!
    Tulisan anda tentang SLANK ini ternyata mendapatkan perhatian lebih besar dari pembaca dibanding dengan tulisan anda yang lain.

    Saya pun terus mengikuti tulisan ini.
    Entah tulisan anda yang bagus atau karena topiknya yang mengenai SLANK ????
    SLANK memang masih masih menarik untuk terus disimak……

  28. Bahasa ekonominya,..
    SLANK masih layak untuk dijual

  29. @ hafil
    makasih buat pujiannya.
    Slank memang selalu menarik untuk disimak. perjalanan sebuah grup musik yang kini dapat dikategorikan gaek di blantika musik indonesia. Tulisan ini jadi menarik karena terdapat pro dan kontra pendapat tentang Slank, tapi disini saya gak memaksa pembaca untuk mengamini apa saya katakan dalam tulisan tersebut, ini adalah pendapat saya, kalo pembaca punya pendapat lain… yah, silakan saja. Tulis lalu post di blog anda, saya akan baca dan beri komentar.
    Slank masih sangat layak untuk terus disimak.

  30. slank adalah independensi musik secara keseluruhan yang dibutuhkan oleh grup band, solo,trio dan apapun genrenya untuk menghadapi industri musik yang mayoritas dikuasai oleh major label (saya tidak mengatakan major label itu brengsek lho)
    slank adalah kemerdekaan dalam bermusik, mereka 99% memanajemen diri mereka sendiri mau apa mereka untuk tahun depan, lima tahun kedepan, atau sepuluh tahun kedepan dan hasil akhirnya apa yang akan mereka torehkan di dunia hiburan indonesia.
    saya menulis ini secara objektif dan tanpa ragu banyak group musik yang juga bagus selain slank.
    saya juga setuju jika slank berani mengadakan perubahan dan mendengarkan atau membaca forum ini bahwa banyak yang DIAM-DIAM memperhatikan slank.
    Fenomena sekarang adalah menjamurnya penyanyi, artis, group band untuk melayani industri hiburan…masalah kualitas NANTI DULU hehehehe.
    Sudah sangat bagus usia karir mereka mencapai 10 tahun dan konsisten dengan apa yang mereka perjuangkan dan berani hidup dari musik….salute.
    boleh mereka bikin album meledak di pasaran dan disukai masyarakat TAPI setelah itu TENGGELAM tanpa tau rimbanya…industri memang kejam dan slank mampu bertahan. Thats All.

  31. @ Mr.G
    gak sulit buat Slank untuk bisa menorehkan tinta emas bagi industri musik di tanah air selama 10 tahun. Seperti yg anda katakan, Slank memenejemen diri sendiri, jadi asal mereka bisa tetep gabung dan masih mau berkarya, mereka tinggal netepin kapan mau rekaman, tinggal rekam deh, trus sebarin dengan dana dan menejemen sendiri, gak sulit khan. beda dengan band lain yg belum mampu untuk mengurusi masalah menejerial sendiri. setelah mereka berkarya, mereka harus menghubungi produser rekaman, setelah itu masuk daftar tunggu, mending kalo nunggunya bentar doang, malah ada yg sampai tahunan lho. apa gak bosen tuh nunggunya, sedangkan hasil penjualan aja blom ada bayangan sama sekali, gimana bisa kyk Slank. Ini salah satu menurutku yg bisa buat Slank tetap eksis walau udah 10 tahun.

  32. eh tapi denger2 katanya Slank sekarang lagi di Amerika ya???? buat rekaman album dalam bahasa Inggris dengan komposisi 5 lagu lama yang di bahasa inggriskan dan 5 lagu baru
    produsernya Blues Saraceno (ex Gitaris Poisson, dia yang gantiin Richie Koetzen yang sekarang jadi gitarisnya Mr. BIG)….
    nahlo ???
    Apakah SLank masih tetep independent?
    Karena sekarang produsernya aja orang barat….????
    Gimana dong nih??

  33. oh ya? wah aku malah belum denger beritanya tuh. ketinggalan kereta juga nih aku nampaknya. tapi kalo emang itu bener terjadi, bagus deh, mudah2an ini akan membuat slank lebih baik dari sekarang.
    independent atau bukan khan bukan diukur dari siapa produsernya, lagian Saraceno khan cuma produser, tapi manager slank khan tetep bunda artinya, produser khan gak terikat terus dengan bandnya.

  34. kalo dulu,bongki-indra-pay-bimbim-kaka-narkoba adalah satu team yang solid,musiknya keren&kerassss, sekarang slanknya agak ompong, untungnya abdee ga malu2in,.. maju terus buat slank..kerasin lg dong musiknya,..

    • Slank tetap slank… tetap slengean dan apa adanya…. musik slank tetap keras koq….. coba deh simak lagunya 1 album jgn dengerin 1 single aja… coz single yg dilepas kepasaran memang rata2 lagu yg sedikit easy listening

  35. banyak orang bilang narkoba bikin bodoh, nah buktinya slank dulu lebih oke justru ketika masih bergaul sangat akrab dengan yang disebut narkoba itu

  36. stop !!!!!!!!!!!
    waduh….Mas Whitegun kita udah ngelantur berat nih.

    Ternyata mas Whitegun kita ini dulu tidak begitu tahu banyak tentang pergaulan SLANK tentang Narkoba.
    akal sehat whitegun nampaknya sudah tertutup oleh ketidaksukaannya terhadap SLANK yang sekarang ini….

    asal tahu aja ….:
    Slank mulai kenal dengan narkoba (yang jenis2 berat seperti heroin, putaw, dan shabu) itu dimulai pada album piss (1993). Yang kena duluan itu Pay, kemudian kaka dan Bimbim, lalu bonky, dan yang terakhir itu Indra (dari bermacam sumber seperti artikel2 di majalah HAI, Koran2an SLANK, artikel majalah infotainment, dll. serta pengakuan dari anggota SLANK dan mantan anggota SLANK. Sebelumnya mereka hanya mimum BIR dan menghisap ganja saja.

    Lalu bagaimana pendapat mas Whitegun yang mengatakan dalam tulisan bahwa album emas SLANK itu ada pada album Suit..suit he..he (1991) dan Kampungan (1992) ???
    pada saat itu mereka belum menggunakan Narkoba…..

    lalu bagaimana pula jika mas whitegun mengatakan bahwa setelah masuknya abdee-ridho-Ivan tidak lagi oke musiknya???
    padahal mereka masuk tahun 1997. dan Slank menyatakan berhenti menggunakan narkoba itu pada tahun 2000. Berarti dengan formasi yang baru itu mereka masih menggunakan narkoba selama 3 tahun…

    berarti pendapat mas whitegun tidak relevan antara kualitas musik dengan penggunaan narkoba…..

    lalu siapa bilang slank dulu tidak bodoh ketika mereka menggunakan narkoba::
    – beberapa konser tidak selesai karena suatu saat mereka kehabisan ‘barang’.
    – mereka (personil lama) sering curiga satu sama lain sehingga mengancam keutuhan group yang memang pada akhirnya pecah.
    – coba anda dengarkan album minoritas (1995)..musiknya juga sudah mengalami penurunan.padahal mereka masih personil yang lama..suara KAKA juga mulai berubah dan mengalami penurunan pada album ini. dan di album ini adalah saat2 mereka sedang asik menggunakan narkoba. sehingga mengahncurkan mereka sendiri dengan berakhirnya kekompakan mereka……

    jadi menurut saya penggunaan narkoba adalah pangkal masalah dari perjalanan hidup SLANK.
    karena gara2 narkoba mereka tidak lagi serius menghasilkan karya2 bagus karena mereka hanya sibuk memikirkan bagaimana mendapatkan narkoba.

  37. @ hafil
    maaf saya ralat sedikit, dalam tulisan saya katakan bahwa nmasa keemasan slank adalah pada saat slank menelurkan album kedua (tak termasuk album pertama. dari keterangan mas hafil di atas, dapat dimengerti kenapa album pertama dan kedua kwalitas slank bisa sebegitu tinggi, karena pada saat itu slank belum menggunakan narkoba jenis berat.
    dari apa yang mas hafil tulis dalam komen diatas, dapat saya tarik kesimpulan bahwa mas hafil sependapat dengan saya mengenai penurunan kualitas musik slank. Tapi menurut saya menurunnya kualitas musik slank bukan hanya karena mereka menggunakan narkoba, tapi karena ada faktor lain. buktinya, sekarang mereka udah gak lagi menggunakan narkoba sejak tahun 2000, tapi tujuh tahun belakangan ini masih belum ada kemajuan yang signifikan terhadap kualitas musik slank khan. berarti tidak hanya narkoba yang menjadi biang kerok penurunan kualitas musik slank.

  38. tuk mas whitegun …

    joba deh dengerin acara nya slank di bens radio setiap hari sabtu jam 8.30 malam
    kita denger aja yang banyak direquest ma pendengar radio itu apa lagu slank yg lama-lama
    apa lagu slank yg baru2 menurut pengamatan gw masih banyak orang yg ngerequest lagu2 baru slank bahkan ada yg minta lgu rekaman slank yg di california (USA)padahal kan blom dirilis baru rekaman, ini menandakan
    lagu2 slank yng baru masih dinikmati or digemari bahkan ditunggu-tunggu pada saat ini….

    atau kita bikin poling aja
    slank dulu or slank sekarang…. pilih mana..oke mas

  39. @ die
    wah boleh juga nih idenya, ntar yah kita buat pooling tentang slank dulu atau sekarang, mungkin ntar juga saya bisa minta bantuan atau bekerja sama dengan teman yang satu ini

  40. saya sdh kenal slank dari smp, emang yang sangat melekat hanya 2 lagu, 1. terlalu manis dan mawar merah.sekarang umur saya 31.
    selebihnya mungkin hanya lagu. ku tak bisa, karena saya suka lagu balada.
    emang kalo dipikir2 ada benarenya juga. slank sudah kehilangan rohnya.
    salam buat para slankers

  41. @ papa alif
    tuh khan ada benernya juga kalo slank udah ditinggal ama bakat luarbiasa yang dulu mereka miliki

  42. OK deh !!! saya setuju dengan usul poling itu…..

    Nama = Muhammad Masdan
    Usia = 28
    Pekerjaan = Pegawai Negeri Sipil
    Universitas Riau
    Pekanbaru

    Pilihan saya jatuh pada Slank formasi sekarang,..

  43. waaahhh… pooling lom di buat udah ada yang ngisi hihihi… :D

  44. sudah diakhiri saja perseteruan yang ga ada ujungnya dan ga ada hasilnya tentang slank dulu dan slank sekarang, kira-kira bisa kasih alasan knapa tetep kekeh sampai bikin polling??
    sudah takdir kalau slank harus melepas pay,bongky,indra(jenius) dan diganti ivan, ridho, abdee(ron wood)negara..
    buat aku slank sudah #1 di indonesia..gak perlu buktiin lagi.
    band paling nasionalis, realistis, paling peka masalah sosial, gak munafik bikin lagi cinta..band terkaya dengan jalur indie dan mengilhami semua band di indonesia.
    hebatnya slank dengan reputasi segitu besar tetep down to earth, gak sombong, ga jaim, dan selalu menghargai band2 baru di indonesia.
    dimana ada konser musik di situ ada
    bendera slank gak peduli slank pentas atau tidak di acara tersebut(kutipan dari pembicaraan pepeng Naif)
    Slank lebih ngeBlues aj sekarang dengan memainkan root blues dipadu dengan javanies rock n roll.
    slank era dulu mengkombinasikan pop rock dan mengadopsi musik GnR yang juga booming pada saat itu.
    Ini masalah selera saja dan silahkan saja berdebat sampai kiamat gak bakal ada titik temunya.

  45. @ Mr.g
    Ada benernya juga aku rasa apa yang dibilang Mr.g, mendingan perseteruan dan perdebatan ini kita akhiri sampai disini dan kita mulai membicarakan sesuatu yang baru aja, ntar deh aku tulis tentang musik lain yang gak kalah serunya ok…?

  46. setuju…!!!!
    bagus juga usulnya (kok gak kepikiran sama saya ya?)

    mending mas whitegun buat tulisan baru lagi….usul ku sih tentang Dewa aja ato Iwan Fals

  47. @ hafil
    baik hafil, usul diterima dan akan dipertimbangkan lebih lanjut *sok wibawa mode on*

  48. sorry, gua suka slank gaya lama. Kalo dibandingan slank sekarang sama bip, bip lebih berkelas

  49. bagi gw slank adalah sebuah band yang penuh kisah yang sangat panjang penuh tawa,canda dan kenangan yang sangat menyedihkan namun kini,??? lagunya penuh inspirasi dari setiap personilnya !!!!!!! gw do’a in semoga slank menjadi band yang bisa semua orang menjadi damai tidak ada lagi kerusuhan di penjuru indonesia ………….by prahatama .herawan di smk informatika serang
    piss….. piss….. piss….

  50. @ samiun bin kasimin
    gak perlu bilang sory man, setiap orang punya hak untuk berpendapat dan setiap pendapat harus kita hormati, termasuk pendapat lo juga man.

    @ smk informatika serang
    semoga bro… piss… piss… piss…

  51. waduh gw bingung nich ……jujur aja slank dulu ma slank sekarang gw suka ……..istilahnya klo suruh milih gw pilih dua duanya dah…….

    …..piss ……

  52. @ die
    … piss…

  53. antara slank,bip dan kita semua adalah manusia biasa…masing2 memiliki garis hidup..about,slank yg pecah..lalu jadi 2..(slank n bip ) itu adalah garis hidup…ok,taruhlah semua itu kita sesali…but,what can u do ? waktu tlah bebicara seperti itu…ambil hikmah,bisa jadi berkah atau malah jadi musibah…slank tetep slank,bip tetep bip, mereka tetep ae manusia biasa,bimbim tetep bimbim,kk tetep kk,pay tetep pay,bonky tetep bonky,indra tetep indra..pahamilah waktu dan manusiawi mereka…PLUR

  54. mas ternyata apa yg mas rasakan sama dgn apa yg saya rasakan slank yg slengean udah gak saya rasakan lagi di slank ini, tp itu tidak mengurangi rasa cinta saya ma slank lo mas.
    oya mas aku butuh foto slank lama, lagi sedih punya gak?
    bagi dong
    ak kalau posternya dah ad
    thanx’s ya, salam kenal PISS!

  55. gue sebenerny jaman jaya2nya slank dulu ga begitu suka banget sama slank. tapi ketika liat slank yang formasi yang sekarang ini (mnyedihkan banget ) gue jadi kangen banget ama kekompakan kaka bimbim indra ay bongky…apalagi indra yang konyol abis..gue paling keinget sama klip mereka “kamu harus pulang” yang ketika itu mereka masih kompak kompaknya kali yak. kalau deep purple aja bisa reunian setelah kepisah puluhan tahun , kenapa slank engga???? kita tunggu aja bro’…..gue yakin jika slank gabung lagi ke formasi lama akan menjadi peristiwa paling menghebohkan di dunia musik indonesia…

  56. oiya lupa…kalo yg ada foto nya slank yang formasi lama bagi bagi dong..kirim ke email gue yak. thanks before

  57. Salam,
    saya juga penggemar berat slank formasi lama. Saya paling suka album ke 4 slank. Menurut saya itu bener2 musik slank, gak niru siapapun. Dan di situ Indra bener2 nunjukkin kalo dengan keyboard/piano, musik gak lantas jadi mellow, musik slank bisa tetep “laki & laki” sekaligus manis. Kalo gak percaya, dengerin “Terbunuh sepi”. Kibornya dominan, tapi tetep cowok banget. Dan sori, mereka gak bisa buat yang begini lagi tanpa Indra…
    Saya cukup seneng karena BIP juga menonjolkan performa Indra, sepertinya mereka tau kalo Indra itu ASSET.
    Soal suara Kaka,… well… lo gak bisa berharap dia bisa melengking seperti dulu lagi. Kalo itu mah, ga bisa diapa-apain. Tapi kalo diperhatiin, meski gak setinggi dulu suaranya, tehnik Kaka mengalami kemajuan pesat lho. Perhatiin deh, dulu Kaka seperti kesulitan menyanyikan nada-nada tengah yg ga terlalu tinggi atau rendah. Meski suara rendahnya bisa bulat, dan suara tingginya bisa powerful, tapi saat menyanyikan nada tengah, seperti gak da powernya, dan akhirnya pake suara dalem. Simak lagu “Anyer”, itu kan nada tengah tu, dia malah pake suara dalem, padahal untuk nada yg jauh lebih tinggi dia bisa teriak suara luar.
    Tapi kalo liat Kaka sekarang powernya untuk nada tengah udah ada, contohnya “I miss u but i hate u”, itu lagu banyak di nada tengah, dan dia menyanyikannya dengan baik

    SAlam

    • Banyak orang bilang nih! kalo pengen denger Slank yg asli dengerin BIP. simak aja pada album album mereka sisi slengeannya nggak pernah pudar karakter musiknya masih seperti jaman formasi mereka dulu semasa di potlot.

  58. wah…bung,,anda pernah berfikir begini gak??

    kecepatan berlari anda sekarang dengan 5 tahun yang akan datang akan tetap sama gak kira2??

    Slank dulu ama sekarang udah berubah..,rock n’roll yang liar sekarang jadi lebih nge blues,itulah rock n’roll bung…emang dasarnya musik itu blues kan??

    Bnadingkan kosistensi slank ama U2,ada perbedaan?????

  59. …Tidak semua yang diketahui itu baik untuk disampaikan,
    dan tidak semua yang baik disampaikan itu tiba pada saatnya,
    Dan tidak semua yang tiba saatnya itu hadir dari ahlinya…

  60. SLANK tetep oke tuh…mau yg dulu or yg skarang

  61. Gue cinta SLANK Apa adanya……
    Mo begini mo begitu….
    I`ts Just SLAnK……….
    (smua karna “loyalitas” ma band yg gue cintai dari dulu sampe skarang..)
    ……??

  62. hmmm… loyalitas? gue jadi bertanya-tanya, nih sekedar Bon-Q atau Bon-Q sang ex pencabik bass band cadas ini?

  63. apa2n!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  64. yah gimanaya ?tpi kitasekli slankerstetep slankerska ! piss man cinta damai? jalni ajahidup ini dengan perasaan solidaritas

  65. ANTI SLANK,,,,!!!biar ancur dan mampus sekalian,,,hidup tengkorak!!

    • huahahahaha,,,yang namanya tengkorak itu nggak ada yang hidup!!..lo ada-ada aje, pake teriak “hidup tengkorak”,,,lo TOLOL juga ye, SEKOLAH DASAR lo gak tamat ye??

  66. slank is life stile… so never mind of band

  67. pandanglah kedepan jika mau maju,biarkan anjing menggonggong keep rock n roll guys….

  68. Ya beginilah yang terjadi.. kank begitu kita begini…??? ao What..?? mungkin karna sekarang banyak banget grup Band di Indoneia hingga otak2 anak2 Indonesia kebanyakan di isi lagu2 gak bermutu… masih mending lagunya slank Kan?

  69. Piss…
    hehe,
    kalo menurut saya, Apapun Kekurangan dan kelebihan dari SLANK dulu dan sekarang, qt Semua gak bisa tutup mata, kalo Fenomena SLANK itu adalah salah satu Fenomena dunia musik yang Benar” membumi… sama seperti halnya Bang Iwan Fals ( Orang Indonesia ), Mereka adalah Musisi yang berangkat dari kisah di jalanan, apapun itu, kita harus tetap dukung industri musik indonesia…
    oya mas whitegun, bole dengar demo’a gk? hehehe,
    saya juga mungkin tahun ini mau rilis album mas….
    hehehe,
    SALAM PEMUDA INDONESIA

  70. alur kehidupan slank merupakan sesuatu yg wajar… malah gak wajar kalo dari awal sampe sekarang jamannya slank emas terus… sakti donk
    akan tetapi slank emang band hebat di 10 tahun terakhir ini. munkin kalo kita dah tuwir dan slank juga dah tuwir… akan jadi album kenanang kaya lagunya koes plus dkk
    Salluttt buat slank dan slanker.. You are my inspiration

  71. rock n roll..!!
    loyalitas sbg slankers harus tetap dijaga,walaupun slank udh ga kaya dulu lg,tetapi gw tetep salut dan bangga bgt ma slank,karena mereka masih tetep langgeng mpe sekarang,ga seperti band2 yang laen..kita liat aja dari sisi positifnya,seperti sembuh dari drugs,dan penghargaan2 yang dimiliki oleh slank,mungkin klo mreka msh kaya dulu,mreka mungkin udah mati krn drugs..
    so,hargai mereka sebagai band yang legendaris..
    PLUR…..!!!!!!

  72. SLANKISME sudah merasuk jiwa ku sejak keLas 5 sd tepat nya aLbum 7 …
    menurut aQ sLank NGGAK ADA DUANYA . dari segi apa pun skill mereka unggul dr band2 lain …
    semua lagu2 slank sangat dalam artinya.
    di banding slank formasi lama menurut aq formasi skrg lebih dahsyat!!!
    mata ku tdak bs berkedip melihat penampilan mereka…

    abdee, ridho??? woww….. beruntung slank memiliki mereka..

    L.O.V.E u guys !!
    u inspired to me !!!!!!!
    lets ROCK N ROLL…

    • Kamu itu de’..belum pernah merasakan jaman keemasan Slank taon 91-96 yang dimana “Attitude”nya mereka pada waktu itu betul2 terasa sensasinya. Pada taon2 itu masih ada acara Selekta Pop sama kamera Ria (kalo sekarang InBox, Dahsyat)
      nah! Slank dulu sempat wara-wiri di acara tersebut dengan gaya mereka yang apa adanya, slengean dan tentunya rock n’ roll, nah.. mereka berani mendobrak pakem2 musik indonesia pada jamannya itu dimana selalu di tiap acara tersebut berisi penyanyi2 manis dengan lagunya yang syahdu2, mengubar cinta yang norak kalo mau disejajarkan dengan jaman musik indonesia sekarang Band band baru yang ada warna musik mereka sama aja dengan penyanyi 2 tersebut (istilahnya band menyek2 yang hanya mengandalkan satu Hits lagu abis itu tenggelam lagi beberapa bulan berikutnya). Pernah Lagu “Memang” sempat mau dicekal oleh pihak TVRI pada acara Selekta Pop, karena pihak TVRI takut video clip Slank dapat merusak kaum muda dan slank sendiri sempat memberitahukan rencana pencekalan itu melalui surat korespondensinya kepada Slankers-nya termasuk saya namun pada minggu berikutnya akhirnya video clip “memang” berhasil ditayangkan, kenapa video clip sempat ini dicekal karena pada clipnya Slank tampil dengan pakaian compang camping set panggungnya penuh dengan rongsokan sedangkan mic yg dipegang Kaka hanyalah berupa balok kayu kecil kebayangkan pada waktu itu semua yang nyanyi di acara tsb penampilannya manis2 dan sopan sedangkan Slank tampil nyeleneh dgn fashion Rock n’ roll-nya.

  73. to : serigala TAK BERGIGI indonesia

    yg nama nya TENGKORAK pasti udah mati !!!!

    piye Toh,,,,,,,

  74. Kejar setoran kali…..

  75. SLANK kehilangan jati dirinya……. NO WAY
    SLANK merupakan suatu band yang terlepas dari yg namanya metarmofosis yg selalu berkembang mengikuti fenomena yang terjadi di masyarakat….. jd gak bsa lagu alias liriknya harus disama-samakan dgn kualitas tiap album…. TIAP ALBUM PUNYA Tujuan sendiri…. PLUR WITH SLANKERS.

  76. BIP lebih Genius… Slank adalah masa lalu. Gue pilih BIP.

  77. gue suka album slank dari slank 1.2.3.4.5.kalau sekarang gue udah gak belik album slank lg mending gue beliin album bip lebih mantap musik nya.

    piss buat slank lama……….

    dari pada pusing mendingan gue dengerin musik nya .TENGKORAK,JASAD.SIKSAKUBUR.MARJINAL.BETRAYER.MORTUS.TRAUMA.lebih ajibbbbbb,,,,,,,,,,,akchhgaaaaaaaaaaa

  78. uhhhhhhhhhhhhhhh…..BT bwgt aq dgr kritik “PEDES”loe ttg “BINTANG HATIq”wlo q bru tw ap c…….MAKNA SLANK th!!!!!!!!!!tp bwt loe TERSERA MEREKA KALIAN/SAYA ASAL g’NGELANGGAR hkm BIARKAN sj TONG KOSONG mndg pd DIAM!!!!!!!!!SUMIMASEN

  79. udah ah…biar aja yg uda ga suka biar mo diapain jg tetep ga suka…mending mas nulis ttg dewi persik aja…lebih hot kalee…PISS

  80. thanks bro, gw sich juga berpikiran kayak gheto,….. tapi hidup itu butuh perubahaan, tanpa melupakan asal mu asal kita,…. slank pun kyak geto, melakukan perubahan tanpa lupa asli nya ,,……. viva slank…. iloveslank……. pisssssslank

  81. bah, awalnya slanker lama vs slanker baru, skarang anak metal ikut2an bah…

    mending dengerin kangen band deh… XD

  82. gw trakhir beli album slank reformasi,hbs itu kcewa habis……………..`tp gw tetep slanker kok,walaupun sekarang lebih seneng dengerin BIP OR THE FLOWERS.

  83. hehehe… .

    tampaknya bung whitegun dibombardir para slankers. saya juga slankers, meski g terdaftar. cuma saya bukan slankers yang membabi buta. awalnya saya juga sempet kecewa sama slank yang mengeluarkan album internasional, yang menurut saya ke barat2an banget dan g slank banget. ternyata kok melenceng ya. di cover depannya itu ada backgroun tulisan jawa yang menurut saya indonesia banget. dan dari satu lagu yang ada (saya lupa lagunya) ada lagu yang berirama betawi banget. itulah salah satu kreativitas slank yang bukan seperti kacang lupa kulitnya.

    soal kekecewaan bung whitegun si sebenarnya hanya soal keluarnya pay aja (maap, piss. hehehe… .) soal musikalitas, slank memang bermetamorfosis. lirik tetap nakal, musikalitas tidak jauh beda (menurut saya… .) mungkin dandanan yang berubah lebih trendy. hehehe… .

  84. hei hei hei…

    salam kenal boz…

    saya rasa saya sependapat dengan anda meskipun tidak secara total. saya ngerasa bahwa slank di formasi ini sangat beda dengan slank yang dulu meski secara skill sang gitaris sekarang juga dikenal lihay dan hebat.

    Ketika album balikin kelluar, saya melihat perubahan besar dari musikalitas terlebih ketika album kamu kok kampungan… itu lagu mirip banget sama lagunya rolling stones (meski Cikini Stone Complex/CSC adalah formasi awal slank yang memainkan lagu rolling stones). meski Rolling Stones adalah influence tapi tetap harus ada aransemen yang berciri slank.

    apalagi sekarang inilagu-lagu slank sangat komersil dan beda dgn yang dulu. gebukan drum bimim juga terdengar monoton (kebetulan saya juga drummer tapi lebih sering mainin satriani and deep purple), jauh lebih ritmik bimbim yang dulu. juga ga ada nuansa kybord indra yang claydermen banget…

    meskipun ada yang saya banggakan dari slank saat ini, telah bebas dari ketergantungan narkoba (i hope thats real)..

    potlot sering saya singgahi dulu… sekarang juga sering mampir…

    i felt that the real slank was in the 2nd and 3rd album

    regards

  85. PLUR,,, PLUR,,, PLUR,,,

  86. POKOK NYA SLANK SLALU ADA DI HATI Q..,,,,

  87. BUAT BIM2,, KA2,, ABDEE,, RIDHO,, IVANKA,, PLUS BUNDA IVEET

    SLAM PLUR DARI SLNKERS JEMBER *TEPI CAMPUAN*

  88. Bagaimanapun, saya masih suka Slank, walopun sudah ga kayak dulu lg. Saya suka formasi yang lama, puncaknya di album kedua. Waktu itu saya di kelas 2 SMP. Gile benerr deh. Sampe 3x bli kasetnya, gara2 tiap dipinjam temen ga balik2. Yang sekarang sih sudah ga begitu ngikutin lagi. Kayaknya udah monoton deh. Dulu sealbum bagus2 semua. Sampe skrng masih pada hapal tuh lirik2 di album kedua.
    Hidup Slank…
    Piss!!!

  89. gw pertama py kaset slank album 1 taun 1990..asik banget ini band…sampe akhrnya mereka pecah lalu terbentuk slank formasi sekarang gw tetep suka cuma perbedaan garapan musik yang berbeda. tapi jujur gw suka formasi yang duyu..musiknya garang…but this’s life…kita nerima aja ok..oh ya gw cuma bisa doain aja moga slank bisa trus berkarya…suarakan kepada indonesia dan dunia …loe adalah band rakyat…bukan band teken kontrak yang ngebut cari uang…gud lak slank…i lup u all 4ever…

  90. Musikalitas lebih berkualitas. Contohnya lagu kilav. Penampilan lebih bagus. Nggak kayak anak jalanan lagi. Gigi kaka dan bimbim juga dah didandanin.
    Wah,, klo suara Kaka berubah itukarena terforsir pake suara tinggi. Bayangkan selama 5-6 tahun menggunakan suara teriakan yang tinggi, nggak hanya di studio tapi juga di semua konser.
    Kata kata yang lebih santun juga diperlukan untuk masa sekarang ini. Tau sendiri kan, musik zaman sekarang juga didengerin anak anak.
    Seni itu obyektif.. Seperti pelukis yang melukis seratus gambar, mungkin hanya 10 yang benar benar membuat semua orang suka.
    Ibaratnya jika kita ngefans dengan tim sepak bola, kita mggak boleh memaksa tim kita untuk selalu menang..
    Sekarang slank dah tua. Usia mereka hampir 40 tahun, bahkan bimbim sudah lebih dari 40 tahun. Mereka sudah tidak muda. Di panggung dia adalah idola. Tapi di rumah mereka semua sudah jadi bapak yang harus menjadi panutan.
    Seperti kita yang meniru hal positif dari slank sampai saat ini..

  91. klau aq c setuju2 ja dngan komentar kmu cs klau q lhat dri segi musik slank yang skrang dngan dlu jauh berbeda…

    apa lgi klau slank konser ke kota2 psti gmpang di tebak lagu2N cz slank hnya membawakan lagu itu2 ja……

    harapan q c mga2 slank bisa membuat lagu yang dapat di kenang sampai nanti ke cucu kita tapi dri personil yang sekarang…

    aq jga setuju klau permainan guitar abdee nagara memang patut di acungi 2 jempol…

    harapan q c maga2 albu yang skarang go internasional bisa meledak di pasaran AMIENN…..

  92. Salam kenal, ikutan nimbrung dikit ah… :)

    Apapun komentarnya, sepertinya Slank tetap akan exist selama ada bim2-kaka.Soal karya & perubahan suara Kaka adalah hal yg alamiah, so ga bisa diotak2ik brur,itu Tuhan punya kuasa..krn faktor usia juga bisa khan?semua orang pasti akan mengalami kemunduran. Lebih baik ambil hal2 positif dari mereka.Jiwa sosial & sikap down to earth mereka sebaiknya dijadikan panutan band2 (lama/baru) yang kadang bisanya hanya membuat sensasi murahan ketimbang pretasi. DPR aja dibuat diam lewat sindiran mereka, karena mereka tahu Slank mewakili suara jutaan penggemarnya yang juga warga negara Indonesia.

    Terima kasih,

    Wassalam

  93. hEiIiIi…..
    KpN NiY KONsER D’pROLIK??????
    guE ngEfAnS BbBeEERRAATT…..BGggGGGTTTT 5 SLANK TRUTaMa RiDHOOOoooOoO
    cAHYO YCH bWT KLIAN SmUa
    LOVE U sO MUCH….

  94. setiap musisi pny gaya bermusik yang berbeda….
    so,,,tinggal gmn kita menyikapinya….
    salam PLUR…

  95. salamMlekum…..

    thanks buat yg udah nulis tntg SLANK…
    SALUT…karna ada yg mengikuti n mnilai SLANk….siapun lo….!!

    w bs dibilang stuju..SLANK udah berubah….!!!
    tp w lbh kena klo ini dibilang proses…..
    SLANK msh hdp…maka slank akan berfikir…karna berfikir slank akan berubah….dan itu adalah proses…!!

    GA akan ada yg bs gantiin
    PAY,
    INDRA,
    BONGKY….
    TP saat ini
    CM BIM2,
    KAKA,
    RIDHO,
    ABDEE,
    & IVAN
    yg bs bikin SLANK terus berproses….DAN HIDUP

    SALAM BUAT SLANKERS…. :

    “PLEASE.. HILANGKAN IMAGE SLANKERS PERUSUH……COBALAH SALING MENGHARGAI….”

    DAMAI

  96. itulah slank
    dan itulah manusia
    ambil sisi positif buang negatifnya
    yang jelas
    PISS,LOVE, UNITY and RESPECK
    Ok guys

  97. I LOVE SLANK .. aPa pun orang bilank ,, bagi ku kau penebar virus perdamaian….

  98. kalo menurutku memang berbeda sihhh.. kagu2 slank dari masa setelah pay, indra, bongky pada keluar, kurang menggetak…, ku juga ga tau apa yg terjadi pada band tersebut….
    kalau menurutku lagu2 yang sekarang sepertinya cuma asal bunyi aja..
    aku juga sempat heran kok…
    kenapa lagu2 yg baru gak layak jual masuk rekaman..
    seperti ga da niat bikin lagu, asal2 aja yg penting album keluar, sekarang coba aja penjualan album slank.. semakin lama semakin jeblok…
    kemana slank ku yang dulu…
    buat aku pergantian personol seharusnya menambah daya gedor mereka.., lihat aja sekarang slang punya 2 gitaris jadi seharusnya lebih oke dan lebih keras ngeroknya.. gak asal cuma rok ato celada dalam aja yg dikeluarin untuk direkam…?

  99. menurut saya sih lagu2 slank itu bagus semua dari dulu sampai sekarang tetap bagus……….
    tapi saya gak tau juga sih tentang perjalanan slank dulunya sampai sekarang…………
    karna saya masih berumur 15 th…………………..
    yang penting menurut saya SLANK tetap yg terbaik . . . . . . . . . . . . .

  100. Buat bapak bapak dan mas-mas semua…
    Hebat banget nih artikel, ditulisnya mei 2007 sampai sekarang (2009) masih enak untuk disimak.
    Aku kenal slank sejak album orkes sakit hati (telat ya…soale aku baru smp tuh) ketika itu aku langsung jatuh cinta sama slank, dan langsung nyari semua albumnya alhamdulillah dapet semua komplit plit plit…
    Kalo masalah musik, slank itu berganti ganti aliran. semua aliran dipake.
    Kalo album ke dua memang tak diragukan lagi, itu album terbagus.
    Sekarang lagu yang paling aku suka adalah REBUT!!!
    Piss bro…

  101. Slank emang udh ga se”keras” dan senakal yang dulu…tp gw g setuju banget klo ada yg ngejudge musik slank mulai mengalami penurunan!!!

    Slank yg skg udah berkolaborasi sm musisi2 luar,contohnya adalah The Big Hip (jepang). kenapa mereka milih slank sbg temen musik mereka??mereka bilang, slank mempunyai musik yg luar biasa, kritis, dan penuh power. rock n roll dan balutan blues ala slank, udah bikin The Big Hip kepincut ma slank..

    contoh lain…slank jg berkolaborasi ma Ozomatli (Amrik), The Weekend sama Crowned King (Kanada).mereka emang bukan band gede, tp setidaknya musik slank udh sampe ke luar sana…
    Belum puas??

    ni yg terbaru…
    Slank diundang Java Jazz untuk tampil. untuk pertama kalinya sebuah grup band rock tampil di sana. di Java Jazz, slank juga kolaborasi sama musisi2 jazz dari berbagai negara…

    itu berarti ga ada masalah sama musik slank, cm mngkn krng ngerock n nakal aja. salah satu faktornya mungkin mereka semua udh pny anak. mw ga mw, slank harus sedikit demi sedikit ngurangi kata2 slenge’an dan kotornya..

    Go Slank..
    Apapun kritiknya…semoga menjadikan slank lebih baik dan lebih baik lagi, amin…

    PLUR
    Keep Rockz!!!

  102. tEtaPlah mAnUsia cMa makHluK tRbtS,,,,,,,,,,,,,,

    DaN s’MuA oPiniE dRi tMn2, AdaLah ReSpEct KePd SLANK’

    sAdAri,,,,
    s’Tiap kEpaLa PuNya PeMiKirN y9 j9 bErBda 1 d9n Yg LaEn.

    wAlau bGt,,,,,,,,,, s’MuA y9 kOmeN di bLo9 ni tTp #1,,

    gA adA hAbiS’A kLo bHas kEkRngN,,,,

    pLuR,

  103. dear All

    Saya setuju dengan WhiteGun

    Slank Berubah Total

    Saya dulu adalah SlankEr, tapi hanya untuk album

    1 – 5. setelah itu tidak lagi.

    karna bagi saya
    Slank adalah

    Pay
    Indra
    Bongky
    Bimbim
    Kaka

    rEGards,
    yoed

  104. Begitu fenomenanya Slank. Tidak dapat kita pungikiri bahwa perubahan demi perubahan terjadi pada Slank. Dulu pada era 90an Slank menjadi icon-nya anak-anak muda yang menganggap dirinya “slengean”. Terus simbol ini berubah kembali menjadi simbol “anti drugs” setelah kaka dan bimbim hijrah ke kehidupan yang lebih baik yang dipresentasikan di dalam album ke 7. Dan yang terakhir slank mengusung slogan “virus perdamaian”. Ketiga-tiga icon yang disematkan itu adalah buah hasil karya slank sendiri. jadi kalau kita amati, slank hidup di tiga transformasi icon yang juga diikuti oleh transisi bermusik dari slank itu sendiri. Semuanya andalah yang menetukan, terserah anda, anda mau slank sebagai slengean, anti drugs atau penyebar virus perdamaian, itu adalah pilihan anda yang telah slank sajikan. Dari pada TERBUNUH SEPI dan TONG KOSONG nyaring bunyinya, PERCUMA dong kalau GAK WELCOME dan KETINGGALAN JAMAN atau KAMPUNGAN seperti ANAK MAMI yang di NINA BOBO kan. LO HARUS GRAK dan DO SOMETHING. Lihat dong SIKON sekarang, jadikan diri lu penebar VIRUS perdamaian YANG MANIS dan GAK ADA DUANYA. Mari kita ber SOLIDARITAS antar sesama.

  105. setuju…!!! gw suka slank waktu kelas 3 SD,mulai lagu “memang”, pas nonton album minggu (pasti inget dong acara yang satu ini…). Jiwa langsung terwakili dengan rock n roll dan bluesnya, slenge’an nya kena banget, apa adanya pas banget. Bener2 sedih waktu sore itu nonton kabar2i di RCTI waktu itu pay, indra, bongky nunjukin kertas yang berisi surat pemecatan/pengunduran diri dari slank.Hah…slank bubar…??! Gw bener2 lemes, gak ada lagi wakil jiwa yang bener2 pas lagi. Slank satu sampai lima gak akan pernah gw lupain…makasih dedikasi mewakili jiwa…

  106. gw lbh tertarik sm formasi slank era bonkq,indra,,pay……..klo formasi yg skrg payah coz musik’a udah melempem kaya kerupuk,hahahahahahaaaaa.payahhhhhhhhhh

  107. slank formasi dulu tinggal kenangan aja kaya lagu terlalu maniz tapi ttp hebad n g ada dua’a.ya gw doain aja mdh2n slank maju trz jgn tkt sm jln buntu n jgn slh jln lg….psn bwt slankers se-indonesia hrs’a klian bersatu jgn kaya anak kcl malu dong klo ribut.c u guys

  108. gw ga stuju bro ,
    cuma mau klarifikasi ,
    pay dikeluarkan krna udh make duit rekaman slank
    buat ngobat !
    narkoba . pay jauh lbih narkoba drpd kaka .

    lo bisa baca artikel pay di rolling stones edisi mei 2009
    pay menghabiskan uang rkaman buat beli narkoba .

    lgian kalo mnurut gw wajar2 aja bro , secara , bimbim udh makin tua ,
    kaka pun dmikian ,

    kalo masalah musiknya jd brbeda wajar juga kn ,
    3 personil inti , yg mnciptakan musik kluar ,
    otomatis skg udh brubah kepemain barunya dnk ,
    ya ga??

    salam kenal bro ,

  109. Gua tetap cinta SLANK walaupun musik berubah yg penting masih “NGEBLUEeeeeeeeessssss………….”

  110. bagi gue mendink jangan pade ngejation sesama mausik lah . buat apa coba yg dulu y yg dulu anggap j itu masa lau. aku g mihak yg mana2 ko kan slank piiiiissss …

  111. coba jangan pade ngeritik orang, slank yg sekarang lebih bagus lg maap nii bisa ngebantu negara lg buktinya koruptor2 pada abiss… boo buat kita juga kan…..kita saling mendoakan j…

  112. bener tuh bro…

  113. w bkan’y ga stuju,,tp w mang ngedukung bgt!!
    lgu’y slank yg skrg mang ga seindah dulu…
    mna lagu politik yg lbih tjam di telinga..??

  114. Dulu gw adalah Slanker, tp Slanker hanya Album 1 – 5 (Formasi Keramat Angka 13) aja. Slank bagi gw hanya Bongky Ismail Marcel alias Bonk (Bass), Akhadi Wira Satriaji alias Kaka (Vokal), Parlin Burman Siburian alias Pay (Gitar), Indra Chandra Setiadi alias Indra Q (Keybord), Bimo Setiawan Almuchzumy alias Bimbim.

    Ketika terdengar di Kabar-kabari dan jg gw baca dari koran lokal di Sumut (SIB) waktu dulu bahwa ada pemecatan sepihak yang dilakukan bimbim terhadap bonk, indra, pay, gw kaget sekaligus sedih mendengarnya.Bimbim selalu menghindar ketika Bongky ingin bertemu utuk mempertanyakan masalah pemecatan tsb.Karena dulu semua personel punya saham dan hak yang sama di Slank, jgn mansur (main surang/seorang) aja donk kayak bimbim.Dan yg lucunya si kaka yg notabennya adalah sodara sepupu si bimbim kaga dipecat ama dia (kayanya ada unsur nepotisme jg yaakk.. haha..). Seperti k-3 personel slank yg merasa terpukul akibat pemecatan sepihak dr bimbim, gw jg sebagai slanker merasa sakit hati atas pemecatan tsb.abis tu gw gak menyebut diri gw lagi sbg slanker dan gw malas denger ama beli kaset mereka lagi. Mendingan gw dengar lagu MORBID (Band asal Medan) yg saat itu lg booming di SUMUT khususnya di SIANTAR drpd Slank yg tak ada lg Bonk, Indra, Pay nya.

    Yang gw liat dr Slank sekarang adalah seperti tinggal di “Kerajaannya Si Bimbim” atau “Bimbim Centris”.Klo diwawancarai ama infotainment yg jawab cuma bimbim ama kaka doank, sedangkan k-3 personel lain si ridho, ivan ama abdee perannya di Slank tak lebih seperti additional player, figuran, tukang jaga nyamuk (klo org lg pacaran), kambing congek (nurut aja sm bosny si bimbim). Beda ama Slank dulu, semua personel nya menonjol dan sesuai nama bandnya personel dulu benar2x slengean abis, blues dan rock n rollnya dinamis and nendang abis, klo Slank sekarang yg ada monoton, ga up to date, dan arransemennya semenjak gada bonk, indra, pay biasa2x aja gak spektakuler.

    Menurut gw Slank sekarang sama aja seperti band Ungu, ST12, Peterpan, Samsons, dkk nya.Najis bgt dan mo muntah gw dengerin lagunya. Untung ada bip yg bikin tambah semangat hidup ini klo dengar musik ama lagu mereka. Aransemen dan musikalitasnya sangat up to date pokonnya paling The Best lah ditambah dgn lengkingan vokal ipank semenjak dr Plastik mpe skrg kaga menurun.Bip emang sedikit dan jarang bikin lagu/album tp mereka selalu dinanti dan bikin kita penasaran krn kualitasnya. Beda ama Slank sekarang semenjak gada Bonk, Indra, Pay, si bimbim emang bnyk bikin lagu/album tp sound musiknya dr album 6 mpe skrg mirip smua,monoton, balik ke jadul/kaya rolling stones gituu..(The Changcuters kaleee….haha…).ditambah ama suara si kaka yg melempem. Lagu skrg yg pake bhs jepang lah, lagu terlalu manis pake bhs inggris lah malas bgt gw dengerinnya tetap aja sound nya kaga masuk di kuping gw. Mendingan gw dengar lagu KORSLET ama ROCK N ROLL PALSU nya bip yg sound nya lebih gahar.

    GW LEBIH BANGGA JADI KAUM MINORITAS SEBAGAI BIPER DAN SLANKER FORMASI BONK, INDRA, KAKA, PAY, BIMBIM DARIPADA KAUM MAYORITAS SEPERTI SLANKER FORMASI SEKARANG.

  115. Seru juga neh,,
    coment ahh,,
    gw setuju bgt dah,,
    gw aja lg pgn ngumpulin foto2 SLANK formasi 13 n gw pgn bikin “1.000.000 facebookers berharap SLANK kembali ke formasi 13 (Kaka, Bimbim, Pay, Bonk-Q, Indra)” [kan lg musim facebookers] sapa tau mereka berlima membuka hati n pikiran untuk kembali bersatu karena permintaan slankers sejatinya…

    Hampir tidak dapat dipercaya, tapi itu terjadi. Bimbim, Kaka, Bongky, Indra Q dan Pay di satu panggung!

    Sejak awal, acara Tribute to Imanez yang digelar di Hard Rock Café, Jakarta, Rabu [21/6] malam itu memang sudah istimewa. Orang-orang yang pernah jadi bagian komunitas Potlot berkumpul. Potlot adalah markas Slank. Banyak musisi pernah “sekolah” di sana. Imanez salah satunya. Penyanyi reggae itu meninggal setahun lalu.

    Imanez menyatukan para alumni Potlot. Termasuk limamusisi berbakat yang sepuluh tahun lalu pecah. Formasi Slank paling dahsyat itu akhirnya bermain bersama kembali di depan publik. Membawakan lagu Bangsat dan Mawar Merah. Sambil tersenyum lebar! Beberapa kali, Kaka menghampiri Indra, memeluk Pay dan tertawa bersama Bongky. Mengharukan. Membahagiakan. Membuat bulu kuduk merinding.

    Saya tidak bermaksud melebih-lebihkan. Saya belum pernah melihat mereka bermain sebahagia itu. Oke, mereka tersenyum ketika manggung. Tapi, bukan senyum seperti malam itu.

    Rasanya, semua yang hadir di Hard Rock merasakan betapa formasi itu punya kharisma yang kuat. Penonton berteriak kegirangan. Bertepuk tangan dengan meriah. Beberapa orang berjingkrakan. Girang. Bernyanyi bersama mereka. Hanya dua lagu memang. Tapi, momen itu benar-benar berharga.

    Kalau kamu di sana, kamu bisa rasakan betapa lima orang itu [pernah] bersahabat. Chemistry-nya benar-benar terasa!

    Gila! Dada saya berdebar kencang! Ini mimpi jadi kenyataan! Dan saya yakin, bukan cuma saya yang bermimpi seperti itu. Slank dan Bip memang sering ada di satu event. Tapi, belum pernah sekalipun formasi itu ada di satu panggung. Bahkan untuk kolaborasi antara Slank dan Bip pun belum pernah.

    Kalau kamu ada di sana, kamu juga pasti bisa merasakan betapa seisi Hard Rock berbahagia! Mungkin semua yang hadir di sana, sama-sama mengharapkan itu terjadi. Hingga ini ditulis pun, dada saya masih berdebar kencang setiap mengingat kejadian kemarin.

    Benar-benar kejutan yang menyenangkan. Saya terkejut. Panitia terkejut. Lima musisi itu pun terkejut. Bukan apa-apa, ini di luar rencana. Semuanya terjadi dalam waktu singkat. Mereka “dijebak”, meminjam istilah seorang panitia. Ah, benar-benar malam yang indah. Hehe.

    Selain penampilan yang dahsyat itu, acara malam itu memang mengagumkan. Puluhan musisi, yang pernah nongkrong bareng. Lantas mengambil jalan masing-masing. Kemudian berkumpul kembali!

    Roots, Rock, Reggae. Mereka tahu itu. Mereka memainkan musik dengan soul. Apakah itu bermain blues, rock n’ roll, atau reggae. Kamu bisa rasakan itu keluar dari dalam hati!

    Sekarang, Potlot memang lebih terkenal sebagai markas Slank dan tempat berkumpulnya Slankers. Tapi, komunitas itu, suka tidak suka, telah mengukir sejarah. Dan malam itu, saya seakan diingatkan kembali.

    Pertanyaan saya; giliran komunitas mana yang sepuluh tahun lagi akan punya kekuatan seperti itu ya?

    • komen ini paling mantap..3 pemain pembantu yg ad ad slank sekarang mungkin cm punya tempat d hati slanker2 baru..momen yg and atulis bs ak rasain ak pecinta slank di jaman sy sd sy ud bljar apatis blues..slank g aln mati klo formasi13 ini ad lagi..klo cuma asal eksis ya ak bilang ya tp jgn kecewain Slanker lama yg merindukan Slank yg dulu

  116. slankers g mna pya kbr ? w ngfnz bngtz ma u………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….u……………………………………………………………………………………………………………………….u……………………….i love youu.uuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  117. menurut gue sich semua kritikan yang lo sampekan kpda slank dari slankers jaman dulu sampe slankers jaman sekarang tu artinya lo2 semua masih cinta & peduli ma slank&slank adalah band yang gak da 2nya di hati lo2 semua plur ja & salam kenal dari donat aremania slankers independent

  118. emang kaka kehilangan suara emasnya bimbim kehilangan gebukan drumnya yang dulu sangat mantap sekali tapi semua itu dah hilang di telan waktu,mereka kehilangan sesuatu yang berharga itu di karenakan mereka pake NARKOBA coba meraka dulu gak pake drugs pasti mereka gak kehilangan sesuatu yang berharga yang mereka miliki.jadi bwat slankers yang masih pake narkoba berhentilah mulai dari sekarang karna dah da contohnya piss

  119. piss……!!!
    gw fans SLANK n jg g’ terlalu msuk slanker aktif see,,,, gw cman penggemar brat…..
    slank g’ brubah, dri awal slank adalah band yg slange’an ampe skrg pun jg gtu, kwalitas music jg g’ brubah, slank slalu ngikuti zaman, masak slalu “KAMPUNGAN” gtu, y g’ mgkin kan….!!
    maslah pay, indra n bongki kluar itu dy memilih jln hdupnya masing2, bkn salah kaka n bim2… mreka jg nikmati hidupnya camn pay DKK g’ ska, so beda kesenangan aj…
    lgian sekarang slank masih axis koq,,, qt hargai slank, blm ada lo band yg mampu bertahan sejauh ini,,, cma SLANK…
    ridho dkk mampu nunjukin mreka bs jd pengganti pay dkk..
    lo liat aj kan,,,
    kwalitas music mreka jg bagus,, tergantung telinga qt yg dengerinnya aj,, para slanker skrg msh nyaman dengan musik dr slank, so lo aj yg g’ ato kurang suka dngan kwalitasnya skarang…
    qt hargai aja karya mreka sekarang ini…..

  120. SLANK ttp SLANK….
    gw slalu senang dengerin music SLANK, so g’ ada kritikan lg,,,
    salam kenal n damai dr gw…
    cipoik di jambi…………

  121. emang sih gw sangat kecewa mas… gw paling nunggu penampilan mereka yg kayak dulu… tapi apa boleh buat kita kan ga bisa maksain mereka… yang namanya band pasti ada yg namanya perpecahan… semoga SL4nk… tetap menjadi icon anak muda INDONESIA…. P!ss

  122. slank hanya manusia biasa coy……bim dan kaka udah ga kaya dulu lagi mingkin karna faktor penuaan…..buat gw slank ttap masih sperti dl…apa adanya…seluas biru langit sedalam biru lautan……………..

  123. apa pun yg terjadi
    gw tetap SLANKER SAMPE MATI…!!

  124. Q sbnernya kberatn Slank dktakn sperti itu…
    krn q anggota slanky yg cinta bgt ma Slank sejak kls 6 SD!!!

    tp saat q kls 3SMP q ikut club slankers terbesar dikotaq mgkn pd saat itu q punya kbanggaan tersendiri … q bs breng ma ank2 yg bnr slangek’an dan apa adnya….
    mnurut slank sndr…anak slank hrus mempunyai jiwa yg solidaritas..itu kita cerminkan pada saat ada bencana kita menyalurkan sumbangan….

    tp itulah mereka dihadapan publik…tp dlm kepribadian mrk tidak bnyak yg seperti itu…..
    dr hal kecil saja….seperti q disaat sedih..q tidak mendaptkan simpati blues dr mereka…mlah gag mau tau…apalagi sekarang semua anggota banyak yang bercerai berai atau kapok untuk terikat lg,,,,

    slank sndri mana sekarang gag pernah muncul kalau ada bencana…..selalu artis laen yang mengumbar sensasi…
    q inginkan slank yang dulu…………

  125. ya saya setuju dengan sampean, menurut saya slank sekarang lagu2nya cemen sama kayak grup-grup ban masakini yg slalu ikut ikutan stily komersil. HIDUPLAH KENERASI BIRU YG DULOEEEEEE……………..

  126. gimanapun juga, kita sebagai penggemar harus bisa memahami semuanya. coba kritikan ini dialamatkan langsung ke slank manajemen. saya juga agak kecewa… tpi jiwa saya terlalu slank… so…maju terus slank.. n slankers …. PLUR…

  127. btw lam knal all..
    gw ryan othoy,slankers priangan ( bandung ) n pusat…
    cuma pgn ngelurusin aj sech…
    hmm qta sdikit positif thinking aj ok..
    slank brubah mungkin mengikuti pasar…
    slank dulu khan rock bgt,nah mungkin slank skarang ngeliat pasaran industri musik yg ngeliat rock g tlalu d gandrungi spti dulu bgt..
    makany mreka ngerobah jadi rock n roll radikal…
    klo soal kualitas sech ntu pasar yg nentuin,
    yg ryan tau sech sejelek2ny lagu kita sbagai penikmat musik kudu menghargai karya cipta se2orang ( sgitu juga dy bisa bikin lagu, coba qta suru bikin 1 lagu aj belet :p )
    n belum tentu qta bsa nyanyi kya swara kk yg serak sperti ntu…
    1 lgi,klo soal swara n gebukan drum,
    hmm faktor usia x…
    manusia gkan slamanya fit,usia berpengaruh bgt…
    tq n lam knal ea all…
    keep rock n roll n P.L.U.R…
    salam damai untuk SLANKu,SLANKERS, SLANKY n seluruh penikmat musik di seluruh jagad raya ini dari Bandung…
    Sallamikum..

  128. saya setuju gan.. slank memang sudah kehilangan kwalitas musiknya..
    dibandingkan formasi nya yg dulu,
    tapi mungkin juga sih karena hengkang nya 3 personel slank..

    tapi kita perlu juga mengingat umur slank yang uda tua,,,
    kita lihat aja kaka yang gak mampu lagi nyanyi dengan suara nya yg melengking,, dan bimbim yg mungkin gak kuat lg menghentakkan drum nya,,,tentu saja kwalitas nya beda sama waktu zaman orang itu muda,,

    memang sekarang slank uda berubah… dari yg rock n roll abizz ampe yg rock banci,,,

    tapi itu mungkin slank uda gak mampu buat karya2 yg gak harus ngikutin pasar.. alias tetap pada pendirian di jalur music rocknya…

    atau slank yg sekarang hanya mementingkan materi,,,

    dari pada kwalitas musicnya…,.,

    ahhaha

    ini hanya pendapat aja.,.,.,.,

    klu ada yg salah mohon maaf….

    keep rocknroll

    \m/

  129. Emang Slank yang sekarang lagu2nya terlalu lemah..
    Beda jauh ama yang dulu, hampir ga da bedanya ama band2 sekarang….Its real…
    Slank harus baca blog ini, jadilah diri sendiri…sukses for Slank…

  130. mas whitegun..jangan egois memandang pndapat mas..klo mas kcwa ma slank gara2 kluarnya pay indra bongky..yaudah ga usah dengerin slank dengerin aj bip..gampangkan..hidup itu harus ada perubahan mnurut w lagu2 slank skarang banyak ko yg mengena..seperti dari balikin sampai ku tak bisa..dan sekarang jurus tandur…dan justru skarang slank punya cirikhas slide nya abdee..klo mungkin dulu keyboardnya indra..yg pnting tetep idealis,,ga gampang pertahanin band mas..dan masalah suara n pukulan bim2 masih oke ko..w pnah lgsung liat akustiknya dipotlot..

  131. manusiawi dark knight orang pasti bisa lmah bahkan bisa tambah kuat..w tanya band sekarang apa c yg kaya slank apa ada…jgn disama2in klo ga ngerti musik..mnurut w slank butuh penyegaran dalam lagunnya wajarlah..

  132. SLANK seperti itu krn slank gak KETINGGALAN JAMAN, dan pastinya Slank ga bakal ditinggal FANS fanatik nya, kalo lo cuma slanker2an ya.. kaya gitu deeh.. PICIK. gw ini SLANKERS SENIOR dr taon 1991 gw suka slank dan sampe kapanpun akan tetap ngeSLANK. dan walau apapun oceha elo yg pasti bendera SLANK tetap BERKIBAR

  133. Siapapun tahu kualitas Indra Bongky Pay,tp tdk tepat jg kalo dibilang kualitas Ridho Ivan Abdee jelek..Semua soal selera telinga masing2 pendengarnya.Mereka semua musisi2 hebat negeri ini.Saya pribadi sangat suka lagu2 era formasi lama,tp lagu2 formasi skrg jg banyak yg saya sukai.SLANK tetaplah SLANK..Waktu terus bergulir,umur terus bertambah,dinamika hidup terus berjalan…Menjaga konsistensi band selama hampir 30 tahun tidaklah mudah….Terlepas dr sgl kelebihan dan kekurangannya,Bimbim telah berhasil menakhodai SLANK tetap hidup sampai detik ini dengan segala konsekuansinya… SLANK dicaci,dipuji,dihujat,disanjung,jatuh,bangun,tertatih,terperosok,tersesat,kehilangan arah,dianggap penyesat atau dianggap penuntun,SLANK telah melalui semua itu..Darinya,aku banyak belajar apa itu hidup,pahit manis,suka duka..SLANK tetaplah SLANK mau dipandang dr sudut manapun..SLANK tidak surut oleh cacian,SLANK tidak mabuk oleh pujian…

    Tertanda:
    Manusia biasa penikmat musik
    Bukan Slankers yg berKTA
    Bukan BIPers yg membabi buta

  134. jangan mendiskriminasikan sbuah band pa lg SLANk,,cz smua th brutar baik th usia n suara kk sndiri blh dlu slgi usia mda suara’a melengking tp smpe skarang KK msh oc ko n bim2 sndiri krna usia’a dh tua permainan’a drum’a g klh sm yg muda2,,,,,,jd buat w n slankers sdunia SLANK tetap OCCCC,,,,,,

  135. aku bangga menjadi anak slank
    aku cinta slank

  136. 1. Bagi gw gada slank lagi sejak tahun 1996..yg ada hanya bandnya si duo bimbim-kaka

    2. Jendral Bongky, Jendral Indra Q, Jendral Pay lebih Genius dlm bermusik drpd si bimbim sm si kaka yg banyak gaya.

    3. Jendral Bongky, Jendral Indra Q, Jendral Pay bukan hanya mikirin bandnya BIP tapi banyak membantu musisi-musisi mulai dari yang senior sampai yg muda utk berkiprah di kancah musik indonesia sedangkan si bimbim sm si kaka hanya mikirin bandnya sendiri (agak selfish n egois) biar dibilang org jago.

    4. Musik Bip selalu di explore terus ngikuti perkembangan zaman sedangkan si bimbim sama si kaka monoton gada perkembangan musik.

    5. Vokal Jendral Ipang makin matang dan mantap..sedangkan vokal si kaka melempem..klo katanya masalah usia….Jendral Ipang lebih tua setahun drpd si kaka

    6. Gebukan drum si bimbim makin lemot dan letoy

    7. Komunitas para Musisi/Band/Enterteiner dan Penggemar khususnya Bipers yg bersatu dalam wadah Vacuum Noise Community ada ditempatnya Jendral Pay

    8. komunitas potlot sekarang bukan lagi komunitas musisi tp tempatnya para penggemar yg masih abg (anak baru gede) yg hanya ikut2an dan pengen foto2 biar dibilang orang keren.

    9. Bip memang Rockstar Fenomenal
    Album Berangkat..Gahar n Rawks..

    10. Still yakin Jenderal Bip..isi bensin..bulatkan hati dan kuatkan nyali…..BERANGKAT….

  137. slank cuman nyampe 1997 setelah itu slank beubah lajur..kata bim2 tetep ngeguna’in nama slank….
    alhamdulilah aq ingin dan aq sangat pengen tau ttg history slank dulu….makane aq coba cari tau se detail2’nya ttg slank…slank’ku juga sekarang sudah hilang entah kemana???tp nama slank tetep ada nth skrang slank dgn gaya&type apa lagi…setahu’ku slank yg dulu sangat slengean polos apa’adnya…
    aq cuman pengen slank menjadi slank sejati…kembali yg kayak dulu tp cuman formasi’nya sekarang…
    dan juga buat slankers setanah air;
    +jangan sering teriak2 bahwa km slankers klo km blum tau arti slankkers itu apa??
    +jangan melakukan anarkis….
    +slankers?cinta damai,sosial tinggi,dan berdiri di ats semua golongan dgn cinta damai untuk bangsa&negara…
    +tidak hanya berkata bahwa saya slnkers sejati
    tp di belakang masih melakukan kebodohan2 yg tak bermoral!!!!!!!
    salam damai buat slankers se-tanah air…

  138. Kenapa Blantika musik Indonesia dengan bodoh seolah berjalan maju.. memasuki sebuah masa.. dan dengan bangga menuju ke sebuah masa yg dianggap lebih depan lagi, tapi secara jelas dan BENGIS menghancurkan sesuatu yg berjuluk Keberanian, Kehebatan, Keindahan, Keharmonisan, dan KEPANTASAN yg seharusnya melegenda dan ABADI di relung hati, akal pikiran bahkan rongga jiwa setiap manusia..

    Saya tidak setuju dengan ungkapan : “..Segala sesuatu selalu ada waktu dan masa-nya..”
    dan apabila SLANK memang diharuskan menerima dan mengalami Takdir Waktu tsb, berarti saya harus terpaksa merasakan sebuah pembunuhan Jiwa, Karakter, bahkan HIDUP saya. Bagaiman tidak.? Saya DIPAKSA utk pasrah, mengikhlaskan SLANK (Bongky, Pay, Kaka, Bimbim, Indra Q) pergi.. hilang dan bahkan mati begitu saja…

    Saya menulis ini, bukan dikarenakan pd era SLANK 1-5, Slank menjadi sebuah Band yg saya kagumi, tapi lebih dari itu, sy bisa merasakan Kekuatan Besar pada Band ini… ya.. anda bisa bayangkan Persatuan kekuatan itu, sangat MUTLAK dan bisa utk mempersatukan Jiwa, membentuk pola kebersamaan dan perdamaian.

    Memang sangat2 BENAR bahwa SLANK sekarang ini, bagi saya cm ibarat Band baru dengan para pemain musisi yg sudah tua dan tidak ada soul-nya sama sekali. Bimbim dan Kaka hanya berkolaborasi dengan 3 musisi yg mungkin lebih pantas kalo mereka bertiga bermain di Industri musik tanpa memakai Nama Besar SLANK.. Saya rasa, justru Bimbim dan Kaka sdh ga bisa menyadari-nya.. ancur rasa, kebuai atmosfer baru, terlena oleh tepuk sorai bayi2 Slankers palsu, hasil kloning dr industri alat penangkap sinyal dan gempita acara murahan di televisi.

    ini serius..! Tuhan mentakdirkan SLANK cukup 1-5.
    selebihnya bukan takdir Tuhan.. diapun bukan Bimbim..ataupun Kaka.
    hanya orang yg meyerupai Bimbim dan Kaka..

    semua yg berjalan.. dan seolah bergantian.. hanya terlihat mirip dan begitu saja.
    yg seharusnya ABADI hanya di hati..

  139. kalo gua suka slank jaman pay bongki dan indra…lagu lagu maantab dan berkelas…sekarang gue suka banget sama BIP…bip brangkatttt

  140. mas Bim2 pernah bilang (cm dimana ak lupa), “musik…dimana2 tetap musik(sama aja), yang bikin beda apa yang kita sisipkan di dalamnya”.
    nah, klo mnrtku, bukan lantaran aku slankers, tp Slank mw di era Bongky Cs, ato yg sekarang, tetep aje concern ama problematika sosial..
    silahkan cari dari album1(suit2..he2..) sampe yang plg baru (Jurustandur), Slank slalu mnciptakan lagu2 bertemakan kritik sosial..
    mungkin yang bikin beda ama sekarang dari segi musikalitasnya aja, aku juga mengakui kapasitas mas Pay, Bongky, and Indra, yang pernah berjasa mewarnai musik Slank…
    nah,,yang bikin salut, konsistensi mas Bim2 untuk tetap memekakan kepedulian Slank atas keadaan di sekitar, and bagaimana mereka menjadi contoh buat Slankersnya..
    PISS!

  141. slank bukan legend,
    legend itu pya band dri awal berdiri nggak bubar2, atw ditnggalin personilnya!!!
    sebab slank uda nggak pya teng teng blues, blues males,aborsi,, pokoknya salnk uda mati dech….
    indra qadarsih yg paling menonjol diantara personil slank

  142. buat sy, slank ttap anak bangsa yg kreatif. walau terkadang sembrono, tpi punya sikap dan tujuan

  143. klo’ lo emang slankers apapun yg ada tentang slank….qta tetap slankers….biarpun orang berkata apa tentang slank..slank nggak akan pernah mati …atau tetap ada

  144. Slank:
    – Bimbim [drum]
    – Bongky [bass]
    – Pay [guitar]
    – Indra Q [keyboard]
    – Kaka [vocal]
    Rock N’ Roll..!!

    • gallup@ Bodoh loe,,,,Slank tu bukan cuma BimBim,Bongky,Pay,Indra Q,dan Kaka,,,melainkan Slank dari formasi pertama sampai formasi sekarang,,,dasar bodoh ga pernah sekolah,,hahahahahahaha

  145. mas whitegun nech mungkin profokator yang mau mecah belah slanker’s,,,semua perubahan bisa ja terjadi,,sekarang mas whitegun quw tantang,,bisa ga suara mas whitegun balik ke waktu mas whitegun masih balita,,,

  146. perubahn itu pasti ada, cuek bkn brati gk peduli, bebas tpi jngan d buat sembarangan.selengean bkan brarti gk berperinsip….PLUR….maju terus pantang mundurrrrrr..

  147. Tiada yg laen cma slank band yg ak aku tergila2 d buat ny,.
    ampe gaya ku sehari2pun terinspirasi dri mereka, selengean bro,..
    tpi emang betul slank dulu ma skrng beda.
    sdh luntur terbawah zaman, buat slank please jgn pernh berubah tetep seperti yg dulu dunk,…..

  148. setuju… slank emang makin beda sekarang, tapi gmanapun juga gw tetep salut karna terus berkarya sampe skarang..
    moga aja slank bisa bikin lagu bagus lagi kaya’ anyer 10 maret, liar kya’ ladies night di-ebony taw ngangkang….

  149. slank tetap sama bagi saya
    lorong hitam jakarta pagi ini kutak bisa yang manis kritis bbm cinta kita adalah lagu 2 berkualitas di album2 slank setelah kepergian Pay Boki & indra
    mungkin Slank yg sekarang tidak sama dengan yg dulu mungkin aja karena faktor usia atau mereka sengaja merubah Genre nya demi mengikuti Arus jaman

  150. kalo anda selalu menbandingkan kedua formasi tersebut, dan anda selalu mengkambinghitamkan perpecahan itu, silakan dijawab:

    1. bagaimana dengan god bless? album baru mereka tak juga sedahsyat album 80an mereka. kenapa?? padahal tak ada pergantian formasi besar2an di band itu..
    2.bagaimana dengan iwan fals? hati saya tak bergetar lagi setiap mendengarkan lagu barunya. beda dengan Bento atau Mata Dewa jaman dulu.kenapa? padahal iwan fals tetaplah iwan fals..

    maksud saya, jangan pernah menyalahkan perpecahan itu. bagi saya, slank yang sekarang tetaplah hebat. tak ada jaminan ada slank yang lebih hebat jika formasi lama tetap terjaga..

    dan kalo anda menganggap slanker sekarang adalah tak ber #sikap , anda salah.. saya slanker dari 90 hingga sekarang. walaupun jujur, kadar kefanatikan saya agak menurun tapi tak sedikitpun saya menyalahkan pergantian formasi. ini tak jauh karena makin berumurnya saya. sama dengan halnya ketika saya tak menikmati lagi film doraemon. tak seperti saat saya kanak dulu…

    salam..

  151. gw stuju bgt slank formasi lama tuuh lbih asyik.. dr segi musik, gaya N lirik top bgt deeh, naaah klo skarang beeehh deeh ga jlaz jalur y !! jiwa musik slank tuuh ada di pay, bongky N indra Q !!

  152. piss…
    dengear aja musik nya….emang warna musik sudah berubah tp slank tetap eksis didunia musik Indonesia!! dulu ada warna bluesnya….sekarang lebih heavy metalnya…tapi slank sudah berubah dan tetap berkarya…!!! saya ikuti slank jamanya potlot…semua sudah menyesuaikan bentuknya sesuai waktu……
    Andi Liany (alm)….Anang Hermansyah…Oppie Andaresta….Imanez….Oppik..mereka hanya sebagian orang yg berkontribusi pada slank….
    saya ingat kata Pay, Indra dan Bonky ketika diwanwancari salah satu stasiun TV…slank tetap eksis dan slank jangan bubar…!!
    zaman kita dulu slank jenis musiknya begitu,…..sekarang generasi selanjutnya menikamtinya jenisnya begini……u/ menambah refrensi musik hidup kita…!!!!
    yg pasti slank adalah salah satu band besar dibumi Indonesia….!!! mereka ngurusin musik nya dengan caranya….dan ng mau rusuh…!!!
    u/ slanker …tetap lah jadi fans yg baik….!!!dan selalu piss….

  153. buat gw slank dulu sama sekarang,gak jauh beda meski ada perbedaan tetep z sama.alasan gw seneng slank karna liri lirik lagunya membuat inspirasi hidup jadi semangat terasa ada suport,, slank terus teruslah tegak buatlah album album baru,. jadikan lah bendera slankers tetep berkibar,,,

  154. Smw kritikan u emg ad bnernya og,metamorfoblues = dr ulat kepompong mjd kupu2.
    Para persönil slank yg skrg pasti pnya jalan fkran yg amazing bwt para slankers sdnia og. Mrka jga g’ pngn para fans ntU kcwa. Jadi POSITIF THINGKING aja,apapun genre nya yg ptng cri khas slengekan&kritikan bwt sosial,politik&kbdaya’n di NEGERI INDONESIA qta ini gak hlang.

    Inget SLANK GAK AKAN PERNAH BUBAR!! Peace Love Unity& RESPECT Smpai mampoes!! Cz SLANK ADA DIDARAH KITA&SLANK U/ NEGARA REPUBLIK INDONESIA.

  155. semakin bertambahnya hari maka bertambah pula umur….. semakin bertambahnya umur kita semakin kehilangan masa2 keemasan……

    • . , mksh bngt komentarny. , aq cmn mau perjlaz, bhwa yg namany idola ea ttp jdi idola xlo emg udh synx n suka bngt ma slank ea trima APAADANY. gk bda2in kyk gt , tp hruz mndukung, ,

      slank ya slank yg udh laen dri yg laen.

  156. sobat padi yang penghianat siap tuh.. diskusi ko pake emosi.. huahahahhahahh.. loh memang kenyataan BIP itu rohnya SLANK..

  157. w

  158. sampai mati gue akan tetep ngibarin bendera slank. apapun yg terjadi slank slalu dihati.. gue slanker sejati bukan slanker gadungan
    yg ngejelekin slank tu anjiiink anjiiink keparat
    withegun anjink kau provokator

  159. mas whitegun, setuju sama anda! 1-4 itu album dahsyat. Album 5 itu nuansa “jualan terpaksa” walaupun Gemerlap Kota dan Jinna sangat ok! Dan cover album dan artworknya ok!

    Album 6 bener2 menyedihkan walaupun ada beberapa lagu yang bagus, yang andaikata diisi dengan gitar-nya Pay dan keyboard si Indra bakal “slank” banget!

    Tapi aku acung jempol sama album 7! Ini album bin ajaib rapinya…sayang ada beberapa lagu yang menurutku tidak cukup pantas untuk masuk di album ini. Bandingkan dengan album slank 1-5 yang lagunya mayoritas bermutu sama. Album 7 rocks! Dengar lagu Kosong Sama Kosong? Assooyyyy!!

    What happened sama album 8? Arrgghhhh….! Tidak bisa dimengerti apa maunya. Kualitas lagu dan sound yang kurang bagus….Tapi yah, kalo slanker mah enjoy aja dengernya!

    Album 9? oh my God! Sound-nya? Jadi bertanya gimana proses mixingnya? Atau cuman tape aku di rumah aja yang gak bagus? Ini berasa kayak waktu The Beatles keluarin White Album…

    Virus? Ah andai semua album Slank selanjutnya sama seperti ini!
    Tapi….sayangnya ini yang tidak diketemukan. Era RBT, era Slankers ABG, dan bumm…semuanya berubah….Slank kini bukan lagi anak slenge’an tapi anak yang jualan lagu ke anak2 muda jaman sekarang supaya tetap dibilang slenge’an!
    Sikap/aksi sosial, bantuin Slankers supaya lepas dari narkoba, dll bolehlah…ini memang gaya Slank tapi you are a BIG LEADING Band in Indonesia (was). Jadi aku merasa ekspektasiku tak berlebihan. Dari dulu emang Slank banyak tentang sosial liriknya tapi dengan MUSIKALITAS SUPER!

    Buat Slankers jangan marah….karena aku tetap Slankers walau sudah tidak bisa menikmati dan mengerti musik2 Slank yang sekarang.

    OOT: Dan lihatlah ketikan ala “alay” di komen2 di atas….perubahan generasi? *geleng2kepala*

  160. Artikel yg sangat mantap… dari 2007 ampe 2013 masih disimak…

    menurut ane kembali kemasalah SELERA Bro…. kalo ane formasi lama suka, formasi baru juga suka…. Slank tetap selalu di hati ane…. sampai kapanpun…. PISS

  161. SLANK gk ada 2 nya………
    yg duluh sampai skarang…..
    ketimbang loe doyan boysss band..
    ha……
    pkonye SLANK tetap di HATI..

    PISS PISSS #PLUR.

    • hahahaha,,,, asek jg rupay,, sebernya gw krag bgtu ngerti bget biografi slank, hny saja knp stiap kali ada brita tntag slank gw trtarik ??? lbh kpd para slankers gw bnr2 salut knp bs mndarah gt,, hehehe..

      slank herany byk yg ngomogin mreka dn di sini slah satuy.. kyaky emag mreka brbobot kali ya,,,

      tp klo blh jujur gw suka slank gk pduli jadul ato yg skrag ini,,, slah satu krakter yg mgikat pd sikap gw adalah sikap apa adanya bebas tp sopan,,

      Assalamualaikum,,,

  162. […] [pullquote sid="pullquote-1356855057" type="3"]Coba bandingin SLANK dan SLANKERS waktu jaman Bongky PAY INDRA dulu…? aku pikir dulu malah mereka termasuk Tonk kosong juga… karena lagunya yang banyak ngritik orang lain tapi mereka sendiri malah pada bahlul… sok-sok an mikirin bangsa… mikirin diri sendiri aja gak karuan….sampe kena narkoba…itu kan ngerusak generasi muda (terutama slankers yang ngikutin) pada waktu itu SLANK yang sekarang dan SLANKERSNYA bagus KArena SLANK sekarang mang berjiwa sosial…. (Sebuah komentar masdan yang dikutip dari blog White Gun. Lihat, Ke Manakah Slank-ku Dulu?))[/pullquote] […]

  163. hahahahahha
    w slankers jadul yg tetap suka slank sampai sekarang, jujur emang benar kualitas musik slank formasi 13 dan formasi 14 sangat berbeda, tapi menurut w slank tetap slank ga ada yg bisa merubahnya..
    slank menpunyai filosofi seperti kupu-kupu yg terbang bebas kamana mereka mau dan hinggap di tempat yang wangi dan itu juga ga ada yg bisa merubahnya…
    jadi kalian santai dan nikmati musik-musik slank w yakin kalian semua suka n bagi yg ga suka sama kualitas musik slank yg sekarang jgn munafik, klo kalian suka musik, kalian ga akan membeda2kan musik slank formasi 13 (bim2,kaka,bongQ,indra q n pay) n formasi 14 (bim2,kaka,ivanka,ridho n abdee)…
    ok guys salam damai..
    PLUR
    (PISS LOVE UNITY N RESPECT)

  164. Musik memang berubah,tapi tidak merubah cinta gw slank. Sampe tua gw tetep slank

  165. Saya tau jaman memang sudah berubah, Tapi sepeninggal Pay Bongky dan juga Indra. Slank sekarang bermain karena ngejar setoran dulu Slank bermain dngn hati.

  166. propaganda nih orang..
    manusiawi kali,,
    Mnurut lu di jman lu SMA umur kaka ma bim2 brp??
    Nah lu itung dah pke klkulator brp umur’a bim2 ma kaka skrng, klo mnurut itung2an lu nanti umur’a dia be2 gak nambah, elu bru pntes koment begitu..

    Trus tau ape lu soal bkin lagu???
    Ati2 bos klo komentarr..

  167. klo pay bongky n indra masih ada gak mgkn slank bakal ada sampai sekarang, krn akan msh pake drug.. tp liat siapa yg buat bimbim ivan n kaka bisa lepas dr drug?? ridho n abdee…n bunda

  168. buset debat dari 2007-2013 salut dah :)
    namanya artis apapun pasti ada pasang surutnya, kaya pemaen bola ada masa “peak”nya., ga mungkin arits bikin karya yg bagus secara konstan puluhan tahun, emang robot? emang mesin? mesin juga ada masa kadaluarsanya, manusia tambah tua tambah berkurang energinya,
    enjoy aja, nikmatin aja, yg sekarang juga asik nuansa bluesnya imho

  169. Terserah lu mau bicara apa…
    Slank Nggak Ada Matinya (Album ke 21 Slank & Film) sebagai kado istimewa para slankers

    slank tetaplah slank

  170. slanker sejati tetap slanker mau dari dulu sampai sekarang tetap slanker,, jgn ngaku2 slanker kalau gak suka slank yang sekarang,,

    P.L.U.R

  171. menurut gue musik BIP sekarang lebih Slanker dari pada SLANK nya sendiri.. apalagi waktu Ipank masuk BIP. kerasa SLANK ’90 an brooo

  172. Kalo BIP bagus kenapa g banyak yang kenal ma mereka. Aku Sendiri g tau apa tu lagu BIP yang bertahan ampe sekarang. Umurku sekarang udah 43 ….n aku masih suka ma slank…..walau g ikutin terus lagu lagunya sekarang….mungkin udah sibuk ma keluarga. Tapi Kalo dengar kata Slank aku langsung tergetar…Sekarang ku punya warnet dan nama warnetku pun ku beri nama PISS sangkin cintanya ku ma SLANK…..Hidup Slanker Siseluruh Dunia

  173. Setuju banget, saya dukung untuk menyadarkan SLANK.
    Coba lihat gaya kaka dan teman slank, sekaran udah gaa slenge’an lg. Malah ikut gaya boy band. Aku rindu slank yg dulu

  174. setau saya klo orang yang lagi fanatik kan tidak memandang band itu spt apa …
    yang namanya fans berat itu tidak mungkin hilang dan tidak mungkin mati

  175. …para pendoa bercerita tentang sorga…
    di balik layar mereka berdansa dengan dosa…
    para politisi berjanji soal keadilan…
    di bawah panggung mereka bercumbu dengan setan…

  176. SLANK ADALAH BAND HEBAT DARI DULU SAMPE SEKARANG SELURUH PERSONILNYA HEBAT2……SLANK N BIP SEMUA OKE DAN MEMPUNYAI KELEBIHANYA MASING2,,,SO NGGAK USAH BANDING2in SLANK DULU MA SEKARANG,,,,SAMA AJA……..,

  177. oy loe jangan sok tau dech maslah hengkangnya Pay,,,,pay pengen cabut dari slank tuh mulai album 1,,,,,makanya di Album Kedua mas Bim2 bikinin lagu buat Pay yaitu Terlalu Manis,,,
    lagu terlalu manis bukan dibuat untuk cewek,to dibuat spesial buat mas Pay yang mau keluar dari Slank…

  178. Slank gak ada matinya dari dullu sampai sekarang broo. Tetap PLUR buat para Slankers dan Slanky yang ada di seluruh dunia..

  179. Gue penggemar slank sejak thn 90an..gue punya band yg dulu bawain lagu2nya Slank..dan menjadi the best vocalist festival lagu Slank se Jawa Timur Bali thn 99. Apa yg disampaikan td memang bener kok…Slank skrg dan dulu bedaa banget dan skrg gue males ngikutin karya2nya…band gue dr Madura..!! Sy sepakat tp mgkn begitulah jika band besar sdh tdk bisa menjaga egonya masing2….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: